Rabu, 27 Mei 2015

SOCIAL SECURITY NUMBER (SSN)

sumber : wikihow
Ada satu dokumen penting selain Green Card yang harus dimiliki sesudah menginjakkan kaki di Amerika Serikat, namanya Social Security Number (SSN) card.

SSN ini diterbitkan oleh SSA (Social Security Administration) dan otomatis akan dikirimkan lewat pos ke alamat korespondensi di AS, yang diberikan saat mengurus visa imigrasi (di Kedubes AS Jakarta).

Sebelum mulai dipusingkan oleh urusan administrasi, CeritaSF traveling ke beberapa kota besar di AS dulu. Kami sangat menikmati liburan 1 bulan tersebut untuk berkenalan dengan Negeri Paman Sam, apalagi sebelumnya kami ekstrasibuk menangani kepindahan. Dengan berjalan-jalan ini kami juga tidak menunggu-nunggu tibanya Green Card maupun kartu SSN.


Saat kami sedang berada di New York City tanggal 30 September 2014, sahabat yang alamatnya dipinjam untuk keperluan korespondensi dengan USCIS memberi tahu bahwa kartu Social Security Number (SSN) kami sudah tiba. Cepat juga, hanya sekitar 2 minggu setelah CeritaSF masuk melalui Point of Entry (POE) di San Francisco International Airport (SFO) pada 14 September 2014.

Kartu SSN kira-kira besarnya seukuran KTP Indonesia, dicetak dengan tinta yang dipakai mata uang dolar, menggunakan kertas mirip sertifikat Surat Berharga. Keterangan utama berupa 9 digit angka yang diberikan kepada setiap warga negara, penduduk tetap, maupun penduduk sementara yang tinggal di AS. Sebagai nomor identitas nasional, SSN pada awalnya digunakan untuk keperluan pajak dan sistem pensiun. 

Kini SSN diperlukan untuk melamar pekerjaan, menerima benefit jaminan sosial (misalnya asuransi kesehatan bagi yang tidak mampu) dan mendapatkan segala pelayanan pemerintah (government services). SSN juga pasti ditanyakan saat membuka rekening bank, kartu kredit, maupun saat mendaftar langganan listrik, gas, maupun telepon.


Oleh karenanya, sebelum CeritaSF mendapatkan SSN untuk mengurus segala administrasi (buka rekening bank, buat KTP, sewa rumah, dll), kami masih merasa sebagai turis dan menikmati "bulan madu" kami di Negeri Paman Sam.

11 komentar:

  1. selama masa peralihan, sebaiknya kartu kredit indonesia tetap dipertahankan. pembayarannya gunakan rekening bank indonesia yang bisa melayani transaksi online. setelah memiliki kartu kredit AS, silakan tutup kartu kredit Indonesia. milik Anda.

    Untuk alamat, kami tidak bisa menjanjikan apa2. tapi mungkin bisa dibantu, silakan hubungi kami lagi saat Anda memperoleh Green Card.

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf Dedi J komentar anda terhapus:

      "Hi CeritaSF, Blog yang anda buat sangat bermanfaat Dan sangat in formatif.
      Gracias Much as.
      Btw Saya sudah register kemarin Pas tgl 3Nov before closing date.
      Saya ada pertanyaan nich mengenai credit card yg kita punya Di Indonesia.
      Better kita deactivate sebelum berangkat atau bagaimana?
      Bisa sharing dong pengalamannya SF, apakah credit card yg SF pny Di Indonesia masih valid ?
      Kalo iya pembayaran tagihannya gmn tuh šŸ˜.

      Oiya kalo saya nanti lolos aamiiin šŸ™
      Saya boleh minta tolong untuk alamat pengiriman SSN ke alamat SF yaah..
      Maklum sy ndak Ada teman ato sodara Di USA šŸ˜­

      Terimakasih banyakkkkkk yaah
      Semoga SF diberikan keselamatan, kesehatan, kelancaran dan diberikan kemudahan Di USA.

      Oiya Whatsapp sy : +639208084406

      Regards
      Dedi J"

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. Selamat anda & suami sudah terpilih menjadi pemenang DV Lottery! Betul, alamat di AS bisa dimasukan pada saat wawancara nanti. Selama proses menunggu wawancara, anda bisa mencari-cari kenalan, saudara, teman (terutama di daftar teman di FB anda) yang tinggal di AS untuk dipakai alamatnya. Semoga berhasil!

      Hapus
  2. Pak saya mau tanya, saya harus bagaimana jika, sosial security saya sampai sekarang belum dikirim (sudah 1 bulan dari POE)?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anda bisa tunggu atau menghubungi kantor Social Security Administration di kota anda.

      Hapus
  3. Hallo pak apakah blog anda masih aktive hingga kini ? Terimakasih

    BalasHapus