KABAR BURUK: VISA IMIGRASI KE AMERIKA DISTOP SAMPAI AKHIR TAHUN. PEMENANG DV2020 BATAL MENDAPAT GREEN CARD.

Selasa, 23 Juni 2020

Kabar buruk soal visa imigrasi diperoleh CeritaSF pada hari Senin, 22 Juni 2020. 

Pemerintah Amerika Serikat mengumumkan penghentian sementara visa imigrasi sampai akhir 2020.

(Sumber: cbp.gov)

Kabar buruk ini juga berpengaruh pada pemenang DV Lottery, khususnya DV2020. 

Apa hubungannya antara Undian Green Card dengan distopnya visa untuk imigran?


Besar sekali pengaruhnya, mengingat DV Lottery atau Diversity Visa Program ini termasuk salah satu jenis visa imigrasi. 


Dengan dihentikannya proses pengurusan dan penerbitan visa oleh pemerintah Amerika Serikat akan sama dengan menutup kesempatan pemenang DV Lottery untuk datang ke AS.


Berikut penjelasan tentang pengaruh distopnya visa imigrasi terhadap status DV2020:

  • Jika paspor Anda sudah dikembalikan Kedubes AS lengkap dengan visa imigrasi yang ditempel, segeralah berangkat dan masuk ke Amerika sebelum ada perubahan kebijakan lagi.
  • Jika status Anda ‘current’, sudah mengikuti wawancara, posisi Anda di website Kedubes tertera sebagai ‘AP (Administrative Processing)’, CeritaSF dengan sangat menyesal berpendapat kalau Anda kemungkinan besar gagal memperoleh green card.
  • Jika status Anda ‘current’ dan belum mengikuti wawancara, CeritaSF berpendapat Anda kemungkinan besar gagal memperoleh green card.


Kejadian ini di luar dugaan semua pihak, mengingat penghentian green card untuk DV program belum pernah terjadi sejak pertama kali program DV diluncurkan tahun 1995.


Perubahan atas penghentian proses visa imigrasi ini bisa saja terjadi jika ada yang mengajukan tuntutan hukum ke pengadilan di Amerika Serikat untuk membatalkan Keputusan Presiden AS tersebut. Namun hal ini kecil kemungkinannya untuk bisa dilakukan dalam waktu singkat, mengingat masih adanya wabah COVID-19 dan proses hukum biasanya memakan waktu lama.


Keputusan Presiden ini juga akan mempengaruhi pemenang DV2021. Jadwal wawancara yang biasanya dimulai pada bulan Oktober akan ditunda hingga awal tahun 2021. Penundaan ini tentunya akan memperpendek kesempatan wawancara selama tiga (3) bulan, sepanjang Oktober-Desember 2020. 


CeritaSF ikut bersedih menghadapi situasi tidak kondusif ini. Kami akan terus memantau perkembangan yang terjadi di AS mengenai DV Program.


13 komentar:

  1. OMG...tadinya saya berharap bahwa akan ada penundaan saja sehubungan pandemik Corona dan akan adanya pemilu di AS pd November mendatang (apakah pemilu bisa membawa kabar baik?)...situasi dan kondisi memang tidak kondusif sekali. Dan sekarang pasrah saja, masih berharap walaupun kemungkinannya tipis sekali...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, untuk pemenang DV2020 hanya bisa pasrah dan berharap tuntutan hukum atas keputusan presiden ini menang di pengadilan dalam waktu singkat.

      Hapus
    2. Saya sdh masukan link petisi utk gugat, mohon dibantu.

      Hapus
  2. Hi cerita sf thank u atas blognya yg informatif, kami banyak membaca seiring kami iseng2 masukin pertama kali okt 2019 kmrn,dan awal juni kmrn kami terpilih dv2021. Namun antara senang dan kwatir bercampur, karna banyak hal mulai dari wabah yg masi melanda ta jelas dan juga terpilih brarti harus siap secara finansial dan mental (mengingat sy sdh berkluarga dan beranak 1)

    Jadi untuk DV2021 harus menunggu keputusan pemerintah AS lbh lanjut ?

    Kmudian bagaimana dengan kondisi US mengenai corona ? mengingat di indo worldmeter USA adalah negara dengan no 1 terbanyak positif (tentunya jg kami kwatir),Indo sendiri jg tdk menjamin mengingat dengan kesadaran orang2nya,fasilitas kesehatan yg kurang, dsb dan trus bertambah setiap harinya

    Dengan kondisi seperti ini dan perekonomian juga tergangggu semuanya, apakah di US sendiri jg semakin susah mencari kerja ? atau banyak phk ?

    Terima kasih atas jawabannya, sukses dan tetap sehat selalu ! =) GBU

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih kembali. Kami senang anda sudah mampir ke blog kami ini.

      Memang untuk merantau ke negara lain butuh persiapan yang sangat matang, terutama di masa pandemik seperti sekarang.

      Betul, menurut kami pemenang DV2021 sebaiknya menunggu dan terus memantau kondisi selanjutnya.

      Kasus coronavirus di sini memang masih meningkat, terutama seiring dengan dibukanya perekonomian. Jumlah PHK dan tingkat pengangguran dalam negeri masih tinggi dan jujur semakin sulit untuk mencari kerja. Alasan ini pula yang digunakan oleh Trump untuk mengeluarkan keputusan presiden yang melarang dan merugikan imigran dan tenaga ahli asing.

      Kami berharap setelah akhir 2020 keadaan semakin stabil dan kondusif. Semoga berhasil dengan proses DV anda!

      Hapus
  3. Terima kasih ceritasf.
    Bolehkah saya mendapat link berita aslinya.
    Karena ini menyangkut nasib GC Lottery saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beritanya banyak, bisa anda temukan di mana-mana. Keputusan Presidennya bisa dilihat di: "Proclamation Suspending Entry of Aliens Who Present a Risk to the U.S. Labor Market Following the Coronavirus Outbreak" tanggal 22 Juni 2020.

      Hapus
  4. halo teman-teman disini, mohon dukungan untuk petisi agar supaya batas akhir untuk pemenang DV 2020 itu diperpanjang sesuai panjangnya masa "ban"
    SAYA SAMPAIKAN LINK PETISI TERSEBUT :

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah saya sebarkan di facebook saya , akan saya usahakan sebanyak mungkin yang tanda tangan.
      untuk ceritasf, terima kasih

      Hapus
  5. https://petitions.whitehouse.gov/petition/postpone-dv-lottery-2020-program-duration-immigration-ban

    BalasHapus
  6. https://petitions.whitehouse.gov/petition/postpone-dv-lottery-2020-program-duration-immigration-ban
    Ini link utk ikut petisi, mohon dibantu, siapa tahu berhasil.
    Terima kasih.

    BalasHapus

© ceritasf 2017. Diberdayakan oleh Blogger.
Back to Top