PENGALAMAN PEMENANG GREEN CARD LOTTERY 2019 (4)

Selasa, 03 Desember 2019
Kami kembali mempersilakan salah seorang pemenang Green Card Lottery untuk membagikan pengalamannya di sini. Satu hal bisa kita ketahui yaitu mitos 'case number' besar tidak berpeluang lolos ternyata tidak benar. Ternyata rekan kita ini berhasil memperoleh green card walaupun nomor urutnya di kisaran 14 ribu sekian.


"Pertama kali saya tahu tentang lotere ini ketika saya masih SMP, yaitu sekitar periode '90-an. Kalau tidak salah waktu itu awal program DV Lottery bergulir dari pemerintah AS.

Ketika itu yang ikut kakak-kakak saya sedangkan saya masih kecil sehingga tidak terlalu tahu juga prosesnya seperti apa; sepertinya masih pakai metode surat-menyurat. Saat itu mereka tidak terpilih.


Singkat cerita saya sudah lupa dengan DV Lottery sampai sekitar tahun 2007-an saya kembali tertarik ikut, hanya belum terlalu serius. Daftar jika ingat, cek pengumuman pas ingat, itu juga kalau nomor referensinya masih disimpan.

Dari beberapa kali mendaftar ini tidak ada satu pun yang lolos (atau kalaupun pernah lolos mungkin terlewat dicek). Begitu terus sampai tahun 2017 saya coba ikut untuk DV2019. Istri ikut pula mendaftar sehingga kami punya 2 nomor lotere.

Beberapa minggu setelah pengumuman DV Lottery di bulan Mei 2018, saya ingat dan mulai cek online. Puji Tuhan, wow, saya dapat kata-kata cinta yang ditunggu-tunggu. Tidak menyangka, submission saya statusnya 'selected' sementara submission istri 'not selected'. Waktu itu perasaan saya bercampur antara kaget, senang, dan juga bingung serta kuatir. Hahaha, biasa lah terkena comfort-zone syndrome. Ini adalah 1NL saya.


Perasaan gembira itu ternyata tidak lama, karena setelah baca-baca informasi yang berstatus 'selected' belum pasti mendapat green card.  Sebabnya bisa karena banyak faktor, mulai dari urutan 'case number', kelengkapan dokumen, hingga jadwal interview. Saya mendapat 'case number' yang besar, 14 ribu sekian. Dari informasi yang saya peroleh, belum ada sejarahnya di tahun-tahun sebelumnya ada yang "tembus" di urutan itu. Maksimal kalau tidak salah paling besar nomor 10 ribuan. Jadi yang saya lakukan waktu itu cuma menunggu dan menyimak 'Visa Bulletin' tiap bulan sambil berharap nomor saya bisa 'current' secepatnya.


April 2019 saya menerima e-mail dari KCC untuk memasukkan dokumen lanjutan. Seingat saya yang diminta sebagai berikut: scan paspor halaman depan, akte lahir beserta terjemahan jika diperlukan, dan SKCK (yang diurus ke Mabes Polri, Jakarta).


Walaupun Visa Bulletin juga masih jauh dari status 'current' untuk 'case number' saya, tapi karena diminta maka segera kami siapkan dan dalam waktu kurang dari seminggu kami sudah kirimkan dokumen yang diminta via e-mail. Awal Mei 2019, saya mendapatkan e-mail kembali dari KCC yang mengatakan bahwa dokumen telah diterima secara lengkap.


Sejak saat itu saya sering login ke CEAC untuk cek status. Pertengahan Juni 2019 saya cek kembali dan puji Tuhan saya sudah mendapatkan jadwal wawancara di Kedutaan AS pada awal Agustus. Ini adalah 2NL saya. Hingga saat itu perasaan saya lebih lega, karena alokasi visa sudah pasti ada, tinggal "masalah interview" saja.


