Rabu, 20 Mei 2015

GREEN CARD LOTTERY (IV) - WAWANCARA

Suasana wawancara.   (sumber: usembassy)
Penantian panjang dan harap-harap cemas sejak memasukkan aplikasi DV Lottery bulan Oktober 2012 dan mengetahui bahwa CeritaSF terpilih pada Mei 2013, akhirnya usai pada bulan Maret 2014 dengan munculnya Notification Letter (NL) ke-2 yang memuat jadwal wawancara. Tiba lah hari yang ditunggu-tunggu untuk hadir di Kedutaan Besar AS Jakarta, yaitu Selasa 6 Mei 2014.

Undangan wawancara dijadwalkan pukul 12.30 siang. Sebelumnya, CeritaSF ngopi-ngopi sambil menenangkan diri di satu kopitiam di Jalan Sabang, tidak jauh dari lokasi. Tigapuluh menit sebelum waktu yang ditentukan, kami sudah berada di depan pagar tinggi Kedutaan AS Jakarta. Tidak seperti antrian panjang untuk pengurusan visa non-imigrasi (visa kunjungan wisata, visa kunjungan bisnis, dsb) yang dijadwalkan pada pagi hari, untuk pengurusan visa imigasi yang dilakukan pada sesi siang tidak ada antrian sama sekali.


Jam 12.30 pintu dibuka, kami harus melalui detektor logam dan pemeriksaan keamanan berlapis. Karena sudah mengetahui ketatnya keamanan di Kedutaan AS, semua tas ditinggal di mobil. Kami hanya membawa dokumen-dokumen persyaratan dan 1 ponsel untuk menelpon sopir untuk menjemput apabila sudah selesai wawancara. Ponsel tersebut dititipkan ke petugas keamanan dan diambil pada saat keluar.

Kami masuk ke Kedutaan AS dan berjalan mengikuti petunjuk arah sampai ke ruangan pemrosesan visa. Setelah menunggu 1 orang di depan kami selesai, kami pun maju ke loket 5 (loket imigrasi) dan memberikan dokumen-dokumen persyaratan yang sudah disiapkan. Semua dokumen tersebut harus disusun: asli - fotokopi - terjemahan. Paspor dan hasil tes kesehatan pun diminta.

(Dokumen yang dibutuhkan untuk mengurus Green Card)

Kami juga harus memberikan alamat di AS untuk pengiriman kartu Social Security Number (SSN) dan Green Card nanti, tidak boleh berupa alamat hotel atau PO Box. Kami melampirkan alamat sepupu yang tinggal di Seattle. Petugas loket memeriksa dokumen-dokumen tersebut satu per satu, dan mengembalikan dokumen yang tidak perlu, termasuk Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK / Indonesian Police Record).

Setelah berkas diperiksa, kami berpindah ke loket 6 untuk melunasi biaya visa imigrasi sebesar $330 per orang. Pada prakteknya yang digunakan adalah mata uang rupiah sesuai kurs dari Kedubes AS, dan dapat berupa uang tunai maupun menggunakan kartu kredit. Setelah selesai membayar, kami kembali ke loket 5 untuk menyerahkan tanda buktinya.


Kami duduk kembali, sebelum dipanggil ke loket 3 untuk pengambilan sidik jari. Setelah sidik jari beres, kami menunggu lagi untuk dipanggil wawancara di loket 1. Setelah giliran dan nama kami dipanggil, kami masuk berdua ke ruangan wawancara. Di dalam ruang wawancara, pemohon visa dan staf kedutaan dipisahkan oleh dinding kaca. 


Pengambilan sidik jari.
(sumber: usembassy)
Pertama kami harus bersumpah sembari mengangkat tangan kanan untuk menegaskan kebenaran pernyataan yang ditulis di formulir dan dokumen yang diserahkan. Kemudian baru masuk ke pertanyaan-pertanyaan berikut :
  • When did you get married? (Sejak kapan kalian menikah?)
  • How did you meet (each other)? (Bagaimana kalian bisa saling kenal?)
  • Are you an Indonesian? (Benarkah kalian orang Indonesia?)
  • Do you work? (Apakah kalian bekerja?)
  • What will you do in USA? (Apa yang akan kalian lakukan di AS?) 
  • Why do you want to immigrate to America? (Mengapa kalian ingin tinggal di AS?)
Lalu ada pertanyaan ini yang agak bermasalah:
How long did you live in Netherlands? (Berapa lama Anda tinggal di Belanda?)

CeritaSF sudah agak menduga bahwa pertanyaan ini akan muncul. Salah satu dokumen yang diminta yaitu Police Record (surat keterangan kepolisian) dari setiap negara yang pernah ditinggali selama 1 tahun atau lebih. Pada tahun 2001-2002 kami pernah mendapat beasiswa untuk studi pascasarjana di Belanda. Untungnya, sebelum wawancara kami sudah menyiapkan diri menjawab pertanyaan ini.

Walaupun studi pascasarjana berlangsung selama 1,5 tahun, namun program yang diikuti adalah program gabungan antara Erasmus University di Belanda dengan Lund University di Swedia. Sehingga kami tidak tinggal selama 1 tahun penuh di Belanda, namun sempat pindah beberapa bulan ke Swedia, kemudian baru kembali lagi ke Belanda.

Petugas wawancara mengatakan, "The only missing thing is the Police Certificate from the Netherlands." (Kekurangannya hanya Surat Keterangan Kepolisian dari Belanda).

Setelah kami menjelaskan detail kronologis saat bersekolah dulu, petugas yang mewawancara kami kemudian keluar dari ruangan untuk berbicara dengan atasannya. Beberapa menit menunggu terasa lama sekali. Sambil deg-degan, kami sempat berpikir dan pasrah apabila memang belum "jodohnya" untuk mendapatkan visa imigrasi. 

Setidaknya kami sudah berusaha maksimal sampai ke tahap ini. Lagipula, memang tidak pernah terpikir jauh hari sebelumnya untuk mengurus catatan kepolisian dari Belanda, yang selain prosesnya pasti lama dan sulit, kami juga memang tidak pernah tinggal selama 1 tahun penuh di sana.

Begitu masuk lagi staf kedutaan yang mewawancarai kami berkata, "It's OK. Your visas have been approved. Congratulations!" seraya memberikan selembar tanda terima untuk pengambilan paspor dan visa. Lega rasanya karena seluruh proses aplikasi DV Lottery ini akhirnya berakhir dengan sukses! 

Total kami hanya menghabiskan waktu 1,5 jam di Kedutaan Besar AS. Pada pukul 14.00 seluruh proses wawancara selesai dan visa kami disetujui.

Contoh I-551, alias visa imigrasi AS.    (sumber: USCIS)
Jumat sore tanggal 9 Mei 2014 kami datang kembali ke Kedubes AS untuk mengambil paspor. Selain paspor dengan stiker visa imigrasi di dalamnya, kami juga mendapat amplop coklat yang disegel, tidak boleh dibuka, dan harus dibawa ke AS untuk diberikan kepada petugas imigrasi di Point of Entry (POE) di sana nantinya. 

Di amplop tersebut terlampir 2 lembar kertas, yaitu ringkasan data imigran dan petunjuk untuk membayar biaya imigrasi ke USCIS (U.S. Citizenship and Imigration Services) secara online sebesar $165. USCIS Immigration Fee ini harus dibayarkan setelah calon imigran mendapat visa dan sebelum berangkat ke AS, untuk penggantian biaya penerbitan paket visa dan pencetakan kartu penduduk tetap (Green Card).

134 komentar:

  1. jika pernah tinggal di US sekalipun harus menyertakan surat ket dari polisi sana kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hi iqbal, surat keterangan dari polisi usa tidak diperlukan:
      "Present and former residents of the United States should NOT obtain any police certificates covering their residence in the United States."

      Hapus
  2. Hi Sf, salam kenal..klo blh minta saran, apa ada penilaian2 khusus atas jawaban yg kt berikan atas wawancara tsb, mksdnya wkt ditanya 'what will you do in america?' ya jawabnya mau kerja..or why do want to imigrate to america? for experience.. jawabnya apa adanya saja,bgmn mnrut pengalaman sf? thanks for this blog, informatif dan menginspirasi ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk wawancara dv lottery, tidak masalah jawab apa adanya saja. maksud dari wawancara ini lebih untuk verifikasi identitas dan cek latar belakang pemenang. terima kasih kembali :)

      Hapus
  3. Saya tertarik soal kelengkapan dokumen surat kepolisian dari setiap negara yg pernah ditinggalin selama 1thn atau lbh. Kebetulan saya dulu pernah tinggal di Sydney 2.5tahun (okt2008-mar2011). Apakah saya wajib melengkapi dokumen police record ini? Krn cukup repot bagi saya krn saat ini saya skrng tinggal d jakarta. Apa ada solusi? Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, police record dr Oz akan diminta. kl gak salah utk Oz bisa apply online & nanti bisa dikirim suratnya, coba google utk detail & caranya. sebaiknya siapkan jauh2 hari sebelum wawancara.

      Hapus
  4. saya mau tanya, kalau belum punya rumah di AS, green cardnya akan dikirim kemana? dan jika ingin ke georgia, bagaimana cara mendapatkan georgia id?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa cari saudara/ teman/ kenalan yg tinggal di AS & bisa dipinjam alamatnya utk pengiriman SSN / GC. utk bikin ID, tinggal datang ke kantor DMV setempat.

      komentar & pertanyaan2 anda yg sama di postingan lainnya akan kami hapus. semoga berhasil!

      Hapus
    2. tapi kalau enggak punya teman / saudara/ kenalan gimana? tolong dong jawabannya.

      Hapus
    3. apakah anda pemenang DVL? kalau iya, bisa langsung tanyakan ke KCC / kedubes AS untuk jawaban pastinya. saran kami, coba cari teman / temannya teman yang tinggal di AS dan bisa dimintai tolong untuk dipinjam alamatnya.

      Hapus
  5. berapa biaya untuk menerjemah segala dokumen ke penerjemah tersumpah? saya tertarik untuk ke as , apa saya bisa meminjam alamat anda?

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk biaya dan detilnya, anda bisa langsung menghubungi salah satu penerjemah tersumpah yang daftarnya sudah pernah kami berikan kepada anda: http://photos.state.gov/libraries/indonesia/890636/consular/150128-translators.pdf.
      maaf kami tidak melayani surat-menyurat. untuk pengiriman surat penting seperti green card dan SSN sebaiknya anda menggunakan alamat orang yang benar-benar bisa anda percaya.

      Hapus
  6. halo SF, bagaimana pihak konsuler mengetahui bahwa SF pernah tinggal di luar negeri sehingga meminta surat catatan kepolisian? Apakah pihak konsuler mengetahui dari perjalanan Passport Record?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pada formulir DS-260 yang harus diisi, ada pertanyaan mengenai tempat tinggal (kota & negara) yang pernah ditinggali selama lebih dari 6 bulan.

      Hapus
  7. Hello CeritaSF,

    Saya baru saja dapat NL-2 jadwal interview 3 Mei.

    Mau tanya tentang Confirm Your Qualification: ada petunjuk linknya onetonline.org tentang job list di US.
    Apakah nanti kita harus mention pada saat interview, setelah tiba di US bakal apply untuk job yang mana?
    Saya rencananya mau bisnis sendiri, entah bisnis online via ebay atau establish company secara legal di US.
    Kalau tidak berencana apply for job gimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saat wawancara pastinya akan ditanya mengenai apa yang akan anda lakukan setelah anda tiba di Amerika, termasuk mengenai pekerjaan. Apabila anda berencana untuk menjalankan bisnis sendiri, anda bisa jawab saja seperti itu, asal jawabannya mantap dan jelas.

      Hapus
  8. Saya pernah stay di korea selatan 5 thn secara ilegal.apakah harus membawa surat deportasi dan police recordnya dari korea selatan?dan bagaimana mendapatkanya,apakah harus ke korea lagi atau bisa lewat kedubes korea di jakarta?kira2 bisa lolos ga utk dapet visa usa nya? Makaseh byk infonya Gan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, harus ada police record & deportation documentation dari korsel. anda bisa google cara mendapatkan surat-surat tersebut. disetujui/tidaknya visa anda merupakan keputusan petugas visa di kedutaan.

      Hapus
  9. Salam SF, saya ingin tanya lagi mungkin tahu infonya.
    Kasus saya begini :
    Saya apply Greencard ini status single, dan memang masih single.
    Berhubung proses Greencard ini makan waktu bisa sampai 1 tahun.
    Disaat menunggu proses interview, calon interview tiba2 menikah berarti status menjadi married. Jika seperti ini bagaimana? Bisa membuat gagal mendapatkan Greencard yaa? Apa berhasil dan pasangan jg bsa langsung ke US? Thank

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama pasangan bisa dimasukan pada saat anda mengisi formulir DS 260 sehingga berhak mendapatkan GC juga.

