Kamis, 16 Maret 2017

MEMBUAT SIM (DRIVING LICENSE - DL) DI AMERIKA

Setelah hampir satu tahun tinggal di San Francisco, akhirnya kami mulai mempertimbangkan untuk membuat surat ijin mengemudi (Driving Licence - DL). Tidak seperti sebagian besar kota-kota di Amerika Serikat yang penduduknya sangat tergantung pada kendaraan pribadi, San Francisco memiliki sistem transportasi umum yang lengkap dan selalu bisa diandalkan. Hal ini membuat kami merasa tidak terlalu perlu memiliki DL untuk mengemudikan mobil pribadi dan memilih untuk menggunakan transportasi umum saat berpergian.

Sama seperti saat membuat kartu tanda penduduk (Identification Card - ID) (Baca artikel kami "Membuat Kartu ID di Amerika"), DL juga dibuat di kantor DMV (Department of Motor Vehicle) yang ada di setiap kota masing-masing negara bagian. Bedanya, selain mengisi formulir dan membayar biaya pendaftaran, ada dua ujian yang harus dilalui untuk mendapatkan DL, yaitu ujian tertulis mengenai teori mengemudikan mobil, peraturan dan rambu-rambu lalu lintas, serta ujian praktek mengemudi.


Berikut langkah-langkah untuk membuat DL sesuai pengalaman kami di California. Untuk negara bagian lain mungkin ada sedikit perbedaan prosedur:
- Membuat janji dengan kantor DMV secara online untuk tes mata dan ujian teori,
- Datang ke kantor DMV sesuai dengan jadwal yang sudah disepakati,
- Mengisi formulir pendaftaran DL 44,
- Memberikan nomor jaminan keamanan sosial (Social Security Number - SSN),
- Memberikan dokumen yang membuktikan nama lengkap dan tanggal lahir,
- Memberikan dua (2) dokumen yang membuktikan alamat tempat tinggal,
- Sidik jari,
- Foto,
- Lulus tes mata,
- Membayar biaya administrasi sebesar $33,
- Lulus ujian teori,
- Lulus ujian praktek.

Suasana ujian teori di DMV California
Ujian teori terdiri dari 46 pertanyaan mengenai peraturan dan rambu-rambu lalu lintas. Untuk lulus ujian tertulis, Anda tidak boleh salah menjawab lebih dari 8 soal (batas nilai kelulusan adalah 82,5%). Anda memiliki tiga (3) kali kesempatan untuk lulus ujian teori. Untuk membantu anda mempersiapkan tes tertulis, DMV California menyediakan kisi-kisi soal yang bisa Anda lihat dan pelajari di sini https://www.dmv.ca.gov/portal/dmv/detail/pubs/interactive/tdrive/exam.

Setelah lulus ujian teori, Anda akan mendapatkan surat ijin latihan mengemudi (a learner permit). Surat ini dapat Anda pakai untuk belajar mengemudikan mobil di jalan raya, asalkan didampingi oleh pengemudi yang berusia lebih dari 18 tahun dan memiliki DL yang masih berlaku. Tidak ada batas waktu minimum yang ditentukan untuk mengambil tes praktek setelah anda mendapatkan learner permitKapan pun Anda siap, anda dapat membuat janji untuk mengambil ujian praktek, bahkan bisa langsung keesokan hari setelah lulus ujian teori. 

Namun yang perlu diperhatikan, Learner permit ini hanya berlaku selama satu (1) tahun. Jadi sebelum izin ini habis masa berlakunya, Anda harus sudah mengikuti tes praktek mengemudi. Jika tidak, Anda harus mengulang seluruh proses dari awal lagi termasuk membayar biaya pendaftaran dan mengulang ujian teori kembali.

Langkah-langkah yang harus Anda lakukan untuk ujian praktek, yaitu:
- Wajib membuat janji dengan kantor DMV secara online untuk mendapatkan jadwal ujian praktek mengemudi,
- Datang dengan membawa kendaraan Anda sendiri (bisa juga meminjam kendaraan dari teman/saudara), serta menyerahkan bukti registrasi dan bukti asuransi kendaraan,
- Ujian praktek.

Anda mempunyai tiga (3) kali kesempatan untuk lolos ujian praktek mengemudi. Apabila Anda gagal pada ujian pertama, anda bisa langsung membuat janji untuk ujian ulangan. Tidak ada waktu tunggu minimum untuk ujian berikutnya, asalkan Anda membuat janji terlebih dahulu untuk setiap ujian. Biaya ujian mengemudi pertama kali sudah termasuk di dalam biaya pendaftaran. Hanya jika Anda terpaksa mengulang uji praktek, biayanya $6 untuk setiap kali tes ulang.

Setelah anda lulus tes mengemudi, anda akan mendapatkan surat ijin mengemudi sementara yang berlaku selama 90 hari. DMV akan mengirimkan DL ke alamat tempat tinggal anda. Apabila anda belum mendapatkan DL anda lebih dari 60 hari, maka anda harus menghubungi DMV untuk menindaklanjutinya.


3 komentar:

  1. Hi saya mau tahu untuk biaya pendaftaran pertama kali yang sudah termasuk uji mengemudi praktek berapa ya?
    Thanks..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biaya pembuatan Driver License di California saat ini (Juli 2019) yaitu $36.

      Hapus
    2. terima kasih untuk infonya :)

      Hapus