Selasa, 16 Juni 2015

CARI RUMAH DI SF (II) - AWALI DARI INTERNET

Dua per tiga penduduk San Francisco menghuni rumah kontrakan dan jumlah rumah sewa sangat terbatas. Lebih banyak jumlah orang yang mencari tempat tinggal dibandingkan dengan para pemilik rumah yang menawarkan propertinya untuk disewa. Tak jarang satu apartemen yang disewakan diserbu oleh 20 orang (atau pasangan) yang berminat.

Perburuan apartemen pun gampang-gampang susah. Kecuali Anda punya kenalan atau kerabat di San Francisco, bisa dipastikan pencarian akan berawal dari internet. Ada 4 situs utama yang CeritaSF sarankan; masing-masing punya kelebihan dan kekurangannya. Keempat situs ini bisa digunakan juga untuk pencarian di kota-kota lain di AS. Silakan klik di judul untuk mengunjungi situs tersebut. 

1. craigslist  

Situs populer asal San Francisco ini "usianya" paling tua. Craig Newmark, sang pendiri, mengonsepkannya sebagai bulletin board (papan pengumuman) online. Orang bebas "menempelkan" iklan di situs ini untuk berbagai kategori (jual mobil, sewa rumah, bahkan cari jodoh). Saking banyaknya iklan di craigslist, kata kunci dan pilihan penyaringan (filtering) menentukan, bukan saja soal harga maupun lokasi. Misalnya Anda dapat mengetikkan "newly renovated" untuk mendapatkan iklan bangunan baru direnovasi. Pengguna craigslist mesti punya kewaspadaan lebih, mengingat cukup banyak iklan yang dipasang mengarah ke penipuan. 



2. Zillow

Situs yang kini dimiliki Yahoo! ini punya "koleksi" properti terbesar kedua setelah craigslist, mereka mengklaim punya 110 juta data. Zillow tidak hanya menawarkan iklan rumah yang disewakan, pengelola situs juga mencatumkan solusi dari sektor penunjang, seperti kredit rumah dan jasa renovasi.




3. Trulia

Terobosan situs ini dengan menampilkan data-data pelengkap pada peta area yang Anda minati; misalnya "Crime Map" (keamanan lingkungan tersebut) atau "School District" (peringkat sekolah negeri di area tertentu). Trulia sudah diakuisisi oleh Zillow group, namun tetap menampilkan keunikan berbeda dari perusahaan induknya.

4. Zumper

Zumper didirikan secara kolaborasi oleh eks agen properti dan software engineeer jebolan google. Sampai saat ini Zumper didominasi orang-orang yang bergerak di industri properti. 
Tidak mengherankan website yang diluncurkan tahun 2012 ini menyajikan pengolahan data statistik yang cukup mumpuni guna melayani kebutuhan penggunanya dari kalangan profesional di bidang real estate.    

PENTINGNYA CREDIT RECORD

Lantaran persaingan sangat ketat, bukan hal aneh jika mendengar properti yang diiklankan sudah tersewa hanya dalam hitungan jam sejak dipasang di internet. Kecepatan sangat dibutuhkan dalam mencari rumah sewa, segera kontak pemasang iklan begitu Anda melihat yang disukai. Dalam periode 24 jam sejak dipasang, kemungkinannya lokasi tersebut sudah diserbu peminat.  

Sistem yang berlaku di industri properti rumah tinggal Amerika Serikat juga cenderung "tidak berpihak" pada orang asing (bukan warga AS). Bukan lantas ada diskriminasi, melainkan Anda akan melalui prosedur seleksi (screening) berdasar Credit Record

Credit Record mencatat segala jenis transaksi pembayaran Anda di AS, terutama utang yang Anda ambil ke bank atau lembaga keuangan lain (misalnya student loan atau car leasing). Warga negara AS biasanya sudah punya catatan ini semenjak mereka duduk di bangku sekolah menengah atas (lazimnya siswa SMA mulai bekerja paruh waktu dan mendaftar kartu kredit untuk pertama kalinya). Nah, orang yang baru saja pindah ke AS tentunya tidak punya Credit Record.

Pemilik properti biasanya akan menyelidiki Credit Record Anda berbekal SSN (Social Security Number). Tujuannya untuk mengetahui kemampuan seseorang melunasi sewa tepat pada waktunya. 

Sebagai orang asing, sistem screening ini akan memperkecil peluang Anda jika "berebut" ingin menyewa di lokasi yang prima. Namun jangan khawatir, jika belum ada Credit Record Anda dapat menyerahkan bukti simpanan di bank atau surat dari pemberi kerja (kantor) guna menunjukkan Anda mampu membayar, sebagai bahan pertimbangan pada pemilik rumah. 

Jika sudah terjadi kesepakatan, kedua pihak akan menandatangani perjanjian sewa menyewa yang berlaku untuk satu tahun; sedangkan uang kontrakan biasanya dibayar bulanan.

Satu tip lagi, ukuran luas di AS menggunakan satuan square-feet / sqf (kaki persegi). Supaya penghitungannya mudah, dibagi saja dengan 10; jadi misalnya disebut apartemen ukuran 500 sqf, berarti kira-kira setara dengan 50 m2.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar