Kamis, 21 Mei 2015

TIBA DI AMERIKA SERIKAT

Suasana malam hari saat CeritaSF tiba. 
CeritaSF berangkat ke Amerika Serikat hari Minggu, 14 September 2014. Setelah perjalanan panjang selama hampir 24 jam plus satu kali singgah (transit) di Taipei, kami akhirnya menginjakkan kaki di San Francisco International Airport.

Antrian panjang menjelang pemeriksaan imigrasi menyambut kami. CeritaSF belum resmi memiliki status penduduk tetap, maka kami ikut mengantre di bagian "Visitors", bukan di barisan "US CitizensPermanent Residents". Setelah kira-kira satu jam, akhirnya kami mendapat giliran. 

Kami berdua maju bersama ke petugas imigrasi, menyerahkan paspor dan amplop coklat bersegel yang kami dapatkan dari Kedutaan Besar AS di Jakarta. Kami juga memberi tahu alamat korespondensi kami berubah dari Seattle ke San Francisco. Sesaat kemudian petugas mengembalikan dokumen-dokumen tersebut dan mengatakan bahwa kami harus menuju ke ruangan di ujung belakang area imigrasi. 


Kami berjalan menuju ruangan yang ditunjuk. Sampai di sana tidak ada antrian sama sekali, sehingga kami bisa langsung menyerahkan semua dokumen yang kami bawa ke petugas yang berjaga. Walaupun sudah malam, petugas di sana menyambut dengan ramah. Seusai mengambil sidik jari dan tanda tangan secara elektronik, kami dipersilahkan duduk. Selama kami menunggu, ada beberapa orang yang masuk mengurus keperluan mereka. 

Tidak lama kemudian kami dipanggil dan petugas menyerahkan paspor kami yang sudah distempel, sambil berkata, 
(Cap ini berlaku selama satu tahun sebagai izin tinggal sementara. Dalam 3 sampai 6 bulan mendatang Green Card-nya baru jadi. Hubungi USCIS kalau belum (diterima). Jika tidak ada hal yang lain lagi, Selamat Datang di Amerika Serikat!).
This stamp is your temporary Green Card, valid for 1 year. Your physical Green Card should arrive in 3 to 6 months; if not, just call the USCIS. 
Other than that, WELCOME TO THE UNITED STATES! " 
Saat itu lah akhirnya CeritaSF resmi menjadi penduduk tetap di Amerika Serikat.

57 komentar:

  1. Akhirnya ada juga yang sharing pengalaman ttg dvlottery, salam kenal, saya tau bloganda dari thread dv di kaskus...

    Seneng sekali bacanya...semoga sukses dsana ya gan....ditunggu lagi sharing ceritanya disini, makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih sudah mampir di blog kami... 😊

      Hapus
  2. Kalo gc baru jadi 3-6 bulan berarti ssn nya juga gitu ya. Jadi status masih visitor ya? Trus selama waktu penungguan kan ngga bisa apa2? Ngga bisa cari kerja, ngga bisa bikin id, buka rek bank

    BalasHapus
    Balasan
    1. cap imigrasi di paspor saat masuk a.s. sudah merupakan i-551 (form permanent resident / green card) sementara yang berlaku 1 tahun, jadi tidak perlu menunggu fisik GC-nya datang untuk mengurus segala sesuatu.

      ssn dikirimkan terlebih dahulu (sekitar 2 minggu setelah kami tiba). dgn ssn tsb sudah bisa mencari kerja/bikin id/buka rekening bank.

      Hapus
    2. Keterangan ini sangat bermanfaat. Sy jd tau banyak, sy kira kita baru bisa kerja setelah menerima GC nya. Thanks infonya. Kalau ada cerita yg menarik lagi boleh dilanjutkan,,,karena bermanfaat banget buat kita2 yg ada mau ke US...dengan banyaknya informasi sangat membantu,,,:)

      Hapus
    3. Terima kasih atas apresiasi anda. Kami senang bahwa cerita kami bisa bermanfaat bagi anda dan teman-teman lainnya.

      Hapus
  3. kalau tidak punya rumah diAS apa bisa dapat greencard? dan apa saja dokumen yang diperlukan untuk membeli rumah di AS, khusunya di suwanee,GA?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa saja menang green card lottery tanpa punya rumah di AS.

      mengenai dokumen untuk membeli rumah di GA terus terang kami tidah tahu :)

      Hapus
  4. Informasi cerita SF sangat menginspirasi kami pasangan suami istri yang ingin tinggal di US, kami nantikan kembali sharing dan pengalaman anda selama berada disana..sukses selalu untuk cerita SF :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih. Kami senang bisa berbagi cerita dan pengalaman kami, terutama untuk orang-orang seperti Anda yang berminat juga tinggal di AS. Memang karena kesibukan kami sekarang, kami mulai kesulitan waktu untuk menambah cerita di sini. Semoga keinginan Anda bisa tercapai! :)

      Hapus
  5. Hallo Cerita SF,

    Terimakasih atas blognya, sangat membantu sekali untuk pemenang GC lottery seperti Cerita SF. Btw, menurut pengalaman cerita SF, apakah perlu membawa dokumen2 spt Identitas dan ijasah2 saat di Indonesia ? dan saat di bandara transit, bila ditanyakan hanya perlu tunjukan paspor bervisanya saja ya? amplop coklat dari kedutaan hanya boleh dibuka oleh pihak imigrasi di bandara AS saja bukan? apakah ada pertanyaan saat di bandara transit? Thanks cerita SF.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih kembali. Kami senang apabila blog ini bisa membantu teman-teman yang berencana daftar DV Lottery atau yang sedang mempersiapkan diri untuk wawancara & pindah ke Amerika.

      Ya, kami membawa dokumen-dokumen inti, seperti akte lahir, akte nikah, ijasah sarjana/pasca sarjana.

      Maksud anda transit adalah transit di bandara lain di luar Amerika? Kalau anda tidak keluar imigrasi di negara transit, anda tidak perlu menunjukan apapun. Kalau anda keluar imigrasi, dokumen imigrasi negara transit itu yang diperlukan (paspor & visa negara tsb), tidak ada sangkut pautnya dengan visa Amerika & amplop coklat dari kedutaan.

      Hapus
    2. Dear cerita SF,
      Terimakasih atas penjelasannya. btw, greencardnya nanti berlaku untuk berapa lama? apakah utk seumur hidup atau berjangka waktu? apakah sesampai disana ada pelatihan2 gratis yg bisa diikuti? Mudah2an cerita SF dapat menambahkan pengalaman2nya di blog ini.Thanks.

      Hapus
    3. GC berlaku 10 tahun dan bisa diperpanjang.

      Tidak ada program pelatihan khusus dari pemerintah AS untuk imigran baru. Namun, banyak pelatihan2 gratis (sesuai minat anda) yang bisa diikuti apabila anda aktif mencari, misalnya MeetUp.

      Hapus
    4. Baiklah,saya akan coba. Dan kalo untuk tiket boleh tidak membeli yang pulang-pergi?karena saya lihat yg promo pulang pergi jatuhnya lebih murah dibanding one way, apa masalah di imigrasi AS nanti? Terimakasih.

      Hapus
    5. Tidak ada masalah membeli tiket pulang-pergi.

      Hapus
  6. Dear SF, terima kasih atas sharing nya, semoga kami-kami ini para pencari mimpi bisa merapat ke US. Sebagai bekal informasi jika nantinya bisa lolos DV 2018 (karena DV2017 gugur), pada artikel tertera anda merubah korespondensi dari SEA ke SFO. Pertanyaan saya apakah ini hanya verbal anda informasikan ke petugas imigrasi SFO atau ada pihak lain yang anda turut informasikan secara tertulis perihal perpindahan korespondensi ini. Terima kasih dan salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga anda beruntung memenangkan DV Lottery 2018.
      Kami sudah mengeprint alamat baru tersebut dari Jakarta dan memberikannya pada petugas imigrasi ketika tiba di SFO.

      Hapus
    2. kak maaf mau tanya, untuk alamat SFO itu kaka sewa dari rnb atau alamat saudara/teman/kantor kaka2 yg memang ada disana? trims

      kebetulan kita lagi binggung menang dv 2019 cuma tidak punya keluarga/teman dekat disana. *status menunggu jadwal interview

      Hapus
    3. Kebetulan saat itu kami menggunakan alamat teman kami yang tinggal di SF Bay Area. Namun ada juga pemenang DV Lottery yang kami tahu menggunakan alamat AirBnB di San Francisco. Semoga anda berhasil dengan wawancaranya!

      Hapus
  7. Baca nya aja nangis. Saya dari dulu bermimpi untuk tinggal di amerika. Banyak info yng sudah saya baca namun kesempatan belum ada.

    Saya sudah daftar untuk periode 2018. Saya mau tanya. Ketika diwawancara apa tujuan atau yang akan anda lakukan di amerika anda jawab ap?
    Karena jujur hingga saat ini saya belum tau mau jawab apa, ya saya tentunya ingin hidup disana, bekerja paruh waktu, ikut course, dll. Tp blm ada kepastian apakah diterina untuk bekerja . Apakah hal itu mempengaruhi ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih anda telah merasakan kebahagiaan kami juga.

      Anda bisa jawab untuk mendapatkan kesempatan hidup yang lebih baik dengan menempuh pendidikan di AS. Semoga berhasil!

      Hapus
  8. halo mba saya mau nanya setelah sesampainya kita di AS apakah kita sudah di kasih pekerjaan atau harus mencari lagi? terus selama disana sambil menunggu greeen card physical jadi apakah biayaya hidup kita di tanggung sendiri? terus setelah kita mendapatkan green card apakah kita medapatkan tempat tinggal juga? terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selain green card (ijin tinggal dan kerja yang resmi dari pemerintah AS), anda tidak mendapatkan apa-apa lagi. Biaya perjalanan, biaya hidup, tempat tinggal dan pekerjaan semua harus ditanggung dan dicari sendiri.

      Hapus
  9. Dear SF,
    saya ada pertanyaan:
    saya memiliki beberapa usaha di indonesia, misalkan saya memenangkan GCL dan sudah memiliki ijin tinggal di AS sebegai permanent resident, dan misalkan saya mempunyai niat untuk membeli rumah di AS. tetapi karena saya tetap ingin tinggal di indonesia, dan akan ke AS hanya saat liburan (misalkan setahun sekali atau 3 tahun sekali atau sewaktu-waktu) apakah itu nantinya akan menjadi masalah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Status penduduk tetap (PR - permanent resident) anda bisa dicabut apabila anda pindah dan berniat tinggal di negara lain di luar AS selamanya.

      Untuk mempertahankan status PR, setidaknya anda harus kembali ke AS dalam jangka waktu 1 tahun atau anda harus mengurus re-entry permit atau returning resident visa untuk bisa diperbolehkan masuk kembali ke AS. Anda juga harus tetap mengisi laporan pajak AS setiap tahunnya walaupun tinggal di luar AS.

      Hapus
  10. Pak saya mau tanya,
    Apakah seseorang yang menjadi pemenang green card wajib ke Amerika selama 6 bulan? kalau benar tujuannya apa ya selama 6 bulan? dan misalkan saya disuruh ke sana sebelum tanggal 20, dan hanya menginjakan kaki saja di sana kemudian pulang lagi, itu boleh ga pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Visa imigrasi berlaku selama 6 bulan sejak dikeluarkan, artinya sebelum visa tersebut kadaluarsa, anda harus sudah menggunakannya (masuk ke AS). Anda boleh saja pulang kembali ke Indonesia asalkan dalam waktu 2 tahun anda harus sudah pindah dan menetap selamanya di AS.

      Hapus
    2. Jadi apabila saya ke Amerika saat ini tujuannya apa ya pak?, Jadi mulai di hitung 2 tahun sejak saya menginjakan kaki di Amerika ya?

      Hapus
    3. Maksudnya? Tujuan anda mendaftar GC Lottery dan ingin pindah ke Amerika tentu anda sendiri yang mengetahuinya.

      Hapus
    4. Maaf ni nanya lagi pak,
      Kebetulan besok saya ada rencana ke US nah itu kan di kasih visa sementara oleh embassynya sampai hari minggu, kira-kira apakah saya bisa balik ke Indonesia setelah hari minggu itu? dan kemudian balik lagi ke US?
      Yang saya takutkan , saya harus menetap di US selama 3-6 bulan baru bisa balik ke Indo,
      mengingat ada hal yang benar2 mendesak
      Terima kasih

      Hapus
    5. Halo Cerita SF, terima kasih sudah mau berbagi cerita perpindahan anda ke AS. Berkaitan dengan pertanyaan Javier, misalkan saja dalam 5-6 tahun (2022) saya ingin sekolah di AS (namun bukan dengan student visa melainkan dengan permanent residency, tentu saja ini dengan asumsi saya akan menang DV lottery-nya ya). Bisakah untuk memperbesar peluang saya (tidak semua orang menang di lottery pertama), saya mencoba DV lottery setiap tahun dimulai dari taun depan, lalu misal saya belum berhasil, saya coba terus setiap tahun dan akhirnya mendapatkan interview dan diberikan visa masuk dan cap i-551 untuk masuk pada pertengahan 2021, namun pada 2021 itu saya belum apply sekolah, belum resign dari pekerjaan dan belum mengakhiri segalanya karena belum 2022 (sudah keburu menang DV).

      Pertanyaan saya adalah, di balasan anda kepada Javier diatas anda mengatakan "boleh saja pulang kembali ke Indonesia asalkan dalam waktu 2 tahun anda harus sudah pindah dan menetap selamanya di AS", apakah berarti saya bisa masuk ke AS dalam waktu 6 bulan sejak issuance date visa di embassy, solely for the sake of using it? Biar tidak hangus saja begitu, saya masuk AS hanya untuk 1-2 minggu? Ataukah saya harus langsung mengurus SSN dan lain sebagainya terlebih dahulu? Hehe maaf ya ribet sekali pertanyaannya. Tapi begitulah skenario hidup saya! Terima kasih sebelumnya :)

      Hapus
    6. Apabila anda pemenang GC Lottery dan sudah memperoleh visa imigran, berarti anda boleh datang ke Amerika, masuk Point of Entry, mengaktifkan status permanent resident anda, kemudian kembali lagi ke Indonesia. Anda tidak harus menetap di US selama 3-6 bulan dulu untuk balik ke Indonesia.

      Namun perlu diingat bahwa kartu permanent resident (Green Card) anda belum akan anda terima secepat itu, sehingga bukti permanent resident anda hanya cap I-551 di pasport yang hanya berlaku selama 1 tahun. Jadi sebelum cap tersebut jatuh tempo (expired), anda harus sudah kembali ke Amerika lagi.

      Sebenarnya perlu yang ditakutkan justru tidak bisa masuk kembali ke Amerika dibandingkan tidak boleh pulang ke Indonesia :)

      Hapus
    7. @Charlotte:
      - Ya, anda bisa mendaftar DV Lottery setiap tahun sampai anda menang.
      - Betul, anda memang harus masuk ke AS dalam waktu 6 bulan sejak visa disetujui untuk mengaktifkan status permanent resident anda, walaupun hanya untuk kunjungan 1-2 minggu saja.
      - SSN akan otomatis diurus ketika anda masuk point of entry. Anda tinggal menunggu kartu SSN dikirimkan ke alamat di AS yang sudah anda berikan sebelumnya.

