Rabu, 13 Mei 2015

GREEN CARD LOTTERY (I) - MENDAFTAR

Amerika Serikat (AS) memang negara yang sangat ramah pada imigran. Tidak heran karena sejak berdiri negara adidaya ini disokong oleh orang-orang dari asal kewarganegaraan berbeda dan punya nenek moyang berbeda. Semuanya memiliki hak yang sama untuk menetap dan membangun kehidupan seperti yang dicita-citakan. Hanya saja untuk tinggal dan bekerja di AS tidak semudah membalikkan telapak tangan.


Salah satu cara paling mudah, tetapi butuh keberuntungan tinggi, dengan mengikuti Green Card Lottery yang diadakan tiap tahun.


Seperti sudah CeritaSF sebut di artikel sebelumnya (Kartu Hijau Idaman Banyak Orang), ajang yang nama resminya US Diversity Visa Lottery itu memungkinkan seseorang memiliki kesempatan untuk pindah dan bekerja di AS.
Kami pertama kali memutuskan ikut program ini tahun 2011 namun keberuntungan belum berpihak pada kami. Bulan Oktober 2012 muncul notifikasi kalender di Outlook mengenai pembukaan DV Lottery 2014. Karena kesibukan, baru pada masa akhir pendaftaran kami memasukan aplikasi. Ini adalah kali kedua kami mencoba peruntungan ikut lotere Green Card dan ternyata kami terpilih. Bagaimana caranya untuk ikut DV Lottery ini? 

Pertama harus diperhatikan adalah tenggat waktu pendaftaran (deadline). Pendaftaran DV Lottery dibuka awal bulan Oktober sampai dengan awal November setiap tahunnya. Semuanya dilakukan melalui situs resmi buatan Departmen Luar Negeri AS (klik di sini untuk menuju website-nya). Hati-hati, banyak sekali bertebaran situs yang "menawarkan Green Card" dan iming-iming jalan pintas dengan membayar. Jika Anda mencari link lewat Google, Bing, atau sejenisnya, daftar teratas pencarian website "Green Card" hampir dipastikan tidak resmi. 

Tampilan website DV Lottery yang resmi  (sumber: wikipedia)
Green Card Lottery ini pendaftarannya GRATIS dan hanya melalui website resmi tersebut. Pemerintah AS tidak menunjuk agen maupun pengacara atau pihak-pihak lain sebagai perantara program ini. Syaratnya sangat mudah, Anda punya ijazah SMA atau sudah pernah bekerja minimal selama 2 (dua) tahun dalam 5 tahun ke belakang saat mendaftar. 

Apabila Anda menikah, pasangan Anda pun sebaiknya didaftarkan juga sebagai peserta terpisah, sehingga kesempatan terpilih lebih besar. Hanya perlu diperhatikan, satu nama peserta hanya boleh untuk sekali daftar; nekat memasukkan lebih dari sekali Anda akan langsung gugur di periode tersebut 


Tahap-tahap DV Lottery secara garis besar sebagai berikut :

  1. Pendaftaran dengan mengisi formulir secara online plus melengkapi pas foto.
  2. Pengumuman pemenang.
  3. Mengisi formulir aplikasi visa (Formulir DS-260: identitas lengkap pemenang DV Lottery & anggota keluarga yang akan ikut berimigrasi, pasangan & anak-anak di bawah 21 tahun. Sejak DV Lottery 2015, hal ini dilakukan secara online). 
  4. Melengkapi dokumen.
  5. Tes kesehatan.
  6. Wawancara tatap muka di Kedutaan Besar Amerika Serikat.
  7. Visa diterbitkan (Anda diberi waktu sampai dengan 6 bulan sejak keluarnya visa untuk berangkat ke AS).
  8. Green Card dikirimkan ke alamat Anda di Amerika Serikat.
Oke, mari kita mulai tahap pertama, Pendaftaran. Di laman resmi DV Lottery silakan Anda mengklik bagian Entry Form dan mengisi formulirnya. Sangat mudah, Anda hanya memasukkan data-data pribadi seperti nama, tanggal lahir, jenis kelamin, kota & negara tempat lahir, alamat, telepon, surel (e-mail), pendidikan terakhir, status pernikahan, jumlah anak (serta nama masing-masing), tanggal/kota/negara kelahiran pasangan dan anak-anak. 

Perlu usaha lebih saat menyiapkan foto yang sesuai dengan syarat yang diminta. Pas foto berwarna ukuran foto 600 piksel x 600 piksel (bujur sangkar), wajah mendominasi setidaknya 50% dari bidang gambar. Syarat lengkap foto dapat dilihat di sini.


Memasukan aplikasi dan data diri ini tidak lebih dari setengah jam (30 menit) prosesnya. Paling penting, seusai mendaftar simpan baik-baik nomor konfirmasi (confirmation number), karena nomor ini diperlukan saat mengecek status pemenang lotere nanti. Nomor konfirmasi ini dimuat di satu halaman web, sebaiknya Anda mencetaknya (di-print) dan disimpan.


Selanjutnya tinggal menunggu dan berdebar-debar selama 7 bulan, karena pemenang diumumkan pada bulan Mei tahun berikutnya (misalnya Anda mendaftar bulan Oktober 2015, maka pengumuman bulan Mei 2016).


(bersambung)


309 komentar:

  1. Maaf sedikit nanya, kata nya kalau punya pasangan di daftarin beda ?
    Apa waktu isi nama pasangan dan anak apa tidak ada masalah kan sama ?

    BalasHapus
  2. tidak ada masalah, asal nama pendaftar utamanya tidak dimasukan 2x. justru bisa menambah peluang, karena ada 2 kesempatan untuk diundi (nama sendiri & nama pasangan). nama anak-anak juga harus dimasukan di aplikasi dua-duanya ya. good luck! :)

    BalasHapus
  3. Maaf mau tanya. Aku pernah masuk ke webnya. Diatas diminta memasukan confirmation number sblm memasukan nama lengkap. Itu dptnya drmn ya? Thankyou :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hi elyvia, saat ini website DV hanya bisa diakses untuk mencek status pemenang dari para pendaftar DV-2015 dan DV-2016 yang sudah memasukan formulirnya.

      kalau anda sudah mendaftar bulan okt-13 atau okt-14 lalu, anda akan mendapatkan confirmation number pada akhir pendaftaran. untuk pendaftaran baru (DV-2017), bisa cek lagi websitenya awal okt-15 nanti.

