Rabu, 06 Mei 2015

KARTU HIJAU IDAMAN BANYAK ORANG

Kartu Hijau, temannya si Paspor Hijau
Sudah sejak lama kami bercita-cita untuk tinggal dan bisa bekerja di negara maju. Ada beberapa pilihan kami pertimbangkan; selain ke Amerika Serikat (AS), kami juga pernah mencari-cari informasi mengenai imigrasi ke Singapura, Selandia Baru, Australia, sampai Kanada. Seiring berjalannya waktu dan semakin nyamannya kehidupan di Jakarta, keinginan ini sempat hilang.

Pada bulan September 2011, timbul kejenuhan dalam pekerjaan sehingga diberi kesempatan oleh perusahaan untuk mengambil cuti selama 1 bulan. Selama beberapa minggu kami pergi ke Australia, sekaligus menghadiri pernikahan adik. Selama berlibur beberapa minggu itulah keinginan untuk tinggal di negara maju muncul kembali. 


Kebetulan saat kembali ke Jakarta di bulan Oktober 2011 pendaftaran untuk DV Lottery 2013 sedang dibuka. Kami memutuskan untuk mendaftar, mengisi formulir dan menyiapkan pas foto yang merupakan syarat aplikasi. Apa sebenarnya DV Lottery?

DV sendiri singkatan dari “Diversity Visa” sedangkan “lottery” biasa diterjemahkan sebagai lotere alias undian. DV Lottery program undian tahunan yang diadakan US Departement of State (Kementrian Luar Negeri AS). Yang diundi? Tentu saja izin tinggal tetap (permanent resident visa). Dokumen permanent resident (PR) AS wujudnya seukuran KTP Indonesia dan berwarna hijau, maka dijuluki sebagai “green card” (terjemahan bebasnya: kartu hijau).

Tujuan pemerintah AS memberikan lotere izin tinggal sesuai namanya "Diversity Visa", yaitu agar pendatang yang bermukim di AS semakin beragam. Setiap tahun pemerintah AS mengeluarkan 50.000 visa melalui program DV Lottery. Hebatnya lagi, tidak dipungut biaya apapun untuk mendaftar.

Visa imigran melalui lotere ini terutama ditujukan bagi negara-negara dengan tingkat imigrasi rendah ke AS, sehingga negara-negara yang “menyumbang” imigran lebih dari 50.000 orang per tahun dalam 5 tahun terakhir tidak diperkenankan ikut. 

Si kartu hijau ini (green card) memungkinkan pemegangnya tinggal praktis seumur hidup sampai tua di wilayah Amerika Serikat, beda dengan visa kerja (H-1B misalnya) yang punya masa berlaku tertentu. Fisik kartunya ada kadaluarsa, mesti diperbarui setiap 10 tahun sekali. Imigran berstatus izin tinggal tetap bisa menikmati hak yang sama dengan warga negara AS, antara lain bekerja, memperoleh subsidi kesehatan, membeli properti, ambil kredit/pinjaman, dan lain sebagainya. Satu perbedaan penting, orang yang memiliki green card AS tidak punya hak suara saat pemilu.

Tak heran “si kartu hijau” jadi idaman banyak orang di seluruh dunia. Pernah bersekolah satu kampus dengan Bill Clinton atau bertahun-tahun kerja di perusahaan milik Bill Gates pun bukan jaminan seseorang bisa mengantongi green card. Maka Green Card Lottery jadi salah satu cara paling jitu untuk meraih status permanent resident

Kembali ke bulan Oktober 2011, kami akhirnya memulai langkah pertama yang akan mengubah total hidup selanjutnya, dengan mendaftarkan diri di situs DV Lottery. Hati-hati jika menggunakan mesin pencari / googling, banyak pihak memanfaatkan minat ikut undian ini dengan membuat situs-situs green card tak resmi, yang ujung-ujungnya merugikan. Situs resminya yang dikelola US Departement of State, silakan klik di sini.

Detail mendaftar green card lottery akan kami bahas di artikel selanjutnya.

52 komentar:

  1. thanks ... aku mau pindah ke amerika masih bingung gimana prosedur nya....tapi sekarang udah ngerti :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih kembali... semoga sukses ya!

      Hapus
    2. Gmna prosedur nya ajarin donk

      Hapus
    3. Silahkan anda baca-baca blog ini.

      Hapus
  2. Wah, amazing ya bisa tggl di US. Apakah dgn mendapat Green card kita bisa bolak balik Indo-US ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang menakjubkan, tidak terbayang sebelumnya bisa tinggal di AS :) Iya, boleh bebas bolak-balik Indonesia-AS & pergi ke mana saja.

      Hapus
  3. Hai SF, apa mempunyai data dari 50.000 GC berapa pemenang Lottery dari Indonesia dan diikuti dari berapa peserta Indonesia lalu jika diakumulasi secara keseluruhan berapa peserta GC dari seluruh dunia. Setelah membaca cerita SF di atas apakah memang tidak ada cara lain untuk dapat menetap di USA secara legal selain mengikuti GC Lottery?

    BalasHapus
    Balasan
    1. semua data statistik GC lottery bisa dilihat di sini: http://travel.state.gov/content/visas/en/immigrate/diversity-visa/diversity-visa-program-statistics.html

      selain ikut lotere, bisa juga mendapat green card lewat cara:
      - menikah dengan warga negara amerika, atau
      - mendapat sponsor dari perusahaan.

      Hapus
    2. Ketika SF memenangkan GC Lottery, sudah berapa kali sebelumnya SF mengikuti program undian tersebut hingga akhirnya memenangkan GC Lottery? Apakah ini merupakan pertama kalinya SF mengikuti dan langsung memenangkannya?

      Hapus
    3. Saat itu (2012) adalah kedua kalinya kami ikut mendaftar GC Lottery.

      Hapus
  4. Beberapa hal yang ingin diketahui terkait GC,
    1. Apakah pemenang GC Lottery yang telah diverifikasi wajib berangkat dalam waktu 6 bulan? Bilamana ya, apakah pemenang tersebut dapat pergi dulu sendiri sementara anggota keluarganya menyusul di kemudian hari?


    2. Cerita SF pernah menginformasikan bahwa pemegang GC dapat bolak-balik USA-Indonesia, nah apakah diberikan tenggang waktu berapa lama dapat meninggalkan USA ketika kembali ke Indonesia? Apa konsekuensinya apabila melebihi tenggang waktu tersebut?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hi ricky, berikut jawaban kami:
      1. ya, visa imigran berlaku selama 6 bulan, jadi dalam waktu 6 bulan seluruh pemegang visa sudah harus masuk ke AS. pemenang boleh pergi dulu sendiri, namun seluruh anggota keluarga harus sudah menyusul sebelum masa berlaku visa habis.

      2. apabila berencana ke luar AS lebih dari 1 tahun, sebelum meninggalkan AS harus mengurus re-entry permit dari USCIS (U.S. Citizenship & Immigration Services). kalau lebih dari 2 tahun, harus mengurus returning resident visa di Kedubes AS dan menjalani pemeriksaan kesehatan kembali. konsekwensi tidak memiliki dokumen-dokumen tersebut, anda tidak diijinkan masuk ke AS kembali.
      apabila diketahui anda tidak memiliki intensi untuk menetap tinggal di AS, status green card bisa dicabut. untuk lebih detilnya bisa dilihat di situs USCIS.

      Hapus
  5. Apa GC berlaku hanya untuk yg sudah menikah?
    Soalnya td liat form'y ada data untuk istri/suami dan anak..
    Sedangkan sy masih single dan ingin coba dftr GC..ehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak. yang masih single boleh ikut mendaftar.

      Hapus
    2. Apakah status janda dengan anak boleh mendaftar juga ?

      Hapus
  6. Hi pak.. saya pemegang green card ir1. Saya baru menetap di usa selama 6 bulan. Dan rencana bulan ini akan pulang ke indonesia selama 2 bulan. Apakah nanti saya bisa mengalami kesulitan kalau kembali ke usa krn baru menetap 6 bulan? Trims...

    BalasHapus
  7. apakah calon pemenang harus memiliki kerabat/rumah (tempat bernaung) disana?

    BalasHapus
  8. Mas mau tanya tentang GC ini..

    Untuk pemegang GC apa ada subsidi untuk kursus bahasa inggris disana??
    Dan juga bagaimana kalau mau lanjut ke Uni atau College??

    Untuk minimal stay di indo max berapa lama ya? Ada kententuanya ga? Misalnya kalau 2 tahun ga balik2 ke sana lagi GC kita jadi di cabut?

    Yang mas tau cari pekerjaan disana sulit ga sih utk pemegang ijazah sma, wanita 23 tahun.ya at least kerja serabutan aja gitu utk jajan jajan aja.

    Anyway tulisanya sangat menginspirasi sekali dan membuka harapan untuk bermimpi :) .

    Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa saja ada kursus Bahasa Inggris yang murah atau bahkan gratis di sekitar tempat anda tinggal nanti di sini, tergantung lokasi anda. Anda harus aktif mencari sendiri.

      Mengenai college/universitas, anda bisa mendapatkan harga lebih murah dibandingkan mahasiswa internasional apabila anda penduduk di negara bagian bersangkutan.

      Iya, berada luar Amerika selama lebih dari 2 tahun akan mempengaruhi status penduduk tetap (permanent resident status) anda di Amerika.

      Semestinya tidak sulit mencari pekerjaan serabutan di sini.

      Hapus
  9. Hi mas mau tanya,

    Kalau saya mendaftar utk GC ini trus di saat yang bersamaan sy juga akan ke USA untuk liburan, apa visa turis saya tidak akan d approve karena mereka takut saya ngga balik lg k indo? kebetulan saat ini sy bekerja dan perusahaan tempat sy bekerja akan membiayai semua perjalanan saya :)

    Thnks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berhasil atau tidaknya anda mendapatkan visa turis tidak dipengaruhi oleh aplikasi DV Lottery anda.

      Hapus
  10. Terima kasih mas atas info di atas, sangat informatif.
    Saya mau tanya dong kalo mo apply foto gimana? Bisa ga saya pake pas foto biasa trus di crop, zoom, atau disesuaikan sendiri pake aplikasi hp?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asal pas foto yang anda edit tersebut sesuai dengan persyaratan yang sudah ditentukan, tentu boleh saja.

      Hapus
  11. Hi CeritaSF, saat terplih mendapatkan GC, namun untuk sementara saya menetap di kediaman kerabat di sana ( sejak dating ), apakah melanggar prosedur dari system DV lottery tsb ? apakah diperkenankan ? Setidaknya hingga saya mendapatkan tempat sewa dan pekerjaan. tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, anda boleh tinggal di tempat kerabat anda. Tidak ada ketentuan bahwa anda harus menetap di rumah milik/sewa sendiri.

      Hapus
  12. Hi CeritaSF;
    - sangat luar biasa sekali sharing anda bg saya. Menakjubkan.
    - boleh share jg saat interview dv lottery: point2 penting apa saja yg ditanyakan?
    - apakah ada batasan usia utk memperoleh GC?
    - setelah mendapatkan GC, apakah ada kans cukup besar utk menjd US citizen?
    Terima kasih banyak sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. - Terima kasih sudah mampir ke blog kami.
      - Mengenai wawancara DV lottery, bisa dibaca di: http://www.ceritasf.com/2015/05/green-card-lottery-iv-wawancara.html.
      - Tidak ada batasan usia untuk memperoleh GC.
      - Setelah 5 tahun anda memiliki GC, anda bisa mengajukan naturalisasi untuk menjadi warga negara AS.
      Terima kasih kembali.

      Hapus
    2. Hi CeritaSF;
      Mohon advise nya: dalam periode tahun 1984-1987 saya tinggal di Eropa mengikuti orang tua yang bertugas di sana (kedutaan Indonesia). Waktu itu saya masih pelajar SMP/SMA. Apakah diperlukan Police Records juga dari negara ybs?
      Terima kasih sebelumnya.

      Hapus
    3. Apabila anda sudah berumur 16 tahun pada saat itu dan tinggal di satu negara lebih dari 1 tahun, berarti ya, anda harus mengurus surat kepolisian dari negara tersebut.

      Hapus
  13. Hi Cerita SF

    Apakah ada cara lain untuk mendapatkan Green Card selain melalui lottery?

    BalasHapus
    Balasan
    1. - menikah dengan warga negara Amerika,
      - mendapatkan sponsor dari perusahaan di Amerika.

      Hapus
    2. Terimakasih Cerita SF...
      Kira2 ada tidak perusahaan di amerika yg mau menerima imigran bekerja diperusahaan mrk tetapi utk fee visa kerja ditanggung imigrannya?utk working via fee kira2 smp brp ya?

      Hapus
  14. Maaf untuk cara mendaftarnya gimana ya? Pendaftaran untuk tahun 2017 kalo boleh tahu dibulan apa ya? Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan anda baca-baca blog ini kembali. Semua informasinya sudah lengkap di sini. Pendaftaran untuk DV Lottery 2019 dibuka pada bulan Oktober 2017. Semoga berhasil!

      Hapus
    2. Halo mr.Sf
      Terima kasih atas infonya.
      Kami sekeluarga ingin mendaftar dv lot tahun 2017. Yang ingin kami tanyakan adalah apakah benar utk tahun 2017 pendaftaran dibuka pada 0ct 2017 sampai awal nov 2017 dan pengumuman pemenang pada bulan mei 2018? Jadi saat menunggu 6-7bulan ya?
      Terima kasih

      Hapus
    3. Betul. Setelah pengumuman, anda harus menunggu jadwal wawancara antara bulan Oktober 2018 s/d September 2019. Jadi total sampai dapat visa bisa 2 tahun.

      Hapus
  15. mr.SF

    Mau nanya, untuk ngajuin sekeluarga apa harus semua nya mendaftar
    (suami, istri, anak) apa harus 3x? dan apa harus pakai foto untuk semua nya?

    gimana cara supaya dapet dv?

    mohon info nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Suami & istri masing-masing bisa mendaftar apabila keduanya memenuhi syarat. Pasangan & anaknya harus dimasukan sebagai tanggungan. Ya, semua aplikasi harus dilengkapi dengan pas foto.

      Karena program DV Lottery dilakukan berdasarkan sistem undi (lotere), maka kesempatan terpilih menjadi pemenang tergantung pada faktor keberuntungan.

      Semoga berhasil!

      Hapus
  16. Ajari saya dong bagaimana mendapatkn green card

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Mendapat sponsor dari perusahaan tempat bekerja.
      2. Menikah dengan warga negara Amerika Serikat.
      3. Menang Green Card Lottery.

      Hapus
  17. Halo, sebelumnya thanks bgt untuk sharing nya di blog ini ya krn memberi secercah harapan untuk bs tinggal di US.
    Saya mau tanya, jika saya berstatus single tapi ingin membawa kedua orangtua saya kesana apa bisa ya?
    Trims sebelumnya ­čÖĆ­čĆ╗

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih kembali sudah mampir ke blog kami. Anda baru bisa mengajukan petisi untuk mensponsori orang tua apabila sudah menjadi warga negara AS.

      Hapus
  18. SF aq mau nanya dnk.
    Itu benar daftarnya gratis?
    Soalnya aq dpt website yg kita di suruh bayar $99,apakah itu website palsu atau gmn?
    Trus kl kita mnjadi pemenang,lalu apa saja isi wawancaranya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pendaftaran green card lottery gratis, tidak perlu membayar biaya apapun. Website yang menawarkan GC secara berbayar adalah palsu. Silahkan anda membaca blog ini mengenai pengalaman wawancara GC lottery.

      Hapus
  19. Halo salam kenal, Aku pengen nih tinggal dan bekerja di USA. BTW, untuk pendaftaran tahun 2019 atau 2020 apa sudah dibuka???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pendaftaran DV Lottery dibuka bulan Oktober-November setiap tahunnya.

      Hapus
  20. Makasih infonya sf.klu kita di negara lain bisa ikut dv lottery. Dan persyaratan apa saja yang di perlukan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anda bisa mendaftar walaupun tidak tinggal di Indonesia. Persyaratannya sama saja seperti yang lainnya, silahkan anda baca-baca blog ini atau website resmi DV Lottery untuk mengetauhi informasi detilnya.

      Hapus