MEMBUKA REKENING BANK DI AS

Kamis, 28 Mei 2015
Buku cek dan kartu debit. Standar fasilitas bank.
Setelah kembali dari traveling selama sebulan di Amerika Serikat ini, CeritaSF mulai menata kehidupan baru di San Francisco. Hal pertama yang perlu dilakukan membuka rekening bank. Sebelum berangkat, CeritaSF menyiapkan dana pindah dan membuka rekening Dolar di salah satu cabang bank asal AS (ternyata pilihannya sedikit sekali, lho) yang ada di Jakarta. 

Entah mengapa, kartu debit yang dibawa dari Indonesia tidak dapat digunakan untuk menarik uang tunai di ATM AS. Salah satu masalahnya pada perbedaan nomor PIN ATM di Indonesia (6 digit) dengan AS (4 digit). Untunglah kami masih bisa bertahan dengan uang di tangan sebelum akhirnya membuka rekening di AS dan mentransfer dana lewat internet.


Proses membuka rekening bank di AS mudah, hanya datang ke bank, menyerahkan bukti identitas diri dan bagian layanan pelanggan akan mengisikan formulir secara online sesuai data nasabah. Petugas bank menanyakan Social Security Number (SSN) dan dua kartu identitas berbeda. 


Karena belum memiliki KTP lokal (California ID card), CeritaSF menyerahkan paspor dan SIM Indonesia. Walaupun di paspor tertera Form I-551 (visa imigran) yang secara legal merupakan bukti permanent resident, tanpa California ID rekening kami masih didaftarkan sebagai milik orang asing bukan penduduk tetap. Bank menginformasikan, setelah memperoleh California ID, kami harus melapor untuk mengubah status. 

Demi kepraktisan, CeritaSF membuka joint account, yaitu 1 akun atas nama kami berdua. Sistem bank di AS agak berbeda dari Indonesia. Nasabah baru diberikan 2 rekening untuk satu nomor akun, checking account dan saving account

Checking account rekening tempat keluar masuknya uang untuk kebutuhan sehari-hari, misalnya belanja, bayar listrik, dsb. Kartu debit dan buku cek terhubung dengan checking account. Saving account adalah tabungan; diberi bunga dan jumlah transaksi per bulan dibatasi, tidak seleluasa checking account.

Buku cek akan diberikan sebagai kelengkapan standar pembukaan rekening baru. Cek digunakan secara luas di AS, bahkan untuk transaksi rutin yang nilainya kecil seperti membayar listrik dan air. 

Tidak lupa pula CeritaSF mendaftar dan mengaktifkan internet banking untuk kemudahan transaksi secara online.

46 komentar:

  1. Hallo SF,
    Setelah berhasil buka rekening di AS, transfer dana lewat internet pakai akun bank Indonesia ya (misal : BCA) ke rekening AS tsb ? kalau bawa token bca apakah dapat dipakai di AS? Trimakasih cerita SF

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebelum berangkat kami membuka rekening US$ di bank AS yang ada di indonesia dulu, sehingga saat punya rekening AS tinggal transfer dari bank yang sama. ya, token bank di indonesia dapat dipakai di AS.

      Hapus
  2. bank mana di usa yang bisa membuka account tanpa menggunakan SS number? 2008 saya sempat kerja di usa & membuka account di salah satu bank tapi naas karena wkt itu sy ketangkep homeland secuirty,semua dokumen dari SSN, id card & atm card account tsb diambil apakah kl saya kembali ke usa bisa mengklaim hal tsb berhubung dlm account tsb msh ada uangnya. tq bwt solusinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf, kami tidak tahu jawaban atas pertanyaan anda.

      Hapus
  3. Cerita2 anda sangat menginspirasi.
    Bank US yg ada di Indonesia apa namanya?
    Dan apakah kalau mentransfer uang dari rekening bank si US ke rekening dollar bank US di Indonesia akan dikenal ‌potongan? Kalau iya, boleh tau berapa?
    Dan apakah anda ada saran utk perihal cara mengirim uang dari US dgn biaya yang sangat rendah, bahkan kalau bisa yg bebas fee hahahaa.
    Makasih gan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas apresiasi anda.

      Salah satu bank Amerika yang kami tahu ada di Indonesia adalah C*t*bank. Kalau transfer uang dari rekening bank yang sama anda tidak terkena potongan, kalau antarbank kami tidak tahu berapa besar potongannya. Silahkan anda cek langsung ke bank yang bersangkutan.

      Maaf kami tidak punya saran mengenai pengiriman uang dan tidak tahu mengenai biaya-biayanya.

      Hapus
  4. klo tarik tunai pake kartu kredit indonesia bisa nggak om? trus kartu kreditnya bisa buat belanja atau bayar hotel dan restoran nggak?
    trm ksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seharusnya bisa saja menarik uang tunai dengan kartu kredit, namun kami belum pernah melakukannya karena biaya dan suku bunganya sangat tinggi.

      Bisa, kartu kredit bisa dipakai sebagai alat pembayaran apapun, asal tidak melebihi batas kredit yang ditentukan.

      Hapus
  5. Halo Cerita SF,

    mohon maaf sebelumnya agak awam soal perbankan. Jadi walaupun sudah lama membuka rekening USD pada bank asal Amerika di Indonesia, dan rekam jejak kita baik dsb dsb, tetap saja saat membuka rekening bank di AS credit score kita mengulang lagi dari awal ya?

    Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, yang mempengaruhi nilai kredit anda adalah rekam jejak kredit anda di AS. Untuk lebih jelasnya, anda bisa baca: http://www.ceritasf.com/2015/10/credit-score-rekam-jejak-keuangan-anda.html.

      Hapus
  6. Saya ingin tranfer lewat zelle dari bank as..bagai mana sya bsa mngambilnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Zelle hanya dapat digunakan oleh pengirim dan penerima yang menggunakan bank di Amerika Serikat.

      Hapus
  7. Mau tanya dong..saya ada uang USD sekitar 5000 dollar..tapi kondisi nya terbakar sebagian,kalo tuker di indo jatuh sekali harganya..apa bisa saya sebagai WNI setorkan uang dolar kebakar tadi ke bank Amerika di sana?dan pasti harus punya akun bank nya ya?tolong pencerahan nya walaupun hanya gambaran nya saja..trma kasih banyak gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba bawa ke bank di AS dan tukarkan uang tersebut. Bank akan melihat kondisinya dan menentukan apakah bisa ditukar/tidak.

      Hapus
  8. Klo pk visa turis bisa ngak ya, sy posisi sbg turis, mau buat akun di bank amerika

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung dari banknya, ada beberapa bank yang bisa.

      Hapus
  9. Sebagai warga indonesia, ika membuka rekening di US, apakah kita di wajibkan untuk membayar pajak terlebih dahulu?
    Dan apakah pembayaran pajak tersebut tidak bisa di debet kan dr saldo kita?
    Saya sudah memiliki rekening di US, tapi masih belum bisa di aktifkan karena saya di wajibkan untuk membayar pajak terlebih dahulu sebesar 1.4% dan tidak boleh di debetkan dari saldo saya
    Terimakasih dan mohon infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setahu kami, pajak hanya dikenakan atas bunga yang diperoleh. Bunga dari tabungan (checking ataupun saving accounts) merupakan pendapatan (income) yang terkena pajak. Tabungannya sendiri tidak dikenakan pajak.

      Hapus
  10. Hi saya mau menanyakan yang dimaksud dengan California ID apakah sama dengan Driving License atau Real ID? saya baru mau mengurus pembukaan rekening sebagai greencard tetapi masih belum tinggal di Amerika dan berencana untuk kembali kesana untuk membuka rekening bank dan membuat driving license.

    Lalu mohon infonya untuk minimum pembukaan account di US sebesar berapa dan minimum balance nya sebaiknya berapa yah?

    Terima kasih Sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, ID card yang dimaksud adalah Driving License atau Real ID.