      Hapus
  11. Selamat malam,
    saya mau bertanya..
    kira-kira SSN sama green card itu datangnya berapa lama ya dari POE?
    1 bulan?
    dan kira-kira apakah anda mempunyai rekomendasi tempat les inggris di Amerika terutama di LA/California? dan bagaimana kah anda belajar / mengembangkan kemampuan inggris anda?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kartu SSN akan datang sekitar 2 minggu & Green Card sekitar 1 sampai 2 bulan sejak anda masuk POE.

      Mengenai tempat kursus Bahasa Inggris sebaiknya anda google! Aktif bercakap-cakap dan membuat tulisan/laporan dalam Bahasa Inggris, selain banyak mendengarkan dan membaca, dapat meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris anda.

      Hapus
  12. Apabila kita telah tiba di Amerika serikat, bila kartu GC belum kita terima, apakah selama waktu itu (menunggu kartu GC diterima di Amerika)kita boleh pulang pergi ke Indonesia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh. Cap I-551 di pasport adalah tanda bukti penduduk tetap sementara anda, selama kartu GC belum diterima.

      Hapus
    2. Kalau menurut saran anda, lebih baik menunggu sampai GC kita dapat, atau balik ke Indonesia dulu? Takutnya jika balik ke Indonesia, ketika datang kembali dipersulit?

      Dan jika sudah dapat GC kita harus menetap 2 tahun dahulu aku Bs balik ke Indonesia? Thx

      Hapus
    3. Sebaiknya memang menunggu sampai anda mempunyai GC. Namun apabila keadaan mendesak, cap I-551 di pasport pun sudah merupakan tanda bukti penduduk tetap di AS. Anda bisa kapan pun kembali ke Indonesia, tanpa harus menetap 2 tahun dulu.

      Hapus
    4. Maaf kalau boleh tau, ada syarat jika setelah mendapatkan GC, boleh keluar dr Amerika dalam kurun waktu brp lama? Agar Status GC nya masih aktif.

      Hapus
    5. Pemegang Green Card seharusnya tinggal dan menetap di Amerika.

      Apabila anda pergi ke luar negeri dalam waktu lama (6 bulan atau lebih), maka ketika kembali anda harus bisa membuktikan bahwa Amerika masih menjadi tempat tingal utama dan kepergian anda hanya untuk keperluan sementara. Apabila anda berencana berada di luar negeri lebih dari 1 tahun, maka sebelum meninggalkan Amerika anda harus mengurus surat ijin masuk kembali (reentry permit - Formulir USCIS I-131).

      Hapus
    6. Terima kasih atas informasi yg berguna. Puji tuhan saya dan istri telah dpt Green card nya. Jika berkenan boleh saya minta email anda? Jika ad pertanyaan lbh lanjut Bs email langsung ke anda. State awal saya mgkn akan ke upland California.

      Hapus
    7. Selamat! Kami turut senang mendengar berita baik dari anda! Email kami di info(at)ceritasf(dot)com.

      Apabila anda tidak keberatan, maukah anda berbagi cerita wawancara anda agar dapat membantu kawan-kawan lainnya? Anda bisa tuliskan di email atau komentar, kemudian kami akan masukan cerita anda tersebut di blog ini. Terima kasih.

      Hapus
  13. Jadi kami dapat tanggal interview pada 6 April 2017 jam 12.30 WIB.Waktu itu ada 3 calon yang mengajukan immigrant Visa. Dan saya mendapat giliran ke-3.

    Awal2 kami harus menyerahkan semua dokumen yang disyaratkan utk program ini. Asli - Copy - Terjemahan. Jika sudah menikah dan membawa pasangan, jgn lupa akte menikah harus copy 2x jg karena tetap datanya itu masing2 pribadi. Saat itu terjemahan akte menikah saya hanya 1, untung pihak kedutaan berbaik hati mengcopynya.

