Jumat, 12 Oktober 2018

ANGKUTAN UMUM SF, DARI YANG ANTIK SAMPAI TERCANGGIH

Keunikan San Francisco tidak berhenti sebatas jembatan Golden Gate, bukit-bukitnya, cuacanya yang stabil sepanjang tahun (tidak terlalu panas, tidak terlalu dingin), melainkan juga sistem transportasi publik. Warga maupun wisatawan bisa leluasa bepergian ke penjuru kota hanya dengan bermodalkan naik angkutan umum (public transit system), termasuk dari dan menuju bandara. Suatu kemewahan di Amerika Serikat ini, di mana biasanya masyarakat mengandalkan mobil pribadi untuk beraktivitas. 

Hal khas lain, Anda bisa mengalami sendiri bagaimana rasanya hidup di abad ke-19, mengingat pemerintah San Francisco masih mengoperasikan moda angkutan yang sudah ada sejak tahun 1800-an. Penasaran? Yuk kita tengok satu per satu.



BART (Bay Area Rapid Transit)


Tarif: bervariasi sesuai jarak tempuh. Misal: SF Airport-downtown $9.65, antarstasiun dalam kota SF: $2.5


BART merupakan sistem angkutan massal cepat (MRT / Mass Rapid Transit) yang menghubungkan San Francisco dengan kota-kota sekitarnya seperti Berkeley dan Oakland. 

Jaringan kereta ini juga menyediakan pilihan akses ke moda transportasi udara, San Francisco International Airport (SFO) dan Oakland International Airport (OAK). Dapat dikatakan naik BART ini pilihan paling ekonomis nan cepat dari / menuju bandara. Jadwal kereta per 15 menit serta butuh kira-kira 30 menit dari SFO ke pusat kota. Stasiun BART di bandara letaknya di Terminal Internasional.    

Di jam-jam sibuk, BART mengangkut puluhan ribu orang untuk berangkat dan pulang kerja, mayoritas dari kota-kota kecil di sebelah Timur SF (biasa disebut East Bay). 
BART berjalan di bawah tanah (subway) sepanjang kota San Francisco. Keluar dari batas kota kebanyakan rel ada di atas tanah. 
Ada 5 rute, Merah, Oranye, Kuning, Biru dan Hijau. Rute Oranye tidak melewati kota SF melainkan hanya di East Bay. 

Tiket BART dijual lewat mesin di pintu masuk stasiun dan tiket tersebut diperlukan saat Anda hendak keluar di stasiun tujuan, jadi jangan sampai hilang. Anak di bawah 4 tahun tidak perlu membeli tiket asal didampingi orang dewasa.


CABLE CARS


Tarif: $7 sekali naik


Julukan angkutan satu ini agak membingungkan bagi orang di luar San Francisco, mengingat biasanya cable car berbentuk kereta gantung seperti bisa ditemui di Ancol ataupun TMII, Jakarta. Cable cars ala SF ini sebenarnya trem, berjalan di atas rel, dan digerakkan / ditarik kabel baja. Supirnya mengendalikan tuas manual guna mengatur jalannya gerbong kereta yang terbuat dari kayu ini.

Sistemnya sendiri sudah beroperasi sejak 1873 dan menjadi satu-satunya trem kabel yang masih beroperasi di dunia. Anda serasa menaiki mesin waktu kembali ke abad ke-19 kalau menumpang Cable Cars di SF. Tidak berhenti di situ saja, kekhasan SF Cable Cars juga dapat dilihat dari penumpang yang diizinkan berdiri di luar gerbong. Sejauh pengalaman CeritaSF, mungkin inilah satu-satunya angkutan umum di negara maju yang membolehkan orang berdiri di luar kendaraan. 
Boleh berdiri di luar gerbong
Hanya ada 3 rute yang dilewati, semuanya berhenti/dimulai dari pusat kota. Rute pertama Powell - Mason, rute kedua Powell - Hyde, kedua rute ini menghubungkan pusat kota dengan daerah wisata Fisherman's Wharf. Sedangkan rute ketiga beroperasi di sepanjang California Street dan tidak melewati daerah wisata populer.

Tarif dibayarkan ke operator, mereka hanya menerima uang tunai dan sebisa mungkin pas jumlahnya karena kembalian tidak selalu tersedia. Anak di bawah 4 tahun gratis.


STREETCARS



Tarif: $2.75 berlaku untuk 2 jam 


Mirip seperti Cable Cars, jenis angkutan ini juga langka di dunia. Bentuknya berupa trem gerbong tunggal yang digerakkan listrik. Armada trem ini mayoritas diproduksi periode 1940 hingga 1950, walaupun ada beberapa peninggalan tahun 1920-an, sehingga julukan resminya "Historic Streetcars" alias trem bersejarah. 
Trem Melbourne di SF

Demi kecukupan armada, kota San Francisco bahkan membeli gerbong-gerbong trem dari seluruh dunia untuk diperbaiki dan dioperasikan. Maka Anda bisa menjumpai streetcars bertuliskan "Milan" maupun dihiasi logo kota Melbourne.     

Rute Streetcars hanya ada dua, F-Line dan E-Line, mayoritas melewati daerah wisata. Tujuan utama trem klasik ini nampaknya memang bagi pelancong, mengingat penduduk SF biasanya memilih moda lain yang jauh lebih cepat. F-Line menghubungkan daerah Castro, pusat kota SF, Ferry Building - Embarcadero waterfront, hingga berakhir di Fisherman's Wharf. Sementara E-Line hanya bergerak di sepanjang Embarcadero, mulai Fisherman's Wharf hingga Mission Bay. 

Tarif dibayarkan lewat mesin tiket di sisi supir. Tidak tersedia kembalian, gunakan uang pas. Anak di bawah usia 4 tahun gratis.


MUNI METRO


Tarif: $2.75 berlaku untuk 2 jam


Ada juga armada trem modern bertenaga listrik yang membelah kota. Nama resminya MUNI Metro, namun warga SF lazim menyebutnya MUNI saja. Satu rangkaian trem biasanya terdiri dari 2 gerbong. Di jam-jam padat orang pergi/pulang kerja rangkaian ditambah lebih panjang menjadi 4 gerbong. Kota SF dilayani 6 jalur MUNI Metro, dibedakan dengan huruf: J,K,L,M,N, dan T. 

Light Rail Transit (LRT) ini berjalan di bawah tanah (subway) dan keluar ke jalan raya begitu lepas daerah pusat kota. Stasiun bawah tanah MUNI Metro ada yang berbagi dengan BART (terletak di atasnya) sehingga memudahkan penumpang yang ingin berganti moda angkutan. Saat meluncur di jalan raya, MUNI Metro berbagi dengan pengguna jalan lainnya, kecuali di jalan tertentu yang cukup lebar maka trem ini terpisah dari mobil dan bis. Uniknya, tempat berhenti trem juga ada yang serupa halte bis biasa, bukan stasiun layaknya LRT di negara lain.
Bagian dalam MUNI Metro

MUNI Metro akan berhenti di tiap-tiap stasiun bawah tanah. Sedangkan saat di jalanan Anda harus menekan tombol atau menarik tali dekat jendela guna memberi isyarat pada pengemudi bahwa Anda akan turun di pemberhentian berikutnya. 

Tiket bisa dibeli di pintu masuk stasiun. Jika Anda bepergian  dibayarkan lewat mesin tiket di sisi masinisnya. Tidak tersedia kembalian, gunakan uang pas. Anak di bawah 4 tahun gratis.
 

BIS UMUM


Tarif: $2.75 berlaku untuk 2 jam


Bis jadi tulang punggung angkutan umum di San Francisco yang jangkauannya sampai ke sudut-sudut kota. Secara umum jalur bis dibagi antara menghubungkan bagian Barat-Timur dan Utara-Selatan. Bis juga menjadi "pengumpan" antara pemukiman penduduk dan stasiun BART atau MUNI Metro. 

Di banyak jalan utama, bis disediakan jalur khusus yang tidak boleh dilewati kendaraan pribadi namun bisa digunakan taksi dan mobil Uber/Lyft (ride hailing service). Jalur ini hanya dicat merah dan tanpa pembatas / separator. Di jalur-jalur padat, frekuensi bis tiap 5 menit sekali; sementara di jalur sepi 20-30 menit sekali. 
Memanjakan pesepeda

Bis yang dioperasikan sangat modern. jenis ramah lingkungan, berupa unit hibrida (hybrid) berbahan bakar biodiesel dipadu baterai serta sejumlah bis listrik (trolley buses). Semua bis kota di SF bisa diakses pengguna kursi roda, dengan sebagian besar armada memiliki lantai rendah hingga lebih memudahkan lagi. Bis juga memiliki rak untuk mengangkut sepeda. Biasanya fasilitas ini sering dimanfaatkan penumpang yang ingin menghindari tanjakan terjal di arah yang ditempuhnya, mengingat kota SF dipenuhi bukit. 

Tarif bis dibayarkan melalui mesin tiket di samping pengemudi dan tidak tersedia uang kembalian. Anak di bawah 4 tahun gratis.

FERRY

Tarif: bervariasi sesuai jarak


Layanan angkutan disediakan juga oleh kapal mengingat kota indah ini berlokasi di teluk. Salah satu rute penyeberangan paling populer menghubungkan dermaga Ferry Building di kawasan Embarcadero San Francisco dengan kota kecil Sausalito di North Bay. Jalur ini juga dinobatkan di urutan kedua perjalanan ferry paling menarik di dunia oleh Society of American Travel Writers. Dalam perjalanan SF-Sausalito Anda akan disuguhi pemandangan Golden Gate Bridge dan pulau penjara Alcatraz.

Beberapa jalur ferry juga dilayani oleh kapal canggih dan mengedepankan fitur ramah lingkungan, seperti: hemat bahan bakar, menggunakan biodiesel, dibantu turbin angin, bahkan menggunakan tenaga listrik dari baterai. 

12 komentar:

  1. Banyak pilihan dan nyaman banget kelihatannya, ya! Share juga dong info tentang health insurance dan pendidikan anak disana..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, San Francisco merupakan salah satu dari sedikit kota di Amerika yang memiliki sistem angkutan umum yang bagus. Silahkan mampir ke blog kami lagi untuk cerita-cerita selanjutnya.

      Hapus
  2. Wah kemaren ke SF cuma sempat naik cable car aja dan uber (mahalnya). Pengen nyoba lainnya enggak ngerti cara beli tiketnya hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Artinya anda harus kembali ke SF untuk mencoba yang lainnya ;)

      Hapus
    2. Aamiin2, semoga tahun depan bisa kembali lagi ke SF :D

      Hapus
  3. Kak mau nanya kalo PR dv ini dapet asuransi ga sih? Kalo dapet gmn cara urusnya yah?

    BalasHapus
  4. Mau tanya min..
    Rencana saya mau ke SF akhir Agustus 2018 ini, ada your guide orang indonesia yg bisa saya request jasanya? Dan kalo bisa yg pake transportasi umum ya preference nya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apabila waktunya pas, kami bisa membantu.

      Hapus
  5. Kami berencana mau ke SF minggu depan dan menginap di Oakland. Mau nanya mengenai BART dari Bandara Internasional ke Oakland apakah bisa langsung dibeli di tempat ataukah harus pemesanan online via aplikasi? Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tiket dapat langsung dibeli di stasiun BART SFO.

      Hapus