PENDAFTARAN DV LOTTERY 2022

Kamis, 01 Oktober 2020
Pendaftaran Diversity Visa Program 2022 (DV-2022) dibuka tanggal 7 Oktober 2020 pukul 23.00 WIB sampai dengan 10 November 2020 pukul 23.00 WIB. 



Pendaftaran dilakukan secara elektronik dan formulir pendaftaran hanya akan tersedia di website resmi DV Lottery https://dvlottery.state.gov/

Pemenang akan dipilih secara acak dan tidak dipungut biaya apapun untuk mendaftar.


Program Diversity Visa (DV) memberikan visa penduduk tetap (permanent resident visa / Green Card) kepada warga negara asing dari negara-negara dengan tingkat imigrasi yang rendah ke Amerika Serikat dalam lima tahun terakhir, termasuk Indonesia.


Program DV-2021 tahun lalu diikuti oleh 6,7 juta pendaftar dari seluruh dunia atau lebih dari 11,8 juta orang, termasuk pasangan dan anak-anak yang didaftarkan.

Persyaratan utama DV Lottery adalah pendaftar harus memiliki ijazah SMA atau sederajat (12 tahun pendidikan dasar) ATAU memiliki pengalaman kerja selama dua tahun dalam lima tahun terakhir.

Silahkan membaca Instruksi Pendaftaran DV-2022 dengan sebaik-baiknya. Pendaftar akan gugur apabila tidak melengkapi formulir secara benar atau memasukkan formulir pendaftaran lebih dari satu kali. Instruksi pendaftaran DV-2022 dapat diklik di sini.

Sebelum memulai proses pendaftaran, pastikan pas foto anda dan seluruh anggota keluarga memenuhi persyaratan DV Lottery yang tercantum pada Instruksi Pendaftaran DV-2022. Kasus anda dapat didiskualifikasikan apabila tidak memasukkan foto yang sesuai dengan persyaratan yang sudah ditentukan. Contoh foto yang memenuhi syarat dan dapat diterima bisa dilihat di sini.

Pendaftar utama wajib untuk memasukkan data paspor yang masih berlaku, termasuk nomor paspor, negara tempat paspor diterbitkan, dan tanggal berakhir paspor. Anggota keluarga lain yang ikut didaftarkan (pasangan dan anak-anak) tidak perlu memasukkan data paspor mereka.





Formulir pendaftaran terdiri dari dua bagian: bagian pertama untuk Pendaftar Utama dan bagian kedua untuk seluruh anggota keluarga lain yang memenuhi syarat. Semua bagian harus diisi secara benar dan lengkap. 

Data-data yang diperlukan untuk mendaftar DV Lottery:
- Nama: nama belakang, nama depan dan nama tengah, yang sesuai dengan paspor. Apabila anda hanya memiliki satu nama, nama tersebut harus dicantumkan di bagian nama belakang / nama keluarga
- Jenis kelamin
- Tanggal lahir
- Kota tempat kelahiran
- Negara tempat kelahiran
- Nomor paspor, negara tempat paspor diterbitkan, dan tanggal berakhir paspor
- Pas foto
- Alamat korespondensi
- Negara tempat tinggal sekarang
- Nomor telepon (optional)
- Alamat email
- Pendidikan terakhir
- Status pernikahan
- Jumlah anak

Apabila sudah siap dengan semua data diri dan pas foto, silahkan klik tautan ini untuk memulai proses pendaftaran: MULAI MENDAFTAR.

Seluruh peserta DV-2022 dapat mengecek hasil pengundian DV Lottery dengan memasukkan informasi nomor konfirmasi yang diterima saat mendaftar sekitar bulan Mei 2021. Peserta DV-2022 sebaiknya menyimpan nomor konfirmasi ini hingga 30 September 2022.

Semoga berhasil!

58 komentar:

  1. Harus memasukan foto seluruh keluarga ya?

    BalasHapus
  2. Halo Cerita SF. Terima kasih infonya, sempat pesimis karena awalnya DV Lottery ini ditutup utk tahun ini karena pandemi. Saya mau tanya apakah dalam 1 keluarga boleh submit dua form? (Suami dan Istri)

    Terima kasih dan sukses selalu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh. Peluang anda akan menjadi lebih besar apabila memasukan 2 formulir pendaftaran, masing-masing atas nama anda dan pasangan.

      Hapus
  3. trmksh, infonya sangat membantu

    BalasHapus
  4. Hallo Pak.
    Boleh tolong share ke saya untuk buat pass photo dan edit pass photo anda yang dulu dipakai untuk apply DV lottery, apakah anda mengguakan jasa photo studio?

    Lalu, apakah background pass photo anda tersebut di edit lebih putih dari back ground putih yang aslinya?

    Karena saya membuat passphoto dan di edit di photo studio dan minta untuk di edit sama seperti requirement yg dibutuhkan. Background pass photo saya juga di edit lebih putih dari background putih aslinya saat difoto.

    Saya takut saja ada editan di back ground menjadi lebih putih, menjadi failure.

    Mohon pencerahannya.
    Terima Kasih Pak. Stay healthy.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apabila anda menggunakan jasa studio foto yang sudah berpengalaman membuat pas foto untuk visa, mereka seharusnya sudah tahu persyaratan foto visa USA.

      Hapus
    2. Ya, mereka bisa melakukan sesuai dengan requirement-nya.
      Kalau pengalaman bapak dulu, passphoto-nya photo sendiri dan edit sendiri, atau pakai jasa photo studio?

      Hapus
  5. Kalau tidak punya paspor bagaimana?

    BalasHapus
  6. Hallo ceritaSF
    Apakah benar pendagtaran di buka bulan ini lebih tepatnya tanggal 7 s/d 10 Oktober?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan baca artikel ini dengan baik!

      Hapus
  7. Apakah belum berkeluarga bisa tinggal dan bekerja di Amerika? Saya ingin sekali tinggal dan bekerja di Amerika tolong jawab

    BalasHapus
  8. Salam Pak. Saya mau tanya, anak saya 1 dan istri saya sekarang sedang hamil dan expected delivery date nya sekitar akhir Maret tahun 2021. Anak kedua tidak bisa dimasukan kan ya pak dan apakah akan jadi masalah jika saya terpilih? Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anak yang belum lahir tidak ikut didaftarkan. Apabila anda nanti terpilih menjadi salah satu pemenang dan anak anda sudah lahir, anda dapat menambahkan data anak kedua pada saat memasukan Formulir Visa Imigrasi (DS-260).

      Hapus
  9. Salam sehat selalu ceritaSF
    saya mau tanya untuk point

    Your country of eligibility will normally be the same as your country of birth. Your country of eligibility is NOT related to where you live. If you were born in a country that is not eligible for the DV program, please go to Explanation of Country of Eligibility to see if there is another option available in your case.

    Are you claiming eligibility based on the country where you were born?
    Yes No
    If not, you must enter the country from which you are claiming eligibility.

    saya dari Indonesia dan lahir di Indonesia , jadi jawabannya yang di centang yang YES ya?

    salam

    BalasHapus
  10. Terima kasih ceritaSF ,
    Mau tanya lagi bila nama terdiri 4 suku kata contoh nama : "komeng wellington nur jambul"
    maka penulisan first name , middle name dan last/family name nya bagaimana ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. First name: Komeng Wellington; Middle Name: Nur; Last Name: Jambul.

      Hapus
  11. Many Thank ceritaSF atas pencerahan dan waktunya.

    BalasHapus
  12. Halo pak, saya ada 1 trouble yg saya baru sadar ketika sudah masuk ke lottery

    Istri saya di birth certificate namanya hanya 1 yaitu given name

    Di passport dan semua document ada nama marga, jadi first name dan last name (marga)

    Saya sudah ikut sesuai instruksi dari dv lottery untuk memasukan nama sesuai dengan passport, tpi yg saya bingung apakah nanti akan ada masalah jika selected dan officernya melihat ada beda marga di birth certificate dan dokumen lainnya?