      Hapus
    2. hi....
      jd utk registrasi yg thn ini lom bisa y?
      byk yg disuru bayar, itu boong?
      6 bln itu hrs bisa dpt krj or hanya jalan2 bisa?

      thanks

      Hapus
    3. o y... katana hrs punya alamat di us y?
      kl yg masi di ind ga bisa ikut dunk?

      Hapus
    4. registrasi tahun ini akan dibuka awal oktober. pendaftaran tanpa biaya apapun, yang minta pembayaran di muka itu penipuan. jangka waktu 6 bulan diberikan stlh visa keluar utk masuk AS, tidak harus dapat kerja.

      bisa saja ikut kl masih di Indonesia. kami belum pernah ke AS saat memenangkan DV lottery ini :)

      Hapus
  4. hallo, mau tanya nih. kalo misalkan daftarin kakak kandung juga, ato orang tua kira2 bisa ga ya?
    terus cerita SF kan sempet belum beruntung di tahun 2011, lalu daftar lagi ya di tahun 2013? soalnya saya baca satu nama peserta hanya boleh daftar satu kali :(

    Thank you :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. anggota keluarga yang akan ikut mendapatkan green card adalah pasangan dan anak-anak di bawah 21 tahun. jadi apabila kakak anda menang, anda tidak bisa ikut; kalau anda berumur di bawah 21 tahun, anda bisa ikut apabila orang tua anda menang.

      1 nama peserta hanya boleh didaftarkan 1x pada tahun tersebut. kalau setiap tahun daftar, boleh-boleh saja :)

      Hapus
  5. Pak SF, apakah betul untuk pendaftaran Green Card Lotterey ditahun 2015 di bulan Oktober mendatang, dan yang berhak mengikuti undian ini harus fasih berbahasa inggris. Mohon konfirmasinya ya pak, Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, untuk DV 2017 pendaftarannya akan dibuka selama bulan Oktober 2015. Kefasihan Bahasa Inggris tidak disyaratkan, namun sebaiknya mengerti dan bisa berbahasa Inggris sebagai bekal untuk bertahan hidup di sini apabila terpilih nanti.

      Hapus
  6. Saya mendapat email notifikasi pemenang green card tgl 4 agust 2015
    U.S- Department of State
    National Visa Center
    Rochester Avenue. Portsmouth 35004
    dimana saya terpilih sbg pemenang green card visa dgn case # : NVC 2015.......
    diemail juga ada link DS-230 form dan link standard foto serta contohnya serta contoh foto/scan muka passport.

    Saya sudah mengisi form tsb dan melampirkan istri dan anak yg akan ikut serta, melampirkan foto (saya, istri, anak) dan scan passport dan saya kirim tgl 12 agust 2015 ke 'visaguide1.state.gov@mail.com' dan 'usastudyguide.b1@kentucky.usa.com'

    Setelah itu saya dapat email notifikasi lagi tgl : 13 agust 2015 dgn subject "Immigrant visa issuance application procedure" dari bahwa aplikasi saya sudah diterima dan diberi dijelaskan tentang proses 6 bulan tsb, proses di USCIS, immigrant visa issuance, dan informasi menunggu "We will revert back to you as soon as we receive your official verification and confirmation letter from national visa center (NVC) informing that you are eligible to make the claim of your visa."

    apakah proses yang sudah saya jalani diatas adalah proses resmi/legal sesuai prosedur terkait dgn email addressnya ?

    proses verifikasi tersebut menbutukan waktu brp lama ya, untuk menunggunya ?

    Thanks before

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf, email seperti itu adalah scam. pengumuman pemenang hanya dapat diketahui dari website resmi dv lottery: https://www.dvlottery.state.gov/, tanpa korespondensi email apapun.

      Hapus
  7. mas SF mau tanya tentang tempat tinggal,,
    apakah kita harus punya keluarga di Amerika??

    BalasHapus
    Balasan
    1. hi dimas, kita tidak harus punya keluarga di amerika untuk mendaftar dv lottery.

      Hapus
  8. Kalo saya nggak punya alamat rumah di amerika gimana dong? Apakah waktu pengisian form green card lottery juga harus menyertakan alamat rumah di amerika? Kalo alamat apartemen sewaan bisa nggak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. pada saat mendaftar dv lottery, tidak ditanyakan alamat rumah di amerika.

      Hapus
  9. https://www.usgcls.com/reg/sr5.asp kira kira bagaimana dengan situs ini ya..? ada pembayaran berarti disitus ini bohong dong..? terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. seluruh proses pendaftaran, pengumuman pemenang dan korespondensi resmi hanya melalui situs https://www.dvlottery.state.gov/

      Hapus
  10. mas tanya apabila kita terpilih mendapat greencard, apa saja yg harus kita siapkan untuk dapat berangkat? apakah harus mengurus surat-surat untuk keberangkatan ke amerika di kedubes?

    BalasHapus
    Balasan
    1. persiapan setelah mendapatkan pengumuman memperoleh DV Lottery dapat dibaca di sini: http://www.ceritasf.com/search/label/Izin%20Tinggal

      Hapus
    2. Maaf, saya masih kurang jelas di nama utama peserta. Kalau misalnya nama saya A istri saya B anak2 C dan D, pada aplikasi yg lain klo istri saya daftar lagi, maka nama istri (B) sebagai peserta utama, lalu apakah saya A perlu dicantumkan lagi di dalam kolom pasangan (spouse)? C dan D (anak2) saya dimasukkan lagi di dalam kolom family begitukah? Apakah tidak gugur apabila nama saya masuk dua kali di 2 aplikasi pendaftaran yg berbeda? Selanjutnya kalau diminta email, apakah boleh email di aplikasi saya sama dgn yg di aplikasi istri saya? Terimakasih sebelumnya

      Hapus
    3. Ya, A harus dimasukan lagi dalam formulir di kolom pasangan. C & D juga harus dimasukan di dalam kedua aplikasi. email boleh sama.

      Hapus
  11. Mas kalo fresh graduate bisa ikut daftar lottrey ini ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa, asal punya ijasah SMU.

      Each DV applicant must meet the education/work experience requirement of the DV program by having either:
      - at least a high school education or its equivalent, defined as successful completion of a 12-year course of formal elementary and secondary education;
      OR
      - two years of work experience within the past five years in an occupation requiring at least two years of training or experience to perform. The U.S. Department of Labor’s O*Net Online database will be used to determine qualifying work experience.

