Minggu, 17 Mei 2015

GREEN CARD LOTTERY (II) - MELENGKAPI DOKUMEN

San Francisco Ferry Terminal
Program DV Lottery sudah diselenggarakan pemerintah Amerika Serikat (AS) sejak 1995, tujuannya menjaga komposisi keragaman. Maka setiap tahun 50.000 izin tinggal dibagikan lewat undian pada orang-orang dari negara yang tingkat imigrasinya rendah ke AS. Lebih jelas soal Green Card, CeritaSF sudah bahas di artikel sebelumnya.

Biasanya pendaftaran Green Card Lottery dibuka bulan Oktober - November. Setelah itu, para peserta berharap-harap cemas selama 7 bulan, hingga tiba saat pengumuman pemenang DV Lottery pada tanggal 1 Mei tahun berikutnya. Pada tanggal tersebut, peserta dapat mengecek secara online dengan memasukan nomor konfirmasi yang diperoleh pada saat pendaftaran beserta data pribadi, nama keluarga dan tahun kelahiran. 


Website status pemenang Green Card Lottery
(sumber: website DV Lottery)

Kilas balik pengalaman CeritaSF, karena pada akhir April sampai awal Mei 2013 kami ada tugas kantor di luar kota, baru pada hari Senin tanggal 6 Mei kami dapat mengakses situs DV Lottery dan menemukan Notification Letter (NL) pertama kami.

Antara percaya dan tidak percaya rasanya mendapat pengumuman bahwa kami telah dipilih secara acak menjadi salah satu dari 125.000 pemenang, hasil undian dari sekitar 9,4 juta pendaftar. Menurut data pihak Deplu AS, ada 379 pendaftar dari Indonesia yang terpilih dan berkesempatan untuk mendapat visa imigrasi dari program DV Lottery 2014.

Jangan senang dulu, ini baru awal dari proses panjang selanjutnya. Seperti tertulis pada Notification Letter pertama (NL1), pengumuman ini tidak menjamin bahwa kami akan mendapatkan visa imigrasi karena jumlah yang dipilih (125.000 peserta) lebih besar daripada jumlah yang dijatahkan untuk program DV setiap tahun (50.000 visa). 

Ada langkah-langkah selanjutnya yang harus dilalui untuk bisa sampai pada tahap wawancara, yang akan menentukan apakah kami akan mendapatkan visa atau tidak. Tahapan lengkap setelah menerima NL1 (Surat Pemberitahuan ke-1) dapat dilihat lewat website Departemen Luar Negeri AS di sini.


Tahapan DV Lottery (sumber: website Deplu AS)
Pertama tentunya pemenang DV Lottery harus dapat membuktikan bahwa dirinya memenuhi syarat, yaitu sudah lulus Sekolah Menengah Umum (12 tahun pedidikan dasar) atau memiliki pengalaman kerja 2 tahun selama 5 tahun terakhir. Selanjutnya pemenang utama DV Lottery dan seluruh anggota keluarganya diwajibkan melengkapi aplikasi visa. 

Sejak DV Lottery 2015, aplikasi visa ini diisi secara online (Formulir DS-260), sedangkan kami dulu (DV Lottery 2014) harus "keluar modal" cukup lumayan untuk mengirimkan  seluruh dokumen tersebut beserta pas foto masing-masing lewat pos ke Kentucky Consular Center (KCC) di AS. Tentunya ada juga perasaan deg-degan bila dokumen aplikasi visa kami tidak sampai ke tujuan. 


Apabila aplikasi visa sudah dimasukkan, sambil menunggu nomor urut (Case Number - CN) kami dijadwalkan untuk wawancara, kami mulai menyiapkan dokumen-dokumen yang menjadi persyaratan (daftar dokumen yang diminta, sumber website Kedubes AS Jakarta), yaitu :

  1. Ijazah SMU atau surat referensi dari tempat bekerja yang menunjukan bahwa pemenang utama DV Lottery sudah berpengalaman selama 2 tahun (sekedar berjaga-jaga, kami menyiapkan ijazah sarjana dan pasca sarjana pada saat wawancara),
  2. Akte kelahiran,
  3. Akte pernikahan,
  4. Rekening tabungan,
  5. Dua lembar pasfoto (2 x 2 inci; pihak studio foto biasanya sudah paham ukuran ini, sebutkan saja untuk visa Amerika Serikat), dan
  6. Paspor Indonesia yang masa berlakunya minimal masih bersisa 8 (delapan) bulan.
Semua dokumen tersebut diterjemahkan ke bahasa Inggris (oleh penerjemah tersumpah) dan harus dibawa asli serta fotokopinya pada saat wawancara. 

Dokumen-dokumen lain yang disyaratkan, namun tidak relevan bagi kami, yaitu:

  1. Surat keterangan Lembaga Pemasyarakatan (court and prison record),
  2. Surat deportasi (deportation documentation),
  3. Surat cerai (marriage termination documentation),
  4. Surat keterangan wajib militer (military record),
  5. Surat Keterangan Catatan Kepolisian / SKCK (police record),
  6. Surat adopsi anak (custody documentation).
Sedikit cerita tentang "surat keterangan kepolisian"  (Police Record). Setiap pendaftar yang berumur 16 tahun ke atas wajib membawa surat kepolisian dari semua negara yang pernah ditinggalinya selama satu tahun atau lebih (misalnya pernah kuliah di Tokyo University selama 2 tahun, maka wajib membawa surat keterangan kepolisian Jepang). 

Di Indonesia Police Record dikenal dengan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK). Namun surat dari Kepolisian Republik Indonesia tidak diperlukan untuk pengurusan visa imigrasi AS, berikut kutipan dari website-nya:

"Indonesian Police Record. Unavailable for applicants inside and outside Indonesia. Indonesian police certificates require initial processing at a local or village level, which is nonstandard in nature, can be subject to capricious decisions by officials and may require nonofficial payments to proceed further."
CeritaSF sempat mengurus SKCK tersebut, mulai dari RT sampai dengan MABES POLRI (Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia) di Jl. Trunojoyo, Jakarta Selatan. Ternyata saat wawancara di Kedubes AS Jakarta, SKCK tidak diperlukan. Namun Police Record(s) dari negara lain yang pernah ditinggali tetap diminta. 

Setelah melengkapi dokumen, tahap selanjutnya melakukan tes kesehatan yang akan dibahas pada artikel selanjutnya. 


(bersambung)

191 komentar:

  1. Terimakasih informasinya.
    Senang sekali ketemu blog ini.
    Lanjutan ceritanya bisa dilihat dimana ya....terutama mengenai cerita mengenai saat di USA, tips2 mencari pekerjaan, dan mengapa pilih San Fransisko. Ditunggu ya....šŸ˜Š

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih kembali telah mampir di sini. lanjutan ceritanya bisa dibaca di sini juga, tp terus terang krn kesibukan kami belum sempat menulis cerita2 lainnya lagi :)

      Hapus
  2. terimakasih infonya ,
    saya sudah mendaftar dv lottrey untukn tahun ini ,dan sudah mendapatkan kode konfirmasinya , tapi saya seorang fresh graduated. apakah saya bisa mendapatkannya ? terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih kembali. syaratnya asal punya ijasah sma bisa ikutan lotere ini. tunggu saja sampai mei apakah anda terpilih sebagai pememang/gak. semoga sukses!

      Hapus
  3. saya mau tanya, kalau cuma punya ijazah smk gimna? apa bisa? dan belum punya pengalaman kerja?

    BalasHapus
    Balasan
    1. persyaratannya asal memiliki 12 tahun pendidikan dasar dan menengah:
      "At least a high school education or its equivalent, defined as successful completion of a 12-year course of formal elementary and secondary education."

      Hapus
  4. Mau tanya apakah keharusan utk kelulusan sma? Bagaimana dengan d3 atau s1? Apakah tidak boleh?

    BalasHapus
    Balasan
    1. dicoba saja, krn kami tidak terlalu tau apakah ijasah D3/S1 bisa dipakai utk mengeliminasi syarat ijasah smu. pengalaman kami pada saat wawancara akan ditanyakan semua ijasah dr smu & universitas (S1&S2).

      Hapus
  5. saya mau tanya penerjemah tersumpah maksudnya apa, dan bagaimana cara mendapatkannya/membuatnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Penerjemah tersumpah punya sertifikat untuk menangani dokumen resmi yang diakui hukum di Indonesia. Daftar penerjemah tersumpah beserta kontak ybs ada di website Kedubes AS Jakarta.
      http://photos.state.gov/libraries/indonesia/890636/consular/150128-translators.pdf

      Kami menyarankan Anda lebih mandiri dalam mencari informasi; mengingat semuanya tersedia lengkap, cukup dicari bermodal google. Kebiasaan mandiri ini akan sangat membantu Anda bertahan hidup di negara asing. http://www.ceritasf.com/2015/05/7-kebiasaan-yang-membuat-betah-di.html

      Hapus
    2. pengacara bersumpah tsb, harus yang ada dalam list dari Kedubes AS Jkt ya ? tidak boleh diluar dari list tsb? tks

      Hapus
    3. Saharusnya bisa saja menggunakan penerjemah tersumpah di luar daftar tersebut. Namun untuk lebih amannya, sebaiknya memilih salah satu dari penerjemah yang sudah diakui oleh Kedubes AS.

      Hapus
  6. Surat deportasi maksudnya gmana ?? Apakah yg pernah ke deportasi bisa ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. kami tidak tahu jawabannya. keputusan apakah visa bisa diberikan/tidak ada pada petugas interview di kedutaan AS.

      Hapus
  7. Blog anda sangat bermanfaat. Boleh saya minta gambaran berapa minimal harus ada di di rekening bank pada saat melengkapi dokumen? Menurut anda apakah $10ribu/orang cukup untuk 3 bulan pada saat berangkat ke US?
    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih sudah mampir di blog kami. tidak ada jumlah rekening minimal yang disyaratkan untuk diversity visa (DV lottery). jumlah uang yang diperlukan tergantung kota tempat tinggal dan gaya hidup anda. untuk gambaran biaya hidup di San Francisco bisa baca cerita kami: http://www.ceritasf.com/2015/06/biaya-hidup-di-san-francisco.html

      Hapus
  8. Antara 2012-2014 setiap bulan saya ke Singapura, setelah beberapa minggu disana saya kembali ke Indonesia. Beberapa hari di Indonesia, saya kembali lagi ke Singapura. Begitu seterusnya. Menurut anda apakah saya harus mengajukan police record dari Singapura? Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak. surat keterangan polisi hanya diharuskan untuk negara-negara yang pernah menjadi tempat tingal selama satu tahun atau lebih.

      Hapus
  9. Terima kasih, Blog anda begitu Bermanfaat.
    Sebelumnya saya ingin nanya, dalam melengkapi dokumen harus melampirkan rekening tabungan kita.
    Kira-kira ada syarat saldo minimal berapa tidak di rekening kita? Seperti waktu pengajuan visa turis.
    Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak ada sumber yg menuliskan berapa saldo tabungan minimal yang menentukan visa diberikan/tidak, asal anda bisa membuktikan bahwa anda tidak akan menjadi beban negara saat datang ke AS.

      Hapus
    2. Saya baru saja tinggal di di Singapura lebih dari 1 tahun, apakah saya harus kembali ke Singapura untuk mendapatkan Police Records? Dan apakah harus tanggal mendekati penggunaan bila nanti diminta atau harus mulai mengurus dari sekarang? Kali saja CeritaSF tahu. Thank you sebelumnya.

      Hapus
    3. Sebaiknya anda mulai dengan mencari informasi mengenai bagaimana memperoleh Police Record dari Singapura: bagaimana proses memperolehnya (apakah anda harus datang / bisa via pos), berapa lama proses pengurusannya, dan berapa lama Police Record dari Singapura itu berlaku. Dengan informasi-informasi tersebut anda bisa mengira-ngira kapan anda harus mulai mengurus dokumen tersebut.

      Semua informasinya lengkap dan gampang diperoleh di situs Kepolisian Singapura apabila anda meng-Google-nya.

      Hapus
  10. Semoga anda bisa membantu saya. Saya mendapat email dr kcc bahwa saya menang green card tp saya bingung hrs bertanya kemana apakah ini info asli atau tidak? Boleh saya forward email dr kcc dan tolong bantu saya apa yg hrs saya lakukan selanjutnya. Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. email tersebut adalah scam. tidak ada korespondensi email apapun dari kcc, semua pendaftaran/pengumuman pemenang/dll hanya bisa diakses dari website dvlottery.

      Hapus
  11. Saya mau tanya,, pendidikan terakhir saya smk, dan saya ingin mendaftar greencard, apakah bisa pada saat pendaftaran di situs DVlottery saya claim pendidikan terakhir adalah high school. karena di kolom tersebut tertulis "Vocational School is Not Acceptable" ?

    BalasHapus
  12. Saya ingin menanyakan tentang proses lanjutan yaitu wawancara. jika dalam tahap wawancara,gagal. apakah saya masih bisa mengikuti program greencard lottery lain kali?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa saja anda mendaftar green card lottery lagi tahun selanjutnya dan mengulang seluruh proses dari awal.

      namun apabila sudah sampai tahap wawancara, sangat disayangkan apabila anda gagal. sebaiknya persiapan wawancara dilakukan dengan sebaik-baiknya.

      Hapus
  13. saya ingin bertanya mengenai tahap lanjutan setelah resmi terpilih pd green card lottery, yaitu tahap wawancara. jika pada tahap itu gagal, apakah saya bisa mengikuti program GC lottery lain waktu?
    karena keterangan yg CeritaSf tulis, hanya tersedia 50.000 visa imigrasi, sedangkan ada 125.000 yg terpilih pada tahap lottery. terimakaih

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa saja anda mendaftar green card lottery lagi, mengulang seluruh proses dari awal, dan berharap memiliki keberuntungan besar untuk terpilih kembali.

      dari 125.000 pemenang yang terpilih pada tahap awal, bisa saja ada yang tidak ingin meneruskan proses memperoleh GC, ada yang sudah meninggal, ada data-data/nama-nama palsu yang didaftarkan, atau ada yang tidak mendapatkan jadwal wawancara hingga akhir periode dv lottery tsb. sehingga memang jumlah pemenang yang diumumkan lebih banyak daripada total visa yang dialokasikan.

      Hapus
    2. Terimakasih untuk info yang sangat bermanfaat, apakah 125.000 pemenang itu hanya dari indonesia saja atau dari seluruh dunia yang mengikuti DV, terima kasih

      Hapus
    3. Setelah menerima nl 1 dan mengisi ds 260, kapan kita menerima case number, apakah 125000 ini diundi lagi untuk menentukan case number kita, maaf belum mengerti, terima kasih, God bless.

      Hapus
    4. Case number (CN) anda tertulis di dalam NL1, sedangkan jadwal wawancara ditentukan secara berurutan berdasarkan CN.

      Hapus
  14. Hello CeritaSF,

    Saya baru saja dapat NL-2 jadwal interview 3 Mei.

    Mau tanya tentang: Required DV Qualifying Education or Work Experience
    Ini apakah boleh pilih hanya salah satu antara Education atau Work experience ya?
    Jika punya Ijazah SMA atau S1, berarti tidak perlu serahkan bukti Work Experience ya?
    Jika sebagai pemilik perusahaan apa bisa pakai dokumen perusahaan seperti SIUP, TDP, NPWP, Akte perusahaan?

    Dari list dokumen yang disebutkan CeritaSF diatas:
    1. Ijazah (Yang diperlukan Ijazah dan Transkrip Nilai 2 macam saja ya?)
    2. Akte Kelahiran
    3. Akte Pernikahan
    4. Rekening Tabungan (Ini juga perlu ya? Saya baca di web DV kok ga disebutkan ya?)
    5. Pas Foto
    6. Paspor

    Dokumen yang dibawa ASLI dan fotokopi? Fotokopi akte lahir dan ijazah apa perlu dilegalisir?

    Thank you.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat untuk anda.

      Iya, berdasarkan persyaratan seharusnya boleh pilih salah satu antara education atau work experience. Mengenai dokumen untuk pemilik perusaahaan, maaf kami kurang mengerti mengenai hal tersebut.

      Mengenai dokumen:
      - Ijasah --> kami saat itu membawa ijasah SMU, S1 & S2. Transkrip nilai tidak diperlukan.
      - Rekening tabungan --> di web DV (global) memang tidak disebutkan, tapi apabila anda cek ke website Kedutaan Amerika di Jakarta, salah satu dokumen yang diwajibkan pada saat wawancara visa imigran adalah financial statement. (http://jakarta.usembassy.gov/visa/req_docs_iv_interview.html)

      Semua dokumen dibawa asli & fotokopinya. Apabila ada aslinya, tidak perlu legalisasi.

      Terima kasih kembali & semoga sukses wawancaranya dan lancar sampai ke U.S. nanti!

      Hapus
  15. CeritaSF pakai Sworn Translator siapa dan dimana alamatnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Daftar penerjemah tersumpah yang terdaftar di Kedutaan Amerika di Jakarta bisa dilihat di website: http://jakarta.usembassy.gov/professional-services/list-of-authenticating-officials.html

      Hapus
  16. Saya pernah tinggal di korsel 5 thn scara ilegal dan deportasi thn 2013.apakah harus minta surat deportasi dan skck dari korsel jga?dan dapat visa ga klo dubesnya tahu saya pernah tinggal secara ilegsl di negara lain?makaseh Sf...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, harus ada police record & deportation documentation dari korsel. disetujui/tidaknya visa anda merupakan keputusan petugas visa di kedutaan.

      Hapus
  17. Permisi mau tanya//bikin surat keterangan kepolisiian ribet ga sih? harganya brp ? kira-kira prosesnya brp hari?

    BalasHapus
    Balasan
    1. surat dari kepolisan indonesia tidak diperlukan untuk mendaftar visa imigran as.

      Hapus
  18. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. seluruh surat dan pengumuman hanya dapat diakses lewat web, tidak ada email pribadi yang akan dikirimkan.

      Hapus
  19. hello Cerita SF, terimakasih untuk memberikan pandangan yang lebih transparan. saya memiliki beberapa pertanyaan tentang document2 yang dibutuhkan untuk dibawa ke interview:

    1. untuk financial statement , apakah kita memerlukan membawa form I-134? atau kita membawa financial statement dari sendiri?

    2. saya pernah sekolah di US lebih dari 5 tahun, apakah saya betul2 butuh membawa police recordy yang dari US ke interview? dan kalau benar, apakah criminal arrest record akan cukup? dan apakah ada tanggal ketentuan (31 hari sebelum interview)untuk obtaining surat keterangan ini?

    3. saya pada nomor urut 10. bahwa saya harus membawa letter of employment atau job offer. jika saya tidak memliki pekerjaan dan ingin mencarinya di US, apakah requirement ini tetap dibutuhkan.

    termakasih atas bantuan dan infonya. sukses selalu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hi, berikut jawabannya:
      1. saat wawancara kami hanya membawa fotokopi rekening bank 3 bulan terakhir.
      2. police record dari usa tidak diperlukan.
      3. tidak perlu membawa letter of employment/job offer kalau memang belum punya.

      Hapus
  20. salam SF. sy terpilih secara acak setelah memasukan konfirmasi untuk . dan langkah selanjutnya diminta isi formulir DS-260. bentuk formulirnya kaya apa yaaa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat untuk anda yang sudah terpilih dalam dv lottery 2017. semua langkah dan formulirnya ada di website, tinggal ikuti saja. good luck!