    Apakah harus sampai kita urus untuk perubahan nama sampai ke pengadilan jika selected? Karena bahkan KTP dan KK pun sudah menggunakan nama marga tersebut, hanya birth certificate dan ijazah yang mengikuti birth certificate


    Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, hal ini akan menjadi masalah apabila anda terpilih menang nanti. Solusinya, anda bisa membuat surat ganti nama ke pengadilan apabila mendapat DV Lottery.

      Hapus
    2. thanks atas responnya, sepertinya memang harus bikin surat ganti nama ya agar tidak jadi kendala, saya juga takut malah nanti dianggapnya melakukan fraud karena kami sudah ada visa B1 sebenarnya, nanti malah ingin menang dv lottery malah jadi di bar haha

      dan satu lagi saya mau tanya, untuk ijazah SMA, apakah membutuhkan transkrip nilai? kebetulan transkrip saya hilang pada saat saya cek tetapi untuk ijasah sih aman, kalo saya cari di mana-mana tidak ada info tetapi sepertinya sudah cukup ya untuk ijasah saja? terimakasih

      Hapus
    3. Yang diperlukan hanya ijazah, tidak perlu transkrip nilai.

      Hapus
  13. Mau tanya kalo namanya deni alamsyah gimana gan

    BalasHapus
  14. Salam ceritaSF

    Saya mau tanya perihal isi alamat yang baris
    a. In care of ( optional )
    b. address line 1
    c. Address line 2 ( optional )
    Arti dari perintah "a" dan "c" maksudnya apa ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagian "In Care Of" merupakan pilihan (optional) dan pada umumnya dikosongkan. Bagian ini diisi dengan nama pemilik rumah, apabila Anda tinggal di rumah saudara / orang lain.

      Address Line 2: diisi apabila alamat anda terlalu panjang di bagian "Address Line 1".

      Contoh: Anda tinggal di kos milik Pak Warkop Kumis, maka:
      Great Song (nama anda)
      C/O Warkop Kumis (In Care Of)
      Jl. Kpbd No.37-38 (Address Line 1)
      RT.10/RW.1, Sukabumi Selatan, Kec. Kebun Jeruk (Address Line 2)
      Jakarta Barat (City/Town)
      DKI Jakarta (District/County/Province/State)
      11560 (Postal Code/Zip Code)
      Indonesia (Country)

      Semoga jelas.

      Hapus
  15. Terimw kasih ceritaSF atas penjelasan, semoga sehat selalu.

    BalasHapus
  16. Hi
    saya WNI, apakah lokasi interview bisa dipilih? Jika iya apakah saya bisa memilih embassy US di luar negeri untuk interview?

    BalasHapus
  17. Selamat pagi Team Cerita SF,

    Kalau berkeluarga, tetapi hanya saya saja yang mau pergi apakah bisa ? karena anak masih sekolah SMP dan suami tidak bisa berbahasa inggris.Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semua anggota harus didaftarkan! Apabila menang, boleh saja hanya anda sendiri yang pergi ke AS & visa imigrasi anggota keluarga yang lain hangus.

      Hapus
  18. Hi,

    saya ingin menanyakan untuk perihal status sudah bercerai hidup dan akta cerai sudah ada, apakah yang dipilih divorced atau legally separated? terima kasih.

    BalasHapus
  19. Kalau masih Single. Saya isi kolom jumlah anak dengan "0"
    Apakah masalah? atau seharusnya dikosongkan?

    BalasHapus
  20. Hi ceritaSF semoga sehat selalu,

    Saya ingin bertanya, apabila kita dapat Green Card, apa bisa saya mensposori Ibu kandung dan Ibu mertua untuk menjadi warga Amerika?
    Bila bisa apa syarat-syaratnya?

    Thank You ceritaSF

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak bisa. Hanya warga negara AS yang bisa mensponsori orang tuanya untuk mendapat Green Card.

      Hapus
  21. Hallo Pak, pada saat penulisan form, saya mengikuti nama yang tertera di passpor karena di passpor nama anak saya terdiri atas 3 suku kata sesuai yang tersedia di paspor RI. Kebetulan kami pernah mendapatkan visa kunjungan ke US dengan 3 suku kata nama anak saya. sementara kalau di akte kelahiran lengkapnya ada nama belakang saya dibelaang 3 suku nama anak saya, apakah ini tidak apa apa

    BalasHapus
  22. Salam ceritaSF semoga sehat selalu ,

    Saya mau tanya bila memenangkan Green Card,
    1.Maka berapa lama saya harus tinggal di Amerika agar Ibu saya dan Ibu mertua bisa ikut menjadi Permanent Residence?
    2.Apa syarat yang dibutuhkan untuk mengajukan situasi seperti diatas?
    3.Jadi Pengajuannya ada 2 ya ?
    - Saya mengajukan untuk Ibu saya
    - Istri mengajukan untuk Ibu nya

    Mohon penjelasannya ceritaSF, Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Anda harus sudah menjadi warga negara AS untuk bisa mensponsori orang tua mendapat Green Card.
      2. & 3. Silahkan cek di website USCIS.

      Hapus
  23. Terima kasih ceritaSF

    Maaf double submit, saya pikir yang pertama tidak tersubmit.
    Jadi harus memakan waktu 5 tahun ya untuk proses naturalisasi nya? 5 tahun berturut-turut fisik berada di US atau dalam waktu 5 tahun itu saya bisa sesekali bepergian ke Indonesia?

    Terima Kasih ceritaSF ,sehat selalu di SF

    BalasHapus
  24. Hi ada beberapa pertanyaan saya, mohon dibantu ya
    1. Dokumen apa saja yg dibutuhkan?
    2. Setelah interview berapa lama hasil diterima atau tidaknya
    3. Jika tidak bisa hadir interview apa ada penalty?

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Silahkan baca artikel "Green Card Lottery II - Melengkapi Dokumen" di blog ini.
      2. Pada umumnya, selesai wawancara anda akan langsung diberi tahu apakah anda lolos mendapat visa, ditolak, atau ada dokumen-dokumen lain yang perlu dilengkapi.
      3. Apabila jadwal wawancara yang ditetapkan tidak sesuai, anda bisa menghubungi Kedutaan AS untuk mengatur jadwal lain. Kalau sampai tidak hadir di jadwal yang sudah disepakati, kesempatan anda mendapat visa akan hilang.

      Hapus
  25. Halo, saya mau tanya jika ikut DV 2022, visa USA saya berakhir Agst 2022 apakah harus diperpanjang atau tidak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Diperpanjang kalau anda masih perlu visa turis ke AS.

      Hapus
  26. Halo, saya mau bertanya..
    Setelah green card dvloterry di approve, apakah benar kita wajib ke US dalam waktu kurang dari 6 bulan?
    Kemudian untuk green card nya dikirim ke alamat indo atau US?
    Lalu setelah di US apakah kita boleh kembali ke indo kapan pun dan berapa lama pun suka2?
    Dan yg terakhir, masa berlaku green cardnya seperti apa ya? Apakah seperti paspor yg harus di renew saat expired.
    Sekian, mohon pencerahannya, dan terimakasih­čÖĆ

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, visa imigrasi yang dikeluarkan oleh Kedutaan AS berlaku selama 6 bulan. Anda harus ke AS sebelum visa DAN hasil tes kesehatan abis masa berlakunya. Green card akan dikirimkan ke alamat di AS. Boleh pulang ke Indonesia, tapi anda harus mempertahankan status penduduk tetap di AS untuk mempertahankan green card. Green card dari DV Lottery berlaku selama 10 tahun dan bisa diperpanjang.

      Hapus

© ceritasf 2017. Diberdayakan oleh Blogger.
Back to Top