    Ketika semua data sudah komplit di tangan kedutaan, kami harus membayar uang Visa sebesar 330$ di loket pembayaran.

    Setelah bayar Visa, kamipun menunggu detik detik datangnya interview. Saat itu kami ber3 ngobrol2 sambil menghilangkan ketakutan kami. Kurang lebih 30 menitan kami menunggu akhirnya dipanggil juga.

    PEserta 1 (Sponsopship dr Ortunya) dan peserta 2 (DV Program) disetujui Green Cardnya.Kamipun turut senang.

    TIba GIliran kami maju ke loket bagian immigrant Visa.
    Pertama2 kami harus bersumpah sambil mengangkat tangan bahwa informasi yang kami berikan itu valid / benar adanya.
    Setelah itu dokumen asli kami dikembalikan. Sang interviewer sibuk mengetik di komputer lalu kami ditanya "kemana kalian akan pergi?" dan sayapun menjawab "saya mempunyai keluarga di Upland California." Sang interviewer menjawab "wow, disana ada Club Baseball terkenal loh!" kamipun menjawab "Really!" Sehabis itu kami ber2 finger scan di mesin.

    Sang interviewer sangat ramah, dan aktif mengetik di komputernya, dan tak lama "Congratulations, your immigrant Visa has been approved!

    Oh may God, hanya begini? persiapan kami yang sangat lelah, terbayar hanya dengan interview yang sangat singkat dan mudah. Total interview paling 5 menit saja. Kami mendapat interviewer yang sangat baik.

    Oh ia flash back di tahun 2016, saya juga pernah mengajukan Visa non Immigrant dalam rangka Tour dr perusahaan ke Amrik, dan hasilnya ditolak 2x dan paket tour saya hangus sia2. Ini yang membuat saya sebenarnya pasrah dalam mengikuti DV Program ini.

    Tuhan ternyata berkata lain, mungkin ketika dlu visa turis saya ditolak dan saya sempat kesal, Tuhan berkata "SABAR" ada sesuatu hal besar yang sedang saya siapkan. Dan ternyata terjawab juga malah saya mendapatkan Green Card bebas pergi ke semua negara Bagian AMerika kapanpun dan dimanapun juga.

    Thx jg untuk Ceritasf atas blog yang sangat berguna.

    Ada yang ingin saya tanyakan,
    Visa sementara yg tertempel di passport Saya sudah saya dapat, dan IV Expire Date On itu apa yah? Masa cuman 1 bulan saja sampai 4 Mei 2017 untuk Istri dan 13 Juni 2017 untuk saya punya? apa Saya harus berangkat sebelum Expire On nya hangus?

    Thank You

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat sekali lagi untuk keberhasilan anda melalui proses DV Lottery dan mendapatkan visa imigrasi ke AS! Dan terima kasih banyak atas sharing pengalamannya mengikuti wawancara DV Lottery.

      Mengenai IV Expiry Date, sebaiknya anda tanyakan kembali ke Kedutaan Besar AS di Jakarta, karena kami pun kurang mengerti tentang hal ini. Setahu kami IV tersebut seharusnya berlaku 6 bulan sejak diterbitkan.

      Hapus
  14. Hi,
    Boleh bertanya lg.
    Apakah dokumen asli kita dicek kembali ketika sampai di US? Berhubung mungkin kita akan simpan dokumen asli di Indonesia. Kita akan bawa Copy nya saja. Atau ada saran dokumen asli apa saja yg penting dibawa ke USA?
    Hasil translate dalam bahasa Inggris apa dikembalikan?

    Thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi, tidak ada dokumen yang dicek kembali di USA, kecuali pasport dan lembar visa, serta amplop coklat bersegel yang harus diberikan ke petugas imigrasi.

      Kami membawa akte lahir dan ijasah, serta surat rekomendasi dari perusahaan tempat bekerja sebelumnya. Namun sampai saat ini dokumen-dokumen tersebut belum pernah diperlukan.

      Maksudnya, terjemahan Bahasa Inggris seperti apa? Tidak ada dokumen lain yang dikembalikan lagi dari Kedutaan selain yang didapat saat mengambil paspor/visa.

      Hapus
    2. Oke, thanks for the info. Sangat membantu.

      Hapus
    3. Assalamualaikum mas felix boleh tau email nya gak please sent pm to furedydede@yahoo.com salam kenal dede

      Hapus
  15. Halo, aku mau tanya dong.. kalau flight ku dari tokyo-atlanta-litte rock , pemeriksaan dokumen (visa dll) akan dilaksanakan di atlanta atau little rock ya ? di atlanta hanya transit saja tidak akan keluar dari airport. please info nya. thank you!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemungkinan besar di Atlanta, karena dari Atlanta ke Little Rock sudah akan menggunakan penerbangan domestik. Untuk lebih pasti, silahkan anda cek langsung ke maskapainya.

      Hapus
  16. Halo CeritaCerita SF
    Terima kasih atas tulisan yang anda buat, sangat bermanfaat, saya mau bertanya apakah kita bisa kuliah S2 di US dengan menggunakan green card? Atau kita masih harus ngurus visa pelajar?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau sudah memiliki Green Card, tidak perlu visa pelajar lagi.

      Hapus
  17. Halo Cerita SF,

    Nama saya Leo. Saya baru saja mendapat Green Card lewat DV Lottery 2018.

    Pada bulan Maret hingga April 2018 lalu, saya pergi ke Amerika Serikat untuk mengaktifkan status permanent residence saya. Sekarang saya sedang balik ke Indonesia untuk urusan pekerjaan di kantor saya yang sekarang. Paspor saya yang sekarang sudah ada cap I-551-nya dan berlaku hingga bulan Maret 2019 nanti.

    Estimasi kedatangan kartu saya paling cepat adalah sekitar bulan Juli 2018 nanti (mengingat petugas imigrasi mengatakan kepada saya di airport bahwa Green Card saya akan dikirimkan dalam periode 3-6 bulan setelah saya tiba di US) dan saya menggunakan alamat teman saya di San Diego untuk pengirimannya. Rencana saya adalah untuk pergi ke sana selama 10 hari pada pertengahan bulan Agustus 2018 nanti untuk mengambil kartunya, mengurus ID seperti SIM dan State ID, dan men-setup apartemen di sana (sewa) sebagai alamat surat/menyurat saya di US.

    Pertanyaan saya adalah, setelah mendapatkan kartu pyshical Green Card, berapa lama waktu yang diperbolehkan bagi kita untuk menyiapkan kepindahan permanen kita di US nanti? Saya melihat dari balasan anda atas pertanyaan Javier di atas bahwa “boleh saja pulang kembali ke indonesia asalkan dalam waktu 2 tahun anda harus sudah pindah dan menetap selamanya di US.” Namun, saya kurang yakin karena sejauh ini belum menemukan info ini di website2 di Google. Kalau boleh tahu, adakah website yang memuat info ini?

    Rencana saya saat ini adalah untuk menetap di Amerika Serikat mulai pertengahan 2019 mendatang, namun untuk berjaga2, saya berencana untuk mengunjungi Amerika selama 2 minggu, setiap 3 bulan sekali sebelum pindah ke sana secara permanent. Apakah pola perjalanan saya ini akan menjadi red flag bagi petugas imigrasi di sana?

    Terima kasih, mohon maaf bila pertanyaan saya agak ribet :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk ketentuan mengenai maksimum waktu di luar AS bagi penduduk tetap bisa dilihat di "International Travel as a Permanent Resident": https://www.uscis.gov/green-card/after-green-card-granted/international-travel-permanent-resident

      Mengenai perjalanan bolak-balik antara Indonesia dan AS, seharusnya tidak menjadi masalah asal anda dapat menjelaskannya kepada petugas imigrasi apabila ditanyakan.

      Hapus