PENDAFTARAN DV LOTTERY 2023

Selasa, 05 Oktober 2021

Pendaftaran Diversity Visa Program 2023 (DV-2023) dibuka tanggal 6 Oktober 2021 pukul 23.00 WIB sampai dengan 9 November 2021 pukul 23.00.




Pendaftaran dilakukan secara elektronik dan formulir pendaftaran hanya akan tersedia di website resmi DV Lottery https://dvprogram.state.gov/

Pemenang akan dipilih secara acak dan tidak dipungut biaya apapun untuk mendaftar.


Program Diversity Visa (DV) memberikan visa tinggal tetap (permanent resident visa / Green Card) kepada warga negara asing dari negara-negara dengan tingkat imigrasi yang rendah ke Amerika Serikat dalam lima tahun terakhir, termasuk Indonesia.


Program DV-2022 tahun lalu diikuti oleh 7,3 juta pendaftar dari seluruh dunia atau sekitar 13,2 juta orang termasuk pasangan dan anak-anak, yang bersaing untuk mendapatkan 55.000 visa tinggal tetap di Amerika Serikat (Green Card). 

Pada tahun fiskal 2022 ini ada 218 pemenang dari Indonesia yang terpilih dan bisa melanjutkan proses untuk mendapatkan Green Card.

Persyaratan utama DV Lottery adalah pendaftar harus memiliki ijazah SMA atau sederajat (12 tahun pendidikan dasar) ATAU memiliki pengalaman kerja selama dua tahun dalam lima tahun terakhir.

Silahkan membaca Instruksi Pendaftaran DV-2023 dengan sebaik-baiknya. Pendaftar akan gugur apabila tidak melengkapi formulir secara benar atau memasukkan formulir pendaftaran lebih dari satu kali. Instruksi pendaftaran DV-2023 dapat diklik di sini.

Sebelum memulai proses pendaftaran, pastikan pas foto anda dan seluruh anggota keluarga memenuhi persyaratan DV Lottery yang tercantum pada Instruksi Pendaftaran DV-2023. Kasus anda dapat didiskualifikasikan apabila tidak memasukkan foto yang sesuai dengan persyaratan yang sudah ditentukan. Contoh foto yang memenuhi syarat dan dapat diterima bisa dilihat di sini.

Pendaftar utama wajib untuk memasukkan data paspor yang masih berlaku, termasuk nomor paspor, negara tempat paspor diterbitkan, dan tanggal berakhir paspor. Anggota keluarga lain yang ikut didaftarkan (pasangan dan anak-anak) tidak perlu memasukkan data paspor mereka.





Formulir pendaftaran terdiri dari dua bagian: bagian pertama untuk Pendaftar Utama dan bagian kedua untuk seluruh anggota keluarga lain yang memenuhi syarat. Semua bagian harus diisi secara benar dan lengkap. 

Data-data yang diperlukan untuk mendaftar DV Lottery:
- Nama: nama belakang, nama depan dan nama tengah, yang sesuai dengan paspor. Apabila anda hanya memiliki satu nama, nama tersebut harus dicantumkan di bagian nama belakang / nama keluarga
- Jenis kelamin
- Tanggal lahir
- Kota tempat kelahiran
- Negara tempat kelahiran
- Nomor paspor, negara tempat paspor diterbitkan, dan tanggal berakhir paspor
- Pas foto
- Alamat korespondensi
- Negara tempat tinggal sekarang
- Nomor telepon (optional)
- Alamat email
- Pendidikan terakhir
- Status pernikahan
- Jumlah anak

Apabila sudah siap dengan semua data diri dan pas foto, silahkan klik tautan ini untuk memulai proses pendaftaran: MULAI MENDAFTAR.

Hasil pengundian DV Lottery 2023 akan diumumkan pada 8 Mei 2022. Seluruh peserta DV-2023 dapat mengecek status mereka dengan memasukkan informasi nomor konfirmasi yang diterima saat mendaftar. Peserta DV-2023 sebaiknya menyimpan nomor konfirmasi ini hingga akhir tahun fiskal 2023 pada 30 September 2023.

Semoga berhasil!

42 komentar:

  1. Halo CeritaSF, apakah eligible mengikuti undian ini bila baru membuat paspor setelah pendaftaran dibuka? Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak apa-apa, masih memenuhi syarat.

      Hapus
    2. Halo, kalau boleh tahu kemarin membuat paspor dengan jenis apa ya? Karena Saya sudah mencoba membuat paspor dengan jenis imigran mandiri tetapi salah satu persyaratannya adalah surat perjanjian/kontrak dengan employer, sementara itu karena ini ditujukan untuk mendaftar DV program, Saya kesulitan untuk bisa menyediakan dokumen tersebut. Terima kasih sebelumnya.

      Hapus
    3. Paspor biasa yang berwarna hijau.

      Hapus
    4. Saya mengajukan pembuatan paspor biasa (non-elektronik), dan bukunya berwarna hijau. Persyaratannya cukup mudah, seperti kartu keluarga, akta lahir/ijazah (yang memuat nama orangtua), dan KTP. Dokumen asli dilampirkan beserta copynya.

      Hapus
    5. Terima kasih atas informasinya, Gerry.

      Hapus
    6. Terima kasih kembali, Ceritasf. Tahun ini adalah tahun pertama saya mendaftar DV Lottery, dan sangat terbantu oleh tulisan-tulisan di blog ini,

      Hapus
    7. Sama-sama. Semoga anda beruntung bisa mendapatkan DV Lottery!

      Hapus
  2. Hallo ceritaSF ada gak sih yang lulusan smk lolos greencard? Terima kasih

    BalasHapus
  3. Halo ceritaSF, mau tanya dong. Apa harus endapin dana di rekening juga kah seperti halnya membuat visa? Terima kasih.

    BalasHapus
  4. kalo pasport mati msa berlakunya apa msih bsa mendaftar,dan menyambung pasport setelah menang undian,trimaksih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak bisa. Anda harus membuat / memperpanjang pasport terlebih dahulu.

      Hapus
  5. Usia pendaftar apakah di batasi ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Usia pendaftar utama tidak dibatasi, asalkan sudah lulus SMA atau sudah bekerja minimal 2 tahun.

      Hapus
  6. Salam CeritaSF
    Semoga Selalu Sehat dan Lancar Selalu disana.
    Untuk Pengundian DV Lottery apa ada case pemenang walau di passport nya sama sekali belum pernah Overseas?
    Karena saya lihat di Youtube rata-rata yang dapat GC orang yang pernah Overseas sebelumnya ( my opinion)

    Terima Kasih CeritaSF

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk pemenang DV Lottery, tidak ada masalah apabila belum pernah ke luar negeri.

      Hapus
  7. Kl suami/istri sudah daftar apa pasanganya (suaminya/istrinya) boleh daftar juga?

    Atau cuma boleh 1 orang yg daftar dvprogram dalam 1 keluarga (suaminya/istrinya)?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masing-masing boleh mendaftar, jadi anda mendapat 2 kesempatan untuk mengikuti undian.

      Hapus
  8. Apa ada pemberitahuan lewat email kl dapat visanya?.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak ada. Anda harus mencek di website DV Lottery.

      Hapus
  9. hai cerita SF, sekali lg nimbrung, kalo saya lulusan D3 apakah sebaiknya menulis high school degree? karena kalo sy artikan via google seperti vocation dan course kok gak ada arah ke diploma, mhn pencerahannya,....semoga bs cepet nyusul cerita SF amin

    BalasHapus
  10. Halo salam kenal pak.

    Secara umum, berapa lama proses keseluruhannya dari mulai awal banget mengisi form DV, sampai benar-benar bisa berangkat ke US dan terima green card?

    Jadi kalau mengisi form DV November 2021, kalau terpilih, kira-kira tahun berapa baru terima green cardnya?

    BalasHapus
  11. kalau kita ikut dv 2023 berangkatnya 2023 atau 2022?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa 2022, 2023, atau 2024, tergantung bulan apa anda mendapatkan jadwal wawancara. Wawancara DV2023 dilakukan antara Oktober 2022 sampai September 2023. Anda bisa langsung berangkat ke Amerika Serikat setelah mendapatkan visa, antara Oktober 2022 sampai Maret 2024.

      Hapus
  12. yang gak pake undian itu yang di website uscis itu gimana caranya yah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa dengan menikah dengan warga negara AS, disponsori keluarga atau perusahaan.

      Hapus
  13. Hello cerita SF mau tanya. Setelah dinyatakan lolos, akan ada wawancara di embassy dan ada biaya pembuatan visa. Itu besarnya berapa ya biayanya? Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biaya untuk DV-2022 adalah $330/orang.

      Hapus
  14. Halo CeritaSF

    Mau tanya perihal Confirmation Number saya ikut yang DV Lottery 2022 untuk tetap di simpan sampai 30 September 2022. Mei 2021 ada info "has not been selected" di official web DV. Apakah maksud nya saya terus coba cek sampai 30 September 2022?

    Terima Kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Walau kemungkinannya kecil, tapi bisa saja ada kesalahan sistem dan pemilihan pemenang diulang (re-do) seperti pada DV-2012. Jadi tidak ada salahnya anda tetap menyimpan Confirmation Number ini sampai proses DV tahun yang bersangkutan berakhir.

      Hapus
  15. Selamat siang CeritaSF,

    Saya Risky, mau bertanya kepada CeritaSF. Apakah jika mendaftar DV Lottery bisa untuk tidak ke US dahulu untuk mengumpulkan biaya. Jadi mencoba mendapatkan DV Lottery nya dulu, kemudian mencari pekerjaan di Indonesia dan setelah mendapatkan pekerjaan dan biaya kemudian pergi ke sana.

    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Risky, Diversity Visa ini ada batas waktunya. Jadi anda sudah harus pergi ke Amerika dalam waktu 6 bulan setelah lolos wawancara.

      Hapus
  16. Sangat berharap lottery greencard 2023 kita bisa berangkat kesana bertemu kohfelox juga ... hehehe

    BalasHapus
  17. Hai cerita sf, saya sangat terbantu dengan blog ini karena banyak informasi. Yg ingin saya tanyakan kalau ada perbedaan nama. Jadi di akte lahir dan ijazah sama tetapi nama di ktp ada nama marga karena dulu suami saya kena peraturan pemerintah bahwa nama marga harus dicantumkan sehingga dari ktp dan passport berbeda dengan akte lahir dan ijazah. Apakah kami harus mengurus di pengadilan untuk merubah nama. Dan setelah nama dirubah apakah nama di akte lahir juga harus dirubah juga? Karena nama di passport mengikuti nama yang di ktp.
    Terima kasih atas infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, anda harus mengurus ke pengadilan mengenai perbedaan nama tersebut. Seharusnya nama di KTP & Passport yang mengikuti Akte Lahir.

      Hapus

© ceritasf 2017. Diberdayakan oleh Blogger.
Back to Top