Selasa, 23 Juni 2015

BIAYA HIDUP DI SAN FRANCISCO

Selain mental, persiapan keuangan juga penting direncanakan jauh-jauh hari sebelum pindah ke Amerika Serikat (AS). Pemenang Green Card Lottery bukan berarti akan ditanggung semua biaya perjalanan, apalagi biaya hidup, oleh pemerintah AS. Green Card hanyalah sebatas ijin untuk tinggal dan bekerja secara legal di wilayah AS.

Sudah menjadi konsekuensi bahwa dengan menetap di salah satu kota terindah di dunia seperti San Francisco (SF), berarti harus siap juga dengan biaya hidup yang tidak sedikit. Tabel di bawah memperlihatkan perkiraan biaya hidup yang diperlukan untuk 3 bulan pertama pindah ke SF. Kota-kota lain di AS, kecuali New York City, kemungkinan besar membutuhkan dana yang lebih sedikit.



Asumsi di atas untuk biaya hidup 3 bulan, 2 orang dewasa, menyewa apartemen tipe studio, dan tidak memiliki mobil.

Selain tiket pesawat dan biaya akomodasi sementara (hotel/losmen atau AirBnB), budget besar lain yang perlu dicadangkan adalah security deposit sewa. Walaupun uang jaminan apartemen tidak hangus dan akan dikembalikan pada saat masa sewa kita berakhir, namun selama periode sewa uang ini akan dipegang oleh pemilik rumah (landlord), sehingga tidak bisa kita gunakan. Besarnya antara 1 sampai 1,5 kali harga sewa per bulan.

Biaya untuk mengisi rumah juga penting disiapkan karena apartemen di sini rata-rata disewakan tanpa furniture. Biasanya pemilik hanya menyediakan dapur (lemari, kompor, dan kulkas). Perabotan dan alat-alat rumah tangga lainnya harus dibeli sendiri oleh penyewa, misalnya tempat tidur, lemari/laci, meja makan, TV, alat-alat makan, perlengkapan memasak, microwave oven, dan lain-lain.

Apabila hidup sudah mulai lebih "teratur" setelah masa transisi, membeli segala furniture dan melengkapi apartemen, pada bulan-bulan berikutnya biaya sewa rumah menjadi komponen pengeluran terbesar. Porsi uang sewa bisa lebih dari 50% total pengeluaran sebulan. Biaya untuk makan kira-kira menghabiskan 22%, untuk keperluan rumah tangga (gas/listrik, internet, alat-alat rumah tangga lainnya) sekitar 8%, dan asuransi kesehatan sekitar 5%. Biaya transportasi (kendaraan umum) dan telepon masing-masing sekitar 3% dari total pengeluaran.

Total dana yang perlu disiapkan untuk 3 bulan pertama pindah ke San Francisco berdasarkan pengalaman CeritaSF bisa mencapai $22.000. Dengan demikian, rencanakan dan persiapkanlah dengan matang dari sisi finansial.

62 komentar:

  1. Balasan
    1. jangan khawatir, yang jadi komponen utama adalah biaya sewa. apabila anda bisa mendapatkan sewa tempat tinggal yang lebih murah, tentu anggaran yang diperlukan jauh lebih sedikit.

      Hapus
  2. terima kasih artikelnya..... sangat bermanfaat

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih kembali sudah mampir ke blog kami :)

      Hapus
  3. Jadi mengurungkan niat ikutan Green Card Lottery .-.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hi, memang banyak yang harus jadi pertimbangan untuk memutuskan pindah dan memulai kehidupan baru, biaya hidup ini salah satunya. semoga cerita kami bisa memberikan perspektif lain sehingga keputusan untuk ikut/gak ikut green card lottery menjadi mantap.

      Hapus
  4. waah saya sangat tertarik hehe semoga tahun ini rejeki saya

    BalasHapus
  5. Mungkin Klo saya bisa tinggal dengan teman yang sudah mempunyai rumah sendiri dan tinggal di sf kemungkinan biaya yang dikeluarkan jauh lebih rendah ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya. tp harus tetap tawarkan ke teman anda untuk berpartisipasi membayar sewa (walaupun mungkin harganya di bawah harga pasar), supaya enak dan dia tidak nombok :)

      Hapus
  6. aktifiats cerita SF disana apa ya 3 bulan pertama, apakah sudah bisa cari pekerjaan untuk mengurangi beban, karena bosan juga diapartemen saja, trus pekerjaan apa yang bisa kita dapat ?

    trima kasih sharenya

    BalasHapus
    Balasan
    1. banyak aktivitas yang bisa dilakukan di sini sehingga tidak bosan. kami mencoba untuk mencari pekerjaan sesuai dengan latar belakang, minat dan cita-cita. pertama, menambah ilmu dengan belajar, beberapa bulan awal perpustakaan menjadi tempat favorit. kemudian ikut pelatihan yang sesuai dan bisa menunjang profesi, sambil membangun jaringan.

      pekerjaan yang bisa didapat tentulah yang sesuai dengan latar belakang dan keahlian kita masing-masing :)

      Hapus
    2. pelatihan apa pak yang diikuti?

      Hapus
    3. Saat itu saya mengikuti Barista Bootcamp.

      Hapus
  7. Gimana dengan SSN, apa bisa memperolehnya waktu udah dapet GC? Trus GC yang kita peroleh kan harus di kirim ke alamat tujuan di amerika. Lha kalo sekarang posisi masih di indonesia. Gimana cara memperoleh alamat amerikanya? Ikut GC lottery kan nggak harus punya relative di USA kan? Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. ssn akan dikirimkan langsung (sekitar 2-4 minggu) setelah kita masuk ke as (cerita kami tentang ssn ada di sini: http://www.ceritasf.com/2015/05/social-security-number-ssn.html). apakah anda salah satu pemenang dv lottery? setelah menang memang harus mencantumkan alamat di as untuk pengiriman ssn & gc. sebaiknya mencari saudara / teman yang tinggal di as yang bisa dipercaya untuk "meminjam" alamat mereka.

      Hapus
    2. Ikutan lottery aja belum..btw thanks infonya

      Hapus
  8. Terima kasih atas sharingnya, blog yg bagus. Alamat apa yg bs digunakan kl tdk memiliki tmn/kerabat/sdr sbg pemenang green card?
    Ternyata proses dan biaya green card pun tdk mudah yach.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama2, terima kasih kembali sudah mampir di sini. Nanti kalau sudah menang DV Lottery, coba cari teman2 (atau temannya teman) dari FB yang tinggal di Amerika dan bisa dipinjam alamatnya. Justru karena tidak mudah, jadi seru menjalaninya :)

      Hapus
  9. Thanks for ur information
    Waw america , I love USA !!!
    Probs when I was 24 years old I wanted to move into USA
    Uuummm klo skrg sih bru umur 19 tahun single ,probs jika saya pergi sendiri tanpa partner tidak terlalu tinggi x yh mas tentang biaya kehidupannya .

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih sudah mampir ke sini. semoga tercapai cita-citanya ya.

      Hapus
  10. kira2 klo mencari pekerjaan mudah, apa susah yah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. tergantung latar belakang pendidikan, pengalaman, dan pekerjaan apa yang diinginkan.

      Hapus
  11. Slamat sore pak SF,

    Apakah untuk sementara bisa tinggal di tempat pak SF seandainya terpilih dan berangkat ke USA. Terimakasih

    BalasHapus
  12. Mas, minta sedikit info, sy kan mau upload foto, apakah foto yg diupload hanya foto yg apply atau pas foto semua anggota keluarga? Mohon dibantu ya mas.. Trus mau tanya mas kl misalnya dpt loterynya untuk daerah penempatan apakah bole milih or ditempatkan lgsg ole usanya? Tq ya infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. foto masing-masing seluruh anggota keluarga harus dimasukan. anda bebas memilih daerah tempat tinggal yang diinginkan, tidak ada penempatan apapun dari pihak AS.

      Hapus
  13. Mengenai biaya pindah dan sewa tempat tinggal yang cukup tinggi apakah ini karena SF menyewa studio ya, apabila hanya menyewa kamar dengan kapasitas 2 orang mungkin jauh lebih hemat,,, Lalu mengenai 'salary' di Amerika apakah sesuai upah minimum per jam yang diberikan dengan biaya hidup disana? (yang saya ketahui sistem pengupahan di Amerika mengunakan "pay per hour". Karena jika membandingkan biaya hidup SF dengan upah/standard salary di Indonesia, maka terlihat perbedaan yang signifikan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. terus terang kami tidak pernah mencari info & membandingkan dengan harga sewa kamar karena kami mengutamakan privasi.

      upah minimum di california (2015) $9/jam dan di san francisco $12,25/jam, sejauh ini kami merasa cukup.

      Hapus
  14. bekerja di amerika apakah bisa memilih waktu kerjanya? misalnya saya cuma mampu berkerja 6 jam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa saja, tergantung jenis pekerjaan dan peraturan di tempat kerja masing-masing.

      Hapus
  15. Hai SF, ingin mengetahui mengenai asuransi kesehatan.
    Apakah jenis asuransi kesehatan yang diambil oleh SF?
    Seperti yang kita ketahui biaya kesehatan di negara maju tergolong mahal, maka sebaiknya jenis asuransi kesehatan macam apa yang sebaiknya kita pilih?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Ricky, terus terang kami belum pernah memilih asuransi kesehatan sendiri. Asuransi yang kami miliki saat ini dari perusahaan.

      Hapus
    2. Dear CeritaSF,
      Mengingat biaya berobat/pemeriksaan kesehatan yang cukup mahal di USA, maka memiliki asuransi kesehatan menurut saya adalah satu hal yang teramat penting kita miliki jika kita tinggal di sana. Mohon referensi dari CeritaSF asuransi yang bagus yang sebaiknya kita miliki, dan kapan sebaiknya serta bagaimana cara kita untuk mengikuti asuransi tersebut. Terima kasih sebelumnya. Salam.

      Hapus
    3. Asuransi harus dimiliki ketika mulai tinggal di AS. Banyak sekali pilihan asuransi di sini. Yang perlu diperhatikan pada saat memilih asuransi terutama adalah biaya (premi, deductible, out-of-pocket) vs manfaatnya. Anda bisa memulai mencari asuransi yang tersedia di marketplace di kota/state tempat anda tinggal, misalnya di California ada MediCal atau Covered California.

      Hapus
  16. Hi SF, kalu saya mau daftar tahun ini ,berarti saya harus nunggu bulan oktober?


    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, betul. pendaftaran dibuka bulan Oktober.

      Hapus
  17. hi...saya sudah mencoba dv lott puluhan kali dan belum berhasil, apakah ada kiat khusus untuk bisa mendapat GC lewat dv lott ?

    thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak ada kiat apapun, semuanya murni keberuntungan dan jalan dari Tuhan.

      Hapus
  18. saya bbrp waktu lalu pernah isi aplikasi tapi bukan di situs resmi DV tapi agent (nama agentnya GreenCard Point), kemaren salah satu orangnya menelpon saya dan bilang akan bantu/assit untuk daftar dan prioritaskan undian untuk saya selama 4 kali lottery,, dia meminta bayaran 400Usd untuk bantuan tsb untuk dua aplikasi (saya dan istri), pas saya diminta ID kartu kredit saya langsung tolak krn takut Scammer,, apakah benar ada agent yg trusted yg bisa bantu masukin aplikasi kita tsb?? thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa saja ada agen yang membantu memasukan data anda dengan bayaran tertentu, namun tidak berarti anda akan mendapat prioritas undian. sebaiknya anda mengisi aplikasi sendiri: mudah, gratis, dan tanpa ada resiko ditipu.

      Hapus
  19. Saya lihat website untuk persewaan rumah,, ada tulisan $2400 / br, itu maksudnya gimana? misalkan saya kerja dapat gaji $12.25 per jam, apakah saya mampu menyewa tempat tersebut? terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasanya ditulis $2,400 / 1br - 500 sf, artinya harga sewa per bulan $2.400, untuk rumah 1 kamar tidur (br - bed room) dengan ukuran 500 square feet (46 m2). apabila menggunakan rule of thumb 30% dari penghasilan anda untuk membayar sewa, anda harus memiliki penghasilan $8.000 per bulan untuk mampu menyewa unit tsb.

      Hapus
    2. baik terimakasih. pekerjaan apa yang memungkinkan, untuk 2 - 3 bulan pertama? dan kira2 perbulan dapat berapa? kemudian, untuk memilih kota tempat tinggal, apakah murni kita yang memilih sendiri? ada saran dalam hal memilih kota? terimakasih

      Hapus
    3. pekerjaan sangat tergantung dari skill dan pengalaman yg anda miliki, begitu pula dgn besarnya pendapatan tergantung dari jenis pekerjaan yang anda dapatkan.

      ya, kota yang akan menjadi tempat tinggal murni pilihan kita sendiri. pertimbangan dalam memilih kota bisa karena ada kerabat, lokasi pekerjaan, cuaca, biaya hidup, dll. untuk memperbandingkan kota-kota tsb, anda bisa cari informasinya di internet.

      Hapus
  20. Bagaimana mencari pekerjaan di SF , karena saya belum mempunyai ssn
    Apakah ada agent pekerjaan yg bisa mencari kan pekerjaan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kami tidak tahu agen yang bisa mencarikan pekerjaan ataupun pekerjaan yang bisa didapat tanpa SSN. Informasi lowongan pekerjaan salah satunya bisa dilihat di craigslist.

      Hapus
  21. malam saudara SF ~ 1 bangsa & 1 tanah air
    soal biaya hidup itu tergantung dimana qt akan tinggal & bekerja, kl anda tinggal dikota besar tentu biaya hidup akan mahal beda halnya bila tinggal di small town/village beban cost akan kecil...itu terasa oleh saya koq waktu saya kerja disana dg visa H2B. coba kenali lingkungan anda & di san fransisco banyak koq apartment yang murah&all in include water,gas,electric jadi anda bisa tekan living cost disana. disana juga ada tempat membuat id card& SSN untuk pendatang haram alias alien illegal worker, mereka bisa ksh referensi dmn apartment yang murah tapi g jelek2 amat kamarnya. sukses terus ... smoga taun ini saya bisa mengikuti jejak anda ikut dv program. i'll there wait for me.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hi, anda benar, biaya hidup tergantung di mana kita tinggal dan memang sewa tempat tinggal di san francisco sekarang adalah yang termahal di as.

      maaf, kami tidak bisa memberikan masukan mengenai ijin tinggal ilegal. sukses juga untuk anda, semoga berhasil!

      Hapus
  22. Hi SF, mau tanya utk cari kerja di sana apakah ijazah s1 indonesia diakui? Kalau tidak, apa artinya kita hanya bisa mendapat pekerjaan yg kategori unskilled? Kalaupun ada kursus2, apakah setelah lulus bisa mendapat pekerjaan yg selevel dg lulusan s1 disana? Mohon share pengalaman dan pengetahuanya. Makasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi, untuk mendapatkan pekerjaan, selain ijasah, pengalaman & kemampuan/skill juga diperhitungkan. Jadi bisa saja dengan ijasah S1 di Indonesia mendapat pekerjaan "kantoran" di sini.

      Hapus
  23. Hi SF, saat terpilih mendptkan GC via lottery ini, namun di USA kita menetap di tempat tinggal kerabat, apakah diperbolehkan oleh system ? tks

    BalasHapus
  24. Pak, pernah ada pengalaman part time ga? mungkin sebagai dish washer,food serving, dll ?
    Kira-kira pekerjaaan part time seperti apa yang hanya membutuhkan kemampuan inggris yang minim?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, dengan kemampuan Bahasa Inggris yang terbatas, anda bisa bekerja sebagai pencuci piring. Sedangkan untuk menjadi pelayan rumah makan, Bahasa Inggris anda harus lebih baik. Kami tidak ada pengalaman part time seperti itu.

      Hapus
  25. Pak , mau tanya
    Kira-kira pasaran harga mobil bekas di negara bagian California berapa ya pak?
    Dan bagaimanakah persyaratan untuk mendapatkan SIM mobil amerika?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan anda Google mengenai harga mobil bekas. Untuk mendapatkan SIM anda harus mendaftar ke kantor DMV dan lulus tes tertulis maupun tes mengemudi.

      Hapus
  26. pak SF,perkenankan saya untuk sedikit bertanya,sepengetahuan bapak apakah pekerjaan di sektor hospitality industri (perhotelan)cukup terbuka di amerika?kebetulan saya memiliki skill sebagai room attandent,terimakasih blog anda sangat informatif,semoga bapak dan keluarga senantiasa di berkati

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seharusnya banyak kesempatan untuk bekerja di sektor perhotelan, karena industri pariwisata di Amerika besar.

      Hapus
  27. mr.SF,terimakasih blog anda sangat informatif,izinkan saya mengajukan sebuah pertanyaan untuk memperluas pandangan saya,apakah di amerika peluang bekerja di bidang hospitality industry cukup terbuka? secara ajaib saya memiliki skill sebagai room attendant di hotel bintang 4 lebih dari 5 tahun,oya satu lagi pak,bagaimana step2 untuk bisa di sponsori oleh perusahaan di amerika,semacam apakah kemampuan luar biasa yang seperti apakah yang di buru oleh amerika.terimakasih semoga mr.SF sekeluarga senantiasa dalam keberkatan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seharusnya banyak peluang untuk bekerja di sektor perhotelan, karena industri pariwisata di Amerika besar. Maaf, kami kurang tahu mengenai kriteria yang diharapkan, karena tergantung dari masing-masing hotel / perusahaan.

      Hapus