Senin, 21 September 2015

1 TAHUN DI SAN FRANCISCO


Tidak terasa sudah 1 tahun kami meninggalkan tanah air dan tinggal di San Francisco.

Terkadang kalau lagi mikir masih suka bingung: koq bisa ya kami "nyasar" di sini. Tidak punya latar belakang apapun (pendidikan, keluarga, dll) yang berhubungan dengan Amerika, tidak ada interest sama sekali tentang Amerika.

Ternyata kami "dikasih" jalannya untuk pindah ke sini. Modalnya nekat saja: nekat meninggalkan semua yang kami miliki di Jakarta, nekat memulai hidup baru di tempat yang sama sekali asing buat kami, tanpa punya apa-apa, tanpa kenal siapa-siapa.

Jalani, berjuang, dan nikmatin hari demi hari, one step at a time! Masih menganggap ini adalah petualangan panjang kami.

09142014 - 09142015 #1stUSAanniversary

25 komentar:

  1. Congratulation ya. Anda termasuk yg beruntung mendapat kesempatan bisa migrasi ke US. Akan byk pengalaman berharga didapat. Semoga saya bisa seberuntung anda.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih. Benar, ini kesempatan yang tidak datang dua kali & kami sangat menikmati semua pengalaman & petualangan kami di sini. Semoga berhasil!

      Hapus
  2. saya mau tanya, kalau mau ngurus green card, tapi belum punya rumah di AS gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak masalah. punya/tidak punya rumah bukan persyaratan untuk mengurus green card.

      Hapus
  3. Lama gk cari kerja d sana. Saya sdh masukkan aplikasi dvlottery...mdh"an dapat :) amin

    BalasHapus
    Balasan
    1. tergantung kota, jenis pekerjaan, keahlian, pengalaman & hoki jg. utk kami, istri langsung dpt kerja krn bisa transfer dr kantor di jakarta & suami belajar2, ikut pelatihan2 selama 6 bln sblm mendapat pekerjaan di sini. semoga sukses! amin.

      Hapus
  4. congrats ya...saya cukup sering memantau dan membaca tulisan anda, karena saya tertarik untuk migrasi juga, namun saya cari-cari kok sedikit sekali membahas profile SANG PENULIS-nya, bahkan tidak dicantumkan ya...naman penulis saja saya tidak ketemu (tidak saya temukan)...salam kenal ya,

    BalasHapus
    Balasan
    1. CeritaSF berharap pengalaman kami dapat diambil manfaatnya, tanpa dipengaruhi latar belakang orang yang menjalaninya.

      Hapus
  5. Kalo mau daftar gimana caranya?? Ada wensite nya?? Thx u

    BalasHapus
    Balasan
    1. cara pendaftarannya bisa dibaca di sini: http://www.ceritasf.com/2015/05/green-card-lottery-i-mendaftar.html?m=1

      Hapus
  6. Pak mau ty klo terpilih dan bw anak2, bgm cara mengurus pindah sekolah mrk? Ketika tiba disana apakah disediakan tmpt sementara sblm dpt kontrakan? Yg bpk mksd AirBnB itu apa ya? Maaf ya pak bnyk tanyanya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf, kami kurang tahu mengenai sekolah anak-anak, mungkin informasinya bisa dicari di situs web lain. mengenai tempat tinggal, tidak disediakan tempat tinggal apapun di sini, pencarian dan pengurusan rumah harus dilakukan sendiri. AirBnB adalah situs penyewaan tempat tinggal, lengkapnya bisa dilihat di: http://www.airbnb.com.

      Hapus
  7. apa kalian bisa berbagi cerita kepada kami jenis pekerjaan atau pengalaman kerja yang dialami selama di Amerika? bagaimana sistem pembayaran Salary yang diterapkan disana dan apa perbedaannya dng Indonesia? terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Soal jenis dan pengalaman kerja, kami akan coba tuliskan di blog. Mengenai sistem penggajian, hampir sama dengan di Indonesia.

      Hapus
  8. Thanks untuk responnya. Ditunggu untuk blog nya ini pasti menarik. Yang saya ketahui sistem salary di Amerika berdasarkan 'Pay Per Hour' dan beberapa informasi dari media sistem salary dibayarkan per tahun. Nah berdasarkan pengalaman SF apakah hal ini benar kondisinya seperti itu? Mungkin banyak teman-teman dari cerita SF yang ingin mengetahui hal tersebut termasuk saya. Thank You.

    BalasHapus
    Balasan
    1. memang macam2 sistem penggajian di sini: ada yg fix per tahun (biasanya utk pekerjaan kantoran) & ada yg dihitung per jam.

      baik gaji tetap per tahun atau yg per jam, dibayarkannya sama biasanya 2x dalam sebulan, bahkan ada pembayaran yg per minggu.

      Hapus
    2. luarbiasa perjalannya....ga nyangka 1 hari penuh saya mencari info setelh 3 tahun ke belakang terlupakan karna berlayar di eropa, mmg benar dan kebayang nyamannya hidup di negara maju. ngopi saja pun dah kerasa beda

      Hapus
    3. wish me luck this year to get it,,,before get married

      Hapus
  9. terima kasih sudah mampir ke blog kami. semoga berhasil dan selalu sukses dalam perjalanan hidup anda!

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam Mas SF, sy termasuk yg terpilih dlm DV 2017. apakah ada training untuk pendatang baru, klu ada berapa lama training tersebut. info training itu dari mana. thanks

      Hapus
  10. misi pak SF, kalau boleh tau dari pengalaman pak SF..
    pada saat hari pertama sampai disana, utk tempat tinggal dan kehidupan sehari2 disana bgmn ya?
    kira2 harus mempersiapkan biaya sebesar berapa dari JKT utk awal bertahan hidup?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi, anda bisa baca cerita-cerita kami lainnya di blog ini untuk menjawab pertanyaan anda. Mengenai biaya hidup bisa dilihat di: http://www.ceritasf.com/2015/06/biaya-hidup-di-san-francisco.html

      Hapus
  11. nice artikel jadi makin semangat buat ke sana :)

    BalasHapus