Kamis, 11 Juni 2015

CARI RUMAH DI SF (I) - "KUNCINYA NGONTRAK"

San Francisco dipenuhi "kontraktor"; maksudnya bukan  pengusaha konstruksi bangunan, tapi orang yang "ngontrak" alias menempati rumah sewaan. 

Duapertiga warga di sini menyewa tempat tinggal, hanya sekitar 1/3 penduduk menempati propertinya sendiri. Angka ini jauh di bawah rata-rata Amerika Serikat (AS) yang secara nasional 65% penduduknya memiliki rumah sendiri.

Persaingan untuk mencari tempat tinggal sewa di San Francisco pun sangat ketat. Selain karena pasokan tempat tinggal terbatas, tingkat permintaannya sangat tinggi. Serbuan programmer seiring menjamurnya perusahaan-perusahaan industri teknologi informasi dan media sosial menjadi faktor utama yang mengatrol permintaan di kota ini. 

Apartemen khas SF, hanya 3 lantai.

Belum lagi ditambah keterbatasan pasokan. San Francisco relatif kecil hanya 7 x 7 mil persegi, mayoritas rumah sewa bergaya Victoria yang hanya terdiri dari 2-3 lantai saja. Bukan bangunan tinggi yang bisa menampung ribuan unit apartemen.

Tidak heran bahwa tingkat kekosongan (vacancy rate) di San Francisco hanya 2,5%. Dengan tingkat permintaan jauh di atas pasokan yang ada, harga sewa maupun kenaikan harga di SF sekarang merupakan yang tertinggi di AS, bahkan sudah mengalahkan New York City. 

Harga sewa tengah yang ditawarkan (median asking rent) untuk apartemen 1-kamar tidur di SF menurut Zumper (situs pencari apartemen sewa) sudah mencapai US$3.500/unit/bulan pada Juni 2015, sedangkan untuk unit 2-kamar tidur $4.680/unit/bulan. Bandingkan dengan New York yang harga sewa tengah untuk tipe 1-kamar tidur (hanya) $3.100/unit/bulan dan tipe 2-kamar tidur $3.580/unit/bulan. Menurut penelitian lainnya, Zillow Rent Index, kenaikan harga sewa apartemen di SF mencapai 15,5% per tahun!


Berikut peta harga sewa apartemen 1-kamar tidur di masing-masing daerah di San Francisco menurut Zumper, yang berkisar antara $2.250 di Outer Sunset sampai $3.995 di Financial District:

2 komentar:

  1. halo kak, aku mau nanya. kenapa lebih memilih tinggal di san fransisco?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena kami memperoleh pekerjaan di San Francisco.

      Hapus