      Hapus
  10. Hallo saya mau tanya, misalkan saya sudah disuruh melengkapi dokumen dan kemudian sudah checkup di bintaro nah kira2 dipanggil wawancaranya sblm 6 bulan ga ya? Soalnya saya takut dipanggil wawancaranya >6bulan dr msa medical check up saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. jadwal wawancara anda tergantung dari case number anda. sebagai contoh, dgn cn 54** kami baru mendapat mendapat jadwal wawancara bulan mei, tepat setahun setelah pengumuman dv lottery.

      Hapus
  11. Mbak SF maaf sy mau nanya, mbak sama suami sama2 ngurus greendcard y..?
    Kalo misal sy sendiri yg ngurus greendcard (suami udh netizent) apa suami sy diizinkan masuk jg..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. maksudnya netizent apa ya?

      kalau suami bukan warga negara (citizen) AS & pemegang permanent resident di AS, data suami harus dimasukan juga pada saat mendaftar GC lottery. apabila nantinya anda terpilih namun data suami tidak diikutsertakan, aplikasi anda akan gugur.

      Hapus
  12. hallo cerita sf, blognya menginspirasi:)
    kalau Tuhan mengijinkan saya berencana juga ingin mencoba DV lottery di tahun ini.
    saya mau tanya, kalau suami saya sudah bekerja di amerika dan statusnya ilegal (karna masuknya US dengan membawa visa bekerja di kapal US, bukan didarat US). dan masa berlaku visa kapalnya 4 thn. nah kalo saya apply GC dengan menyertakan nama suami saya, apakah akan dianggap gugur saat apply karna status suami saya sekarang sudah disana dengan status ilegal. terimakasih dan mohon pencerahannya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. anda bisa saja memenangkan DV Lottery, namun status suami anda akan menjadi masalah saat wawancara nanti. setau kami, apabila seseorang overstay lebih dari 1 tahun di AS, orang tersebut tidak diperbolehkan masuk ke AS lagi selama 10 tahun.

      Hapus
  13. Hai cerita sf.. mohon pencerahannya donk. Apa saja yg ajan dicek utk proses greencard ya? Selain Surat kelakuan baik dan medical? Apakah ada Bank checking? Thx yah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seluruh dokumen yang disyaratkan akan diperiksa oleh pihak Kedubes AS untuk memutuskan apakah anda akan mendapat GC/tidak. Penjelasan mengenai dokumen2 apa saja yang harus dilengkapi bisa anda baca di:
      http://www.ceritasf.com/2015/05/green-card-lottery-ii-melengkapi-dokumen.html?m=1

      Hapus
  14. Maaf Sf, ada yg mau saya tanyakan. Riwayat saya tidak lulus SMA dan tidak memiliki ijasah. Sy berumur 28th dan masih single, serta tidak memiliki keluarga di USA. Saat ini sy sdh bekerja di perusahaan farmasi, tapi saya hanya pegawai honorer. Apa saya sulit mendapatkan green card dgn riwayat saya ini? Krn setelah saya membaca cerita anda, harapan saya tuk mendapatkan green card menjadi pupus. Sebelumnya saya ucapkan terima kasih. dan mohon balasannya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi, apabila anda tidak memiliki ijazah SMA, anda bisa ikut lotere Green Card dengan bekal pengalaman kerja. Silahkan cek kembali apakah pekerjaan anda masuk kualifikasi yang disyaratkan. Semoga berhasil!

      Hapus
  15. Bagi ilmu ya...jd bayar dulu sblm wwancarà n masih blm pasti dpt visanya?thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul, anda harus membayar terlebih dulu terlepas dari visa anda disetujui atau tidak.

      Hapus
  16. halo mba saya mau nanya, misalkan kita tidak punya kelaurga di amerika, green card kita di kirim ke mana yah? terus pas tes wawancara apakah ada tes toefl juga? dan apakah wajib harus pasif berbahasa inggris ? terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Walaupun tidak punya keluarga, anda tetap harus melengkapi alamat di AS untuk pengiriman GC. Anda bisa menggunakan alamat teman, kenalan, atau siapa pun yang dipercaya untuk menerima dokumen-dokumen penting (GC & kartu SSN) anda.

      Tidak ada tes TOEFL saat wawancara. Kemampuan berbahasa Inggris bukan syarat untuk mendapatkan DV, namun Bahasa Inggris sangat diperlukan saat anda pindah dan hidup di Amerika nanti.

      Hapus
  17. Maaf tanya lg Yah bos, ada yg tahu tidak jika jadwal Interview bisa di reschedule ulang atau tidak? Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan anda langsung menghubungi Kedubes AS di Jakarta untuk perubahan jadwal wawancara.

      Hapus
  18. saya mau tanya, untuk pengiriman dokumen via pos kan harus melalui ustraveldocs.com , disana ada rincian detail nya ga harus melakukan apa saja? thank you

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak ada dokumen yang dikirimkan via pos. Formulir aplikasi visa diisi secara online dan dokumen2 yang disyaratkan dibawa nanti pada saat wawancara.

      Hapus
    2. Sorry, maksud saya apabila saya telah menjadi pemenang green card. Untuk pengiriman dokumennya apakah benar harus mengisi data di ustraveldocs.com ? dan dikirim via pos?

      Hapus
    3. tidak benar. tidak ada dokumen yang dikirimkan via pos.

      Hapus
  19. Halo SF, terima kasih atas blognya. saya dan suami bolak balik cek informasi yang ada di blog ini. Dan sungguh sangat membantu. Kami sudah interview tanggal 21 Des 2016, dan dapat greencardnya (yeaayy..) pengalaman kami, kesiapan dokumen copy dan asli sesuai yang tertulis di undangan memang harus diperhatikan. Kalau tidak, tidak ada ampun deh dari petugas kedutaan. kami diminta untuk melampirkan bank statement, malah police report Indonesia tidak mereka minta. Bahkan surat baptis, akta nikah suami istri yang asli yang tidak diduga juga diminta. Untung kami siap. Pertanyaan mereka kepada kami saat interview hanya 1 saja, basa basi sekali. Tidak ada 1 menit interview mereka sudah memberikan surat pernyataan bahwa greencard di approve. Buat kami itu mukjijat sekali. Kalau sudah kehendak Tuhan, semua dilancarkan. Sekali lagi terima kasih ya Blog SF, share pengalaman anda sungguh membantu kami.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat untuk anda dan suami anda! Kami ikut senang bahwa sharing pengalaman kami bisa membantu proses anda sampai wawancara dan mendapatkan visa imigrasi :) Terima kasih pula atas sharingnya mengenai dokumen dan proses wawancara. Memang police record (SKCK) Indonesia tidak diakui dan semua dokumen harus ada dokumen asli, foto kopi, dan terjemahannya. Yang kami baru tahu ternyata surat baptis ikut ditanyakan :)

      Selamat bersiap-siap pindah ke Amerika. Semoga semua persiapannya lancar dan anda bisa berhasil memulai kehidupan yang baru di Amerika.

      Hapus
    2. malam kak ceritasf. apakah bank statement itu buku tabungan apa deposito juga boleh (sayang duit di taruh di tabungan pak bunga nya kecil). trus gimana caranya bawa uang misal usd 40.000 ke luar negri tentunya gak bisa dibawa dlm bentuk cashkan. apa perlu saya buat tabungan usd. klu iya bank apa yaaa yg bukanya di indo dan bisa ditarik di us. thanks. GBU

      Hapus
    3. Untuk persyaratan bank statement, buku tabungan dan slip deposito dua-duanya bisa dibawa saat wawancara.

      Iya, kami membuka rekening USD di bank AS di Indonesia sebelum berangkat, kemudian mentranfernya ketika sudah membuka tabungan di sini. Anda bisa baca cerita kami "Membuka Rekening Bank di AS" http://www.ceritasf.com/2015/05/membuka-rekening-bank-di-as.html

      Hapus
  20. Maaf mau tanya,saat proses interview, harus jawab dlm bahasa inggris juga atau boleh bhs Indonesia? Dan kalau jawaban saya singkat saja apa akan berpengaruh dlm penilaian mereka? Btw saya sudah apply green card bln October 2016 kemarin dan harap2 cemas sampai pengumuman Mei besok. Wish me luck ya ☺️

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berdasarkan pengalaman kami, wawancara dilakukan dalam bahasa Inggris. Jawaban singkat namun jelas justru yang diharapkan.

      Semoga anda berhasil terpilih sebagai pemenang nanti!

      Hapus
  21. Hi CeritaSF,
    Blognya informatif sekali, terima kasih! Saya sudah menerima NL2 untuk wawancara bulan April besok. Ada saran supaya wawancara berjalan lancar? Untuk kelengkapan dokumen, apakah SKCK benar-benar diperlukan? Melihat komentar dan pertanyaan dari yang lain sepertinya SKCK tidak terlalu relevan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih kembali. SKCK tidak diperlukan. Asalkan semua dokumen lengkap dan anda percaya diri pada saat wawancara, pasti semuanya lancar. Semoga berhasil!

      Hapus
    2. Hi CeritaSF, sekadar berbagi berita bahagia, wawancara saya berlangsung lancar dan visa sudah diapprove. Sekali lagi terima kasih atas informasi dan sharingnya di blog ini!

      Hapus
    3. Selamat!!! Kami turut senang anda sudah berhasil melalui tahap wawancara dan mendapatkan visa imigrasi Amerika! Semoga persiapan pindah hingga anda tiba di Amerika semuanya lancar :)

      Apabila anda tidak keberatan, maukah anda berbagi pengalaman wawancara anda tersebut di blog ini? Terima kasih!

      Hapus
    4. Tentu saja saya bersedia :) setelah menjalani wawancara, ada beberapa point yang harus diperhatikan:

      -Kelengkapan persyaratan dokumen yang ada di daftar dari US Embassy memang harus disiapkan secara teliti;baik asli, fotokopi, maupun terjemahan. Bukti finansial bisa dibawa untuk sekadar berjaga-jaga, namun nyatanya untuk kasus saya tidak ditanyakan. SKCK betul tidak diperlukan, namun apabila sebelumnya sudah pernah mendapatkan visa Amerika, sebaiknya (paspor lama yang terdapat sticker visa) dibawa juga. Saya tidak menduga hal ini ditanyakan karena visa saya sudah expired tahun 2005.

      Pada hari wawancara saya, Ada satu keluarga berantakan 4 orang yang diminta menjadwal ulang wawancara mereka karena dokumen yang tidak lengkap (hasil medical checkup belum ada dan tidak menyiapkan surat ganti nama)

      - Pembayaran visa imigran sebesar $330 per orang, dibayar secara tunai dengan kurs yang sudah ditentukan oleh pihak kedutaan (saat itu kurs yang dipakai Rp13.500, berlaku hingga 30 April). Saya beruntung mendapatkan info tsb.setelah menanyakan secara detail melalui email beberapa minggu sebelum tanggal wawancara.

      -Saat wawancara, ternyata sangat santai. Pewawancara sempat bercanda menyapa saya setelah mengetahui visa class saya, "Oh, DV visa? You're the lucky one!" 😁

      Saya hanya mendapatkan 2 pertanyaan. Yang pertama menanyakan ke kota mana saya akan pergi, lalu saya jawab dan jelaskan di kota tsb ada adik saya yang US citizen dan sudah berdomisili selama 13 tahun, lalu beliau menanggapi dengan berangkat, "Good, good, you have a support system there!"

      Pertanyaan berikutnya menanyakan apakah saya pernah tinggal di US. Saya jelaskan waktu kecil pernah dibawa orangtua ke sana beberapa tahun dan sempat berpindah-pindah state. Begitu saja pertanyaan beliau, beberapa saat kemudian saya mendengar kata-kata "Congratulations, your visa is approved!"

      Betul kata Anda, sepanjang dokumen yang diperlukan sudah lengkap, dan percaya diri saat wawancara, inshaaAllah semua berjalan lancar. Semoga cerita saya bermanfaat bagi teman-teman yang lain!

      Hapus
    5. Terima kasih banyak atas sharing pengalaman wawancara anda. Syukurlah, mengenai visa AS yang ditanyakan tidak menjadi kendala disetujuinya visa imigrasi DV :) CeritaSF turut senang bahwa proses wawancara anda berlangsung lancar, tanpa banyak pertanyaan yang diajukan. Selamat sekali lagi untuk anda dan keluarga!

      Hapus
    6. Maaf, Ada typo, saya baru lihat 🙈 di paragraf 3, kata 'berantakan' seharusnya 'beranggotakan'. Bisa tolong dieditkan? Thanks :)

      Hapus
    7. Sudah, terima kasih atas koreksinya :)

      Hapus
  22. Salam SF.
    terima kasih Blog ini sangat membantu saya. saya mau tanya seadainya saya menang undian lottery 2018 apakah di tahap wawancara anak dibawah umur 10 tahun perlu melakukan wawancara juga. terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi, seluruh anggota keluarga wajib hadir pada saat wawancara.

      Hapus
  23. Hi crita sf, saya mw bertanya jika menang di berikan waktu brapa lama untuk memasuki amerika ? Apa benar 6 bulan ? Lalu merujuk ke tabungan, bisa kasih kisaran berapa nominal dana yg aman ketika mw mengikuti dv lottery ? Saya dengar minim 50 jta ? Lalu ketika smpk di sana , kita boleh kembali ke indo minimun berapa lama harus tgl di amrik ? apa tdk akan mempengaruhi status sama skali jika kembali ke indo dalam waktu cepat ? Mohon pencerahannya ya crita sf.. saya sedang mempersiapkan untk mengikuti dv lotre 2019... trima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Indra,

      Betul, anda harus masuk ke AS 6 bulan setelah visa imigrasi anda disetujui.

      Mengenai tabungan, kami sendiri pun tidak terlalu tahu berapa minimal saldo yang disyaratkan. Prinsipnya asalkan bisa menopang biaya hidup dan anda tidak menjadi beban pemerintah ketika datang ke AS. Sempat membaca di internet, ada yang menyebutkan jumlahnya sekitar $10.000 per orang dewasa, tapi ini bukan jumlah resmi yang disyaratkan.

      Untuk batas waktu tinggal, pada prinsipnya pemegang GC harus menjadikan AS sebagai tempat tinggal tetap/utama. Apabila anda meninggalkan AS (misalnya pulang ke Indonesia), ketika kembali ke AS anda harus bisa membuktikan ke petugas imigrasi bahwa perjalanan anda tersebut hanya untuk sementara.

      Hapus
  24. Hi CeritaSF! I want to share a good news -- I got approved for the visa!! Thanks again for your comprehensive guide on the whole DV process! Pas interview bahkan ketemu sesama pembaca ceritaSF...blog ini bener2 sumbernya orang Indonesia untuk segala hal menyangkut DV lottery 🤣👍

    Semua steps yang ceritaSF gambarkan masih akurat per DV2017, termasuk soal SKCK (tidak diperlukan untuk residensi Indonesia dan Amerika Serikat), dan soal bukti-bukti finansial (meskipun tidak disebutkan di checklist dari mereka, akan tetapi tetap akan ditanyakan saat pengumpulan dokumen di hari interview).

    Dua hal yang mau saya tambahkan nih, menyangkut soal pembayaran visa nya:
    1. Sekarang mereka nggak terima credit card lagi, pembayaran harus tunai dalam bentuk rupiah 😥
    2. Jangan lupa untuk ngecek kurs di website kedubes Jakarta Indonesia! Mereka biasa menerbitkan nilai konversi mereka sendiri yang berlaku kira2 selama sebulan. Kemarin itu kurs yang mereka minta adalah 13.500, jadi biaya visa yang harus dibayarkan adalah senilan $330 x Rp13.500 per orang yang terdaftar.

    Sempet grogi, tapi ternyata petugas interview nya baik 😄 muka nya boleh galak, tapi pas ngobrol ternyata super chill, haha.

    Oh iya, kalau kita daftarkan alamat di website mereka (tanpa harus daftar jadwal interview), passport + paket nya bisa diantar sampai ke depan rumah, tidak usah di pick up di cabang RPX yang dirujuk. Tapi pendaftaran alamat harus dilakukan sebelum hari interview.

    Satu hal lagi yang lumayan interesting -- setelah dapat visa nya, ternyata lama jangka visa tersebut bisa dipakai adalah 6 bulan sejak hari medical check-up, BUKAN 6 bulan sejak tanggal interview. Semua itu dikarenakan pemenang DV lottery harus menyerahkan hasil medical check-up di dalam amplop tersegel ke petugas imigrasi, dan masa berlaku/ kadaluwarsa hasil tersebut adalah 6 bulan. Jadi penting banget nih supaya pemenang DV lottery untuk tidak melakukan check-up sebelum dapat NL 2/ notifikasi jadwal interview.

    Sekian pengalaman saya pas interview kemarin 😊 semoga bisa bermanfaat sebagai informasi tambahan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaa... Senang sekali mendengar bahwa anda sudah berhasil mendapatkan visa imigrasi ke AS! :) Terima kasih atas sharing pengalaman wawancaranya, lengkap dengan informasi-informasi terbaru mengenai wawancara DV Lottery.

      Semoga sukses dengan persiapan anda pindah ke Amerika!

      Hapus
  25. Hallo.SF,sy mo tanya,apakah hasil pemenang dv lottery 2017,hanya bisa kita lihat di bln mei 2016.?
    Bukankah bisa kita lihat hasilnya lagi sampai 30 sept 2017.?
    Terima Kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pengumuman DV Lottery 2017 bisa anda akses di website DVL sampai 30 September, namun hasilnya kemungkinan kecil berubah.

      Hapus
  26. SF,sy mo tanya lagi,saat ini anak sy sedang study di US,apakah dia bisa mengikuti DVL.?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apabila sudah lulus pendidikan dasar 12 tahun atau sudah punya pengalaman kerja 2 tahun bisa.

      Hapus
  27. mba SF yg baik..yg ingin sy tanyakan,apakah ada jmlh max dlm satu keluarga jika nantinya sy terpilih dlm DVL? Krn sy sekeluarga berlima...
    Dan satu lg mba, siapa tau mba SF prnh dengar mengenai perubahan status dari visa turis menjadi visa student (bedanya hanya sebln dan anak sy sdh buat 2 visa)tanpa perlu keluar dulu dari amrik, dan apa sj ya persyaratannya,kira2 brp lama prosesnya....Mksh sblmnya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak ada ketentuan jumlah maksimal dalam satu keluarga. Semua anak di bawah 21 tahun dan belum menikah harus dicantumkan dalam formulir pendaftaran DV Lottery.

      Maaf kami tidak tahu mengenai perihal perubahan visa turis menjadi visa pelajar.

      Hapus
  28. Hi Cerita SF,

    Saya sudah mencoba apply DV Lottery 2016 & 2017, namun masih belum beruntung. Saya ingin melanjutkan sekolah ke US, jadi saya mencoba cara ini. Saya mau tanya, apakah status (single/married) menjadi salah satu pertimbangan untuk mendapatkan visa ini? Atau memang tergantung dari system acaknya sendiri alias keberuntungan? Karena saya melihat mereka yang mendapatkan visa ini rata-rata telah berkeluarga, jadi saya berpikir peluang mereka yang telah berkeluarga lebih besar dari mereka yang masih single.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi, pemenang DV Lottery dipilih secara acak, tidak ada perbedaan antara belum atau sudah menikah dalam penentuan pemenang.

      Hapus
  29. sebelumnya saya terimakasih banyak untuk blognya mbak. sangat membantu banget memberi bayangan untuk siap2. kalo boleh saya mau tanya, kalo daftar DV sekeluarga pas interview semua musti ikut? saya agak bingung soalnya kalo harus bawa anak2 ke kedutaan krn masih kecil2. terimakasih bantuannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, seluruh anggota keluarga harus ikut datang wawancara.

      Hapus
  30. Mr SF, pemenang lottery 2018 diumumkan bulan september 2017,untuk mulai mendaftar lagi untuk Dv lottery nya kapan ya? Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pemenang DV Lottery 2018 sudah diumumkan bulan Mei 2017. Sedangkan pendaftaran DV Lottery 2019 akan dibuka bulan Oktober 2017.

      Hapus
  31. Hi, cerita SF, mau tanya, apakah orang yang tiba di amrk dan sudah bekerja di sana boleh mengikuti program green card lottery? Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh, asalkan status orang tersebut bukan ilegal.

      Hapus
  32. HI SF,

    Kermarin saya interview tapi saya masuk ke AP, Karena saat di tanyakan kapan saya nikah. Saya jawab sesuai dengan tanggal nikah kami, xx,xx,xxx namun akte nikah kami Baru di buat di catatan sipil 4 tahun. Jadi saya jawab tanggal pernikahan Kami 4 tahun yang lalu Dan juga menerangkan tahun "yyyy" pengesahan Dan tercatat di catatan sipilnya. tanggal pernikahan kami yy,yy,yyyy, ( tanggal legalisasi di catatan sipil) Dalam akte nikah catatan sipil juga tertera tanggal nikah kami 4 tahun yang lalu. Apakah kasus seperti ini akan berdampak tidak di setujui visa kami.

    Terima kasih atas jawabannya SF

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tentu perbedaan antara jawaban saat wawancara dan dokumen yang ada akan menimbulkan pertanyaan dan kecurigaan. Namun, disetujui/tidaknya visa anda tergantung pada bagaimana anda menjelaskan dan keputusan petugas wawancara. Terus terang kami tidak tahu seberapa signifikan hal ini mempengaruhi hasil akhir DV anda.

      Hapus
    2. @Qiu-qiu bagaimana status terakhir ya? apakah sudah berangkat? Thanks

      Hapus
  33. Sy lg ikutan DV2019, masih berdebar2 menunggu bulan mei.

    Punya pertanyaan berikut:
    1. utk medical check-up ditentukan oleh kedubes/konsulat atau dibebaskan ke applicant?
    2. utk alamat pengiriman ssn, dll yg di us ini dimasukkan wkt pengisian form ds260 atau wkt tahapan yg mana?
    terimakasih sblmnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Medical check-up ditentukan oleh Kedubes. Mengenai detailnya bisa dibaca di sini: GREEN CARD LOTTERY (III) - TES KESEHATAN - http://www.ceritasf.com/2015/05/green-card-lottery-iii-tes-kesehatan.html

      2. Alamat di USA dimasukan pada saat mengisi formulir DS260, namun dapat diganti pada waktu wawancara dan ketika masuk POE (Point of Entry) di imigrasi AS.

      Semoga berhasil!

      Hapus
  34. akhirnya saya dapat loterry 2019, tetapi saya kesulitan isi ds-260 untuk mailed yang di amerika karena tdk ada keluarga dan teman disana. padahal gw pingin sekali jadi resdent disana, SF bisa tolong gak untuk mengatasi masalah seperti ini ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat! Alamat di AS bisa dikosongkan dulu di formulir DS-260, sembari anda mencari-cari saudara, teman, kenalan di AS yang bisa digunakan alamatnya. Saran kami, coba lihat daftar teman di FB anda, apabila ada yang tinggal di AS, bisa hubungi beliau. Semoga sukses!

      Hapus
  35. Hi salam kenal SF, mau nanya ni, dulu saya dan suami pernah bekerja di US tapi overstay dan sudah balik ke indo tahun 2008. Nah apakah saya bisa ya coba utk apply program ini?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba saja anda daftar. Setelah 10 tahun sejak overstay anda tidak masuk AS, seharusnya bisa mendapatkan visa lagi.

      Hapus
  36. Halo saya ingin bertanya. Apakah saya terpilih lottery 2019. Apakah ada kemungkinan gagal di proses selanjutnya? Kebetulan saya dapat di 2019

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa saja gagal, terutama kalau dokumen-dokumen tidak lengkap, tidak lolos tes kesehatan, atau case number anda besar sehingga tidak mendapat jadwal wawancara sampai batas akhir penerbitan visa berakhir.

      Hapus
  37. halo saya mau bertanya kebetulan saya lolos yang 2019. saya mau konfirmasi dv lottery ini hanya mendapatkan visa ke US saja atau dapat green card juga ya? terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dengan DV Lottery ini anda akan mendapat visa imigrasi dan status permanent resident, yang artinya mendapat green card, di Amerika Serikat.

      Hapus
  38. hi SF,

    Terima kasih untuk info2nya yang berguna.
    Saya sedang mempersiapkan dokumen interview untuk bulan Juli ini.
    untuk persyaratan financial statement itu, apakah perlu diterjemahkan juga ke bahasa Inggris? Dan yang dimaksud financial statement itu apakah buku tabungan ? Dan jika iya, apakah membawa beberapa buku tabungan ? (karena kalau dikonsolidasi ke 1 buku saja akan terlihat mencurigakan).

    Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih kembali.

      Betul, financial statement itu bisa berupa buku tabungan, rekening koran, rekening deposito, atau rekening-rekening finansial lainnya. Sebaiknya membawa semua buku tabungan yang dimiliki beserta foto kopinya. Buku tabungan ini tidak perlu diterjemahkan.

      Semoga berhasil dengan wawancaranya!

      Hapus
    2. Halo @FielansShan apakah boleh minta email anda? kebetulan saya juga mendapatkan GreenCard tahun ini sedang menunggu panggilan untuk interview. Bisakah kita bertukar informasi?

      Hapus
    3. Terima kasih ceritasf.
      Saat interview ternyata tidak diminta financial statement.
      Visa saya telah disetujui dan very excited untuk berangkat.
      @Teofilus, silahkan pak email saya jakiv2018@gmail.com

      Hapus
    4. Hi Fielans, selamat untuk anda yang telah lolos tahap wawancara & sudah mendapatkan visa imigrasi ke AS! Terima kasih atas informasi terkini mengenai financial statement, yang ternyata sekarang tidak diperlukan lagi. Semoga semua proses pindah & tinggal di AS nanti berjalan lancar.

      Kalau anda tidak keberatan, maukah anda membagi pengalaman wawancara anda? Kami akan menuliskannya di blog ini untuk memberikan informasi terkini bagi teman-teman yang sedang menjalani proses DV Lottery. Terima kasih.

      Hapus
  39. Terima kasih ceritasf. Tentu saja boleh.
    Sebelum interview pastikan semua dokumen pendukung sudah dipersiapkan seperti dijelaskan ceritasf, dan ikuti instruksi dari embassy berbentuk pdf yang dapat anda download di situs resmi imigrasi AS. Mulai 2018, hasil medical dari RS. Bintaro dikirim langsung ke embassy. Pihak RS akan mengkonfirmasi pengirimannya. Financial statement memang tidak diminta pada beberapa case, namun sebenarnya merupakan salah satu syarat yang diatur di UU imigrasi dan kewarganegaraan AS. Buku tabungan tetap harus dibawa.

    Pengalaman interview saya:
    - jika status anda menikah, pastikan membawa bukti hubungan sebelum dan sesudah menikah. Paling mudah adalah foto-foto saat pacaran dan pesta resepsi pernikahan yang terlihat tamu undangan nya. Ini terkadang diminta, apalagi jika anda menikah setelah pengumuman DV
    - pembayaran dilakukan di loket 6. Siapkan uang pas. Kurs bisa dicek di situs embassy
    - interview immigrant dilakukan di loket 7
    - CO akan memberikan opsi interview dalam bahasa (anda tidak diwajibkan mampu berbahasa inggris untuk lolos interview)
    - Pertanyaan: how did you meet, when was your first date, how is the wedding.

    Proses interview tidak lebih dari 3 menit.
    Di sesi akhir interview, CO memberikan selembar kertas yang berisi instruksi pengambilan dokumen dan passport. Pengiriman dokumen hanya melalui RPX ke alamat korespondensi.

    Setelah 2 hari, status visa kami berubah dari Ready menjadi Issued, yang artinya visa sudah dicetak. Dalam kurun waktu 5 bulan kami akan berangkat ke AS untuk melakukan aktivasi green card.

    Pesan saya kepada rekan-rekan:
    Persiapkan dokumen selengkap mungkin.
    Jawab pertanyaan CO dengan mantap dan tidak mengada-ada.
    Relax. Sejauh perjalanan DV tahun ini, tidak ada case yang di-reject oleh embassy di JAK. Asalkan persiapan anda matang, tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Semoga membantu!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih banyak atas sharing pengalaman wawancara anda! Selamat mempersiapkan rencana kepindahan, semoga semua berjalan lancar sampai anda tiba dan tinggal di Amerika Serikat.

      Hapus
  40. saya ingin bertanya maaf jika sudah pernah ditanyakan. Jika nama di akta lahir cuma satu kata lalu di paspor karena harus 2 kata maka ditambahkan nama belakang dari ayah saya. Apakah ini akan menjadi kendala?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, hal ini bisa menjadi pertanyaan pada saat wawancara nanti. Idealnya nama pada dokumen-dokumen (akte lahir, ijazah, pasport, dll) semua sama. Siapkan jawaban anda apabila hal ini menjadi issue pada saat wawancara nanti. Saran kami, anda bisa memperlihatkan akte lahir atau Kartu Keluarga yang mencantumkan nama ayah anda, yang sama dengan nama belakang di pasport anda.

      Hapus
    2. jika hanya passport anda yang berbeda nama, cara termudah adalah membuat passport baru. Nantinya first name dicantumkan FNU, surname diisi given name anda.

      Nama sangat penting di aplikasi DV, dan anda masih memiliki banyak waktu untuk mengurus nya.

      Jika anda mau, bisa juga mengurus dokumen ganti nama.

      https://en.m.wikipedia.org/wiki/Indonesian_names

      Hapus
    3. Thank you Cerita SF sudah merespon. Jika hal tersebut bisa dijelaskan dan bisa dibuktikan melalui bukti2 (akte lahir dan kartu keluarga) apakah hal tersebut akan faktor gagalnya interview?

      Hapus
    4. Maaf kami tidah tahu dasar keputusan akhir petugas wawancara untuk menyetujui atau tidak menyetujui visa anda.

      Saran dari Fielans Shan sangan bagus, sebaiknya anda membuat pasport baru dengan nama yang sesuai dengan akte lahir atau mengurus dokumen ganti nama.

      Hapus
  41. Sehari setelah interview, status kami berubah dari READY menjadi ISSUED, yang artinya visa sudah dicetak.

    3 hari kemudian kami menerima paket dari RPX yang berisi sealed dokumen (berisi data diri immigrant beserta copy dokumen yang diserahkan pada saat interview), passport dan USCIS dokumen.

    Kita diwajibkan membayar fee lagi sebesar $220/orang ke USCIS.
    Ini dilakukan setelah kita mendapatkan paket immigrant dan sebelum keberangkatan ke US. Selama fee belum dibayar, Green Card tidak akan di-issue oleh US government.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih banyak atas sharing pengalaman anda!

      Hapus
    2. Hi kak, paket visa dari RPX itu di antar ke alamat rumah, bagaimana cara agar visa dan passport kita bisa dikirim langsung kerumah tanpa harus di jemput. Krna saya dari luar kita. Dan minggy depan saya interview dan rencana di jakarta hanya untuk Interview saja..

      Hapus
    3. Setelah wawancara selesai, anda akan mendapatkan kertas yang berisi petunjuk dan alamat situs untuk pengiriman pasport/visa.

      Hapus
  42. Hayy sf.. mau tnya,, jika sdh mndpt green card d US apakah kita bisa mlanjutkan pndidikan d sana ?? Trimkasih

    BalasHapus
  43. Update November 2018:
    Akhirnya kami tiba di PoE Chicago Airport minggu lalu.
    Setibanya di airport, kami diarahkan ke loket khusus imigran.
    Tidak banyak imigran yang mengantri selain kami. Proses imigrasi terhitung cepat. Setelah menyerahkan passport dan dokumen tersegel dari kedutaan , PoE officer hanya mencap visa kami tanpa pertanyaan satupun dan mengatakan green card kami dikirim dalam waktu 6 minggu. Begitu saja kami resmi menjadi penduduk AS.

    Sedikit saran kami untuk koper yang anda bawa agar TSA-compliance.
    TSA officer berkewajiban melakukan inspeksi koper penumpang tertentu dengan alasan keamanan.
    Koper kami rusak setelah dibongkar secara paksa karena gembok nya tidak comply.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat datang di Amerika Serikat dan selamat menikmati udara dingin di Chicago! Syukurlah proses imigrasi anda lancar dan cepat. Semoga anda menikmati kehidupan baru anda di sini.

      Terima kasih atas update dan sharing pengalaman anda masuk ke AS untuk pertama kalinya. Saran anda mengenai kunci koper yang sesuai dengan TSA sangat bermanfaat bagi semua pendatang yang akan mengunjungi AS, terima kasih sekali lagi!

      Hapus
  44. Halo cerita SF, saya ingin bertanya berapa lama kira2 untuk mendapat Notification Letter 2 setelah membalas email sesuai arahan Notification Letter 1? Mohon bantuannya. Terima Kasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung case number Anda. Tahun 2014, CN kami 5400-an dan kami mendapat NL 2 pada bulan Maret untuk wawancara bulan Mei.

      Hapus
    2. case number saya di 6800an. setelah mengirim NL1 apakah ada konfirmasi dari pihak DV Lottery?

      Hapus
    3. Tidak ada konfirmasi apapun. Anda baru akan menerima email pemberitahuan saat NL 2 dikirim.

      Hapus
  45. hallo saya akan diinterview besok..mau tanya apakah pada saat keberangkatan ke usa harus semuanya berangkat atau boleh salah satu dari kami berangkat terlebih dahulu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga wawancara anda berhasil! Pemenang Green Card Lottery harus pergi & masuk ke USA terlebih dahulu. Anggota keluarga lainnya bisa menyusul sampai sebelum masa berlaku visa habis.

      Hapus
    2. green card saya diterima tapi. anak saya tidak. apakah status asylum saya yamg dulu d amerika. akan bermasalah?

      Hapus
    3. Maaf, kami kurang mengerti. Apakah anak anda sudah lebih dari 21 tahun?

      Hapus
  46. iya ternyata..sekarang ini saya sedang kebingungan mencari passport saya ada di mana? karena diembassy bilang sudah diissued tapi di rpx tidak ada.. :( ada yang mempunyai pengalaman seperti saya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kami turut prihatin mendengar hal ini. Semoga pasport anda bisa segera ditemukan.

      Hapus
  47. Puji Tuhan sy selected 2020..
    CN 9xxx. Kira2 interview knp ya?
    Thanks ka buat jawabannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat untuk anda! Kemungkinan anda akan mendapatkan jadwal wawancara tahun depan. Anda bisa cek Visa Bulletin untuk mengetahui perkembangan nomor urut yang dipanggil untuk wawancara.

      Hapus
  48. Ka DS-260 adakah pertanyaan pernah ke US sblmnya? Bgmn ka?
    Sy pernah 1996-2005,GC sy ditolak dan sy plg keindo...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada. Anda harus menuliskan semua alamat rumah yang pernah anda tinggali sejak usia 16 tahun serta lima kunjungan terakhir ke Amerika Serikat.

      Hapus
  49. Hi kak, saya agnes, saya tanggal 10 juli nanti akan melakukan Interview. Semua dokumen persyaratan saya check ulang apakah sudah lengkap atau belum, yang jadi pertanyaan apakah kartu keluarga harus di sertakan? Karena saya belum menikah, dan saya tidak di KK orang tua melainkan masuk ke KK tante saya karena saat pembuatan KTP elektronik saya sudah tinggal 2 tahun dengan tante saya.
    Jika KK di perlukan.. apakah harus saya terjemahkan juga?
    Apakah rekenibg koran harus di terjemahkan juga?
    Paspor lama saya tidak di kembalikan imigrasi, dan isinya baru 2 kali berpergian ke singapura. Apakah saya harus memintanya ke imigrasi? Jika tidak ada di imigrasi bolehkah saya tidak membawa paspor lama yg asli atau berupa fotocopynya saja? Krn saya hanya punya pasport baru dan fotocopy pasport lama saja.
    Apakah masing2 dokumen terjemahan dan asli boleh di jepit?
    Terimakasih sebelumnya kak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berikut jawaban kami:
      - Kartu Keluarga tidak disyaratkan untuk pembuatan visa.
      - Rekening koran tidak perlu diterjemahkan.
      - Kalau tidak ada pasport lama, tidak masalah. Kalau mau bawa fotokopinya, boleh-boleh saja.
      - Boleh saja dijepit, asal mudah apabila nanti ditanyakan dan harus diserahkan ke petugas kedutaan.

      Hapus
  50. Halo ceritasf,

    Saya ingin tanya perihal apa sj yg perlu dilakukan di POE. Rencana saya akan melakukan update US mailing address. Apakah ada aturan/kelengkapan lain yg diminta di POE selain amplop tertutup yg dikasih embassy? Oya, apakah pengiriman SSN ini alamatnya sama spt GC, atau bisa berbeda?

    Thanks ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di POE anda akan menyerahkan pasport & amplop bersegel dari Kedutaan AS, menjawab pertanyaan-pertanyaan petugas imigrasi, dan memberi tahu petugas apabila anda ingin mengubah alamat korespondensi. Untuk lebih detilnya, anda bisa baca cerita kami "Tiba Di Amerika Serikat". SSN & GC akan dikirimkan ke alamat yang sama.

      Hapus
  51. saya mau tanya cerita SF kalau di tanya apakah bekerja jawabnya apa.
    apakah seperti saya sedang tidak bekerja atau saya pernah bekerja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jawab mengenai pekerjaan anda sekarang, kemudian bisa ditambahkan pekerjaan-pekerjaan anda sebelumnya.

      Hapus
  52. aku mau tanya satu lagi aku ada kesalahan masukin data harusnya aku lulusan smk vocational high school tapi aku malah pilih high school degree sma apakah nanti bisa jadi masalah pada saat interview?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak apa-apa. SMK di Indonesai sama dengan high school, bukan vocational school di USA.

      Hapus
  53. Hi ceritaSF, pendaftaran DV2021 kemarin anak saya lulusan D3 saya tulis vocational school. Benar atau salah ya? Terimakasih untuk blog yg sangat membantu.

    BalasHapus
  54. Maaf, maksud saya D3 Perhotelan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apakah anak anda menjadi pendaftar utama atau menjadi anggota keluarga pada formulir pendaftaran anda? Apabila anak anda menjadi bagian dari pendaftaran anda, hal ini tidak menjadi masalah. Namun, apabila anak anda adalah pendaftar utama, maka status vocational school tidak memenuhi persyaratan DV Lottery.

      Hapus