KAPAN JADWAL WAWANCARA UNTUK DV LOTTERY 2020?

Kamis, 18 Juni 2020
Ilustrasi virus SARS-CoV-2 (CDC website)
Wabah penyakit yang disebabkan oleh coronavirus membuat segalanya berantakan.

Pengaruhnya tidak hanya di Indonesia melainkan juga Amerika Serikat, yang paling parah dilanda COVID-19.

Tentunya kehidupan terganggu, mulai roda perekonomian hingga proses administrasi pemerintahan.

Program DV Lottery termasuk salah satu yang terkena dampak COVID-19. 


Meski mundur sebulan dari jadwal, untungnya hasil DV Lottery 2021 akhirnya diumumkan pada awal Juni 2020 lalu.

Namun ada yang belum jelas menyangkut nasib para pemenang tahun lalu.
Sebagian pemenang DV Lottery 2020 sudah lolos wawancara dan bahkan ada yang sudah tiba di AS sebelum wabah melanda.

Lalu, kapan pemenang Undian Green Card 2020 yang belum kebagian jadwal bisa mengikuti wawancara?

Informasi mengenai soal ini sangat sulit diperoleh.

Biasanya CeritaSF mudah mengakses dari situs lembaga terkait, semisal di laman web Kedubes AS Jakarta atau Departemen Luar Negeri pemerintah Amerika Serikat.

Namun menjelang berakhirnya bulan Juni belum ada tanda-tanda info lanjutan mengenai proses selanjutnya untuk sebagian pemenang DV Lottery 2020 yang lain.

Di website Departemen Luar Negeri AS hanya tertera surat keputusan bertanggal 20 Maret 2020 mengenai distopnya semua proses visa untuk ke Amerika.

Penghentian proses pengurusan visa ke Amerika Serikat karena COVID-19 ini tentunya berlaku juga untuk peserta Green Card Lottery.

CeritaSF akhirnya berhasil memperoleh keterangan langsung dari staf US Embassy yang tidak dapat disebutkan namanya.

Menurut beliau, proses konsuler dan layanan Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta hanya dibuka bagi AmCit, alias khusus warga negara Amerika Serikat saja.

Masih keterangan beliau, sampai saat ini tidak ada jadwal pasti kapan layanan pemberian visa ke Amerika akan diteruskan lagi. Hal ini bisa dipahami mengingat situasi wabah menyulitkan semua pihak untuk bekerja normal.

Kantor Kentucky Consular Center (KCC) kelihatannya sudah beroperasi, meski belum normal. Namun hal ini tidak banyak berarti apabila seluruh kedutaan besar AS sedunia belum melayani orang-orang selain yang berstatus sebagai warga negara Amerika Serikat.

CeritaSF akan secepatnya mengabarkan jika sudah ada tanda dimulainya lagi pengurusan visa di Kedubes AS Jakarta.

11 komentar:

  1. Hai cerita sf.
    Saya adalah satu yang dapat Lottery dan sudah ada penjadwalan, akan tetapi keesokan harinya ada pengumuman dicancel dan entah sampai kapan.
    Saya dan istri masih terkatung katung nasib kami.
    Fyi.
    Saya apply Lottery ini 16 kali, sama dengan 16 tahun dan mendapat Lottery tsb.
    Bisa anda bayangkan betapa senang dan bahagianya mendapatkan Lottery, akan tetapi untuk saat ini nasib kami tidak jelas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat akhirnya anda memenangkan DV Lottery setelah 16 tahun mendaftar! Memang kondisi sekarang serba tidak jelas. Semoga apabila memang jalannya anda & keluarga pindah dan tinggal di AS, anda akan segera mendapatkan jadwal wawancara & visa imigrasi ke AS. Semoga berhasil!

      Hapus
    2. Saya juga pemenang DV 2020 hanya belum dijadwal, nomor saya adalah 27xxx boleh tahu nomor bapak berapa? terima kasih sebelumnya.

      Hapus
    3. Met malam kawan² di indo yg dapat green card lottery thn 2020, khususnya pa Surya yg sdh dijadwal untuk interview, tapi dibatalkan oleh kedubes, boleh tahu bagaimana progresnya sekarang? Terima kasih sebelumnya.

      Hapus
    4. Para pemenang DV-2020 silakan proaktif cek dengan Kedubes AS Jakarta. Sudah ada keputusan sela dari pengadilan negeri Washington DC yang meminta Deplu AS meneruskan proses dokumen untuk program DV-2020.

      Hapus
  2. Tuhan tolong biar covid19, cepat berlalu. Kami dpt reschedule interview sblm 30sep...Amin๐Ÿ™

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sayang sekali Presiden Trump memperpanjang larangan penerbitan visa, termasuk DV, sampai akhir tahun 2020. Kami akan menyampaikan informasi terbaru mengenai hal ini secepatnya.

      Hapus
  3. Puji Tuhan akhirnya dv2020 diproses kembali, semua dpt interview 24Sept jm11. Kita berdoa semua berjalan dgn lancar...Amin๐Ÿ™๐Ÿ™๐Ÿ™

    BalasHapus
  4. Saya salah satu pemenang GC tahun fiskal 2022 adakah yang mau berbaik hati untuk share pengalaman dengan saya via email ? Terima aksih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat anda sudah memenangkan DV Lottery 2022! Beberapa cerita pengalaman dari para pemenang DV Lottery bisa dibaca di blog ini.

      Hapus

© ceritasf 2017. Diberdayakan oleh Blogger.
Back to Top