Jumat, 17 Maret 2017

TEMPAT TAK TERDUGA UNTUK CARI LOWONGAN KERJA DI AMERIKA


CeritaSF menjumpai hal di luar kebiasaan pencari kerja di Indonesia. Pengalaman ini sangat menarik sehingga perlu kami tuangkan dalam sebuah tulisan. Juga mengingat tidak banyak artikel berbahasa Indonesia yang mengulas bagaimana cara mencari kerja bagi imigran di Amerika Serikat.

Di sini lah CeritaSF mendapati untuk memulai pencarian peluang kerja bisa dilakukan dari tempat yang tak terduga.  

Sebelum mengulas tempatnya, mari kita lihat apa yang biasanya dilakukan saat mencari kerja di Indonesia. Sepengalaman CeritaSF, cara paling jitu mencari lowongan dengan bertanya pada jaringan kenalan ataupun orang yang ada dalam daftar kontak Anda. 

Maksudnya, kebanyakan lowongan tidak ditemui di koran, situs internet, tetapi diinformasikan lisan dari satu orang ke orang lain. Tentunya hal ini menyulitkan apabila kita baru pertama kali menginjakkan kaki di kota yang baru. Tambah rumit lagi jika pindah ke negara yang berbeda.


Untungnya mayoritas perusahaan di sini wajib mengumumkan adanya lowongan lewat media massa. Anda bisa mendapat peluang meraih pekerjaan bagus bermodal rajin baca-baca iklan. Nah, bedanya dari di Indonesia, menelusuri halaman koran bukan pilihan tepat mengingat kebanyakan pemberi kerja terbaik sekarang hanya memasang iklan di internet. 

Benar jika Anda membayangkan di Amerika ini akan mudah memperoleh akses internet berkualitas. Namun kalau berharap mudah terhubung ke jaringan WiFi gratis, Anda akan kecewa. Seringkali layanan internet mewajibkan Anda membeli secangkir kopi terlebih dulu di kafe yang menyediakan WiFi (kopi atau teh ala kafe cukup mahal di sini, rata-rata $4, belum termasuk tip. Belum kalau ditambah camilan, $2-4). 

Di sini lah CeritaSF menemukan kalau perpustakaan menjadi "penyelamat" bagi para imigran yang tengah mencari mata pencarian. Sebagai orang yang lahir dan besar di Indonesia, CeritaSF tidak pernah menyangka upaya mencari nafkah bisa dimulai dari tempat pinjam meminjam buku ini. 

Di AS Perpustakaan menjadi pusat berkumpulnya warga dan berbagai kegiatan kebudayaan, bukan sekadar tempat membaca. Khusus kota San Francisco saja, ada perpustakaan pusat dan 27 cabang tersebar di 11 distrik. Di luar koleksi buku yang lengkap, semua lokasi disediakan fasilitas lengkap, mulai internet kecepatan tinggi, komputer dan laptop yang bisa dipinjam, sampai mesin cetak plus fotokopi. Beberapa cabang bahkan dilengkapi ruang rapat (meeting) yang bisa dipakai gratis, auditorium audio-visual dan tempat baca khusus untuk anak-anak.

Paling bermanfaat untuk pencari kerja apalagi kalau bukan internet gratis, peminjaman komputer, serta printer dan fotokopi. Beberapa cabang perpustakaan bahkan buka hingga pukul 9 malam. Anda bisa menelusuri lowongan kerja di berbagai situs internet, membuat lamaran, dan langsung mencetaknya tanpa keluar dari perpustakaan tersebut.

Tambahan lagi, pengurus perpustakaan kerap mengadakan berbagai kegiatan untuk membantu para pencari kerja. Mulai dari kelas untuk membuat Daftar Riwayat Hidup (CV=Curriculum Vitae) yang sesuai standar perusahaan besar di AS, teknik menghadapi wawancara, kiat menjalin relasi, termasuk bursa lowongan kerja. Semuanya itu tanpa dipungut biaya. 

Biasanya acara-acara tersebut diselenggarakan bekerjasama dengan lembaga pemerintah lainnya, misalnya Departemen Tenaga Kerja maupun Pemerintah Daerah setempat. Tak jarang juga perusahaan-perusahaan ternama, seperti misalnya LinkedIn membuka kelas khusus di perpustakaan. Anda cukup memantau situs resmi perpustakaan di Negara Bagian tempat Anda tinggal untuk mengetahui agenda kelas-kelas untuk pencari kerja tersebut. Misalnya agenda acara perpustakaan dapat diintip di laman resmi San Francisco Public Library ini.

Menarik bukan? Mencari lowongan mulainya bisa dari perpustakaan dan gratis, cukup bermodal kemauan. 

Di artikel selanjutnya CeritaSF akan membagikan situs-situs yang bisa digunakan untuk menemukan pekerjaan yang Anda idam-idamkan.

18 komentar:

  1. Terima kasih sudah membagikan hal-hal yang sangat bermanfaat disini. Berharap anda tidak berhenti menulis di blog ini.
    Berikut adalah hal yang ingin saya tanyakan :
    1. Hal yang mungkin sangat sepele tapi menurut saya penting. Di tempat anda tinggal saat ini apakah anda memiliki mesin cuci sendiri ataukah harus membawa pakaian yang akan dicuci ke tempat laundry? Bagaimana mayoritas warga SF melakukan aktivitas ini?

    2. Apakah kita harus terdaftar sebagai anggota perpustakaan terlebih dahulu sebelum kita meminjam komputer atau mengikuti kegiatan yang diselenggarakan oleh pengurus perpustakaan? Dan apakah setelah menjadi anggota perpustakaan di suatu cabang artinya kita juga terdaftar menjadi anggota perpustakaan di seluruh cabang di SF?

    Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih kembali sudah mampir ke blog kami. Kami akan mencoba menjawab pertanyaan anda:

      1. Tidak ada mesin cuci di tempat tinggal kami, sehingga kami harus membawa cucian ke tempat laundry yang jaraknya sekitar 5 blok dari rumah. Ada beberapa apartemen yang menyediakan mesin cuci dan pengering, namun banyak juga yang tidak. Sudah menjadi kebiasaan jamak di sini orang-orang memanfaatkan fasilitas laundromat yang terdapat di sekitar lingkungan tempat tinggalnya.

      2. Sebaiknya anda mendaftar menjadi anggota dulu untuk dapat menikmati semua fasilitas perpustakaan. Ya, keanggotaan perpustakaan di San Francisco adalah untuk seluruh kota, jadi anda bisa datang ke cabang mana saja di SF.

      Hapus
  2. Terimakasih sudah sharing hal hal yang menambah semangat untuk bisa mengikuti jejak anda ke Amerika.
    ada 1 poin yg mau saya tanyakan :
    - apabila lolos GC Lottery tetapi hanya punya ijazah SMK/SMA apakah bisa langsung mendapat kerja atau harus kuliah sampai S1 terlebih dahulu?

    Tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih kembali sudah mampir ke blog kami.

      Mengenai syarat pendidikan, tentunya ini sangat beragam, tergantung dari jenis pekerjaan yang anda inginkan. Namun sebaiknya anda memang memiliki pendidikan atau ketrampilan yang diakui dan sesuai standar Amerika. Pilihannya tidak hanya terbatas kuliah S1 saja, tapi anda juga dapat mengikuti kursus atau kelas-kelas yang sesuai minat dan dapat menunjang profesi anda, misalnya fotografi / desain grafis / program komputer / montir mobil atau motor / peracik kopi / masak / merangkai bunga, dll.

      Hapus
  3. bermasalahkah apabila saya berjilbab? benarkah islamophobia disana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak masalah. San Francisco adalah kota yang sangat beragam; semua perbedaan (bangsa, bahasa, agama, pemikiran, sampai orientasi seksual, dll) dihargai di sini.

      Hapus

  4. Mau tanya2 mengenai sistem job di USA Yah.
    1. Kalau yg sistem per hours itu, gaji per jam, tp dibayar tiap minggu atau bulan? Bayar nya via rekening atau Cash?
    2. Sistem gaji itu sudah potong pajak, atau kita yg Hrs setor pajak sendiri?
    3. Kalau diinterview nego gaji, itu net atau gross biasanya? Dan pajak di sf seberapa besar?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi, kami coba jawab pertanyaannya:

      1. Tidak seperti di Indonesia yang umumnya gaji dibayarkan setiap bulan, sistem pembayaran gaji di AS sangat beragam: ada yang dibayar 2 kali dalam sebulan, ada yang per 2 minggu atau bahkan per minggu.

      2. Jumlah gaji sudah dipotong pajak, namun potongan ini masih perkiraan (withholding tax). Pada akhir tahun pajak, kita harus melapor seluruh jumlah penghasilan dalam setahun untuk mengetahui sebenarnya jumlah pajak yang harus kita bayar, beserta potongan-potongannya, yang sangat beragam sesuai kondisi masing-masing individu atau keluarga.

      Setelah jumlah akhir diketahui, bisa saja anda mendapatkan pengembalian pajak (tax return), karena yang dipotong dari perusahaan lebih besar; atau malah anda harus membayar kekurangan pajak karena yang dipotong dari perusahaan kurang.

      3. Gaji yang ditawarkan adalah gross, perhitungannya bisa per jam atau per tahun, bukan jumlah gaji per bulan seperti di Indonesia.

      Pajak di sini ada pajak pemerintah pusat (Federal Tax) maupun pajak negara bagian (State Tax). Untuk lebih detilnya bisa anda google.

      Selain potongan pajak, perlu diketahui juga bahwa penghasilan gross anda tersebut akan dipotong lagi untuk Medicare dan Social Security. Silahkan anda google untuk mengetahui hal ini lebih lanjut.

      Semoga jawaban singkat kami bisa memberi gambaran umum mengenai sistem gaji dan pajak di Amerika Serikat.

      Hapus
    2. Kalau di total total, pemotongan pajak kurang lbh mencapai angka 20%?

      Hapus
    3. Ya, kira-kiranya bisa sekitar 20% untuk seluruh potongan pajak (federal & state), medicare dan social security.

      Hapus
    4. Mau tanya lg, apa bisa kita lamar lamar pekerjaan sembari menunggu ssn tiba? Selain ssn yg dibutuhkan itu State id dan rekening? Thx

      Hapus
    5. Bisa saja melamar pekerjaan sebelum SSN sampai. Jika memang cocok dengan perusahaannya, anda bisa bilang bahwa SSN sedang dalam proses. Pengalaman kami, 2 minggu setelah tiba SSN sudah dikirimkan. Ya, State ID dan rekening bank merupakan hal penting yang harus anda urus setibanya di AS.

      Hapus
  5. Terima kasih telah berbagi informasi/ tips seputar pencarian kerja di US. Ada hal yang ingin saya tanyakan mengenai izin kerja.

    Saya adalah fresh graduate dari universitas swasta di Indonesia, saat ini saya sedang mencari pekerjaan yang sesuai denga bidang/ profesi yang saya inginkan di US.

    1. Apakah saya memungkinkan untuk dapat bekerja di US meskipun saya belum memiliki record tinggal disana, tidak memiliki work permit/ green card?
    2. Apakah perusahaan dapat menjadi sponsor agar saya bisa mendapatkan work permit/ greencar? jika iya, bagaimana saya dapat mengetahuinya?

    Terima kasih
    Salam,
    Arif

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi, apabila anda memiliki kemampuan luar biasa, bisa saja ada perusahaan di Amerika yang mau menjadi sponsor visa kerja anda. Caranya anda harus cek ke perusahaan-perusahaan yang ingin anda tuju.

      Kalau kemampuan anda biasa-biasa saja, sangat sulit bagi perusahaan di sini mensponsori anda. Prioritas mereka tentunya adalah orang-orang yang sudah tinggal dan memiliki ijin kerja di Amerika, terutama karena biaya untuk memberikan visa kerja sangat besar.

      Hapus
  6. Halo, saya siska florida
    Terima kasih informasinya, sangat bermanfaat sekali . Saya mau tanya, kalau mau mendaftar tahun ini, apakah sama bulan pendaftaran tiap tahunnya?
    Saya mau mencobanya tahun ini
    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, pendaftaraan dibuka bulan Oktober setiap tahunnya.

      Hapus
  7. Salam Hangat, saya mau bertanya soal pengiriman uang untuk keluarga di Indonesia, Idealnya bagaimana baiknya ? Segi jumlah - fee, via bank atau apa ? Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kami menggunakan Global Tranfer dari salah satu bank Amerika yang mempunyai cabang di Indonesia.

      Hapus