      Hapus
    2. kan mengisi ds-260 online ya kak dan perlu case number. nah case number nya itu dapet nya gimana kak? thx

      Hapus
    3. Case number anda tertulis pada Notification Letter 1 yang anda terima.

      Hapus
  21. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah kami jawab ya. terima kasih kembali.

      Hapus
  22. hallo kak SF,
    apakah dokumen yang dilampirkan untuk DS 260 sama dengan dokumen yang disiapkan untuk wawancara?
    apakah kita mengetahui jadwal wawancara dari NL-2? kita mendapat NL-2 dari email, sms, telpon atau dari lainnya? terima kasih sebelumnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. pada saat mengisi formulir belum melampirkan dokumen apapun, semua dokumen dibawa pada saat wawancara nanti.
      apabila jadwal wawancara anda sudah keluar, anda akan mendapat notifikasi email bahwa ada perubahan status dan anda harus login ke website dvlottery kembali untuk mengakses NL-2 tersebut.

      Hapus
  23. Salam SF. Apakah org dpt green card, begitu sampai di amerika. ada training pekerjaan. dan klu ada siapa yg dihubungi dan berapa lama trainingnya. Trima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak ada training apapun dari pemerintah as. anda harus aktif mencari informasi sendiri mengenai kursus-kursus yang diminati apabila membutuhkannya.

      Hapus
  24. Untuk tahun 2016 pendftarn nya di buka bualan apa ya?
    trimma kasih sbelum nya

    BalasHapus
  25. salam kak SF. kapan batas akhir pengisian DS 260 kapan yaaa. thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. secepatnya. supaya apabila CN anda sudah current, jadwal wawancara anda tidak terhambat karena formulir anda belum masuk.

      Hapus
  26. Salam SF. saya kebetulan terpilih menjadi 125rb yg lolos untuk mengisi DS260 online. yang saya bingung mengisi kolom pekerjaan. lebih baik mengisi sekolah / pekerjaan saat ini? kebetulan saya baru pindah kantor jadi belom 2 tahun di kantor baru. di kantor lama sih sudah lebih. ada info kak SF?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat anda sudah terpilih! Untuk bagian "Present work" ditulis pekerjaan saat ini, kemudian anda bisa menambahkan di bagian "Previous work" untuk pekerjaan-pekerjaan yang pernah anda lakukan sebelumnya.

      Hapus
    2. Bagaimana kalau seperti saya yang sudah 8 tahun terakhir menjalankan usaha skala kecil dan menengah, tidak bekerja dikantoran, apabila terpilih apakah ini bisa menggagalkan saya

      Hapus
    3. Apakah anda memiliki ijazah SMA? Kalau iya, berarti anda masuk kualifikasi DV Lottery, di luar apapun pekerjaan anda. Kalau tidak, anda harus mengecek apakah pekerjaan/usaha anda termasuk di dalam daftar pekerjaan yang diakui DV Lottery.

      Hapus
  27. Halo SF, kami sedang menunggu jadwal interview untuk greencard untuk periode 2016. Dalam list anda disebutkan Surat keterangan lembaga pemasyarakatan. untuk memproses surat itu gimana caranya ? di kantor polisi atau mesti minta ke kantor lembaga pemasyarakatan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anda pernah ditahan di Lembaga Permasyarakatan? Kalau iya, bisa ditanyakan ke LP yang bersangkutan. Kalau tidak, surat ini tidak relevan bagi anda.

      Hapus
  28. Untuk masalah rekening apakah harus ada jumlah tertentu dalam tabungan ? Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak ada website resmi yang mencantumkan jumlah minimum yang harus ada di tabungan, namun kami pernah baca di beberapa forum menyebutkan US$10.000 per orang dewasa.

      Hapus
  29. Maaf nih nanya lagi..maaf banget , saya dapet email sebulan lalu dari nvc dia bilang :
    The embassy may require additional documents at the interview. In particular, if the following three items are all true, the applicant must bring a new police certificate to the visa interview:
     He or she is more than 16 years old;
     The police certificate submitted to NVC was obtained more than one year ago; and
     He or she still lives in the country that issued the certificate.
    tapi saya waktu itu di email in seperti itu.. tapi kira2 bakal kepake ga sih surat kepolisiannya? soalnya saya ga pernah tinggal diluar negeri dan buat surat ini kan ribet juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. "Permisi, maaaf nanya lagi. kebetulan case number saya depannya JAK**** .. itu kira-kira berapa lama ya? cara tau nya gimana? ada di websitenya?" (Javier Pratama)

      Kami sekalian jawab 2 pertanyaan anda ya, Javier, karena kasus anda agak aneh.

      Setau kami, case number tidak ada yang diawali dengan JAK. Biasanya ditulis 2017AS0000**** (artinya pemenang DV Lottery 2017 dari Asia). Akronim lainnya bisa OC (Oceania), AF (Afrika), EU (Eropa). Kami tidak pernah tau kalau ada case number berawalan JAK. Apakah anda apply green card ini melalui DV Lottery atau yang lainnya?

      Pemenang DV Lottery tidak pernah mendapat instruksi apapun yang dikirim lewat email, termasuk instruksi mengenai dokumen2 yang harus disiapkan. Semua pengumuman hanya bisa diakses dari website resmi https://www.dvlottery.state.gov/.

      Hapus
  30. halo CeritaSF, terima kash banyak atas info dan blog ini sangat membantu. saya lihat di link yang cerita SF berikan untuk translator, dan ada lumayan banyak. yang saya ingin tanyakan apakah ceritasf bisa memberikan rekomendasi translator yang baik dan berapa harga servicenya(dari pengalaman ceritasf filing document pada saat di jakarta). terima kasih banyak sebelumnya atas informasinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. hi, saran kami sebaiknya anda telpon/email ke peterjemah yang lokasinya dekat dengan area rumah/kantor anda dan langsung menanyakan mengenai detilnya (biaya, cara pengiriman dokumen, waktu yang dibutuhkan, dll).

      Hapus
  31. Salam kak SF. sy sdh isi form DS 260. dan di bag sign itu ada requirements photographs itu apa foto hrs sy sertakan. atau di bawa pas wawawncara aja. soalnya sy kesulitan meemasangan foto keluarga saya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. 2 buah foto (2"x 2") harus dibawa saat wawancara.

      Hapus
  32. Hi cerita SF, saya senang sekali menemukan blog ini. Semoga ceritaSF bisa membantu saya. Saya mendaftar visa lottery tahun lalu (official website) dan sampai saat ini saya belum terpilih. Saya membaca dari beberapa website katanya kita harus menyimpan confirmation number kita dari may 1 2016 sampai setidaknya september 30 2017, sedangkan ada artikel lain yang mengatakan pengecekan hanya perlu dilakukan 1 kali (tgl 1 may), jika tidak terpilih maka sudah tidak terpilih. Pertanyaan saya : Apakah saya masih termasuk dalam daftar pemilihan ataukah sudah gugur?

