Selasa, 19 Mei 2015

UNIKNYA PANTAI BARAT

West Coast, "gudangnya" hipster.
Amerika Serikat mayoritas terdiri dari daratan, membentang sejauh 5.000 km antara Samudra Pasifik dan Atlantik; hampir sama dengan jarak ujung Barat sampai dengan ujung timur Indonesia. 

Nah, daerah yang berada di tepi Samudra Pasifik biasa disebut sebagai Pantai Barat (West Coast), utamanya dibentuk dari 3 negara bagian: Washington (bedakan dengan ibukota AS, Washington DC), Oregon, dan California.

Pernah dengar istilah “wild west”? Tidak salah kalau Anda membayangkan kehidupan liar koboi (cowboy) di atas kuda, kawanan ternak, dan gurun luas. Sedikit banyak, istilah wild west menggambarkan karakter area Pantai Barat ini. 


Bukan lantas konotasinya ugal-ugalan, lebih condong ke anti-kemapanan, selalu mencari terobosan baru di segala bidang; pendeknya, gaya hidup alternatif cenderung bohemian (bergaya hidup ala seniman). Sehingga lahir istilah "Dunia Baru", membedakan dari "Dunia Lama" ala Eropa.

Generasi pendobrak, mulai hippie era 70an sampai hipster banyak ditemui di West CoastTambahan dengan bercokolnya pusat industri perfilman AS, berpusat di Hollywood, yang merupakan bagian dari megapolitan Los Angeles, California. Hippie dan selebritas layar perak membentuk wajah Pantai Barat periode 70an sampai dengan 90an. Gabungan antara glamor dan kebebasan, melahirkan karakter unik yang mewarnai sebagian besar masyarakatnya.
"Dunia Baru" ala Amerika.  (sumber: wikipedia)

Supaya gampang membayangkan, orang-orang di kota utama sepanjang Pantai Barat karakternya menjauhi kerja kantoran dan jarang berpakaian resmi (jas, dasi, gaun malam). Barang-barang bermerek dari Eropa kurang lazim dikenakan. 

Belakangan lahir generasi milenial yang nyeni, rutin berolahraga (lari atau mendaki gunung pilihan utama) menyantap hidangan dari produk organik, terdepan soal daur ulang sampah, dan ke mana-mana naik sepeda atau angkutan umum. Media melabelinya sebagai hipster

Bukan saja soal gaya hidup, namun sejak pergantian milenia kawasan Pantai Barat juga mendominasi dunia sejalan dengan maraknya industri Teknologi Informasi (IT). Tiga perusahaan yang mempengaruhi hidup banyak orang, Microsoft, Apple, dan Google, semuanya berasal dari sini. Microsoft bercokol di Seattle (ibukota negara bagian Washington), Apple dan Google ada di kawasan yang dikenal sebagai Silicon Valley (1,5 jam perjalanan dari San Francisco). 

Tech-industries inilah wajah baru Pantai Barat, orang-orang muda yang ambisius melahirkan terobosan yang bisa mengubah dunia. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar