Kamis, 28 Mei 2015

7 DESTINASI "WAJIB" SAAT TRAVELING KE SAN FRANCISCO


Tentu saja kalau menuruti keinginan hati saat berjalan-jalan, maunya semua objek wisata menarik bisa kita lihat. Namun jatah waktu liburan yang biasanya jadi kendala. Demikian juga kalau traveling ke San Francisco, banyak sekali tempat yang unik dan menarik. 

CeritaSF memilihkan tujuh lokasi menarik di kota 7x7 mil persegi ini, dilengkapi dengan link google maps. Sengaja kami susun secara berurutan, maksudnya tempat tujuan paling atas adalah yang paling menunjukkan kekhasan Kota Kabut ini. 

1. GOLDEN GATE BRIDGE

 Golden Gate Bridge Pavilion

Jembatan gantung bercat merah (atau oranye, tergantung hari dan jam berapa Anda melihatnya) ini boleh dikatakan jadi ikon San Francisco. Foto maupun gambarnya bertebaran di panduan wisata sehingga dijuluki "jembatan yang paling banyak difoto di dunia".

Kunjungan ke jembatan yang dibangun tahun 1937 ini dapat diawali dari Golden Gate Bridge Pavilion, bangunan di mana ada pusat informasi, toko yang menjual souvenir khas Golden Gate Bridge, dan kafe mungil.

Kalau Anda gemar berjalan kaki, Anda dapat menyusuri jalur khusus pedestrian sejauh 2,8 km hingga tiba di sisi seberang di daerah Marin County. Waktu tempuhnya 20-30 menit satu arah tergantung kecepatan Anda berjalan.

Golden Gate Bridge Pavilion dilewati rute bis MUNI no. 28 sehingga mudah dijangkau dari pusat kota San Francisco. Bis kota SF tarifnya $2.25/orang dan berlaku untuk jangka waktu 90 menit sejak pertama naik. Jadi kita bisa naik turun bis selama masih dalam batas waktu yang tertera di karcis.



2. CABLE CAR

▼ Powell Cable Car Station
▼ Hyde Cable Car Station
▼ Mason Cable Car Station
▼ California Cable Car Station

Kita yang terbiasa dengan wisata di Ancol dan TMII Jakarta akan mengartikan "cable car" sebagai kereta gantung, tapi angkutan massal ala San Francisco ini semacam trem yang digerakkan kabel, jadi di tiap gerbong tersebut tidak ada mesinnya. Dibangun pertamakali tahun 1873, SF Cable Car satu-satunya trem manual yang masih beroperasi di dunia. Ada tiga jalur bisa dipilih, rute Powell-Hyde, Powell-Mason, dan California Street.

Para pelancong biasanya memilih jalur Powell-Mason atau Powell-Hyde, menghubungkan tujuan wisata Union Square dan Fisherman's Wharf. Ongkosnya cukup lumayan, $6/orang untuk sekali naik.


3. FISHERMAN'S WHARF

▼ Tugu Fisherman's Wharf
▼ Ghirardelli Square
▼ Pier 39

Awal abad ke-19 area ini dihuni para nelayan asal Italia hingga kemudian berkembang menjadi tujuan wisata. Fisherman's Wharf dipenuhi gerai yang menjajakan hidangan laut (seafood) dengan berbagai kelas harga, namun sajian khasnya adalah clam chowder (sup kerang). Boudin Bakery yang berdiri sejak abad ke-19 menyajikan clam chowder menggunakan "mangkuk roti" sourdough, produk khas mereka.

Kalau perut sudah terisi penuh, silakan langkahkan kaki ke Ghirardelli Square, bangunan eks pabrik coklat tertua ketiga di AS. Habis itu Anda bisa menuju Pier 39, tengoklah puluhan singa laut yang berjemur di dermaganya. Pier 39 juga menyediakan arena permainan anak, akuarium berpemandangan bawah laut, dan berbagai kafe; salah satunya Hard Rock Cafe SF.


4. UNION SQUARE

▼ Tugu Union Square

Boleh dikatakan inilah pusat kota San Francisco. Dataran terbuka seluas 1,1 hektar ini dikelilingi pusat perbelanjaan papan atas. Hampir semua department store terkemuka di AS ada di area Union Square, mulai dari Saks Fifth Avenue, Nordstrom, Bloomingdales, Barneys, Neiman Marcus, dan Macy's. Setiap Desember, Macy's mensponsori pemasangan pohon Natal yang dihiasi ribuan lampu.

Begitupula halnya butik ternama asal Eropa seperti Louis-Vuitton, Chanel, Prada, dan sejenisnya memilih lokasi tak jauh dari lapangan dari era Perang Saudara ini. Apabila Anda penggemar olahraga, tentu kesempatan menjelajahi 6 lantai Nike Town tak akan dilewatkan. Mungkin satu hari penuh untuk berbelanja di sini bakal terasa kurang.


5. LOMBARD STREET

▼ Lombard Hairpins
▼ North Beach (Little Italy) 

Seperti sudah CeritaSF sebutkan di artikel sebelumnya, San Francisco dibangun di atas 49 bukit. Tempat paling tepat menikmati pemandangan bukit dan lembah yaitu di Russian Hill, tepatnya dari salah satu segmen jalan Lombard. Anda akan disuguhi jalan berkelok yang dijuluki "Tikungan Paling Tajam di SF" (The Most Crookedest Street).
Lokasi ini mudah dicapai dari Union Square dengan cable car rute Powell-Hyde. 

Sesudah puas menikmati pemandangan dari Russian Hill, langkahkan kaki 10 menit ke Timur untuk mencapai Washington Square. Lapangan ini bagian dari kawasan North Beach dan biasa disebut "Little Italy" karena dulunya dihuni imigran asal Italia. Berjalan seputar Washington Square memang mengingatkan akan lorong-lorong beralas batu ala Eropa. Tiap bulan Oktober diadakan pawai bernuansa Italia untuk memperingati pendaratan Christopher Colombus di Amerika. 

6. CHINATOWN 

▼ Gerbang Chinatown

Lima menit jalan kaki ke Utara dari Union Square, Anda akan menemukan Dragon's Gate, gapura menuju Chinatown. Kawasan Pecinan San Francisco ini yang tertua di Amerika Serikat, sekaligus tempat berkumpulnya komunitas Tionghoa terbesar di luar Asia. Dijamin Anda akan lupa waktu saat keluar masuk toko-toko yang menjajakan aneka penganan maupun souvenir khas SF berharga 'miring'. 



7. ALCATRAZ

Pulau berjarak kurang lebih 2,5 km lepas Pantai Utara San Francisco ini dulunya difungsikan sebagai penjara untuk kriminal kelas berat. Nama "alcatraz" diberikan setelah seorang perwira AL Spanyol melihat banyak sekali burung pelikan di pulau tersebut (alcatraces = pelikan).

Salah seorang "eks penghuni" pulau Alcatraz paling terkenal di zaman modern? Al Capone, bos mafia asal Chicago. Tidak heran, pulau penjara legendaris ini sering jadi lokasi pengambilan gambar berbagai film laris. Kalau Anda suka petualangan, kami sarankan ikut "Night Tour" yang menyuguhkan suasana Alcatraz di malam hari. Ferry untuk menyeberang ke sana berangkat dari kawasan FIsherman's Wharf

2 komentar:

  1. Blog nya sangat bermanfaat om,
    Terima kasih buat sharing pengalamannya.

    BTW di sf, deket donk om mau ke Oracle arena
    Pengen banget bisa nonton langsung Stephen curry dkk.. Semoga suatu saat punya kesempatan ke sana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah mampir ke blog kami.

      Betul Oracle Arena berada di Oakland (East Bay), anda bisa menyebrang Bay Bridge atau naik BART (Bay Area Rapid Transit - kereta) dari SF ke Oakland. Kabar terbaru, tahun 2019 nanti Golden State Warriors akan pindah dari Oracle Arena ke Chase Center, GSW arena baru yang sekarang sedang dibangun di San Francisco.

      Hapus