      Hapus
  12. Mas, ketika proses wawancara di kedubes. Jawaban apa yg harus dihindari agar tidak terjadi masalah. Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan berbohong, itu saja. Maksud wawancara adlh untuk klarifikasi identitas & latar belakang pemenang: bahwa yg akan diberikan visa memang benar orang tsb.

      Hapus
  13. Mas, saya buka web dvlottery.statet.gov kenapa yang terbuka kok tulisan thank you bukan welcome. padahal saya mau daftar untuk 2017.

    BalasHapus
  14. Hi! Saya mau tanya untuk anak umur 18 tahun itu bisa apply untuk green card atau tidak? Terima kasih:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak ada syarat umur, asal ada ijasah SMU.

      Hapus
  15. Pak SF,
    Apakah jika kita terpilih sebagai Pemenang Green Card Lottery. Dan Nantinya akan berangkat ke USA dengan biaya (ongkos) sendiri. Mohon konfirmnya pak, Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul. seluruh biaya ditanggung sendiri.

      Hapus
  16. CeritaSF ,
    Terima kasih sudah berbagi pengalaman yang sangat membantu.
    Saya mau tanya mengenai foto , apakah kita bs foto di foto studio biasa ? mengingat persyaratan foto cukup detail , apakah semua foto studio tau mengenai foto untuk apply Green card? Thank you untuk penjelasannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa saja foto di foto studio biasa. belum tentu semua foto studio tahu syarat foto untuk mendaftar green card, anda harus minta tolong untuk diedit oleh orang studio foto atau mengedit sendiri sesuai persyaratan yang diminta.

      Hapus
  17. Pak SF,
    pada saat saya mendaftar, kok minta daftar istri..
    tapi kan satu persatu daftarnya. Mohon penjelasannya ya pak. Trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. harus diisi data istri, supaya kalau anda menang, istri bisa ikut.
      kemudian istri bisa didaftarkan lagi dengan anda sebagai dependent, jadi kalau istri menang, anda yang ikut.
      dengan demikian, anda & istri punya 2 kesempatan.

      Hapus
  18. Mengenai photo bisa photo sendiri? Gak ngerti ttg photonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. mengenai detail persyaratan foto bisa dibaca di sini: http://travel.state.gov/content/visas/en/general/photos.html

      Hapus
  19. Mas sy sudah isi green card lotery nya buat istri saya...tapi alamat nya pakai alamat indonesia gpp kan mas..

    BalasHapus
  20. jika saya mau mengajukan..saya kan memasukan data anak dan pasangan. itu hanya data saja seperti akte atau perlu passport anak dan pasangan jg?

    BalasHapus
    Balasan
    1. pada saat mendaftar, hanya memasukan data diri, pasangan & anak2 saja, tanpa melampirkan dokumen apapun kecuali pas foto yang diminta.

      Hapus
  21. Hi
    Kl mau upload foto, foto yg diupload sekeluarga ga ya? Mis foto suami istri dan anak

    BalasHapus
    Balasan
    1. pertanyaan ini anda tanyakan berkali-kali dan sudah pernah kami jawab: foto masing-masing seluruh anggota keluarga harus dimasukan.

      dalam keterangan pendaftaran dv lottery jelas tertulis mengenai syarat foto:
      "Recent photographs (taken within the last six months) of yourself, your
      spouse, and all your children listed on your entry. Group photographs will not be accepted; you must submit a photograph for each individual."

      Hapus
  22. salam SF. . .
    apa kita harus bisa bahasa inggris?
    jika nantinya kita mng lotre?

    BalasHapus
    Balasan
    1. walaupun tidak ada syarat mengenai kemampuan berbahasa inggris dalam pendaftaran dv lottery, namun penguasaan bahasa inggris yang baik sangat penting saat pindah, tinggal dan bekerja di as nanti.

      Hapus
    2. apakah pada saat wawancara di Dubes menggunakan Bahasa Inggris?

      Hapus
    3. ya, wawancara kami menggunakan bahasa inggris: http://www.ceritasf.com/2015/05/green-card-lottery-iv-wawancara.html#more

      Hapus
  23. Mas kalau misalnya menang, apakah mandatory berangkat ke US dalam waktu 6 bulan itu? Kalau sudah berangkat ke US nya apakah kita juga harus punya permanent address atau bisa kembali lagi ke Indonesia?

    SF sendiri setelah menang langsung berangkat dan menetap disana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, anda harus masuk as dalam waktu 6 bulan setelah visa keluar, setelahnya boleh saja kembali ke indonesia lagi. kami langsung menetap di sini.

      Hapus
  24. mas sf, kl untuk test kesehatan meliputi test apa aja ya? tq

    BalasHapus
    Balasan
    1. mengenai tes kesehatan bisa dibaca di sini: http://www.ceritasf.com/2015/05/green-card-lottery-iii-tes-kesehatan.html

      Hapus
  25. sedih membaca ini karena sudah tertinggal tanggalnyaaaaaa :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga tahun depan Anda bisa ikut serta.

      Hapus
  26. jadi kalau mau daftar skrg udah gak bisa? thn dpn 2016 baru bisa daftar?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, betul. silahkan cek lagi website pendaftarannya bulan oktober 2016.

      Hapus
  27. Mas SF,,mau tanya ,,berapa RP.ongkos dari indo k us,,and ap yang kita lakuin kalo sampe us la wong kluarga ap temen gak punya,,,mnurut mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. mengenai perkiraan biaya pindah dan menetap selama 3 bulan awal, bisa dibaca di sini: http://www.ceritasf.com/2015/06/biaya-hidup-di-san-francisco.html.

      bisa cari teman-teman baru setelah pindah. untuk hidup di sini anda harus bisa mandiri, tidak tergantung keluarga dan teman.

      Hapus
  28. Boleh minta alamat websitenya resmi nya gak?
    Thank you

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan baca artikel ini kembali, informasinya ada di situ.

      Hapus
  29. mau nanyak, wawancara nya di kedubes usa di jakarta ato bisa di surabaya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Konjen AS di Surabaya hanya mengeluarkan visa non-imigran, sedangkan wawancara untuk visa imigran hanya dilakukan di Kedubes AS di Jakarta.

      Hapus
  30. Maaf numpang tanya..
    Jika saya mendaftar tahun ini utk DV-2017
    Misalnya sy menang, apakah saya baru akan mendapatkan greencard pada tahun 2017?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kemungkinan besar iya, karena jadwal wawancara dimulai dari oktober 2016 s/d september 2017.

      Hapus
  31. salam kenal Mr. SF. ane mau tanya misal daftar masih single dan orang tua satu orang tua. foto yang dikirim sendiri ato sama orang tua.?

