Selasa, 19 Mei 2015

GREEN CARD LOTTERY (III) - TES KESEHATAN

Tes kesehatan biayanya cukup mahal.
Terpilih sebagai salah satu pemenang DV Lottery bukanlah akhir dari proses, karena masih banyak tahapan yang harus dilalui sebelum izin tinggal dari pemerintah Amerika Serikat sampai di tangan. 

(Apa Itu DV Lottery?)

Dari pengalaman CeritaSF, masa penantian mulai pengumuman dan menerima Notification Letter 1 (NL-1), sampai dengan Case Number (CN) kami current (nomor urut kami keluar untuk mendapatkan jatah visa imigrasi), menerima NL ke-2, dan mendapat jadwal wawancara adalah masa-masa paling panjang dan lama yang kami rasakan.

Setelah mendapat NL ke-1 dan mengirimkan formulir ke KCC (Biro Urusan Keimigrasian AS di Kentucky), praktis tidak ada korespondensi apapun lagi dari Pemerintah Negara Paman Sam mengenai kelanjutan proses GC ini. Periode ini adalah masa-masa tidak jelas, penuh penantian, menunggu keluarnya Visa Bulletin setiap bulan untuk mengetahui CN berapa yang sudah dapat jatah visa. Akhirnya setelah penantian selama 10 bulan, Maret 2014 kami menerima NL-2 dan diberi tahu jadwal wawancara tanggal 6 Mei 2014, tepat satu tahun setelah kami mengecek dan menerima NL-1 kami.



Tahap selanjutnya yang harus dijalani sesudah melengkapi dokumen adalah melakukan tes kesehatan. Tak perlu khawatir, pemerintah AS jelas menyebutkan bahwa tes kesehatan ini bukan alasan untuk melakukan diskriminasi terhadap pemberian visa / izin tinggal. Jadi jika Anda punya penyakit bawaan semisal diabetes atau darah tinggi tidak perlu khawatir akan gagal (bahkan penderita AIDS dijamin tidak ada pembedaan). CeritaSF menduga tes kesehatan ini dilakukan untuk mengetahui status imunisasi dan apakah pihak pendaftar terinfeksi penyakit menular kronis.

Tes kesehatan sebaiknya dilakukan setelah pendaftar mendapatkan Notification Letter (NL) yang ke-2 dan mengetahui jadwal wawancara. Kenapa harus menunggu jadwal wawancara keluar dulu untuk melakukan tes kesehatan? Hasil tes kesehatan ini hanya berlaku selama 6 bulan, sehingga Anda harus tahu terlebih dahulu kapan jadwal wawancara sebelum mengambil tes kesehatan ini. 

Panduan dari Kedubes AS untuk tes kesehatan sebagai prasyarat DV Lottery ada di sini. Saat itu CeritaSF masih menjalani tes kesehatan ini di SOS International Clinic Cipete, Jakarta Selatan. Namun sejak 1 Maret 2015 tes kesehatan dilakukan di RS Premier Bintaro. Kami menelepon dulu untuk membuat janji tanggal pemeriksaan. 

Ternyata keterangan syarat dari klinik tersebut agak berbeda dari situs Kedubes AS. Adapun syarat yang diminta berdasar petunjuk saat menelepon sebagai berikut :
  1. Pendaftaran minimal 1 (satu) hari sebelumnya,
  2. Tidak perlu puasa,
  3. Paspor asli & fotokopi (4-5 lembar),
  4. Foto 3x4, berwarna, background bebas (4-5 lembar),
  5. Case Number (Nomor yang diperoleh saat mendaftar Green Card Lottery),
  6. Kacamata baca (jika pakai),
  7. Catatan vaksinasi (jika ada),
  8. Datang 1 jam atau 30 menit sebelumnya untuk mengisi formulir.
Jadi CeritaSF sangat menganjurkan Anda menelepon langsung ke Klinik / Rumah Sakit yang jadi rujukan tes kesehatan terlebih dulu untuk menanyakan secara detail hal-hal apa saja yang perlu disiapkan.

Pada hari yang sudah disepakati, CeritaSF datang pukul 08.30 WIB, lebih awal dari jadwal pukul 09.15 WIB. Setelah tiba di Klinik SOS kami diminta mengisi formulir, lalu menunggu untuk pemeriksaan laboratorium. Setelah cek tekanan darah, pengambilan darah, tes mata, dan rontgen, kemudian kami diarahkan ke ruang tunggu dokter. 

Lucunya, dokter yang akan melakukan pemeriksaan, Dr. Narain Punjabi, ternyata seorang pediatris. Maka CeritaSF menunggu bersama beberapa balita dan agak malu juga saat dipanggil ternyata 2 orang dewasa yang masuk ke ruangan dokternya.

Pertama dokternya mewawancara mengenai riwayat kesehatan sembari mengisi formulir dari Kedubes AS: pernah vaksinasi apa saja, pernah cacar/tidak & kapan, pernah dirawat di RS/tidak, dll. Dr. Narain ini sangat teliti mengisi dan mengecek formulir kesehatan. Suster yang mengisi data identitas kami sempat kena omelannya karena tulisan tanggal lahir tidak jelas, beliau mengatakan, "This is me who is responsible for this form to the U.S. Government."

Kemudian tiba saat yang ditunggu-tunggu, dokternya memanggil suster yang membawa jarum. Waktunya vaksinasi! Kami masing-masing mendapat 2 suntikan: MMR (Measles, Mumps and Rubella) dan TD (Tetanus - Diphtheria). Setelah vaksinasi, tes kesehatan selesai. Total sejak datang memakan waktu kurang lebih 2 - 3 jam, sebelum makan siang CeritaSF bisa meninggalkan klinik tersebut.

Total biaya tes kesehatan ini pada tahun 2014 sekitar Rp 1,2 juta per orang, mencakup biaya untuk medical check-up sebesar Rp 800 ribu dan biaya vaksinasi (MMR & TD) sebesar Rp 400 ribu. Hasil akan keluar berselang 5-7 hari kerja, dalam map yang disegel, untuk diserahkan ke Kedubes AS.

74 komentar:

  1. mo tanya mas sf, sy tinggal di surabaya. Apa bisa tes kesehatannya di surabaya?
    thx b4

    BalasHapus
    Balasan
    1. seluruh tes kesehatan untuk visa imigran hanya dilakukan di Premier Bintaro Hospital oleh dokter yang sudah ditunjuk oleh Kedubes AS.

      Hapus
  2. Stelah dpt pengumuman dr web nya bahwa kita terpilih,kpn dikirim NL-1?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Notification Letter 1 (NL-1) adalah surat pemberitahuan saat anda terpilih menjadi pemenang, yang dikirimkan pada bulan Mei. NL-2 akan dikirimkan apabila jadwal wawancara Anda sudah keluar.

      Hapus
  3. Mau tanya lagi:klo jadwal wawancara itu kpan kita terima

    BalasHapus
    Balasan
    1. jadwal wawancara akan dikirimkan apabila case number anda sudah hampir current (bisa dicek di visa buletin), kira-kira 2 bulan sebelum wawancara dilakukan.

      Hapus
  4. Itu yg nl-1 dikirim dia email sya?trs drmana taux klo nl-1 lgsg dr sna,soalx katax bnaxk penipuan

    BalasHapus
    Balasan
    1. notification letter tidak dikirimkan ke email, anda harus mencek sendiri di website dvlottery. kalau anda mendapatkan email yang menyatakan anda menang green card, bisa dipastikan itu adalah hoax.

      Hapus
  5. Klo setelah cek dr web resmix bahawa saya menang trs apa yg selanjutx sy lakukan?apakah di webx ada pilihan ato g mna ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ikuti petunjuk yang ada di notification letter 1 tersebut. isi & kirim balik formulir ds-260, siapkan dokumen2 yang diperlukan, dan tunggu sampai jadwal wawancara keluar.

      detilnya bisa dibaca di blog ini: http://www.ceritasf.com/2015/05/green-card-lottery-ii-melengkapi-dokumen.html

      Hapus
  6. Ow jadi nnt di webnya gtu ada pilihannya ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak ada pilihan. di websitenya hanya terdapat langkah-langkah selanjutnya yang harus dilakukan apabila ingin melanjutkan proses mendapatkan visa.

      Hapus
  7. Sebelum terima kasih dan sory klo banyak tanya

    BalasHapus
  8. Kapan formulir ds 260 d dpt,apakah pada saat dinyatan terpilih lgsg ada option u download formulirx ato bagaimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya. setelah dinyatakan terpilih, anda ikuti saja langkah-langkah selanjutnya, termasuk untuk pengisian formulir ini.

      Hapus
  9. Klo pertanyaan yang menyakan alamat sodara kita yg ada di amerika,itu kapan?apakah pada saat mengisi formukir ds 260 atau pada saat wawancara

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pertanyaan mengenai alamat di Amerika sudah ada di formulir DS 260, namun bisa dikosongkan apabila belum punya. Pada saat wawancara, harus dipastikan sudah punya alamatnya.

      Hapus
  10. Tp klo contoh sy ksh alamat apartementnya trs tahun dpn ganti apartemen kira-kira bs d ganti ga alamat yg di apartement sbelumnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa. Alamat pasti yang ingin digunakan untuk pengiriman GC & SSN dapat dikonfirmasi terakhir di imigrasi saat anda masuk AS.

      Hapus
  11. Isi formulir ds 260 perlu foto lagi ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak. Namun saat wawancara harus membawa 2 lembar pas foto 2x2 inch.

      Hapus
  12. Kalo kita bawa anak2 , apa bisa langsung daftar sekolah. Atau hrs tunggu tahun ajaran baru?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemungkinan bisa langsung daftar, tergantung sekolah/daerahnya. Silahkan Google untuk mendapat informasi yang lebih detil.

      Hapus
  13. U pengumuman gcnya itu pake waktu di amerika d bagaian mana?timur atau barat?

    BalasHapus
  14. Halo sf, salam kenal. Untuk appointment tes kesehatan tunggu schedule dr NVC / kedubes Jakarta ? Ato by phone menghubungi RS premiere? Case Sy hari ini mendapat Surat jadwal interview visa immigrasi spouse. Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apabila sudah dapat jadwal wawancara, bisa langsung menghubungi RS untuk membuat jadwal tes kesehatannya.

      Hapus
  15. Permisi mau tanya,
    Kapan kita tahu kita bisa ikut wawancara?
    Kan disuruh lengkapin dokumen , mending tau jadwal wawancara dulu apa test kesehatan?
    test kesehatan hanya dilakukan dibintaro ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. anda akan mendapat jadwal wawancara saat case number anda current. sebaiknya anda sudah tahu jadwal wawancara dulu sebelum melakukan tes kesehatan, karena hasil tes kesehatan tsb ada batas waktunya (berlaku hanya 6 bulan). iya, tes kesehatan sekarang dilakukan di rs premier bintaro.

      Hapus
    2. Kira2 kalau menunggu "current" itu brp lama ya? Saya udah terlanjur check up nih :(
      Sama 1 lagi. Kalau misalnya saya dapet greencard, memangnya harus ke Us minimal 1x ya dalam 1 tahun?

      Hapus
    3. jadwal wawancara tergantung dari case number anda. sebagai contoh, dgn cn 54** kami baru mendapat jadwal wawancara bulan mei, tepat setahun setelah pengumuman pemenang dv lottery.

      pemegang green card diharapkan tinggal dan bekerja secara permanen di AS. apabila meninggalkan AS lebih dari 1 tahun, anda harus mengajukan re-entry permit sebelum keluar AS.

      Hapus
  16. Salam kenal Pak

    1. Terkait dengan Case Number (CN), nomor apakah itu? Apakah itu beberapa digit terakhir di confirmation number kita pada saat mendaftar DVLottery pertama kali?
    2. Kalau NL-1 kita harus cek ke website US Gov, apakah NL-2 juga seperti itu atau akan ada email yang dikirimkan oleh US Gov. Karena seperti kita tahu, US Gov tidak akan mengirimkan NL-1, jika ada maka scam.

    Thanks ya Pak
    Sukses terus disana..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga!

      1. Case Number (CN) berbeda dengan confirmation number. Anda akan mendapat Case Number jika sudah diumumkan menang DV Lottery. Format Case Number adalah tahun-wilayah-nomor urut, misalnya untuk pemenang DV Lottery tahun 2017 dari Indonesia dengan nomor urut 1234 akan mendapat case number: 2017AS00001234.
      2. Betul, NL-2 juga harus dicek di website DV Lottery.

      Terima kasih kembali!

      Hapus
  17. om, klo pas balita sudah divaksin MMR dan TD, apa nanti masih divaksin lagi pas tes kesehatan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dokter yang akan memutuskan mengenai vaksin saja apa yang perlu diberikan pada saat tes kesehatan nanti.

      Hapus
  18. Setelah menerima NL-1, ada proses korespondensi dengan pihak luar toh ? jd kita harus mengirimkan dokumen2 yng dibutuhkan, ke pihak di USA tsb ? setelah proses pengiriman tsb, apakah bias dipastikan kita akan mendapatkan jadwal interview dari mereka ? tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dalam NL-1 anda akan mendapat petunjuk lebih lanjut mengenai apa yang harus dilakukan, seperti mengisi formulir aplikasi visa imigrasi (DS-260) secara online. Tidak ada dokumen yang dikirimkan lewat pos, semua dokumen hanya dibawa saat wawancara.

      Jadwal wawancara akan keluar apabila case number anda "current" (bisa dicek di Visa Bulletin setiap bulannya). Apabila sampai akhir periode DV nomor anda tidak keluar ("current"), maka otomatis anda tidak mendapatkan jadwal wawancara & DV Lottery anda gagal.

      Hapus
  19. Salam,
    Om mau sharing n sedikit bertanya.
    Pertama x saya isi ds260 itu di bulan juni 2016 status saya single.

    Di bulan september saya menikah dan saya cb email ke pihak kcc nya. Beliau balas jika ada perubahan anggota keluarga mohon ditambahkan di ds260.
    Kemudian saya tambahkan istri saya, butuh waktu 1x24 jam utk request nya dan setelah itu saya bisa isi data istri saya.

    Tidak lama pd tgl 15october 2016 saya mendapatkan email utk cek status dv saya. Saya cb cek, dan format nya berubah. Ada informasi bahwa jadwal Interview saya sudah keluar pd tgl 30 september 2017 (lama juga Yah?) Berarti keputusan final dpt gc atau tidak nya pd tgl tsb?

    Berarti saya Hrs dtg dengan istri donk Yah? Dan medical check up juga harus berdua?
    Pihak dokter sudah tahu apa yg Hrs diperiksa Yah? Kita akan divaksin lg jika itu diwajibkan?

    Apa bila sebelum tgl Interview yg masih tahun depan itu, kami memiliki baby? Ada informasi mengenai kasus tsb?

    Thanks a lot.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat untuk pernikahan anda dan terima kasih atas sharingnya untuk penambahan data anggota keluarga.

      30 September 2017 adalah batas akhir wawancara dan penerbitan visa DV 2017. Kemungkinan wawancara anda dilakukan sebelum tanggal tersebut. Silahkan anda mengecek visa buletin setiap bulan untuk mengetahui apakah nomor kasus (case number) anda sudah "current"/belum. Ya, keputusan apakah anda mendapat visa imigrasi atau tidak ditentukan pada saat wawancara.

      Betul, anda dan istri masing-masing harus melakukan tes kesehatan dan anda berdua harus hadir pada saat wawancara. Dokter yang ditunjuk oleh Kedubes AS sudah tahu apa yang harus diperiksa dan vaksin-vaksin apa saja yang diperlukan.

      Jika anda memiliki anak sebelum jadwal wawancara, anda bisa ajukan untuk ditambahkan di formulir DS 260, sama seperti yang sudah anda lakukan untuk istri.

      Semoga berhasil!

      Hapus
    2. Malam kak. sy buka visa buletin untuk bln jan 2017. tertulis asia 4000 except iran 3600 dan nepal 2750. maksudnya apa yaaa. setahu saya yg diterima di asia 13500. dari jumlah itu terdapat iran 4500 dan nepal 4000. trima kasih.

      Hapus
    3. Maksudnya bahwa yang akan mendapatkan jadwal wawancara adalah pemenang di Asia dengan case number sampai dengan 4.000. Wawancara berlangsung dari bulan Oktober sampai September tahun berikutnya. Apabila case number anda sudah "current" seperti yang tertulis di visa bulletin, maka anda akan segera mendapatkan panggilan wawancara.

      Hapus
  20. Boleh minta link nya utk visa buletin? Case number Itu yg 2017as bla bla bla itu y?

    Tp di surat dv nya yg semula isinya anda terpilih menjadi 125rb peserta pertama, silahkan isi formulir. berubah menjadi jadwal Interview pd tgl 30 september 2017. Apakah jadwal Interview tertera disana atau bukan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anda bisa google "Visa Bulletin". Ya, format case number 2017AS0000****. Kalau memang anda sudah mendapatkan Notification Letter kedua yang menyatakan jadwal wawancara, berarti memang anda akan diwawancara pada tanggal tersebut.

      Hapus
    2. Tampak nya nl2 seperti nl1 Yah? Format nya yg ad kop surat nya. Pas kita masukin konfirmasi number yg awal.

      Hapus
    3. Selain kop surat, di NL2 juga ada keterangan lebih rinci mengenai wawancara anda: tanggal & jam wawancara dijadwalkan serta alamat & nomor telepon Kedutaan Besar AS, tempat wawancara berlangsung.

      Hapus
    4. Sebelumnya sy ucapkan terima kasih atas informasi ceritasf ini benar2 membantu kami. oya pemberitahuan untuk wawancara apa nanti kita di sms, email atau atau masukan case number ke dvlottery atau gimana yaa. yg ini saya masih bingung

      Hapus
    5. Terima kasih kembali, kami senang cerita kami dapat membantu teman-teman yang sedang mencari informasi mengenai DV Lottery maupun yang berencana pindah ke Amerika.

      Jadwal wawancara diberi tahu pada Notification Letter kedua, yang terdapat di website DV Lottery. Sama seperti Notification Letter pertama mengenai pengumuman pemenang, anda juga harus memasukan case number dan data anda untuk mengaksesnya.

      Hapus
  21. salam ceritasf,

    saya ingin bertanya tentang rumah sakit, saya mencoba melihat di website imigrasi tentang rumah sakit yang bisa melakukan test kesehatan. apakah hanya rumah sakit bintaro yang diakui untuk test ini?
    dan seperti cerita sf sebutkan di atas, berapa minggu sebelum kah sebaiknya test kesehatan ini dilakukan sebelum tanggal interview, dan apakah mereka yang akan mengirimkan data2 ke imigrasi. terima kasih sebelumnya atas bantuan informasinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, tes kesehatan yang diakui hanya dari rumah sakit yang ditunjuk oleh Kedubes AS - saat ini di Rumah Sakit Premier Bintaro.
      Tes kesehatan harus sudah dilakukan minimal 7 hari sebelum jadwal wawancara. Anda harus mengambil hasil tes kesehatan dari rumah sakit dan membawanya ke Kedubes AS pada saat wawancara. Hasil tes kesehatan ini tidak boleh anda buka, melainkan langsung diserahkan ke petugas wawancara dalam keadaan tertutup.

      Hapus
  22. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh saja. Namun kecuali case number anda besar, anda pasti akan mendapatkan NL2 untuk jadwal wawancara.

      Hapus
  23. Hallo FS...sy kesulitan saat mau kirim DS 260..katanya case number gak sama. Padahal sudah masukan case number dari KKC, pasport dan nomor karakter dgn benar. Kenapa ya...mohon di balas SF

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin ada sistem yang eror. Silahkan anda coba lagi.

      Hapus
  24. Balasan
    1. Silahkan baca lagi artikel ini untuk detail tes kesehatannya.

      Hapus
  25. Permisi saya mau tanya
    Apakah dalam seleksi green card lottery, jumlah tabungan kita/pesertanya juga dipertimbangkan dalam seleksi tersebut ?
    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seharusnya tidak. Tapi untuk amannya, sebaiknya anda memiliki minimal $10.000 untuk setiap orang dewasa yang akan berimigrasi ke AS. Uang tersebut diperlukan untuk menopang biaya hidup sejak anda datang hingga mendapat pekerjaan di sini.

      Hapus
  26. Hi cerita SF, mau tanya,, apabila Kita terpilih, bisa gak Kita pergi sendiri apabila sudah berkeluarga? ( Anggota keluarga lainnya tidak ikut)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa saja. Tapi sayang sekali apabila pasangan dan anak-anak anda tidak ikut mendapatkan Green Card. Saran kami, seluruh anggota keluarga yang berhak, ikut pergi ke AS dulu untuk mengaktifkan GC mereka. Apabila memang belum memiliki rencana untuk pindah permanen, mereka bisa pulang ke Indonesia dulu sementara waktu, dengan status GC yang sudah aktif.

      Hapus
  27. Maaf nanya lg 😀
    Terima kesehatannya meliputi apa aja, Dan faktor apa yg bisa membuat test kesehatan gagal. Terima kasih atas responnya 👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jawaban untuk pertanyaan-pertanyaan anda sebenarnya bisa dibaca di artikel di atas. Singkatnya, tes kesehatan meliputi general check up & mencek status imunisasi. Anda harus bersih dari penyakit menular kronis (misalnya TBC) untuk mendapatkan visa masuk ke AS.

      Hapus
  28. Halo ceritasf..salam kenal.. saya salah satu yg mengikuti visa lottery ini.. saya mau bertanya.. saya sudah mendapatkan pengumuman bahwa saya terpilih.. tapi koq saya tidak disuruh isi form ds 260? Bagaimana caranya saya supaya bisa mengisi form ds 260 dan melengkapi dokumen2 saya yang di perlukan? Karena saya hanya mendapatkan surat ucapan selamat telah terpilih tapi tidak jamin.. dan di bawahnya tertera case number dan nama saya.. mohon petunjuknya saya harus bagaimana lagi sekarang? Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat untuk anda! Silahkan ikuti seluruh petunjuk yang ada di http://www.dvselectee.state.gov. Semoga berhasil!

      Hapus
  29. Terima kasih.. mohon doanya juga ya.. supaya bisa melangkah ke next step.. sekarang saya lagi mengisi form ds 260.. tapi membutuhkan waktu untuk mengisi semuanya.. karena saya terkena time out setiap x mengisinya.. saya ingin bertanya lagi kepada ceritasf.. apakah ada jangka waktu kita untuk mengisi form ds 260 sampai dengan mengsubmit form nya? Karena saya sudah dikirimkan pemberitahuan terpilih sejak tanggal 7 mei.. sampai sekarang belum submit formnya.. saya takut ada waktu yg ditetapkan untuk mengisi form ds 260 nya.. terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih kembali. Anda punya banyak waktu untuk mengisi formulir DS 260, tidak perlu buru-buru. Formulir DS 260 harus diisi dan dimasukkan sebelum wawancara. Wawancara DV 2020 baru akan dimulai bulan Oktober 2019, dimulai dari case number (CN) yang terkecil. Lebih baik menyiapkan data-data dan teliti dalam mengisi formulir DS 260, dibandingkan cepat-cepat memasukkannya. Semoga lancar dan berhasil!

      Hapus
  30. Oh begitu.. ok terima kasih buat masukannya.. iya saya pikir juga seperti itu.. saya mau benar2 teliti dalam mengisinya.. karena ini benar2 suatu kesempatan yang sangat saya impikan.. oh ya maaf saya mau bertanya 1 hal lagi.. disitu di tanyakan tentang imunisasi.. apakah saya jawab saja yes? Karena saya sudah vaksin body saya tapi tidak ada catatan vaksinnya.. saya jawab yes saja atau no? Sebaiknya saya jawab apa ya? Lalu apakah nanti dokumen2 istri saya seperti ijasah dll akan diminta juga? Terima kasih sekali lagi ceritasf..pengalaman anda sangat membantu kami ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mengenai imunisasi, anda bisa jawab "yes". Nanti dokter yang akan menentukan apakah anda perlu imunisasi lagi (karena kemungkinan besar imunisasi yang lalu sudah lewat batas waktunya) atau tidak.

      Dokumen-dokumen istri anda juga harus dimasukkan, walaupun ijazah pasangan tidak menjadi penentu lolos/tidaknya kualifikasi pemenang DV Lottery.

      Hapus