Rabu, 26 April 2017

WEBSITE LOWONGAN KERJA UNTUK ORANG INDONESIA DI AMERIKA

Langkah awal dalam mencari pekerjaan tentunya menemukan lowongan yang sesuai dengan minat dan latar belakang keahlian kita. Seperti sudah diceritakan di artikel sebelumnya (Tempat tak Terduga untuk Cari Kerja -red.) perusahaan di AS diwajibkan mengumumkan pada publik soal posisi kosong di tim mereka. Namun masalahnya, di antara jutaan peluang (Desember 2016 ada 5 juta lowongan kerja di AS) bagaimana kita bisa mendapatkan pekerjaan yang benar-benar cocok. 

Untungnya kita hidup di zaman yang serba terhubung lewat internet. Dalam sekejab saja kita bisa mencari hal apa saja di dunia maya. Mesin pencari (search engine) sejenis Google biasanya menampilkan hasil yang cenderung umum dan belum tentu lokasinya di sekitar tempat Anda tinggal. Paling tepat memulai di situs yang memang khusus untuk dunia kerja. 

Situs paling dikenal di Indonesia adalah LinkedIn yang awalnya didirikan sebagai jejaring sosial (social network) yang dikhususkan bagi kalangan profesional. Perusahaan yang baru diambil alih Microsoft ini dikembangkan dengan berbagai layanan terkait dunia kerja. Mengingat LinkedIn sudah dikenal luas oleh orang Indonesia maka CeritaSF tidak akan banyak membahasnya.   

Lalu website mana saja yang biasa digunakan di Amerika Serikat untuk mencari lowongan kerja? Berikut ini hasil pengamatan dan pengalaman CeritaSF, dimulai dengan situs yang menurut kami paling memudahkan untuk penggunanya, khususnya dalam soal tingkat kepercayaan atas iklan tersebut.


Mengapa tingkat kepercayaan begitu penting bagi CeritaSF? Dunia maya membuat banyak hal menjadi mudah, termasuk mudah untuk menipu / memanfaatkan orang lain. Demikian juga halnya menemukan lowongan kerja yang bukan penipuan merupakan tantangan tersendiri. Bisa jadi pekerjaan yang dijanjikan di iklan terlihat menggiurkan, namun ternyata perusahaannya tidak jelas keberadaannya atau malah lowongan pekerjaannya sendiri bohong belaka. 

Sebagai catatan tambahan, perubahan iklim politik di AS belakangan ini kurang menguntungkan bagi imigran. Banyak kisah proses pengurusan visa kerja menjadi lebih sulit, termasuk bagi perusahaan-perusahaan papan atas yang berusaha mensponsori calon karyawan dari luar AS. Walaupun situs-situs ini bisa diakses dari Indonesia, jangan terlalu berharap lamaran Anda akan ditanggapi oleh perusahaan yang dituju jika Anda belum legal untuk bekerja di Negara Paman Sam (baca: memiliki izin kerja). 

1. Glassdoor.com

Situs yang berlogo pintu ini cukup unik karena tujuan asalnya sebagai sarana bagi karyawan untuk memberi ulasan tentang perusahaan tempatnya bekerja secara anonim (tanpa menyebut nama). Atau dengan kata lain, Glassdoor memberi tempat bagi karyawan untuk curhat mengenai kondisi nyata yang dihadapi di perusahaan tersebut, bahkan hingga gaji yang diterimanya. 

Akhirnya situs ini berkembang menjadi layanan SDM (sumber daya manusia) yang komplit, tidak sekadar tempat karyawan memberikan penilaian tapi juga menjadi tempat bagi perusahaan untuk mengumumkan adanya lowongan.

CeritaSF menilai Glassdoor sangat memuaskan sebagai titik awal pencarian kerja di internet. Apalagi kalau bukan karena adanya kumpulan user review untuk berbagai perusahaan. Anda bisa mengetahui perusahaan yang diincar apakah memang seindah bayangan, termasuk soal gaji untuk posisi yang Anda incar. 

Mengapa hal ini penting menurut CeritaSF? Adanya review bisa membantu kita menentukan apakah perusahaan yang kita incar cukup bonafid (terpandang) atau tidak. Sekaligus memudahkan kita untuk melihat mana lowongan yang "abal-abal" alias terindikasi penipuan dan mana yang asli. Riset tentang perusahaan dapat Anda lakukan tanpa harus mengunjungi website lain sehingga sangat memudahkan kita.


2. Indeed.com

Paling pas menggambarkan situs ini sebagai "Google-nya lowongan kerja". Indeed memang bertindak layaknya pengumpul lowongan kerja dari berbagai situs milik perusahaan yang sedang mencari calon karyawan, selain tentunya dari menerima pemasang iklan lowongan. 

Kalau Glassdoor berbicara soal kualitas informasi, maka Indeed bicara soal kuantitas info lowongan kerja.

Jumlah posisi yang bisa ditemukan luar biasa banyak. Sebagai gambaran saat artikel ini ditulis ada 50 ribu lowongan ditampilkan Indeed untuk seputaran San Francisco dengan berbagai variasi latar belakang pendidikan dan ketrampilan yang dibutuhkan.


3. Monster.com


Situs ini menyandang predikat sebagai tempat iklan lowongan kerja online pertama di dunia. Monster.com beroperasi sejak 1994 dan awalnya dimaksudkan sebagai situs untuk menyempurnakan dan menyimpan CV (curriculum vitae) sekaligus sebagai database para pencari kerja untuk memudahkan perusahaan menemukan karyawan yang cocok. 

Dalam perkembangannya Monster.com berkembang menjadi juga menjadi "job search engine" meskipun saat ini sudah disalip Indeed.com sebagai situs lowongan kerja terbesar di AS. 


4. Craigslist.org

"Usianya kedua tertua" dibanding Monster.com. Saat banyak orang belum sadar akan keberadaan internet di tahun 1995, Craigslist hadir sebagai pengganti iklan baris di koran / suratkabar. 

Isi craigslist beragam, mulai dari kolom jual beli, forum diskusi, wadah berbagai macam komunitas, hingga lowongan kerja. 

Situs ini menurut CeritaSF sifatnya hampir "180 derajat berbeda" dari Glassdoor. Mengingat model website seperti iklan baris, maka siapa pun bisa memasang konten termasuk yang mungkin ditujukan untuk penipuan. Maka dalam menelusuri lowongan diperlukan upaya ekstra meneliti lebih lanjut apakah yang Anda lihat itu benar-benar posisi yang jelas keberadaannya atau tidak.

Lalu mengapa tetap harus membuka craigslist jika sudah ada "Google-nya lowongan kerja" yaitu Indeed? Hal ini menyangkut persaingan bisnis, mengingat Indeed diblok sehingga tidak menampilkan apa yang ada di craigslist. 

Di beberapa daerah AS, seperti San Francisco-Bay Area dan metropolitan New York, banyak perusahaan memasukkan craigslist sebagai salah satu "standar" mengumumkan adanya posisi kosong. Sementara di sebagian besar kawasan lainnya pencarian di Indeed saja sudah mencukupi.

26 komentar:

  1. Hai SF, berdasarkan pengalamannya. Bagaimana peluang mendapatkan pekerjaan dan greencard sponsorship dari perusahaan bagi pelajar yang studi di Amerika dan telah lulus? apakah kendala dan peluang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung dari kecocokan latar belakang pendidikan dan kemampuan yang anda miliki dengan lowongan yang tersedia di perusahaan.

      Hapus
  2. Nampaknya peluang yang amat realistis secara umum adalah melalui jalur Study in US & Work dan mencari pekerjaan setelah lulus dan diharapkan terdapat perusahaan sponsorship.

    Bagi perusahaan di US; berapakah usia produktif bagi para pencari kerja yang layak dipertimbangkan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya demikian. Usia 20-an kemungkinan yang paling optimal.

      Hapus
  3. maaf mau tanya untuk basic pendidikan minimal apa min buat kerja di Amerika. terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebaiknya sarjana Strata 1. Tapi apabila anda memiliki ketrampilan khusus, lulusan SMU/diploma pun dapat bekerja di sini.

      Hapus
  4. Halo SF, mau nanya nih, apakah utk dv lottery 2019 Indonesia masih termasuk negara yg bisa apply? Soalnya saya dpt kabar, utk 2019 Indonesia gak dpt jatah. Terima Kasih

    BalasHapus
  5. Hi Cerita SF yg murah hati, minta advice dan pandangannya mengenai kesesuaian nama antara legal name pasport dgn nama asli di ijasah/sertifikat pendidikan di Indonesia terkait lampiran dokumen saat interview di perusahaan di US. Sbb:

    Legal name di pasport sy terdiri dari 3 kata (kata ke 3 nya ditambahkan oleh petugas imigrasi dr nama ayah). Sementara nama asli sy hanya 2 kata awal, dimana sertifikat/ijazah pendidikan/ktp/akte tentu memakai nama 2 kata sy.

    Pertanyaan: apakah perbedaan 1 kata ini akan menyulitkan sy untuk melamar pekerjaan di perusahaan US? Bagaimana saran solusi mengenai hal ini?

    Terimakasih sebelumnya,
    Widodo K.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi, semestinya tidak ada masalah ketika melamar pekerjaan. Masalah mengenai perbedaan nama mungkin akan muncul ketika anda mengurus dokumen visa kerja nanti.

      Hapus
  6. selamat siang cerita SF , saya mau nanya perihal kerjaan, saya bulan depan sudah akan berangkat ke amerika dengan DV visa ( green card lottery ) gimana cara nya untuk mendapatkan kerjaan di kota seattle?? mohon bantuan nya ya... sebelum nya terima kasih, boleh minta contak nya?? tolong inbox ke email saya ya... tq

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan cari lowongan pekerjaan yang cocok, kirimkan surat lamaran dan tunggu panggilan untuk wawancara. Semoga berhasil!

      Hapus
    2. Mau nanya dunk gmn caranya bisa dapetin dv green card? Sblmnya sudah pernah ke amerika?

      Hapus
    3. Silahkan anda membaca-baca blog ini mengenai cara untuk mendapatkan DV Lottery.

      Hapus
  7. Selamat Pagi CeritaSF, saya mau nanya, apa perbedaan yang paling mencolok dari iklan lowongan kerja di Amerika Serikat dan di Indonesia.Terima Kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perbedaannya tidak ada syarat mengenai usia maksimal ataupun jenis kelamin.

      Hapus
  8. Hi cerita sf, bagaimana jika saya berkunjung ke amerika dengan visa turis, apakah memungkinkan bagi saya untuk mencari pekerjaan atau mendapat sponsorship dari perusahaan untuk mendapat visa kerja? Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dengan visa turis anda tidak memiliki ijin kerja di Amerika.

      Hapus
  9. Hi apa yg harus saya lakukan supaya saya dapat bekerja di amerika serikat. Tolong bantu saya. Saya bersedia bekerja di bidang manapun.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pertama anda harus mencari perusahaan yang mau memperkerjakan dan mensponsori ijin kerja buat anda.

      Hapus
  10. Hai beritaSF,Bisakah anda membantu saya untuk bekerja disana?

    BalasHapus
  11. saya melamar kerja lwt indeed dan mendapatkan panggilan kerja dari amerika dan mrk krm email agar saya mempersiapkan dokumen dan visa.dlm email tertulis email bisa sbg bukti pembuatan visa kerja.tp saya blm pernah ke luar negri.apa yg hrs dipersiapkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebaiknya anda melakukan konfirmasi untuk mendapatkan info yang lebih jelas mengenai pekerjaan yang ditawarkan, terutama mengenai jenis pekerjaan dan tanggung jawab, jangka waktu kerja / kontrak, serta benefit yang ditawarkan.

      Apabila semuanya sudah jelas, tercantum pada kontrak tertulis, dan anda OK dengan apa yang ditawarkan, anda bisa mulai membuat visa kerja dan mempersiapkan diri untuk pergi ke Amerika Serikat untuk bekerja.

      Hapus
  12. Ada lowongan kerja bangunan ??

    BalasHapus