    BalasHapus
    Balasan
    1. orang tua tidak bisa didaftarkan bersama-sama, aplikasi harus dimasukan terpisah untuk masing-masing. kecuali jika anda berumur di bawah 21 tahun dan belum menikah, maka orang tua bisa mendaftar dengan mengikutsertakan anda sebagai dependent.

      Hapus
    2. Pak, klo udah tinggal di u.s.a secara ilegal apa bisa urus green card sbelum 10thn mnetap? Trus klo udah tinggal ilegal disana apa bisa daftar DV lottery ini di u.s.a nya?
      Mohon infonya

      Hapus
    3. kalau sudah ilegal tidak bisa mendapatkan visa imigrasinya.

      Hapus
  32. Cerita SF, saya mau tanya kl sdh pernah gelap di sana dgn status pelajar selama 6th dan apply dv ini (apabila) goal/dapat apakah nanti akan bermasalah? Fyi: tidak di deportasi, balik kesadaran sendiri.
    Trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau sudah pernah gelap lebih dari 1 tahun di AS, anda tidak akan boleh masuk kembali ke AS selama 10 tahun. memenangkan dvlottery tidak bisa menganulir hal ini.

      Hapus
  33. Ceritanya keren,terimakasih sudah berbagi,saya mau tanya dalam satu periode itu biasanya diambil brp pemenang?trmksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih. pemenang yang diumumkan mendapat dvlottery bisa mencapai 125.000 (thn 2014), namun visa yang dialokasikan (hanya) 55.000.

      banyak pendaftar yang sudah diumumkan menang ternyata tidak meneruskan proses aplikasi visa atau tidak memenuhi syarat, sehingga jumlah yang diumumkan menang lebih banyak dari visa yang dialokasikan.

      Hapus
  34. Permisa mau nanya, kalau saya mendaftar oktober tahun 2016 ini, pengumumannya kapan bisa saya ketahui ?
    trus biaya pindah ke US adalah tanggungan sendiri ? dan sesampai disana apakah kami akan disediakan tempat tinggal lebih dahulu atau kami yang harus mencari sendiri setelah disana ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. pengumuman pemenang akan keluar pada bulan mei 2017. semua biaya dan proses pindah ditanggung dan dilakukan sendiri. selain memberikan ijin tinggal (permanent resident/green card), pemerintah AS tidak memberikan bantuan apapun.

      Hapus
  35. pak sf, sekarang saya buka website nya tdk ada petunjuk untuk pendaftaran. tetapi DV Entrant stats check. jadi untuk pendaftaran nya bagaimana ya? pls inform, thx.

    BalasHapus
    Balasan
    1. pendaftaraan saat ini sudah ditutup. silahkan dicek lagi websitenya bulan oktober nanti.

      Hapus
    2. ohhh tiap setahun sekali di bulan oktober ya pendaftaran nya?

      Hapus
  36. website nya boleh minta pak SF? karena mau di pelajari dulu nih, sambil cicil2 dokumen nya.
    inform nya ditunggu yah pak SF. thanks :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. informasinya lengkap di blog ini, silahkan dibaca-baca kembali semuanya.

      Hapus
  37. mau tanya ka, waktu apply itu kita harus sudah punya passport atau ? karena passportku passport pelaut namun sudah expired kebetulan. jd mungkin selanjutnya aku ga perpanjang lagi pass pelautnya tp aku buat pass baru. terima kasih ka. Gbu

    BalasHapus
    Balasan
    1. pada saat mendaftar tidak ditanya mengenai pasport. namun apabila diumumkan menang, sebaiknya anda segera membuat.

      Hapus
  38. Hi pak.. mau nanya saya pemegang green card ir1. Saya baru menetap disini 6 bulan. Apakah ada batas wkt tertentu di perbolehkan utk pulang ke indonesia agar wkt balik ke usa tidak mengalami kesulitan. Trims...

    BalasHapus
    Balasan
    1. anda bebas untuk keluar-masuk USA. namun apabila lebih dari 1 tahun, sebaiknya membuat reentry permit dahulu sebelum meninggalkan USA.

      Hapus
  39. Gmn klo beda nama yg nama pertama dan ke dua beda tp orangnya sama nama yg pertama pernah ke usa trs mengajukan asylum krna gagal trus beberapa thn kemuadia plng apakah masih bisa mendaftar lotere green card makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. maksudnya beda nama bagaimana ya? dokumen-dokumen (akte lahir, ijazah, ktp, pasport, dll) atas nama yang mana? yang bisa mendaftar adalah yang mempunyai dokumen-dokumen legal atas nama yang bersangkutan.

      Hapus
  40. Permisi mas SF aku mau nanya ttg pekerjaan kalo sudah menang DV & Sudah live di USA.. Apa melamar disana sprti diIndonesia Yg bisa langsung walk-in interview Ke tempat kerja Yg kita pinginin?? Atau semua harus lewat email dulu?? Apa disana harus pakai agen2 kerja?? Atau gimana ya?? Trims banyak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, melamar pekerjaan sama seperti di Indonesia. Cara melamar pekerjaan tergantung tempat kerjanya: ada yang bisa walk-in, ada yang harus apply online atau kirim surat lamaran. Kami tidak memakai agen kerja. Terima kasih kembali.

      Hapus
  41. Hallo lg mas sf, aku mau Tanya lg nih hehehe... diantara 5 borough new York "SELAIN" Manhattan
    1. yang mana Yg paling banyak restoran & hotel??
    2. Yang mana yang paling rame??
    3. Yang mana Yg paling dekat dgn Manhattan??
    4. Yang mana Yg upah gaji nya paling tinggi perjam??
    5. Yang mana Yg paling good buat immigran u/ bekerja??

    If u don't mind, please xoxo. Hatur nuhun..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf, kami kurang tahu detil mengenai NYC.

      Hapus
  42. Menarik info nya, saya mau menanyakan satu hal mengenai GCL ini, jika istri saya menang GCL saat pergi ke USA otomatis saya ikut juga, apakah saya akan mendapatkan Working Permit juga samahal seperti istri saya nanti?..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pada saat mendaftar, istri anda seharusnya sudah menyertakan anda sebagai dependent, dengan demikian anda otomatis akan mendapat Green Card juga.

      Hapus
  43. Kalau waktu pengisian form dv lottery trus sebelum saya apply saya cancel dulu apakah form saya gugur .....terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. apabila anda belum sampai mendapatkan confirmation number, pendaftaran anda semestinya belum final.

