Jumat, 22 Mei 2015

SAN FRANCISCO DAN "COCOKLOGI" 7 x 7 x 7

Panorama Telegraph Hill dilihat dari Lombard st. di Russian Hill.
CeritaSF terbiasa dengan besarnya Jakarta, bertahun-tahun menghuni di kawasan megapolitan Asia Tenggara itu. Dibanding Jakarta, San Francisco tergolong amat kecil; bahkan kotamadya Jakarta Selatan mungkin lebih luas. SF dipercayai berukuran 7 kali 7 mil (sekitar 12 x 12 km saja), walaupun pada kenyataannya justru lebih kecil dari itu. Total area SF 47 mil2 saja, atau setara 121 km2. Penduduknya "hanya" 800 ribu, jauh lebih sepi dari Jakarta yang dihuni sekitar 8 juta orang.


San Francisco dibatasi laut di sisi Barat, Utara, dan Timur. Sebagai konsekuensinya, SF sering sekali diselimuti kabut. Jika Chicago dikenal sebagai "Windy City" dan New York disebut "Big Apple", maka SF dijuluki "Fog City". Warga SF bahkan punya nama julukan khusus buat kabut yang akrab mengunjungi mereka, "Karl the Fog".

Nama San Francisco ( terj. Saint Francis / Santo Fransiskus [Xaverius] ) sendiri asalnya dari para biarawan Fransiskan berkebangsaan Spanyol yang termasuk penghuni awal koloni di semenanjung California bagian Utara ini. Pemukiman baru ini berkembang pesat saat terjadi "Demam Emas" di pengunjung abad ke-19.

Selanjutnya, kota yang menjadi bagian dari kawasan Bay Area tersebut menarik perhatian kaum "hippie" yang mencari tempat tinggal dengan iklim "bersahabat". Tak heran, gaya hidup bohemian dan komunitas seni hingga kini identik dengan SF. Kawasan North Beach dan Mission District menjadi pilihan para seniman, setidaknya hingga demam Teknologi Industri (IT Boom) membuat harga-harga melambung dan membuat para seniman tidak mampu lagi membayar sewa rumah.

Lalu, apa makna dari angka tujuh yang terakhir? Kedua angka tujuh di awal merujuk pada ukuran panjang kali lebar San Francisco, sementara angka tujuh yang terakhir mendefinisikan kondisi konturnya. Ya, kota keempat terbesar di California ini dipercayai berdiri di atas tujuh bukit utama, sehingga panoramanya indah sekali. Ketujuh bukit tersebut Telegraph Hill, Nob Hill, Russian Hill, Rincon Hill, Mt. Sutro, Twin Peaks, dan Mt. Davidson. Sesungguhnya jumlah bukit di SF jauh lebih banyak, tepatnya ada 49 (masih cocok juga, 49 = 7 x7).

Begitulah keunikan San Francisco, dipas-paskan (ilmu "cocoklogi") dengan angka 7. Tujuh memang menyimbolkan keberuntungan bagi "budaya Barat". Walau memang keberuntungan itu tidak sepenuhnya salah, mengingat kota nan indah ini pernah nyaris rata dengan tanah akibat gempa dan kebakaran hebat tahun 1906.

14 komentar:

  1. Boleh saya tahu mengapa anda memilih San Francisco setelah anda terpilih menjadi salah satu pemenang green card lottery? Saya dengar biaya hidup di SF lebih tinggi daripada di LA atau NYC. Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. karena kami mendapatkan pekerjaan di san francisco.

      Hapus
  2. Maaf...kalau boleh tahu background profesi anda apa? IT or management or etc...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Latar belakang pendidikan kami adalah arsitek dan manajemen perkotaan. Namun, latar belakang pekerjaan kami beragam dari konsultan, jurnalis, marketing, dll.

      Hapus
    2. hi kak..aku sudah sampai di san francisco setelah 11 tahun balik ke indonesia.. masih menunggu social security dan sekarang saya di milpitas..beberapa kali cari tempat tinggal di craigslist tapi beberapa kali fraud untung aja ga sampe menyerahkan uang. kira kira ada kenalan ga yang bisa sewa apartment di daerah irving kak?thanks yah

      Hapus
    3. Selamat datang di Amerika Serikat! Memang harus sangat berhati-hati ketika memilih apartemen dari Craigslist. Sayangnya kami tidak punya kenalan yang menyewakan apartemen di SF. Anda bisa juga cari di trulia.com, zillow.com, atau zumper.com. Semoga berhasil!

      Hapus
    4. kak mau ty ss saya lom dtg . ini ud masuk 4 minggu.. spakah ttp hrs nunggu?

      Hapus
    5. Anda bisa menunggu atau bisa juga menghubungi/mendatangi kantor Social Security Administration untuk menanyakan kartu SSN anda.

      Hapus
  3. SF, kalau bole tau mslh pekerjaan, bagusnya sebelum kesana kita cari job dulu atau sesampainya disana? Bila belum mendapatkan job, apakah dr gov bisa membantu kita utk cari job? Thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Idealnya anda sudah mendapat pekerjaan sebelum anda pindah. Namun sayangnya, kebanyakan pemberi kerja mencari pekerja yang sudah tinggal dan berada di Amerika.

      Pemerintah Amerika Serikat tidak membantu apapun dalam hal kepindahan anda, baik mencari tempat tinggal atau pekerjaan, semuanya harus anda lakukan sendiri.

      Hapus
  4. Brarti bila sdh menang GC, sy tidak bisa memilih tujuan sy sebelum mendapatkan pekerjaan ya? kalau ceritaSF kan mendapatkan kerja di SF makanya tinggal di SF pilihannya? Apakah ceritaSF juga sampai disana baru mencari kerja? Thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Justru tentukan dulu tujuannya ingin pindah ke mana, lalu cari pekerjaan yang cocok di daerah tersebut.

      Kalau kami memang karena sudah dapat pekerjaan di SF sehingga pindah ke sini.

      Hapus
  5. Hi cerita sf...mau tanya..kalau anak sdh us citizen tapi tetap dimasukkan ke data anak ketika mengisi apakah tdk masalah?,.thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau anak sudah US Citizen, tidak perlu diikutsertakan dalam formular pendaftaran. Namun kalau tetap dimasukan juga tidak masalah.

      Hapus