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih sudah mampir ke blog kami.
      kami juga pernah membaca bahwa ada kemungkinan pengumuman kedua, silahkan anda coba cek lagi di website dv lottery bulan september 2016 (bukan september 2017).

      Hapus
  33. Halo ceritasf,
    Blog ini sangat membantu saya, terimakasih banyak sebelumnya. Saya ingin bertanya tentang translation. Apakah ini sangat dibutuhkan, jika iya apakah ijazah sma dan akte kelahiran saja yang perlu di translatekan. Terimakasih atas infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semua dokumen yang disyaratkan harus diterjemahkan ke dalam Bahasa Inggris.

      Hapus
  34. Terima kasih sharingnya. Mohon info apabila sekeluarga mendapatkan greencard, memungkinkan tidak apabila yang berangkat misalnya suami dulu, kemudian istri menyusul kemudian (berapa waktu diberikan), terima kasih (andai andai dulu)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih kembali. Apabila suami anda yg memenangkan GC Lottery, beliau bisa berangkat lebih dulu. Anda & anak-anak bisa menyusul sebelum visa anda habis masa berlakunya (6 bulan sejak visa disetujui).

      Hapus
  35. Halo, Saya mau tanya, saya masih umur 18 dan baru lulus SMA, jadi belum ada pengalaman kerja 2 tahun, apa saya masih bisa ikutan?

    BalasHapus
  36. bagaimana kita memperoleh pasport sementara saya belum pernah berpergian keluar negri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan anda mendatangi kantor imigrasi di wilayah anda untuk membuat pasport.

      Hapus
  37. Sf, dokumen yang perlu dilengkapi apa sesuai yg sf jabarkan diatas, atau akan diberitahukan saat pengumuman pemenang dv lottery? Untuk rekening tabungan harus berapa? apa perlu sampai 500jt, sebagai jaminan? mohon infonya, karena saya dari keluarga biasa. dan belum pernah keluar negri. terima kasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, semua dokumen di atas diperlukan pada saat kami mengurus visa imigrasi DV Lottery. Untuk lebih pasti dan lengkapnya, silahkan anda mengikuti petunjuk yang ada di Notification Letter yang anda terima.

      Kami tidak begitu tahu mengenai jumlah minimal tabungan yang disyaratkan, karena tidak pernah tercantum di website resmi DV Lottery. Namun kami sempat membaca di forum-forum, minimal $10.000 per orang dewasa dibutuhkan agar tidak menjadi beban pemerintah (public charge) ketika anda tinggal di Amerika.

      Hapus
  38. Halo, ceritaSF. Kebetulan saya adalah salah satu pemenang green card lottery. Pada saat pengisian formulir DS-260, pada bagian terakhir, yaitu Do you have Social Security Number? Saya pernah kuliah di AS, dan saya pernah mendapat SSN, tapi credit history saya buruk sekali karena banyak sekali tunggakan dari hutang kartu kredit dari bank di AS. Pertanyaan saya: Apakah saya akan ditolak untuk mendapatkan green card karena credit history saya sangat buruk? Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi, selamat anda sudah terpilih sebagai salah satu pemenang DV Lottery!

      Kami kurang paham apakah credit history yang buruk dapat mempengaruhi keputusan untuk mendapatkan visa imigrasi. Apabila anda sudah melewati tahap wawancara, maukah anda membagi pengalaman anda di sini? Terima kasih dan semoga berhasil!

      Hapus
  39. Hi SF, dokumen2 yg tdk relevan tsb ( surat cerai,surat kepolisian, surat adopsi dkk ) tetap harus kita lengkapi/bawa juga saat wawancara ? Jika berstatus lajang, apakah diwajibkan juga membawa dokumen2 sejenis tsb di atas ? tsk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau anda tidak memiliki dokumen-dokumen yang tidak relevan tersebut, tentu tidak perlu dibawa. Apakah anda mempunya surat nikah & surat cerai apabila masih lajang? ;)

      Hapus
  40. Mau tanya lagi nih,
    Ijazah sma itu apa bisa memakai ijazah yg dari Ujian Akhir Nasional yg diselenggarakan pemerintah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepengetahuan kami hanya ada 1 ijazah SMA yang diterbitkan oleh sekolah ketika anda lulus.

      Hapus
  41. Trims yah CeritaSF buat berbagi pengalamannya ☺️ blog anda telah menjadi Salah Satu resource yang saya kerap kunjungi Selama proses DV lottery. Saya ada pertanyaan nih, yang semoga CeritaSF bisa Bantu untuk dijawab...

    Ketika mentranslasi dokumen2, hasil translasinya ada tertera kalimat “I certify that this is a true and complete translation.” nggak yah? Hasil translasi dokumen Saya tidak mengandung kalimat tersebut, dan Saya khawatir akan dipermasalahkan, meskipun Saya menggunakan notaris yang termasuk dalam list mereka...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih kembali. Semoga semua proses DV Lottery anda lancar dan sukses!

      Pada dokumen terjemahan kami, iya, di halaman terakhir terdapat pernyataan dari penerjemahnya. Tapi mungkin saja berbeda. Seharusnya tidak menjadi masalah, apalagi anda telah menggunakan jasa penerjemah yang direkomendasikan oleh Kedubes AS.

      Hapus
  42. Trims yah buat balasannya! The whole process is pretty nerve-wrecking so far, takut banget kalo salah sedikit aja, langsung ditolak pas pemeriksaan dokumen, haha.

    Regardless, looking forward to your future posts :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih kembali.

      Wajar saja bila merasa gugup dan cemas. Namun apabila anda sudah terpilih, sebenarnya proses selanjutnya hanya masalah verifikasi dokumen dan data anda, apakah anda benar orang yang menang DV Lottery dan kualifikasi anda sesuai dengan yang disyaratkan. Selama anda tidak pernah terlibat tindakan kriminal atau melanggar peraturan imigrasi AS (misalnya overstay di AS), you'll be fine. Semoga berhasil!

      Hapus
  43. SF penerjemah tersumpah bisa lihat di mana daftar nya. Terus ada di daerah mana saja. Soalnya saya di luar Jakarta

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anda dapat menghubungi Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta untuk menanyakan mengenai daftar penerjemah yang terbaru.

      Hapus
  44. Cerita SF, rekening tabungan yang hrs dilengkapi sebagai salah satu syarat dalam bentuk tabungan rupiah atau US dollar?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau anda punya dua-duanya, sebaiknya semua buku & fotokopi rekening tabungan dibawa. Kalau tidak punya tabungan dolar AS, cukup tabungan Rupiah saja.

      Hapus
  45. Hi...mau tny..apakah kalo pernah overstay di us dan anak us citizen...maka ikut lottery ini akan di black list?...thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau anda pernah overstay kurang dari 1 tahun, maka anda tidak boleh masuk ke AS selama 3 tahun; apabila anda overstay lebih dari 1 tahun maka anda tidak diperbolehkan masuk AS selama 10 tahun.

      Anda bisa mencoba daftar program DV Lottery ini apabila anda sudah lebih dari 3 atau 10 tahun berada di luar AS.

      Hapus
  46. Halo mau nanya. Pada saat mengisi form ds260 ada dokumen2 yang perlu di upload ? Lalu untuk paspor saya berakhir akhir nov 2017. Apakah akan jadi masalah atau lebih baik saya perpanjang dulu sebelum mengisi form ? Trims.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak ada dokumen yang dilampiran, semua dokumen dibawa nanti pada saat wawancara.

      Anda bisa mengisi dan memasukan formulir DS260 dulu, asal pada saat jadwal wawancara dan visa anda diterbitkan, paspor anda sudah diperbaharui (syarat resminya adalah paspor harus berlaku setidaknya 6 bulan saat anda masuk ke AS).

      Hapus
  47. CeritaSF, sy td mlm pukul 23.00 WIB tgl 2 Mei coba cek DV 2018. Waktu mau check status kenapa ga bisa masuk atau pending terus. Sy cek di www.dvlottery.state.gov

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemungkinan site-nya down karena banyak yang mengakses. Silahkan anda coba lagi, semoga berhasil!

      Hapus
    2. Uda berhasil masuk setelah coba banyak kali. Hampir 12 jam. Ternyata tidak terpilih.

      Hapus
    3. Semoga ada kesempatan lebih baik lainnya buat anda.

      Hapus
  48. Mba...mau tanya....apakah dalam pengurusan nanti ada biaya2 yang harus kita bayar ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada biaya pengurusan visa imigrasi yang harus dibayar pada saat anda menghadiri wawancara dan biaya administrasi yang harus dibayar online sebelum anda masuk ke AS.

      Hapus
  49. Salam SF,saya terpilih sbg pemenang the diversity Immigrant visa program thn 2018. Yang saya mau tanyakan :
    1. Apakah itu utk Green Card atau pem-
    Buatan visa.
    2. Formulir online DS-206 itu apa ya ?
    Apakah kita harus mengisi formulir
    Lagi ? Dan formulir tsb didapt dari
    mana ?
    3. Bulan april kemrn saya rencananya
    untuk membuat visa AS, dgn adanya
    Dv Diversity ini apakah saya bisa
    melanjutkan pembuatan visa AS atau
    tidak.

    Terima kasih sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat! Berikut jawaban kami:
      1. DV Lottery adalah program visa imigrasi. Dengan mengikuti program ini berarti anda memiliki kemauan untuk berimigrasi dan menjadi penduduk tetap di Amerika Serikat.
      2. Silahkan anda mengikuti petunjuk yang tertulis di Notification Letter yang anda terima mengenai langkah-langkah untuk mengakses dan mengisi formulir DS-206.
      3. Sebaiknya anda menuntaskan proses DV Lottery, karena apabila anda mengajukan aplikasi untuk visa turis namun diketahui bahwa anda memiliki intensi untuk berimigrasi, visa anda bisa saja ditolak.

      Hapus
  50. Terima kasih SF utk kesediaan menjawab pertanyaan saya diatas. Sy tahu terpilih dari cek status dan tidak terima email. Apakah NL itu yg dimaksud. Kalau di situ tdk ada instruksi bagaimana mengakses dan mengisi formulir DS-206. Mohon petunjuknya FS..terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan anda membaca artikel ini lebih teliti, semuanya sudah ada di sini.

      Tautan untuk mempersiapkan langkah-langkah selanjutnya, termasuk mengenai formulir DS-260, ada di Paragraf ke-6. Tautan ini ada juga di Notification Letter yang anda dapatkan. Ikuti semuanya dari website resmi tersebut http://www.dvselectee.state.gov.

      Semoga berhasil!

      Hapus
  51. SF apakah ini utk Green Card dan kenapa di disebut Visa. Maaf saya gak ngerti masalah ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anda waktu itu mendaftar untuk apa? Kalau tidak mengerti kenapa anda mendaftar program DV Lottery ini? Anda beruntung bisa terpilih menjadi salah satu pemenang DV Lottery 2018, banyak orang yang sangat mengharapkan berada di posisi anda sekarang.

      Hapus
  52. Based on the information provided, the Entry HAS NOT BEEN SELECTED for further processing for the Electronic Diversity Visa program at this time.

    Maaf mau tanya saya kan ikut green card lottery 2018 jawabanya ini maksdnya gmn ya? Please verify that you have entered all information correctly. You may re-check the Entry status by clicking on the ESC Home Page link below.

    BalasHapus
  53. HI..SF...., saat saya login ke DS-260, terlihat nama saya, istri (spouse) dan anak (child), pada nama saya sebelah kanan ada tulisan start, lalu saya klik dan mulai mengisi formulir tersebut. setelah selesai semua (punya saya) apakah saya harus klik star di tempat istri saya dan anak anak saya ? pertanyaannya di formulir istri dan anak2 sama dengan punya saya. apakah harus diisi semua juga ?
    Dan setelah selesai diisi formulir tersebut sebelah kanan tersebut HARUS terlihat INCOMPLETE atau COMPLETE ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, semua anggota keluarga harus mengisi formulir masing-masing, walaupun data-datanya ada yang sama. Semua formulir harus COMPLETE.

      Hapus
    2. Terima kasih FS...utk medical checkup hrs semua anggota keluarga yg ikut ke US atau hanya principal ?

      Hapus
    3. Hallo SF...saya kesulitan utk sign and submit application. Di screen ada kata2 warna merah
      .the case number you entered does not match with the case number entered sign in. Saya sdh sgt hati enter case number dan gak ada yg salah. Apa yg hrs sy lakukan

      Hapus
    4. Semuanya. Untuk detil tentang tes kesehatan, anda bisa baca GREEN CARD LOTTERY (III) - TES KESEHATAN.

      Hapus
    5. Mungkin ada sistem yang eror. Silahkan anda coba lagi.

      Hapus
    6. Ok terima kasih SF..

      Hapus
  54. Hi SF ...maaf saya bertanya lagi..mengenai ijazah SMU..jika ijazah sudah gak ada, cuma fotocopy aja. Sedangkan kita di haruskan membawa ASLI..ini bagaimana. Apakah hrs buat yg asli lagi ?

    BalasHapus
  55. Halo mr.Sf
    Mengenai surat kepolisian... itu diperlukan pada saat interview (stlh terpilih sebagai salah satu pemenang lotery) ya?
    Dulu pada tahun 2010 saya dan suami pernah tinggal di sydney, aust selama 1thn dengan menggunakan visa student. Dan pada tahun 2011 kami memutuskan plg ke indo (for goodd) karena saya melahirkan. Setleah itu thn 2013 dan 2015 kami juga ke sempat berkunjung ke sydney, aust dalam rangka holiday.
    Apakah sy perlu minta surat kepolisian dari sydney, australia?
    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, surat kepolisan (police record) diperlukan apabila anda pernah tinggal lebih dari 1 tahun di negara tersebut. Apabila hanya kunjungan liburan kurang dari 1 tahun tidak perlu.

      Hapus
  56. Harus ad deposito yang lumayan di bank yah??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setidaknya harus ada dana yang cukup untuk membiayai perjalanan ke Amerika dan biaya hidup selama belum mendapat pekerjaan.

      Hapus
  57. Hi, saya baru berpikir untuk ikutan lotre green card ini. Apakah akan dbuka lagi program ini di bulan oktober 2017?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, silahkan anda cek website resminya bulan Oktober nanti.

      Hapus
    2. Apa bisa minta alamat website untuk mendaftar green card lotery ini? Skg sudah memasuki bulan okt 2018. Apa sudsh dibuka ya?

      Hapus
    3. http://www.dvlottery.state.gov/. Ya, pendaftaran DV Lottery 2019 sudah dibuka sejak 3 Oktober sampai dengan 7 November 2017.

      Hapus
  58. Halo, saya ingin bertanya, saat mengisi form DS-260 di bagian mailing address mengharuskan kita untuk mengisi alamat permanent di US, sedangkan jika kita belum mempunyai tempat tinggal tetap di US bagaimana saya harus mengisinya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anda harus mencari kenalan/teman/saudara di USA yang bisa dipinjam alamatnya.

      Hapus
  59. Hay mau nanya lagi nih, apakah yg sudah dipetisi boleh ikut dvlottery? Soalnya saudara sy bentar lag mau citizen..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksudnya dipetisi bagaimana?

      Hapus
    2. Boleh di cek di US Embassy atau USCIS, tapi kalau tidak salah seharusnya cuma boleh ada 1 active petition per individu.

      Hapus
    3. Terima kasih atas informasinya, Alvina.

      Hapus
  60. Halo.. saya sudah mencoba buka alamat website yg bapak berikan. Tapi kok tidak bisa ya? Mohon petunjuknya. Thank you

    BalasHapus
  61. bila nama yg sya cntumkan tidak lngkap sprt di passport saat apply cm nama singkat, apakah nnt saat sya menang akan bermslah, mhon info mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama yang didaftarkan harus sesuai dengan nama yang tercantum pada dokumen anda (akte lahir, pasport, ijazah, dll).

      Hapus
  62. Bagaimana kalau akta lahir dan passport berbeda nama? Karena marga?

    BalasHapus
  63. maaf ya banyak tanya..apakah dokumen dari anak2 yg didaftarkan harus diterjemahkan juga ?

    informasi apa saja yg diisi di form DS260 dan apakah saat mengisi form DS260 juga dibatasi waktu dan tidak boleh diulang ? trmksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, semua dokumen anak-anak yang berhak ikut mendaftar DV (berumur maksimal 21 tahun dan belum menikah) harus dibawa lengkap saat wawancara: asli - foto kopi - terjemahan.

      Silahkan anda google untuk mendapat contoh formulir DS260. Data yang sudah diisi dapat disimpan (save) dan dilengkapi serta diselesaikan di kemudian waktu.

      Hapus
  64. Hi! Kira2 berapa jumlah uang di rekening untuk lolos di semua tahap ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak ada ketentuan tertulis mengenai jumlah tabungan minumum yang harus dimiliki. Namun agar dapat pergi ke AS dan bertahan hidup selama beberapa bulan pertama saat mencari kerja, kira-kira $10.000 per orang dewasa.

      Hapus
  65. kak SF,

    Terima kasih informasinya sangat berguna. Saya baru sekali ini ikut lottery dan tidak disangka dapat nomor case!
    Saya sudah isi form dan menunggu jadwal interview. Gimana nanti kita tahu jadwal interview kita ya? Apakah cek setiap hari lewat website? Dan sepengalaman kak SF, waktu itu memakan berapa lama sampai dipanggil?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat untuk anda yang sudah memenangkan Green Card Lottery!

      Jadwal wawancara keluar berurutan berdasarkan case number anda. Anda bisa cek Visa Bulletin untuk mengetahui case number yang sudah "current" untuk dipanggil wawancara. Kira-kira 2 bulan sebelum wawancara, anda juga akan mendapatkan Notification Letter yang kedua.

      Waktu itu case number kami nomor 5.000-an dan mendapat jadwal wawancara bulan Mei.

      Semoga berhasil!

      Hapus
  66. halo kak,

    saya ada pertanyaan nih.
    kan ak ga punya nama belakang, jadi hanya first name saja. Nahhh padahal di form ds260 itu wajib isi surname.
    gimana ya kak solusinya.?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi, untuk first name bisa diisi FNU (First Name Unknown) & last name diisi dengan nama kamu. Good luck!

      Hapus
  67. Halo mas sf, sebentar lagi pengumuman dv lottery 2019, tapi saya beserta keluarga belum memiliki passport, apakah kami bisa buat passport setelah kami terpilih atau kami harus buat sebelum pengumuman keluar tanggal 15 mei bulan ini? Terima kasih sebelumnya untuk responnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anda bisa membuat pasport setelah keluar pengumumannya.

      Hapus
  68. Untuk oktober 2018 ini apa ada program Lottery lagi?

    BalasHapus
  69. saya mau tanya, apakah rekening tabungan itu bersifat wajib. saya cek di link berikut
    https://travel.state.gov/content/travel/en/us-visas/immigrate/diversity-visa-program-entry/diversity-visa-if-you-are-selected/diversity-visa-prepare-supporting-documents.html

    tidak ada rekening tabungan.

    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebaiknya anda mengkonfirmasi hal ini ke Kedutaan AS langsung.

      Hapus
  70. Hallo, saya mau tanya saya pernah tinggal dan kuliah di Taiwan selama 6 Tahun (2008-2014), apakah saya masih perlu mendapatkan SKCK dari kepolisian Taiwan,? Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul. Anda harus memiliki surat catatan kepolisian dari Taiwan.

      Hapus
  71. Apakah bisa ijazah s1 menjadi pengganti ijazah sma kalau seseorang dari tamatan smk?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebaiknya anda membawa kedua ijazah, baik ijazah SMK maupun S1.

      Hapus
  72. Halo ceritasf, boleh minta masukan untuk translate dokumen lebih baik cari dimana dan kriterianya apa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anda bisa mencari daftar penerjemah tersumpah dari Kedutaan Amerika, kemudian bisa bandingkan jasa (lama waktu untuk menerjemahkan, bisa kirim dokumen yang akan diterjemahkan online dan mereka kirimkan hasil terjemahanna lewat pos atau tidak, dll) dan harga yang mereka tawarkan.

      Hapus
  73. Jika pernah menempuh studi di US apakah diperlukan Police Record dari US juga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak perlu catatan polisi dari Amerika Serikat.

      Hapus
  74. 1. Kalau oktober tahun ini saya mau ikutan dv lottery tapi lulus sma nya juni tahun depan boleh ga ya?
    2. Kalau saya tidak punya teman atau saudara untuk dipinjam address nya disana gimana ya?
    3. Kalau misalkan bulan may tahun depan saya terpilih, kira2 keluar visa nya kapan ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Anda harus sudah lulus SMA untuk mendaftar DV Lottery.
      2. Harus cari kenalan yang bisa dipercaya dan tinggal di AS untuk dipinjam alamatnya.
      3. Antara Oktober 2020 sampai September 2021.

      Hapus
  75. CeritaSF, mau tanya untuk DV lottre jenis keperluan SKCK untuk apa ya? Apakah untuk ijin tinggal tetap diluar negeri (PR) atau memperoleh visa?

    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Catatan kepolisian (police record) diperlukan untuk mencek latar belakang seseorang sebelum diberikan visa imigrasi. Namun, catatan polisi RI (SKCK) tidak menjadi persyaratan oleh Kedutaan AS.

      Hapus
  76. Saya tinggal di luar negri dan sekarang dapat/menang dv lottery, kira2 untuk penerjemah tersumpahnya bagaimana ya? Saya butuh penerjemah bahasa Indonesia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anda dapat mencari "Daftar Penerjemah Kedutaan Amerika" dan menghubungi mereka untuk bertanya mengenai prosesnya apabila anda tidak berada di Indonesia.

      Hapus
  77. mau tanya, pada waktu mengisi DS 260 itu, perlu upload seperti akta lahir, ijasah sma, ( kalo iya) yang di upload yang bahasa inggris apa ke 2 nya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak perlu. Namun setelah formulir DS260 anda masuk dan selesai diproses, KCC akan menghubungi anda untuk meminta dokumen yang disyaratkan. Anda harus memasukkan dokumen-dokumen penunjang ini sebelum jadwal wawancara anda keluar.

      Hapus
    2. kak, terima kasih bantuannya, mau tanya lagi, apa harus dokumen itu di translate di sworn translator yang ada di list nya us embassy jakarta,kalo sworn translator yang ada di kota saya ( surabaya ) , apa bisa ya?

      Hapus
    3. Boleh saja menggunakan jasa penerjemah tersumpah di kota anda.

      Hapus
  78. Bagaimana jika saya tinggal di luar negri dan tidak punya skck dari Indonesia, apakah setiap kedutaan amerika di negara manapun tau jika skck dari Indonesia tdk diperlukan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seharusnya mereka tahu, karena sudah ada petunjuk resminya. Jika anda tidak yakin, anda bisa membawa rekam layar (screenshot) website Kedutaan AS yang menyatakan hal ini.

      Hapus
  79. Bagaimana dengan dokumen lain yg disyaratkan namun tdk relevan, bagaimana untuk memastikan bahwa sy tdk perlu mengurus beberapa dokumen itu?,misalnya court and prison records, dan military records and police certificates

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau anda tidak pernah mendapatkan atau memiliki dokumen-dokumen tersebut berarti anda tidak perlu mengurusnya.

      Hapus
  80. salam kak SF, setelah form DS 260 saya submit melalui online, menurut cerita kakak di atas kita menunggu case kita current ( kalau gak salah ), atau bagaimana kita mengetahui langkah selanjutnya , apa akan di telpon, di beritahu via email atau apa ? mohon pencerahannya dan terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. KCC akan menghubungi anda apabila formulir DS260 anda sudah diproses dan meminta anda untuk mengirimkan dokumen-dokumen yang disyaratkan. Apabila jadwal wawancara anda sudah keluar, anda akan mendapatkan email untuk mengecek status dan surat pemberitahuan kedua (Second Notification Letter) di website DV Lottery.

      Hapus
  81. Salam CeritaSF, terima kasih atas semua informasi yg Anda sediakan di sini. Suami saya selectee dv2020. Saat ini kami sedang mengisi DS260. Ada beberapa hal yg ingin kami tanyakan:
    1. Membuktikan bahwa lulus 12 tahun pendidikan dasar itu apakah perlu menuliskan semua ijasah dari SD, SMP, SMA, ataukah cukup SMA saja?
    2. Pekerjaan yang ditanyakan dlm 10 tahun terakhir itu apabila ada pekerjaan sebelum yg sekarang, yg tidak punya surat keterangan kerjanya apakah sebaiknya tidak usah ditulis saja? Seberapa perlu menuliskan pekerjaan2 sebelumnya bila juga punya ijasah SMA dan S1? Karena yg kami tangkap dari membaca di CeritaSF, syaratnya adalah lulusan SMU atau 2 th kerja.
    Atas bantuan dan perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat untuk suami dan anda yang sudah memenangkan DV Lottery 2020. Berikut jawaban kami:
      1. Cukup ijazah SMA saja.
      2. Semua pertanyaan harus dijawab dengan lengkap! Walaupun mungkin tidak berpengaruh terhadap kualifikasi suami anda karena sudah punya ijazah SMA, namun pemerintah AS perlu mengecek latar belakang semua orang yang mendaftar visa imigrasi.

      Hapus
  82. Terima kasih atas tanggapannya CeritaSF.

    BalasHapus
  83. Halo CeritaSF. Saya terpilih dalam program dv2020. Yang mau saya tanyakan: Apabila form ds260 sudah di save, apakah masih bisa di edit lagi? Apakah dokumen pelengkap (seperti akta lahir, akta nikah, dll) HARUS di terjemahkan ke bhs english? Thx...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, formulir DS 260 masih bisa disimpan dan diedit, sampai anda memasukkannya (submit). Betul, semua dokumen harus diterjemahkan!

      Hapus