      Jumlah minimum untuk membuka rekening bank ataupun saldo minimum yang harus ada di rekening bervariasi pada setiap bank dan tergantung pada program yang mereka tawarkan. Silahkan anda menanyakan langsung ke bank yang bersangkutan mengenai jenis-jenis rekening yang ditawarkan.

      Hapus
  11. maaf may bertanya, apakah says bisa membuka rekening di bank As melalui online ,dari hongkong ,bagaimana caranya ,dan apakah harus langsung menabung untuk segera aktf ,bagaimana caranya terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebaiknya anda menghubungi bank secara langsung untuk mengetahui langkah-langkah dan persyaratan untuk membuka rekening.

      Hapus
  12. Saya mau tanya.Bank america yang bisa dibuat di indonesia gmn ya caranya.dan bisa buat transaksi online.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi, kami dulu membuka rekening USD di C***bank Indonesia dan mengaktivasi layanan internet banking sehingga dapat diakses dari AS. Anda bisa langsung menanyakan prosedur pembukaan rekening ke bank yang bersangkutan.

      Hapus
  13. Saya ingin memiliki salah satu no rek.bank di amerika. Kira2 gimana solusinya tanpa saya mesti ke amrik sana. Tolong pencerahannys

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak bisa. Anda harus memiliki alamat di AS & nomor SSN/ITIN untuk membuka rekening di bank Amerika.

      Hapus
    2. Sejujur nya mau buka no rekening bank di amerika tidak usah ke amerika ada cabang bank of amerika di jakarta dan surabya

      Hapus
  14. Maaf mau tanya .. cara untuk membuat bank of amerika bagaimana ya?? Saya berada di indonesia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bank of America tidak memiliki cabang untuk nasabah perorangan di Indonesia. Anda harus membuka rekening di AS.

      Hapus
  15. Saya punya akun citibank AS, dan ATM. Apakah bisa di gunakan di indonesia?

    BalasHapus
  16. Saya punya akun bank of anerika as ' bisa di pindah alamat ke surabya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepengetahuan kami, Bank of America cabang Indonesia hanya melayani perusahaan dan lembaga, bukan nasabah perorangan. Silakan hubungi BoFA Jakarta di (021) 2955-3700 untuk lebih jelasnya.

      Hapus
  17. Saya ingin bertanya apakah di America ada bank yang namanya (elite American bank )?

    BalasHapus
  18. Berapa dana pertama untuk buka rek usd di citibank Amerika, waktu saya di miami mereka beritahukan 2000$,apa ga bisa dengan pembukaan nilai minimum

    BalasHapus
    Balasan
    1. Citibank memiliki beberapa jenis produk tabungan, dengan berbagai syarat setoran awal, saldo minimum, dan biaya bulanan. Silahkan lihat website bank tersebut untuk bisa membandingkan dan memilih jenis tabungan yang cocok untuk anda.

      Hapus
  19. Haii nanya donk mohon mencerahan apakah kami bisa membuka rekening di USA dengan menggunakan KTP Indonesia saja ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kebayakan Bank mensyaratkan 2 kartu identitas. Anda bisa membuka rekening di AS dengan 2 kartu identitas tersebut, misalnya pasport & KTP, DAN Individual Tax Identification Number (ITIN) atau Social Security Number (SSN).

      Hapus
  20. Hai saya mau nanya donk kalau saya mau buka rekening di USA kalau gak salah standard trust credit bank apakah bisa hanya menggunakan KTP saja ? Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan anda langsung menghubungi Standard Trust Credit Bank untuk menanyakan lebih detil mengenai persyaratan yang mereka terapkan.

      Hapus
  21. apakah bisa buka rekening bank of america, di jakarta

    BalasHapus
  22. Permisi mau ty donk, utk pembukaan rek bank di AS apakah wajib memiliki SSN atau ITIN ? Bgm jika belum mempunyai 2 persyaratan td ?! Salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, untuk membuka rekening bank wajib memiliki SSN atau ITIN.

      Hapus

© ceritasf 2017. Diberdayakan oleh Blogger.
Back to Top