Jumat, 11 November 2016

MEMBUAT KTP (ID CARD) DI AMERIKA

Salah satu dokumen yang perlu diurus setelah pindah ke Amerika Serikat (AS) adalah KTP / ID (Identification card) atau SIM / DL (Driver Licence). Kedua kartu identitas tersebut dapat dibuat di kantor DMV (Department of Motor Vehicle) yang ada di setiap kota masing-masing negara bagian. Pada tulisan ini kami membahas mengenai pembuatan ID di California, negara bagian tempat kami tinggal. Untuk negara-negara bagian lain, sebaiknya dicek lagi ke kantor DMV setempat.

IDENTIFICATION CARD (ID)

DMV California mengeluarkan 2 tipe kartu ID. Kartu ID umum berlaku selama 6 tahun dan kartu ID untuk penduduk senior, berusia 62 tahun ke atas yang berlaku selama 10 tahun.


Langkah-langkah untuk membuat kartu ID:
- Mengunjungi kantor DMV setempat (lebih baik mendaftar dan membuat janji terlebih dahulu secara online untuk menentukan jadwal kunjungan ke kantor DMV),
- Mengisi formulir DL 44,
- Memberikan nomor jaminan keamanan sosial (Sosial Securty Number - SSN),
- Verifikasi tanggal lahir dan bukti ijin tinggal,
- Mengambil sidik jari dan pas foto,
- Membayar biaya pendaftaran. Penduduk senior di atas 62 tahun tidak membayar.

Ketika kami mengurus ID di DMV San Francisco, kami baru 1 bulan tinggal di AS. Kartu SSN sudah dikirimkan ke alamat teman kami yang kami pinjam sebagai alamat di AS, namun kartunya sendiri belum sampai ke kami. Green card pun belum kami terima.

Namun hal tersebut tidak menjadi penghalang untuk membuat ID. Kami cukup mencantumkan nomor SSN di formulir pendaftaran (tanpa perlu menunjukan kartu SSN kepada petugas) dan menunjukan cap I-551 di paspor kepada petugas sebagai tanda bukti penduduk tetap sementara.

Tiba di DMV, kami mengantri di bagian pendaftaran. Begitu giliran kami maju, petugas menanyakan tanda bukti ijin masuk dan tinggal di AS yang umumnya berupa formulir I-94. Namun karena kami masuk dengan visa imigran maka kami tidak memperoleh formulir I-94, melainkan cap I-551 di paspor. Kami tunjukan cap tersebut ke petugas DMV, dan tanpa masalah beliau langsung memberikan nomor antrian dan formulir DL 44 yang harus kami isi untuk mendaftar.


Beberapa data pribadi yang harus diisi di formulir A44:
- Nama,
- Alamat,
- Tanggal lahir,
- Nomor jaminan keamanan sosial (Social Security Number - SSN),
- Jenis kelamin,
- Warna rambut / warna mata / tinggi badan / berat badan.

Begitu nomor kami dipanggil, kami maju ke loket dan menyerahkan formulir DL 44 yang sudah diisi. Petugas memeriksa formulir dan menanyakan bukti alamat tempat tinggal. Kami menyerahkan surat perjanjian sewa rumah dan tagihan listrik & gas (PG&E - Pacific Gas & Electric Company) yang mencantumkan nama dan alamat lengkap. Petugas lalu mengembalikan formulir untuk kami tanda tangani. Selanjutnya kami membayar biaya pendaftaran sebesar $28 (2014). Terakhir petugas mengarahkan kami ke tempat pengambilan sidik jari dan pas foto, kemudian selesailah proses pengurusan ID kami.

Kartu ID akan dikirimkan ke alamat rumah lewat pos paling lambat 60 hari sejak mendaftar.

Yang harus dibawa saat membuat identification card (ID):
- Uang tunai atau kartu debit untuk membayar biaya pendaftaran sebesar $29 (2016) (DMV tidak menerima pembayaran dengan kartu kredit),
- Paspor,
- Nomor jaminan keamanan sosial (Social Security Number - SSN),
- Bukti ijin tinggal (Green card atau cap I-551 di paspor untuk imigran; atau formulir I-94 untuk nonimigran),
- Dua (2) macam bukti alamat tempat tinggal (antara lain surat perjanjian sewa rumah, tagihan utilitas listrik/gas/air/HP/internet/TV kabel, dll).


(bersambung:  Membuat SIM (Driving Licence - DL) di Amerika)

14 komentar:

  1. akhirnya CeritaSF update lagi ^^ So happy reading your blog..mau nanya dong, kalau untuk bahasa inggris, ada kendala ga? I mean untuk bahasa2 baku nya seperti saat urus dokumen2 formal begitu? kalo aku daily convo sih lancar, tapi takut planga plongo kalo udah urusan formal2an gituu..btw semoga diversity visa 2018 aku menang yaa supaya bsa menyusul keberuntungan Cerita SF dan mewujudkan american dreams ku :)

    oh ya, ada beda ga sih untuk pendatang seperti ceritaSF saat trump sudah terpilih?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi, terima kasih sudah mampir kembali ke blog kami. Untungnya, tidak seperti Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris yang baku dan tidak baku tidak berbeda tata bahasanya. Asalkan kosa kata anda beragam, mustinya tidak ada kendala.

      Sampai saat ini belum ada perbedaan apapun sejak Trump terpilih, mungkin karena kami tinggal di San Francisco, yang kotanya sangat beragam :)

      Semoga anda beruntung bisa terpilih DV 2018 dan mewujudkan cita-cita anda!

      Hapus
  2. Hi salam kenal.

    It is very nice to read your blog. Saya baru 10 hari di SF dan sudah homesick, heheehe, mau tanya tentang apakah ada komunitas2 warga Indonesia di SF yg bs saya join? I do really wanna make new friends here and hopefully by meeting Indonesian people here can help my homesick, LOL. Thanks for the info and happy holiday :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat datang di San Francisco! Untuk mengetahui kegiatan dan komunitas warga Indonesia, anda bisa ikuti FB KJRI San Francisco. Semoga anda cepat betah tinggal di kota yang cantik ini :)

      Hapus
  3. Halo,mau nanya... untuk berangkat ke Sf. Pertama kali,berapa jumlah modal minimal (uang) yg dibawa utk hidup awal di Sf...selama blm bekerja dan mencari kerja, terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cerita kami mengenai hal ini dapat anda baca di: "Biaya Hidup di San Francisco" http://www.ceritasf.com/2015/06/biaya-hidup-di-san-francisco.html

      Hapus
  4. Mau tanya juga mengenai id ini. Di formulir Hrs diinfo mengenai bukti alamat tempat tinggal. Jika tmpt tinggal nya masih melalui air bnb apa bisa?

    I'd card Jadi kurang lebih 60 hari, apa I'd card sangat dibutuhkan utk melamar pekerjaan atau tidak? Kalau boleh tahu syarat dokumentasi formal yg Hrs dibikin dalam rangka melamar pekerjaan apa saja?

    Kami harus mempersiapkan secara matang sebelum pindah. Thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebaiknya tanyakan dahulu kepada host AirBnB apakah tidak keberatan apabila alamatnya dipakai. Apabila anda masih akan tinggal di AirBnB sampai SSN dan GC anda sampai, atau host-nya bisa dipercaya untuk mengirimkannya ke alamat baru apabila anda pindah, bisa saja pakai alamat AirBnB tersebut.

      Dokumen-dokumen (ID, SSN, GC) diperlukan apabila sudah sampai proses penerimaan formal. Pada saat melamar, anda hanya perlu menyiapkan CV.

      Semoga berhasil!

      Hapus
  5. Jadi sementara siapkan Cv dulu. Baru lamar lamar pekerjaan.
    Apakah ketika kita membuat id, kita sudah dpt id sementara apa harus menunggu kartu fisiknya jadi? Jika menunggu fisiknya jadi, lumayan lama jg 60 hari kita menunggu sblm Bs dpt pekerjaan. Thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak ada ID sementara, jadi harus menunggu kartu ID jadi dan dikirimkan ke rumah. Maksimum 60 hari kartu ID akan diterima, kami mendapatnya hanya sekitar 2 minggu setelah mendaftar.

      Hapus
  6. Hi

    untuk pembuatan ID Card apakah bisa menggunakan alamat tempat tinggal saudara saya karena masih sementara memakai alamat mereka (termasuk untuk Greencard, SSN dll). untuk tagihan seperti listrik/gas/air apakah juga bisa menggunakan milik mereka? Saya tidak tahu apakah untuk lembar tagihan disana tertulis nama pemilik rumah seperti di Indonesia atau hanya nomor pelanggan :)

    Mohon infonya. terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk verifikasi ID Card, anda harus membawa dokumen yang mencantumkan nama beserta alamat anda di Amerika Serikat. Tidak bisa menggunakan dokumen (tagihan/rekening/dll) dengan nama yang berbeda.

      Hapus
  7. Tanpa ID kalau sudah ada SSN uda bisa cari kerja?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa. Namun saran kami begitu anda menetap di sini, sebaiknya langsung membuat ID, sebagai tanda pengenal dan tidak perlu selalu membawa pasport (Indonesia) ketika berpergian.

      Hapus