      Hapus
  44. Mau tanya, ada cara lain gak untuk mendapatkan green card selain ikut DV Lottery?

    BalasHapus
    Balasan
    1. mendapat sponsor dari perusahaan atau menikah dengan warga negara AS.

      Hapus
  45. Halo. Saya sudah baca seluruh proses pendaftaran dvlottery. Ada satu hal yang mau saya tanyakan. Misalkan pada saat pendaftaran pada Okt setiap tahunnya, saya memasukan data sendiri tanpa pasangan karena belum menikah. Lalu pada saat pengumuman pada tahun berikutnya, saya diterima dan kebetulan sudah menikah. Apakah pasangan saya berhak mendapatkan green card jg?
    thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anda bisa memasukan data pasangan saat melengkapi formulir DS-260 setelah diumumkan menang nanti.

      Hapus
  46. Bro SF boleh tahu kapan bisa mendaftar DV Lottery 2016, terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pendaftaran DV Lottery 2018 dibuka bulan Oktober 2016.

      Hapus
  47. Hallo Sf...ikut nanya neh.klo kita mendaftar istri dan anak disertakan.nah.bagaimana klo kita memenangkan,kemudian istri dan anak tidak ikut serta ke USA?makaseh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. istri & anak anda otomatis akan mendapatkan GC juga. apabila sudah mengaktifkan GC (masuk ke AS), mereka bisa pulang ke indonesia lagi setelahnya.

      Hapus
  48. Salam SF, artikelnya menarik sekali, saya mau tanya kalo saya menang GCL tapi akhirnya suami tidak mau ikut berangkat ke AS apakah GC suami akan hangus? tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya, apabila suami anda tidak dapat mempertahankan status lawful permanent resident-nya, maka GC-nya bisa hangus.

      Hapus
    2. Hallo sf, mau nanya apakah informasi ini hanya ada di web? misal tempat tertentu atau nomor tertentu untuk follow up perkembangan lebih lanjut,,dan pendaftaran di Oktober 2016 nanti? thanks

      Hapus
    3. ya, semua informasinya ada di website.

      Hapus
  49. mas sf saya sudah mendaftar tahun lalu pada saat mengecheck di bulan mei 2016 confirmation number yg saya masukan selalu invalid apa itu berarti saya gagal dan harus mencoba lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. confirmation number diperlukan untuk login dan mengecek status apakah anda terpilih atau tidak, sehingga sebaiknya dicatat dan disimpan dengan baik. ya, anda harus mencoba lagi apabila tidak dapat login & mengetahui status anda tahun ini.

      Hapus
  50. thanks for sharing! its really helpful. saya sekarang kuliah di sf, kalo status masih mahasiswa (21 thn) apa tetap bisa apply untuk green card october nanti? dan apa ada jalan utk hidup bersama kedua orang tua di sini apabila terpilih nanti? terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya, anda bisa apply dv lottery bulan oktober nanti. apabila sudah memiliki GC selama 5 tahun, anda bisa apply untuk US citizenship dan mensponsori orang tua anda setelahnya.

      Hapus
  51. Waktu pendaftaran dvlottery, APA hrs mencantumkan kota tujuannya?

    BalasHapus
  52. Hai SF, pengalaman SF pada saat terpilih DV saat itu kedua kalinya mendaftar. Nah pada periode open registrasi Oktober-November, masih ingatkah pada saat itu SF registrasi pada awal pembukaan registrasi atau ketika hampir penutupan masa registrasi DV?

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf, kami sudah tidak ingat. tidak jadi soal apabila anda mendaftar pada saat awal/tengah/akhir periode registrasi, karena nanti akan dipilih secara acak.

      Hapus
  53. Halo SF, mau tanya, sy terpilih, hanya kmrn dv entry tdk memasukkan istri..klo sy kali ini mundur apa tahun depan msh bisa ikut lagi ya? Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa saja ikut mendaftar lagi tahun depan dan mengulang prosesnya dari awal. semoga anda mendapatkan keberuntungan kembali.

      Hapus
  54. Hi. Saya mau tanya.
    Setelah nama kita keluar sebagai pemenang DV lottery, lalu apakah jumlah tabungan kita berpengaruh utk menentukan kita dapat lulus utk proses selanjutnya? Atau adakah jumlah minimum utk dana yg ada ditabungan kita?

    Terima kasih sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sepertinya berpengaruh, karena pemerintah as tidak mau kita akan menjadi beban negara saat pindah nanti. tidak ada website resmi yang mencantumkan jumlah minimum yang harus ada di tabungan, namun kami pernah baca di beberapa forum menyebutkan US$10.000 per orang dewasa.

      Hapus
  55. Pak, waktu menang GC di usia berapa ya? Sy usia 25 tahun bru mau apply mulai Oktober ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. usia berapa pun tidak menjadi penghalang.

      Hapus
  56. Halo...salam Kenal. suami sdh mendaftar ke DV GC lottery oktober 2015. mesti kita sudah tau Mei 2016. Apakah kabar diterima atau tidak nya diemail atau gimana ? karena kita tidak menerima email apapun. dan ingin cek dengan no confirmation koq ga bs ya ? jadi bingung nih. Kl seperti itu apakah bln oktober 2016 kita boleh mendaftar lagi? many Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak ada email pemberitahuan apapun, anda harus mengecek status anda di website resmi dv lottery dengan memasukan confirmation number anda. ya, nanti boleh mendaftar lagi.

      Hapus
  57. om sf saya mau nanya, menurut pengalaman om apa saja yg menjadi pertimbangan US embbesy dlm mencari pemenang, apakah itu benar benar random?
    apakah jika kita mempunyai keluarga yg sudah menetap di us bisa mempermudah supaya kita mendapatkan green card?
    maaf terlalu bnyak bertanya om hehehe :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Random. Tidak ada hubungan antara punya kerabat di AS dengan kesempatan untuk memenangkan GC Lottery.

      Hapus
  58. Hai ceritaSF! Saya ingin menanyakan bbrp hal mengenai GCL :) Pertama-tama saya ingin berterimakasih kepada ceritaSF yang sudah sharing dan meberikan tips-tips yang bermanfaat.
    Saya berencana untuk mengikuti GCL tahun ini.
    Yang saya ingin tanyakan adalah:
    1. Tahun ini saya akan berumur 20 tahun. Apabila saya ikut GCL dan orang tua saya berhasil untuk memenangkan GCL (DV-2018) maka saya sudah berumur 22 tahun. Apakah saya masih mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan Green Card tsb?
    2. Kakak saya sudah lewat dari 21 tahun. Apakah saya tetap perlu mengisi data diri kakak saya dalam pendaftaran GCL untuk orangtua saya?
    Terimakasih dan sukses selalu untuk ceritaSF.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi, berikut jawaban kami:

      1. Iya, anda masih berhak mendapatkan GC tsb apabila pada saat mendaftar anda masih di bawah 21 tahun dan belum menikah sampai anda menjadi permanent resident di AS.
      2. Data kakak anda tidak perlu dicantumkan.

