Rabu, 12 April 2017

PENGALAMAN WAWANCARA GREEN CARD LOTTERY 2017 (1)

CeritaSF senang sekali mendapat kabar bahwa ada teman-teman yang sudah berhasil melalui proses wawancara DV Lottery dan mendapatkan visa imigrasi ke Amerika Serikat. Kegembiraan kami bertambah ketika mereka mau berbagi cerita pengalaman berharganya di blog CeritaSF. Berikut salah satu pengalaman wawancara DV Lottery 2017 oleh FFA.


Kami mendapat jadwal interview pada tanggal 6 April 2017 jam 12.30 WIB. Waktu itu ada 3 calon yang mengajukan immigrant visa dan saya mendapat giliran ke-3.

Pertama, kami harus menyerahkan semua dokumen yang disyaratkan utk program ini: asli – fotokopi – terjemahan. Jika sudah menikah dan membawa pasangan, jangan lupa akte menikah harus difotokopi dua kali juga karena tetap datanya itu masing-masing pribadi. Saat itu terjemahan akte menikah saya hanya satu, untung pihak kedutaan berbaik hati memfotokopinya.

Ketika semua data sudah lengkap di tangan kedutaan, kami harus membayar uang visa sebesar $330 di loket pembayaran.
Setelah bayar visa, kami pun menunggu detik-detik datangnya interview. Saat itu kami bertiga mengobrol untuk menghilangkan ketakutan kami. Kurang lebih 30 menit kami menunggu akhirnya dipanggil juga.

Peserta 1 (sponsopship dari orang tua) dan Peserta 2 (DV Program) disetujui Green Cardnya. Kami pun turut senang.

Tiba giliran kami maju ke loket bagian immigrant visa.


Pertama-tama kami harus bersumpah sambil mengangkat tangan bahwa informasi yang kami berikan itu valid / benar adanya.


Setelah itu dokumen asli kami dikembalikan. Sang interviewer sibuk mengetik di komputer lalu kami ditanya, "Ke mana kalian akan pergi?" dan saya pun menjawab, "Saya mempunyai keluarga di Upland California." Sang interviewer menjawab, "Wow, di sana ada club baseball terkenal loh!" Kamipun menjawab "Really!" Sehabis itu kami berdua finger scan di mesin.


Petugas wawancara sangat ramah dan aktif mengetik di komputernya, dan tak lama "Congratulations, your immigrant visa has been approved!”


Oh my God, hanya begini? Persiapan kami yang sangat lelah, terbayar hanya dengan interview yang sangat singkat dan mudah. Total interview paling 5 menit saja. Kami mendapat interviewer yang sangat baik.


Oh ya, flash back di tahun 2016, saya juga pernah mengajukan visa non immigrant dalam rangka tour dari perusahaan ke Amerika, hasilnya ditolak dua kali dan paket tour saya hangus sia-sia. Ini yang membuat saya sebenarnya pasrah dalam mengikuti DV Program ini.


Tuhan ternyata berkata lain, mungkin ketika dulu visa turis saya ditolak dan saya sempat kesal, Tuhan berkata "SABAR! Ada sesuatu hal besar yang sedang Saya siapkan.” Dan ternyata terjawab juga malah saya mendapatkan Green Card bebas pergi ke semua negara bagian Amerika kapan pun dan di mana pun juga.


Thanks juga untuk CeritaSF atas blog yang sangat berguna.



Selamat FFA atas keberhasilan anda dan terima kasih sudah mau berbagi cerita anda di blog ini. Semoga persiapan anda pindah ke Amerika Serikat semuanya berjalan dengan lancar!

17 komentar:

  1. Kalo menang green card lottery apakah pasti bisa lulus interview??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belum tentu. Tergantung dari kelengkapan dokumen, hasil back-ground check, tes kesehatan, dan faktor X lainnya.

      Hapus
  2. Oh iya maaf mau tanya lagi Surat keterangan kerja dari perusahaan perlu gak dibawa saat wawancara ? trmksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apabila anda memenuhi syarat DV Lottery dengan kondisi sudah bekerja selama minimal 2 tahun, maka surat keterangan kerja diperlukan sebagai bukti pengalaman kerja anda tsb.

      Hapus
  3. Hallo SF,

    Apabila saat ini tidak lg bekerja di perusahaan yang lama (+/- 3 tahun), Karena mempunyai usaha Sendiri, document apa yang harus di bawa saat interview. Ijasah SMA saya juga punya. Dan police record Utk Indonesia tidak di perlukan ya. Thanks SF


    BalasHapus
    Balasan
    1. Anda bisa membawa surat keterangan berhenti kerja dari perusahaan yang lalu dan ijazah SMA. SKCK tidak diperlukan. Semoga berhasil!

      Hapus
  4. Saya mau tanya, saya tidak punya ijazah SMU, tapi saya sudah kerja di perusahaan konstruksi selama 6 tahun, apakah saya memenuhi syarat untuk ikut program Green Card? Dalam hal ini saya hanya bermodalkan surat pengalaman kerja. Karena saya sudah mendaftar untuk program thn 2019.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, pengalaman kerja >2 tahun dapat digunakan sebagai kualifikasi anda untuk mendapatkan DV Lottery.

      Hapus
  5. Hallo saya mau tanya donk.. kan saya punya perusahan sendiri trus apakah perlu segala surat akta pendirian perusahaan di terjemah buat wawancara...? Trus ijasah yg di perlukan hanya sma atau juga university atau dua2nya....? Thank you

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya tidak usah membawa terjemahan surat akte pendirian perusahaan. Ijazah SMA saja sebenarnya sudah cukup, namun tidak ada salahnya membawa keduanya (ijazah SMA & universitas).

      Hapus
  6. Tapi ijasah sma saya hilang/ tidak ada, jadi apakah bs / cukup hanya ijasah university saja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kami tidak tahu. Silahkan anda menghubungi Kedutaan Besar Amerika Serikat langsung untuk menanyakannya.

      Hapus
  7. bro felix, mau tanya, saya sudah dapat balasan bahwa saya SELECTED untuk undian dv loterre thn 2020, sudah saya kirim semua data pribadi saya, sampai sekarang belum juga dapat panggilan utk interview, mengapa yah? biasanya perlu berapa lama utk dipanggil interview? apakah kita perlu tanya atau kita tunggu saja? terima kasih infonya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi, semua proses wawancara sekarang tertunda akibat dari Covid-19 & PSBB. Biasanya jadwal wawancara akan keluar apabila Case Number anda sudah current. Anda bisa menghubungi Kedutaan Besar AS untuk menanyakan lebih detil mengenai status anda.

      Hapus
    2. terima kasih atas penjelasan anda. semoga semua bisa lancar kembali segera. amin.

      Hapus
  8. Halo ko Felix. Saya mau tanya mengenai dokumen-dokumen yang perlu dikirimkan setelah mengisi DS-260. Di website dituliskan bahwa kita membutuhkan Police Certificate (Surat Polisi). Apakah kita harus buat surat polisi atau tidak usah? Kalo perlu, apakah satu keluarga harus mendapatkannya?
    2. Untuk penerjemahnya harus yang dari embassy kan ya? Penerjemahnya ditentukan setelah mendapatkan email dari KCC atau bagaimana?
    3. Untuk medical check up, apabila tidak punya surat vaksinnya, apakah akan divaksin sama dokter yang diutus sama embassy?
    4. Ko Felix punya Instagram atau social media lain? Aku ingin tanya tanya tapi gak tau harus kemana. Mungkin ko Felix bisa bantu sedikit.
    Terima kasih ko.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah mampir ke blog kami. Sebagai klarifikasi, kami berdua sebagai admin blog ini tidak ada yang bernama Felix. Berikut jawaban kami:

      1. Apabila anda membaca lebih teliti, surat polisi di Indonesia (SKCK) tidak diperlukan. Apabila anda & keluarga yang mendaftar DV Lottery pernah tinggal di negara lain lebih dari 1 tahun setelah berumur 16 tahun, maka masing-masing dari anggota keluarga anda harus memiliki surat keterangan polisi dari negara-negara yang pernah ditinggali tersebut.

      2. Anda bisa menemukan daftar penerjemah yang terdaftar di Kedutaan Besar AS Jakarta secara online.

      3. Dokter akan menentukan vaksin yang diperlukan untuk memenuhi persyaratan yang sudah ditentukan oleh Pemerintah AS.

      4. Silahkan ikuti Instagram dan FB kami di @CeritaSF.

      Hapus