Rabu, 14 September 2016

2 TAHUN DI SAN FRANCISCO


Tanpa terasa sudah dua tahun kami tinggal di San Francisco. Kota ini bukan lagi tempat yang asing, melainkan sudah menjadi "rumah" bagi kami. Pelosok-pelosok kota sudah kami jelajahi, tujuan-tujuan wisata sudah kami kunjungi, tempat-tempat makan sudah kami datangi. 

Selain itu, kami menjalani hidup rutin seperti penduduk San Francisco lainnya. Seluruh urusan administrasi kependudukan akhirnya beres, dengan didapatkannya Driving License / DL (Surat Ijin Mengemudi / SIM) bulan Agustus 2016 lalu.

Kenapa begitu lama kami membuat DL?
San Francisco adalah salah satu dari sedikit kota di Amerika Serikat yang memiliki sistem transportasi umum yang baik. Seluruh tempat di dalam kota dapat dengan mudah dikunjungi dengan bis-bis Muni. Kota-kota lain di sekitar San Francisco yang terletak di Bay Area dapat didatangi menggunakan MRT yang dijuluki BART (Bay Area Rapid Transit) atau kereta lokal Caltrain.

Lelah dengan kondisi lalu lintas di Jakarta yang mengharuskan kami untuk selalu mengemudikan mobil apabila ingin berpergian dan terjebak macet berjam-jam, maka lepas dari kendaraan pribadi selama tinggal di sini kami rasakan sebagai suatu kebebasan. Mengeksplorasi kota dengan transportasi umum dan berjalan kaki sejak dahulu jadi impian untuk hidup dan tinggal di negara maju.

Kartu ID (Identification Card) California - semacam KTP - sudah kami buat dan miliki dari dua tahun lalu begitu kami mendapat rumah dan alamat tetap sehingga memiliki DL tidak menjadi prioritas.

Namun akhirnya kami memutuskan membuat DL untuk memudahkan apabila ingin melakukan perjalanan antarkota, selain juga mengingat SIM dan international driving permit dari Indonesia sudah hampir habis masa berlakunya.

Selain ID dan DL, hal-hal lain yang kami (harus) lakukan sebagai penduduk di sini:
- Lapor pajak setiap bulan April,
- Menunjuk dan memiliki dokter pribadi,
- Tes kesehatan (medical check-up) setiap tahun sekali,
- Periksa gigi setiap enam bulan sekali,
- Periksa mata setiap tahun sekali,
- Memiliki kartu kredit dan membangun catatan kredit (credit record) yang baik.

Kami pun sudah pernah mendapatkan panggilan untuk menjadi juri di pengadilan (jury duty). Menjadi juri adalah salah satu kewajiban warga negara AS sebagai bentuk pelayanan kepada negara. Untungnya karena kami bukan warga negara AS, maka kami dapat menolak panggilan tersebut.

09142014 - 09142016 #2ndUSAanniversary

16 komentar:

  1. hi Pak SF, ak pgin tau n tny dikit...kl boleh tau krj pak SF disn sbg apa eah?? n tnyanya : kl seandainya ak menangi GC itu trs brgkt kesana..bisa gk pak SF bantuin ak ( gk bs bantu numpang tinggal drmh bpk.. kyk yg bpk blng ma orng yg diatas brusan ) bantu cariin krjaan buat ak, (bolehlah pls ) biar cepet dptnya jd ntr gk takut kehabisan uang disana..takutnya tar yg ada ak " Bs pergi tp kgk bs pulang " terdampar di negri orng..bis dsna gk ada kel.n gk da yg kenal 1pun..Maaf sblmnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya bekerja di industri kopi dan istri saya di real estate.

      Kemauan untuk pindah ke negara lain, seperti Amerika, harus disertai dengan tekad dan persiapan mental dan finansial yang baik. Tergantung pada orang dan selalu mengharapkan bantuan dari orang lain akan menyulitkan anda untuk bisa bertahan hidup di luar negeri. Mandiri dan optimis adalah sikap yang diperlukan apabila anda ingin sukses!

      Hapus
  2. Hai pak sf. Saya mau bertanya.
    Jika kita hanya lulusan sma apa kesempatan mendapat gc lottery sama dengan yg mempunyai pendidikan lebih tinggi. Jika sudah dapat, apa lulusan sma mudah mendapat pekerjaan? Terima kasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, anda memiliki kesempatan yang sama karena program ini murni berdasarkan sistem undian, tidak memperhitungkan tingkat pendidikan.

      Mudah/tidaknya memperoleh pekerjaan sangat tergantung dari pekerjaan apa yang anda cari serta pengalaman dan kualifikasi anda.

      Hapus
  3. senang sekali membacanya, akhirnya anda update blognya lagi, saya udah ikutin perjalanan ceritanya dari semenjak di kaskus, sampe di blog ini, senang sekali, saya baru 2x ikutan dvlottery, tahun ini rasanya beratm mau ikut lagi, rasanya pesimis, walaupun sebenernya kalaupun menang, saya gak tau bagaimana meninggalkan kerjaan / karir di indo, tapi saya yakin, Tuhan sudah mengatur, kita tinggal berusaha dan bertekad, congrats ya pak/bu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah mampir kembali ke blog kami, kami juga senang membaca komentar anda lagi. Sebenarnya pada saat kedua kali kami mendaftar (dan ternyata menang), kami juga sudah tidak terlalu mengharapkan DV Lottery ini: karir dan hidup sudah semakin mapan di Jakarta. Namun jalan hidup sudah ada yang mengatur dan di sini lah kami sekarang :)

      Baik menang Green Card Lottery atau tidak, hidup harus terus berjalan, dan percayalah bahwa itu adalah jalan yang terbaik bagi anda dan keluarga.

      Hapus
  4. Halo Cerita SF. Senang sekali akhirnya nemu blog anda, very informative. Rencana bulan Desember saya akan ke SF. Antara takut dan super excited, saya menerima tawaran kerja di sebuah startup kecil di Emeryville:D Ini akan menjadi pengalaman pertama saya untuk tinggal dan bekerja di US. Jika tidak keberatan, apakah saya bisa menghubungi anda melalui jalur komunikasi pribadi (email or social media?). Saya ingin berdiskusi sedikit tentang bagaimana memulai hidup di San Francisco. Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi, selamat atas kesempatan yang anda dapatkan untuk bekerja di SF Bay Area. Anda bisa menghubungi kami di info(at)ceritasf.com.

      Hapus
    2. Terimakasih, semoga kita bisa bertemu di sana :D

      Hapus
    3. Sama-sama. Semoga lancar semua persiapan pindahnya!

      Hapus
  5. hai admin sf, Untuk Visa DV lottery masa aktifnya berapa tahun?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Visa Imigrasi DV Lottery berlaku selama 6 bulan, artinya setelah anda lolos wawancara dan memperoleh visa, anda harus pergi ke Amerika dalam waktu 6 bulan.

      Setelah anda di Amerika, Green Card (kartu tanda penduduk tetap) akan dikirimkan dan berlaku selama 10 tahun sejak anda masuk AS.

      Hapus
  6. Halo SF, thanks for all your update news. i have one question nih, klo sudah dapat greencardnya lalu berniat mau apply citizen, kata seorang temenku, dia blg syaratnya tidak boleh bepergian keluar dari AS selama 5 tahun ya ? apakah ceritaSF setelah pegang GC, pernah keluar negeri? ada persyaratan formulir yg perlu diisikah? atau perlakuannya sama spt GC yg bukan DV lottery juga? Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Cisca,

      Green card yg diperoleh melalui DV maupun dengan cara lainnya ketentuannya semua sama.

      Kalau mau mendaftar menjadi warga negara AS harus sudah 5 tahun memegang GC. Boleh saja pergi ke luar negeri dalam waktu 5 tahun tersebut, asalkan tetap mempertahankan AS sebagai tempat tinggal utama.

      Ya, setelah memiliki GC kami pernah liburan ke Eropa dan mudik ke Indonesia. Tidak ada formulir khusus yang harus diisi, asalkan GC harus dibawa ketika berpergian untuk dapat masuk lagi ke AS.

      Hapus
  7. Hallo apakah dv lottery dihapus? Dibritakan trump ingin mhapus greencard baru2 ini?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Proses DV Lottery 2019 sampai saat masih berlangsung. Kami tidak tahu bagaimana kelanjutan program ini setelahnya.

      Hapus