      Terima kasih kembali.

      Hapus
  59. halo ka, mau nanya, saya kan 23 tahun trus adik saya masih 19 tahun. bagusnya kita bikin GCLnya kayak contoh 1. papa sebagai pendaftar utama trus ditambah data mama sama adik, atau sebaliknya contoh 2. mama sebagi pendaftar utama ditambah papa dan adik, terus saya mendaftar sendiri?
    menurut kaka bagusnya daftar pakai 3 cara itu sekalian atau gimana ya ka? apa bisa daftarnya sama walaupun pendaftar utamanya berbeda kayak contoh kasus 1 dan 2 diatas?

    makasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, papa & mama kamu bisa memasukan aplikasi DV lottery masing-masing, jadi bisa punya 2 peluang untuk terpilih. lalu kamu harus memasukan aplikasi terpisah sendiri.

      Hapus
  60. Permisi.. Saya mau nanya,batas waktu pendaftaran Gcl ini sampai kapan ya? Apa saya msh punya kesempatan u/ mendaftar?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pendaftaran dibuka bulan Oktober sampai November awal setiap tahunnya.

      Hapus
  61. Permisi om SF saya mau nanya, saya ikut dv lottery yg dibuka untuk 2017 dan ada bagian form yg "confirmation nimber that was given when you applied" nah nomer konfirmasi nya itu dpt dari mana yaa padahal baru form page 1..

    Makasih om SF atas pencerahannya ditunggu hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nomor konfirmasi didapat saat anda mendaftar.

      Hapus
    2. Oh iya baru paham, abis baca dari kaskus juga katanya yg udah pernah isi dpt confirmation number..

      Saya ingin sekali pergi kesana untuk cari kerja dan lanjut studi, setelah melihat pengumuman menang GCL om SF untuk pengajuan visa tetep interview dan mengajukan bahwa memenangkan GCL atau sebaliknya? Tks.. Mohon sebelumnya maaf kalau banyak bertanya :)

      Hapus
    3. setelah anda mendapatkan pengumuman menang DV Lottery, ada bbrp tahap lagi yang harus dijalankan, spt memasukan formulir, dokumen2 yang disyaratkan, sampai wawancara & foto/pengambilan sidik jari. silahkan baca lagi cerita2 kami di blog ini.

      Hapus
  62. Dear SF,
    Sebenarnya saya sudah urungkan niat untuk daftar lagi tahun depan, karena setelah check DV 2017 kami gagal. Namun setelah membaca artikel ini tidak ada salahnya untuk mendaftarkan nama pasangan, dimana memperbesar faktor "lucky". Satu pertanyaan dari saya, berhijab apakah masuk dalam penilaian? Sy sdh bc S&K dimana hijab diperbolehkan, hanya ingin konfirmasi saja. Terima kasih dan salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hijab tidak mempengaruhi keputusan dalam menentukan pemenang DV Lottery.

      Hapus
  63. mau tanya nih kan kemarin aku udh daftar terus pas bulan mei tahun ini aku gak di kasih tau keterim apa gak keterima? cara liat keterima itu gimana ya? apa dikasih tau lewat email apa gimaana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. anda harus mengecek sendiri ke websitenya: https://www.dvlottery.state.gov/

      Hapus
  64. Hi SF,
    Terima kasih atas sharing nya yg luar biasa. Sy merencanakan utk ikut GCL thn ini. Apabila gagal mungkin sy akan masuk melalui visa business. Beberapa hal yg mau sy tanyakan adalah sbb :
    1.Apakah status pemenang GCL sama dengan status Permanent Resident ? Kalau tdk, dlm kondisi apa agar status kita tsb menjadi PR ?
    2.Dengan menjadi pemenang GCL apakah anak2 saya memiliki akses gratis ke public school (sampai dgn SMA) ?
    3.Bagaimana dgn akses kesehatan, loan utk rumah dan usaha, dsb apakah diberlakukan sama dgn US Citizen ?
    Terima kasih atas jawabannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi, semoga rencana anda bisa berhasil.
      Status pemenang GCL adalah Permanent Resident (Green Card = kartu permanent resident di AS). Seluruh akses terhadap fasilitas pendidikan, kesehatan, kredit, dll sama dengan yang dimiliki oleh U.S. Citizen. Perbedaannya hanya PR tidak punya hak pilih saat Pemilu.

      Hapus
  65. Hi, mau tanya bila saya sedang proses cerai di pengadilan dan blm mendapat persetujuan dari pengadilan dan ingin mengajukan dv lottery utk saya sendiri (syarat cukup) serta anak saya umur 4 thn dan org tua saya - mama (ijasah SMP) saja. Apakah bisa? Dan apakah nama suami harus tetap dilampirkan berhubung dia pasti tdk akan ikut wawancara dan pasti tidak akan berangkat apabila kami menang dv. Atau apakah saya dpt mengajukan permohonan dengan anak dan org tua saya saja? Mohon infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. apabila status anda masih menikah saat mendaftar, nama suami harus tetap dicantumkan. apabila anda menang, saat anda wawancara nanti (sekitar 1 smp 2 tahun sejak mendaftar), anda bisa membawa surat cerai.

      yang bisa ikut mendapatkan green card hanya pasangan & anak2, sedangkan orang tua tidak termasuk.

      Hapus
    2. Menurut anda, kota mana saja di US, atau kota mana yang anda sarankan,yg kebanyakan orang indonesia bisa mudah diterima, mudah menyesuaikan diri dan mudah mencari pekerjaan

      Hapus
    3. pindah ke tempat baru, apalagi ke negara baru tentunya tidak ada yang mudah! kami juga belum pernah mengunjungi seluruh kota di AS, jadi tidak bisa membandingkan kota2 tersebut.

      namun dari pengalaman kami, kami merasa nyaman tinggal di pantai barat, terutama di negara bagian California. pertama karena cuacanya tidak ekstrim (tidak ada musim dingin yang sampai bersalju tebal), kedua bahan makanan dan bumbu-bumbu Indonesia mudah ditemukan, ketiga jaraknya relatif lebih dekat ke Indonesia, penerbangan dari CGK ke LAX atau SFO mudah.

      Hapus
  66. Hai salam kenal...
    Saya pernah illegal msk USA 2 tahun dan menikah di NY.suami saya juga illegal 3 thn.lalu tahun 2003 kami kembali ke indonesia.sekarang surat kawin kami surat kawin USA. Tahun lalu mengajukan lottery.apakah dengan surat kawin USA akan jadi masalah nantinya? Kalau sampai diterima lalu saat wawancara apakah harus mengatakan yang sebenarnya atau bagaimana? Tahun lalu mengajukan lottery suami istri dengan 3 anak.mohon petunjuknya.trima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. hi, apabila anda pernah tinggal di AS secara ilegal selama 2 & 3 tahun anda akan tidak diperbolehkan masuk AS kembali dalam waktu 10 tahun. namun karena sudah lewat 10 tahun dari 2003, secara teori anda sudah berhak masuk AS lagi. coba saja jalani dulu sampai tahap wawancara, semoga berhasil!

      Hapus
  67. Permisi Bro SF..sy mau tanya. Klo sy & istri sudah py visa amerika, apakah bisa mengikuti program lotery ini?? Atau bisa mengajukan Green Card lsg ke kedubes amerika tanpa melalui lotery??thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, anda bisa daftar program DV Lottery meskipun anda sudah punya visa turis ke Amerika.
      Untuk mendapat Green Card (menjadi permanent resident di AS) hanya bisa apabila: anda menikah dengan warga negara AS, anda mendapat sponsor dari perusahaan di AS, atau anda memenangkan Green Card Lottery ini.

      Hapus
  68. Hello saya mau tanya dong, kalau suami saya sudah punya green card apakah saya dan anak saya otomatis bisa ikut ke U.S.?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi. Tentunya tidak secara otomatis anda bisa ikut ke AS. Suami anda harus mengajukan petisi permohonan GC untuk anda & anak anda terlebih dahulu.

      Hapus
    2. Oo ok.. Terimakasih atas responnya yg cepat.. Blog ini sangat membantu sekali. Thx

      Hapus
    3. Sama-sama, kami senang bisa membantu. FYI, proses persetujuan petisi untuk anggota keluarga dari pemegang GC biasanya memakan waktu yang lama (rata-rata 4-5 tahun). Untuk lebih detilnya anda bisa google: "Family of Green Card Holders (Permanent Residents)".

      Hapus
  69. Hi SF, mau tanya. Apabila kita sudah dapat Green Card, apakah otomatis menjadi warga negara AS? artinya, lepas dari kewarganegaraan RI & menjadi WNA.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi, memiliki Green Card bukan berarti anda menjadi warga negara Amerika. Dengan Green Card, status anda menjadi penduduk tetap (permanent residence) di AS, namun anda masih warga negara Indonesia.

      Hapus
  70. brapa lama warga negara Indo yg tinggal di Amerika, bisa mendapatkan Green Card ?? terima kasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. jawabannya sangat tergantung! tergantung dari kategori apa anda mengajukan green cardnya: family based, employement based atau lainnya. masing-masing memiliki langkah-langkah dan prosedur tertentu. silahkan anda google untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap.

      Hapus
  71. Kapan dibuka pendaftaran lotery?
    Jika punya saudara, seperti paman apakah mendapatkan visa PR itu mudah ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kapan dibuka pendaftaran lotery? --> bulan Oktober.
      Jika punya saudara, seperti paman apakah mendapatkan visa PR itu mudah? --> tidak.

      Hapus
  72. bang sf mau tanya banyak
    1. jika menang green card boleh gak kalau kita gak pake duit kita tunggu sampai kita punya duit baru pergi apakah itu hangus
    2. apakah pemenang green card ditanggung biaya sendiri apa gak gratis seperti tiket pesawat
    3. apakah pemenang green card harus ditempatkan di san francisco tapi teman saya menang di washington
    4 apakah jika kita tidak terbang dalam 3-6 bulan itu menyebabkan kartu green cardkita hangus untuk mengumpulkan dana
    5. apakah jika kita menang boleh berangkatnya tahun depan.

    mohon dibalas

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. kalau anda sudah lolos tahap wawancara, anda harus pergi ke Amerika paling lambat 6 bulan setelah visa imigrasi anda dikeluarkan.
      2. seluruh biaya ditanggung sendiri.
      3. tidak harus di San Francisco, anda bisa memilih kota manapun di seluruh Amerika.
      4. ya, apabila anda tidak masuk ke Amerika dalam waktu 6 bulan, maka visa imigrasi anda akan hangus.
      5. sudah dijawab di atas.

      Hapus
  73. jika menang green card bolehkan numpang di rumah bang sf dan sambil silatuh rahmi

    BalasHapus
  74. apakah pendaftaran green card di buka bulan oktober -september

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pendaftaran DV Lottery 2018 dibuka tgl 4 Oktober 2016 sampai 7 November 2016.

      Hapus
  75. halo, salam kenal.. saya senang sekali bisa ketemu sama blog ini.. salam hangat buat penulisnya.. saudara sf bolehkan saya pinjam alamat nya untuk keperluan pengiriman grend card,.. ini nomer wa saya +6287839594155 pin bb 5fe9cc90 email ddn_wahyudi@yahoo.co.id

    BalasHapus
  76. Saya mau tanya.. Saya masih kelas 3 SMA, dan akan lulus tahun 2017. Saya mau ikut program ini untuk bisa melanjutkan kuliah di America. Jika saya mendaftar sekarang apakah sudah bisa? dan apakah saya perlu mengisi data jumlah anak and spouse? karena saya masih sekolah. terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi, karena anda belum memiliki ijazah SMA, sebaiknya yang mendaftar adalah orang tua anda dan anda dimasukan sebagai tanggungan.

      Hapus
  77. Saya mau tanya, sekarang saya posisinya lagi di us, saya kesini pakai visa kerja. Kemaren saya coba ngisi aplikasi buat lotery greencard, tapi disitu dimintain alamat, cuma saya bingung, alamat mana yang harus saya masukan, apakah itu alamat rumah saya yg di Indo atau alamat saya yang di US.? Terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apabila anda masih akan tinggal di alamat anda sekarang sampai 1-2 tahun mendatang saat proses DV Lottery 2018 selesai, anda bisa menggunakan alamat tersebut.

      Hapus
  78. Halo salam kenal, saya sudah coba chek web nya tapi belum bisa register padahal sekarang sudah tanggal 5 October, kira kira tgl berapa bisa register?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan anda coba kembali. Semoga berhasil!

      Hapus
  79. halo mas, sy baru aja daftar, tp sy masukin nama saya 2x, tjuannya sy mau mastiin aja data sy udah masuk, ternyata bisa 2x isi ya.tp stelah baca ga boleh ya mas isi 2x, trus gimana dong ya data yg udh sy masukin ya, apa masi bisa diproses?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apabila anda memasukan data anda dan mendapatkan confirmation number 2x, maka anda akan otomatis gugur.

      Hapus
  80. mbak saya mau tanya daftarnya dimana ya apa ada yang tau linking saya aga bingung termina kasih semuanya salam hormat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba baca lagi dengan teliti, semua petunjuknya ada di blog kami ini.

      Hapus
  81. Hai Cerita SF,
    Saya sudah mendaftar untuk lottery skr, dan pada saat saya daftar saya jg menyertakan pasangan dan anak2 saya. Apakah pasangan saya perlu mendaftar lagi dengan memasukan saya dan anak2 jg, untuk mendapatkan kesempatan terpilih lebih besar?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, untuk memperbesar peluang anda, pasangan bisa didaftarkan kembali dengan menyertakan anda dan anak-anak sebagai tanggungan.

      Hapus
  82. Halo, saya ingin tanya.
    Jika saya sudah daftar dv lottery dan saya akan mengajukan lagi visa turis bulan depan, apa nantinya akan menjadi masalah? Ato tetap diperbolehkan?
    Trims.

    BalasHapus
  83. bang sf mau tanya kan mau daftar dv 2018
    tapi masih bingung
    1 apasih arti dari : 6. Country of Eligibility for the DV Program

    Your country of eligibility will normally be the same as your country of birth. Your country of eligibility is NOT related to where you live. If you were born in a country that is not eligible for the DV program, please go to Explanation of Country of Eligibility to see if there is another option available in your case.
    Are you claiming eligibility based on the country where you were born?
    Yes No
    If not, you must enter the country from which you are claiming eligibility.

    2. arti dari a. In Care Of (optional)

    b. Address Line 1

    c. Address Line 2 (optional)


    3 apakah fotonya harus latar belakang putih

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Apabila anda lahir di Indonesia, anda isi "Yes".

      2. Kolom "In Care Of" bisa anda kosongkan, karena ini optional. Kecuali anda tinggal menumpang di rumah orang lain, bisa anda isi dengan nama pemilik tempat tinggal anda tsb. Address Line: isi alamat anda.

      3. Ya, sebaiknya foto dengan latar belakang putih.

      Hapus
  84. klo udah keluar nomor confirmasi, boleh ga daftar lagi? karena ternyata setelah di cek last name/family name salah penempatan dan juga fotonya salah. makasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika nama anda salah, apabila menang pun anda akan didiskualifikasikan. Sebaiknya anda mendaftar lagi dengan nama dan foto yang benar.

      Hapus
  85. Maap mas sf mau nanya.apa pengisian applikasi tdk boleh lwt dr 30 mnit ya.trs klo udah lwat ulang dari awal boleh gak.mkasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau anda belum sampai mendapat confirmation number, silahkan coba isi formulirnya lagi. Semoga berhasil!

      Hapus
  86. maaf saya mau tanya..saya sudah punya visa amerika. visa turis. apakah bisa mengikuti green card lottery? kalau boleh tahu dokumen yang diperlukan apa aja ya? yang harus disiapkan untuk pengajuan lottery?

    BalasHapus
    Balasan
    1. - saya sudah punya visa amerika. visa turis. apakah bisa mengikuti green card lottery? bisa
      - pada saat mendaftar anda tidak perlu menyiapkan dokumen apapun, hanya mengisi formulir & melampirkan pas foto. untuk lebih jelasnya, silahkan anda baca lagi cerita-cerita kami di blog ini.

      Hapus
  87. Katanya yg blm menang DV Lottery itu bs ikut undian lagi. Sy kira utk registrasi utk thn 2016 di tahun 2016 jg, ternyata yg mau registrasi thn 2016 hrs di awal oktober 2014. Jd thn 2016 ini registrasi utk thn 2018. Misalnya utk jaga2 kalo tdk menang di thn 2018 yg registrasi thn 2016. Apa saya blh registrasi di thn 2017 nanti utk yg dv lottery 2019 dan seterusnya. Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, anda bisa mendaftar DV Lottery setiap tahun.

      Pemenang DV Lottery 2018 akan diumumkan bulan Mei 2017, dan pendaftaran DV Lottery 2019 baru dibuka Oktober 2017. Jadi anda sudah akan tahu apabila anda terpilih/tidak sebelum mendaftar DV Lottery berikutnya.

      Hapus
  88. Wkt mau isi alamat di aplikasi dv lottery pake alamat apa y? Karena tempat tggl skrg berbeda dgn KTP, soalnya udah pindah rmh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alamat tempat tinggal anda sekarang.

      Hapus
    2. Maaf mau tny agi ceritasf. Apakah KTP diperlukan waktu utk melengkapi dokumen. Jika perlu, apa nanti akan dipermasalahkan krn ada perbedaan alamat di ktp dan aplikasi wkt registrasi? Apa benar alamat yg kita isi itu fungsinya utk mendpt kan kiriman dokumen, jika benar itu dokumen apa?

      Hapus
    3. KTP bukan salah satu dokumen yang disyaratkan untuk dibawa pada saat wawancara. Tidak ada dokumen apapun yang akan dikirimkan ke alamat anda, seluruh korespondensi dilakukan secara elektronik.

      Hapus
  89. Makasih sahabat SF yang sudah mau berbagi info.semuanya sudah jelas,aku udah coba dan ternyata berhasil mendapatkan nomor konfirmasi.cuma sdikit pertanyaan,soalnya blm di jelaskan.andaikata saya berhasil menjadi pemenang dalam situs lotree ini.langkah selanjutnya apakah saya hrus mengisi bbrapa formulir lagi lwat web online atau langsung ke kedutaan US di jkt dengan menunjukkan bukti pemenang saya dapat.trima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih kembali. Untuk langkah selajutnya, silahkan anda membaca cerita-cerita kami lainnya di blog ini. Semuanya sudah lengkap dari pendaftaran, melengkapi dokumen, tes kesehatan sampai wawancara di Kedutaan AS.

      Hapus
  90. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus