Senin, 30 Oktober 2017

3 TAHUN DI SAN FRANCISCO

Tulisan ini adalah cerita tertunda karena pada saat artikel ini diunggah, sudah 3 tahun lebih sejak kedatangan pertama kami ke Amerika Serikat (AS) pada tanggal 14 September 2014. Namun lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali, bukan?

Setiap tahun kami mencoba untuk menuliskan pengalaman kami selama satu tahun sebagai refleksi mengenai apa saja yang sudah kami lakukan dan kami capai semenjak pindah ke Amerika. Cerita kami yang sebelumnya dapat dibaca di:
- 1 Tahun Di San Francisco
- 2 Tahun Di San Francisco

Tujuan setiap orang mengikuti DV Lottery dan berimigrasi ke Amerika tentu berbeda-beda. Ada yang ingin mendapatkan pekerjaan di luar negeri, mengumpulkan uang dan menabung lebih banyak, menyekolahkan anak-anak, menikmati kualitas hidup yang lebih baik, menambah pengalaman, dan masih banyak alasan pribadi lainnya.

Bagi kami, selain untuk mendapatkan kualitas hidup yang lebih baik, motivasi kami pindah ke AS terutama untuk menambah pengalaman hidup. Kami menyebut kepindahan ini sebagai perjalanan "travel and adventure" yang terus-menerus, tidak berkesudahan.

Materi dan pekerjaan tidak menjadi tujuan utama kami berimigrasi. Pada saat kami mendapat pengumuman menjadi pemenang DV Lottery 2014, salah satu dari kami baru saja mendapat promosi jabatan menjadi Associate Director (AD) di salah satu perusahaan multinasional di Jakarta. Secara materi dan pencapaian karir - menjadi AD termuda di perusahaan konsultan ternama - tidak ada yang kurang dalam hidup kami di Indonesia. Perjalanan bisnis ke kota-kota besar di seluruh Indonesia sudah menjadi keseharian kami berdua. Tidak ada satu bulan pun tanpa salah satu dari kami tugas ke luar kota. Kami menikmati pekerjaan dan hidup kami yang penuh warna, semarak, dan mapan pada saat itu.

Lantas apa yang menjadi alasan kami untuk pindah dan meninggalkan semua yang kami miliki di Indonesia untuk memulai hidup baru dari nol, di tempat yang sama sekali baru, tanpa seorang pun yang kami kenal?

It's the travel & adventure experience!

Kami berdua sangat menyukai petualangan dan tantangan. Kami senang jalan-jalan ke tempat baru, mencoba hal-hal baru, mencicipi makanan baru, serta bertemu dan berkenalan dengan orang-orang dengan kepribadian dan latar belakang yang beragam. Bagi kami kesempatan pindah ke AS membuka jalan untuk menjelajah lebih luas.

Hari-hari kami di sini diwarnai dengan banyak pengalaman baru dan serba pertama bagi kami. Sepanjang tahun pertama dan kedua, kami banyak menjelajah pelosok-pelosok kota San Francisco, mencoba kuliner-kuliner manca negara yang bertebaran di kota multi budaya ini, di samping belajar memasak berbagai kuliner Indonesia di rumah.

Pada tahun ketiga, semenjak kami mendapatkan surat ijin mengemudi (Driving License - DL), penjelajahan kami menjadi tidak terbatas di dalam kota San Francisco saja. Walaupun kami tidak memiliki mobil pribadi, namun banyak cara untuk menyewa mobil di AS. Salah satunya menjadi anggota Zipcar (cerita mengenai Zipcar akan kami tuliskan pada artikel lainnya). Tujuan akhir pekan kami menjadi semakin beragam, terutama mengunjungi kota-kota cantik di California, mulai dari ibu kota California di Sacramento, sampai San Jose, Half Moon Bay, Santa Cruz, San Juan Bautista, Monterey, dan Carmel-by-the-Sea di California Utara. Saat kami bisa mengambil libur yang agak panjang, kami jalan-jalan sampai ke San Luis Obispo, Solvang, Santa Barbara dan Los Angeles di California Selatan.

Masih banyak tempat yang ingin kami kunjungi baik di California maupun di negara-negara bagian lain di AS. Negara-negara tetangga, seperti Canada dan Mexico, maupun negara-negara Amerika Latin, seperti Cuba, Puerto Rico, Peru, Argentina, dan Brazil masih ada dalam daftar tempat kunjungan impian kami. 

Semoga kami selalu dikaruniakan rejeki dan kesehatan untuk terus berpetualang di tahun-tahun selanjutnya.

8 komentar:

  1. Sungguh pengalaman yang luar biasa. Itu juga impian saya untuk bisa tinggal dan bekerja di As. Saya mau tanya, apakah program dv lottery masih berlaku? Dengan melihat peraturan yang begitu ketat di pemerintahan presiden Trump? Terima kasih infonya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih.

      Program DV Lottery 2019 masih berlangsung. Apabila anda tertarik, pendaftaran dibuka sampai tanggal 22 November 2017 di website resmi www (dot) dvlottery (dot) state (dot) gov.

      Semoga berhasil!

      Hapus
  2. http://www.aljazeera.com/amp/news/2017/11/groups-slam-trump-call-diversity-visa-program-171104204113248.html

    Saya mau tanya, setelah saya membaca issue tersebut apakah dvd lottery akan benar-benar diberhentikan? terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Proses DV Lottery 2019 sampai saat masih berlangsung. Kami tidak tahu bagaimana kelanjutan program ini setelahnya.

      Hapus
  3. Luar biasa pak, pengalaman dan tulisan anda sungguh membuat saya termotivasi hingga tahun ini saya dan istri ikut mendaftar utk dvlottery 2019. Motivasi saya pun mirip dgn anda yaitu mencari pengalaman hidup baru yg tentu tak ternilai dgn uang. Mudah2an kami bisa terpilih tahun depan. Terimakasih pak atas sharing pengalaman dan tulisan2 nya, sungguh bermanfaat utk kami

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah menuliskan apresiasi anda pada blog kami. Kami sangat senang mengetahui bahwa cerita-cerita kami dapat menginspirasi dan memberikan motivasi bagi teman-teman pembaca. Semoga anda berhasil mewujudkan impian anda!

      Hapus
  4. blog yang sangat bagus buat saya dan temen2 yang lain berminat migrasi ke LN, mohon diupdate lagi ceritanya ya mas...semoga sukses buat bapak dan keluarga, mohon doa nya juga supaya saya bisa menyusul dan yang penting diberikan jalan buat migrasi, walau tanpa dvlottery,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah mampir kembali ke blog kami. Semoga cita-cita anda untuk pindah dan tinggal di luar negeri dapat tercapai.

      Hapus