Selang beberapa hari saya dan istri melakukan 'medical check-up' di RS Bintaro. Biayanya kurang lebih Rp 8 juta untuk 2 orang. Setelah itu kami fokus untuk menyiapkan semua dokumen, baik yang penting, yang dirasa penting, yang kurang penting, hingga yang tidak penting. Termasuk kami menyiapkan terjemahan dokumen. Sampai-sampai untuk menerjemahkan saja kami habis sekitar Rp 800.000 karena hampir semua dokumen dibuatkan terjemahannya. We hope for the best and prepare for the worst.


Pada hari wawancara kami berangkat dan tiba sekitar 30 menit lebih awal. Setelah 'security screening' kami diarahkan ke gedung di mana proses wawancara akan dilakukan. Awalnya kami dipanggil ke loket untuk menyerahkan dokumen yang diminta. Pihak Kedutaan AS ternyata meminta dokumen beserta terjemahannya sesuai persyaratan DV Lottery saja, sangat simpel.


Setelah itu kami harus membayar biaya visa per orang $330. Pihak kedutaan di Jakarta saat itu hanya menerima uang tunai atau kartu kredit Visa/Master Card, tidak bisa menggunakan kartu debit.


Selesai proses pembayaran selanjutnya kami menunggu dipanggil. Wawancara berlangsung singkat, mungkin kurang dari 5 menit. Di akhir percakapan kami menerima kertas putih yang berisikan tulisan: “Congratulations!” dan beberapa langkah yang mesti dilakukan selanjutnya.


Mantaplah!


Kami cepat-cepat "kabur" dari US Embassy sebelum pewawancara dari kedutaan berubah pikiran, hahaha…


Berselang seminggu, paspor kami dikembalikan lewat Fedex beserta dokumen lain dalam amplop coklat bersegel. Jangan coba-coba dibuka, amplop ini mesti kita serahkan ke petugas imigrasi AS di POE (point of entry).


Sehabis itu kami persiapkan bekal dan menyelesaikan pekerjaan yg ada di Indonesia; melakukan pembayaran tagihan-tagihan dan sebagainya. Kami ingin memastikan pada saat sampai di Amerika Serikat jangan sampai masih ada yang terlupa belum dikerjakan di Indonesia.


Akhir Oktober 2019 kami terbang ke AS. Kami tiba di San Francisco sebagai POE. Proses imigrasi sangatlah mudah.


Salam kenal buat CeritaSF dan sukses selalu buat kalian!"

55 komentar:

  1. Congratulations buat anda yang sudah menjejakkan kaki di USA!
    Terhibur juga membaca artikel ini yang menyebutkan bahwa mitos case number besar tidak berpeluang lolos ternyata tidak benar...sebab case number saya 'sangat besar sekali' dan saat ini saya pun sedang menunggu kabar baik selanjutnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga berhasil dan segera mendapatkan kabar baik!

      Hapus
  2. Hai mau tanya, saya kelewat daftar untuk 2021, annti akan coba ditahun ini oktober untuk 2020.
    Yang ingin saya tanyakan, kalau misalnya saya daftar dengan istri, saya menang, sedangkan istri tidak, atau sebaliknya.
    Itu gimana ya? Apa berarti yang boleh berimigrasi ke USA hanya salah satu atau bisa dua-duanya? Sebab ini case diatas yang dapat suami kan? Istri tidak dapat?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Walaupun hanya salah satu yang menang, anda dan pasangan beserta anak-anak di bawah 21 tahun semuanya akan mendapatkan Green Card.

      Hapus
  3. Hai sy mau tanya, nomer sy 93xx, sy liat bln feb tetapi blm current, januari jg blm current. Kalo mau liat NL2 jadi dimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Case number anda sudah current bulan Februari, coba anda log-in ke DV website untuk mencek NL2. Apakah anda sudah mengirimkan dokumen-dokumen ke KCC?

      Hapus
    2. Sy blm mengirim documen,sy baca hrs menunggu email dr mrk dulu.
      Log in ke DV website,maksudnya bgmn ya?
      Thamks bantuannya🙏

      Hapus
    3. Anda bisa cek status di website CEAC atau https://dvprogram.state.gov/. Anda bisa juga email KCC apabila belum menerima kabar dari mereka dan case number sudah current.

      Hapus
    4. Ok. Terima kasih infonya🙏🙏🙏

      Hapus
    5. Maaf mau tanya lg. Apakah sy & suami perlu buat SKCK??

      Hapus
    6. Tidak perlu:

      "Police Records
      Unavailable for applicants inside and outside Indonesia. Indonesian police certificates require initial processing at a local or village level, which is nonstandard in nature, can be subject to capricious decisions by officials and may require nonofficial payments to proceed further."

      Sumber: https://travel.state.gov/content/travel/en/us-visas/Visa-Reciprocity-and-Civil-Documents-by-Country/Indonesia.html

      Hapus
  4. Permisi kak, setelah baca2 blog ini daru awal sampe akhir saya makin tertarik untik menguji peruntungan saya di lotre greencard, menerut kakak apakah saya sudah termasuk terlambat jika daftar lotre greencard di tahun 2020 ini dimana umur saya sudah 25tahun?

    Satu lagi kak, apakah saya boleh mengetahui akun lain seperti instagram atau mungkin jika ada channel youtube agar saya bisa mendapatkan informasi lebih selain dari blog ini? Terimakasih 🙏🙏🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah mampir ke sini. Tidak ada batasan umur untuk mendaftar, jadi anda tidak terlambat apabila sudah berumur 25. Namun, pendaftaran DV Lottery dibuka hanya dalam jangka waktu tertentu, yaitu setiap bulan Oktober. Jika mau mendaftar, anda harus menunggu sampai pendaftaran DV Lottery 2022 dibuka, yaitu bulan Oktober 2020.

      Instagram kami: @ceritasf. Terima kasih kembali.

      Hapus
  5. Hai Cerita SF,saya boleh tanya. Kami sekeluarga sudah aktivasi greencard December 2019. Kembali ke jkt januari krn anak2 masih harus seleseikan sekolah. Rencana kita kembali ke US Juni 2020. Tp mengingat maraknya kasus coronavirus,kami agak khawatir. Dari surat yg kita terima di imigrasi kami boleh kembali 1 tahun setelah menginjakkan kaki di US. Kalo kami kembali December apakah masih bisa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seharusnya bisa. Namun sebaiknya anda menghubungi Kedutaan Besar AS untuk mengkonfirmasi hal ini.

      Hapus
  6. Hallo pak...saya mau tanya kemarin hari kamis saya dapat email dari KCC untuk jadwal interview saya di bulan mai mendatang... saya sudah persiapkan semuanya... tiba2 tadi pagi ( sabtu ) saya mendapatkan email lagi dari KCC , mereka meng cancel jadwal interview saya karena masalah covid 19 yg sedang melanda dunia dan mereka meminta maaf untuk masalah ini dan mereka tdk memberitahukan sampai kapan di cancelnya ... jujur saya agak kaget dan sekarang saya bingung akan status green card saya karena yang saya tau masa berlakunya atau time limit nya sampai akhir september 2020...

    Boleh minta masukkan pak untuk masalah ini dan bagaimana dengan status green card saya jika sampai bulan september blum ada panggilan lagi untuk jadwal interviewnya..


    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kajadian seperti sekarang adalah pertama kalinya dalam sejarah. Yang bisa kita lakukan sekarang hanyalah menunggu. Semoga anda mendapatkan jadwal wawancara sebelum 30 September 2020.

      Hapus
    2. Amin, Terima kasih pak untuk supportnya.. stay healthy untuk kita semua GBU

      Hapus
  7. Kami jg jadwal interview dibatalkan bln mei. Kita berdoa aja, biar covid 19 cepat berlalu. Semua yg sakit Tuhan sembuhkan...Amin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin. Semoga pandemik COVID-19 ini bisa segera berlalu dan semua rencana bisa terlaksana.

      Hapus
  8. Hi Cerita SF!
    Pengumuman DV2021 diundur menjadi 6 Juni. Karena Pandemik, saya lihat di berita tingkat pengangguran naik tertinggi dalam sejarah. Apakah kira2 masih ada harapan bagi para pemenang DV2020 dan calon pemenang DV2021 untuk mendapat pekerjaan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi, memang kondisi sekarang dengan adanya Covid-19 sangat mempengaruhi perekonomian dunia, termasuk di AS. Kesempatan untuk mencari pekerjaan tentunya semakin sulit, namun bukan berarti tidak ada harapan sama sekali.

      Hapus
  9. Halo kak, saya mau tanya kebetulan saya sudah mendaftar di bulan november 2019 dan itu utk dv2021 nah berdasarkan screenshoot nomor registrasi yg saya simpan itu bisa di cek dibulan mei 2020 ini tapi kenapa saat ingin cek status msh dv2020 yaa kak? Sdgkan nomor regis saya dv2021, dan kebetulan kalau saya tidak salah baca ada tertulis agar dicek di juni 2020 ini.. Apa karena ada corona maka diundur utk dapat cek status nya yaa, mohon pencerahan nyaa ya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, pengumuman pemenang DV Lottery 2021 diundur karena Covid-19 dan baru dibuka tanggal 6 Juni 2020. Anda bisa mengecek status anda sekarang. Semoga berhasil!

      Hapus
  10. Bro, mau tanya, kl web site CEAC dimana link nya?
    kl mau tahu bahwa case number saya sdh curren atau belum, gimana caranya? saya sdh lihat di visa bulletin, tapi tidak paham bacanya. mohon dibantu, terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi, anda bisa mengakses website Visa Buletin di https://travel.state.gov/content/travel/en/legal/visa-law0/visa-bulletin.html.

      Setelahnya anda bisa memilih "Current Visa Bulletin", untuk membuka visa buletin bulan terakhir yang sudah diterbitkan.

      Lalu anda bisa scroll down sampai menemukan: "THE DIVERSITY (DV) IMMIGRANT CATEGORY RANK CUT-OFFS WHICH WILL APPLY IN (NEXT MONTH)".

      Terakhir, anda cek "All DV Chargeability Areas Except Those Listed Separately". Apabila case number anda lebih kecil daripada angka yang tercantum di Region ASIA, maka CN anda sudah current.

      Hapus
    2. Hi, CeritaSF...apa kabar, mudah2-an selalu baik meski kita semua masih dalam kondisi 'berperang' melawan Covid-19.
      Melihat website Visa Bulletin June 2020 untuk Region Asia, all DV statusnya sudah current ya...berarti tahap selanjutnya menunggu permintaan untuk tes kesehatan serta panggilan untuk interview ya.
      Oya, adakah perubahan yg signifikan dalam proses DV Lot ini (terkait pandemi Corona) sampai pemenangnya berangkat dan tiba di AS?

      Hapus
    3. Betul, bulan Juli semua region Asia sudah current, jadi secara teori semua pemenang dari Asia akan mendapatkan jadwal wawancara. Namun dengan adanya pandemi ini, jadwal wawancara selama bulan Maret sampai dengan sekarang (Juni 2020) berhenti, sehingga terjadi penundaan proses visa, termasuk untuk Diversity Visa (DV). Semoga setelah Kedutaan Besar AS dibuka kembali, semua pemenang DV 2020 bisa mendapatkan jadwal wawancara sebelum akhir September 2020.

      Hapus
  11. Halo Ka,
    Ka boleh saya tanya? Tahun 2019 saya daftar DV lottery. Doain sya ketrima DV lottery. Tahun 2020 pengumuman hasil pemenang 6 juni . Utk mengikuti interview di tahun ini juga apa di tahun dpn? Interview bisa tahun dpn lg? Brp lama nunggu interview dari hasil pemenang. Setelah interview lolos berangkat Di tahun 2021 atau 2022?. Pas mendaftar DV lottery masuki Nama yg Ada Di passport. Permasalahannya di passport Ada name keluarga. Di kk, KTP, akte lahir gak Ada name keluarga jd gmn? Apa yg hrs berbuat? Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apabila anda terpilih menjadi salah satu pemenang DV Lottery, wawancara akan dilakukan mulai bulan Oktober 2020 sampai September 2021 secara berurutan sesuai Case Number. Setelah anda lolos wawancara, anda memiliki waktu 6 bulan untuk berangkat ke AS sebelum visa anda hangus. Nama sesuai dengan akte lahir dan ijazah.

      Hapus
  12. Halo,numpang tanya case# 2021AS325XX an, apa masih ada kesempatan untuk interview? Terima kasih.

    BalasHapus
  13. Hallo pak,

    saya sedang menunggu email untuk jadwal ulang interview saya yg ke pending di bulan mai lalu..
    Apakah kantor KCC disana sudah mulai aktif kembali...? Jika kantor KCC sudah mulai aktif kembali apakah kedutaan amerika juga sudah mulai buka kembali..?

    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Sonya, kantor KCC di AS sudah dibuka, namun Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta masih belum buka untuk pemrosesan visa. Untuk lebih detilnya, silahkan baca artikel "Kapan Jadwal Wawancara Untuk DV Lottery 2020?" di blog kami.

      Hapus
  14. Hallo apa kabar ceritaSF...? Semoga sehat selalu..
    sekarang ini saya masih menunggu dijadwalkan ulang kembali untuk interview karena kemaren sempat di cancel oleh KCC dan kedutaan... nah apakah kantor KCC disana sudah mulai aktif lagi...? Mengingat sudah diumumkannya DV 2021...? Kalau kantor KCC sudah aktif apakah kedutaan juga sudah buka...?

    Terima kasih

    BalasHapus
  15. Kak, mau nanya :
    - saya apply buat saya dan anak saya yg dibawah umur 21 thn . Tapi saya gak daftarin suami. Dibolehin gak kak ?
    - anak saya yg dibawah umur 21 thn apply tersendiri

    Sekiranya dua duanya jadi pemenang. Bisa diskualifikasi karena anak saya terdaftar di saya . Dan satunya lagi daftar terpisah.

    Mohon petunjuk kak . Terima kasih. Stay healthy

    BalasHapus
    Balasan
    1. - Anda harus mendaftarkan suami pada aplikasi DV Lottery. Jika tidak maka aplikasi anda akan didiskualifikasikan.
      - Kalau anak anda sudah lulus SMA atau memiliki pengalaman kerja 2 tahun, dia bisa mendaftar sendiri. Tidak masalah apabila dia mandaftar dan juga ikut dalam pendaftaran anda.

      Hapus
  16. Halo,
    tahun ini dibuka pendaftaran nya oktober ya Pak? Untuk tahun 2022.
    Tgl berapa ya? Dan linknya untuk tahun ini dimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tanggal 7 Oktober nanti di https://dvprogram.state.gov/.

      Hapus
  17. Saya punya istri dan 1 anak balita.
    Jadi lebih baik saya daftar 2x ya?
    Satu dengan nama Saya (istri dan anak balita didaftarin)
    Kedua dengan nama Istri (saya dan anak balita didaftarin)

    Apa labih baik 1 entry saja?

    Soalnya dengar2 yang terbaru tidka boleh double?

    Terima Kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul. Anda bisa memasukan pendaftaran atas nama anda dan satu lagi atas nama istri anda.

      Hapus
  18. Penguguman DV 2022 berarti bulan juni 2021 ya?
    Kalau seandai nya menang, wawancara antara oktober 2021 sampai september 2022 ya?
    Selanjutnya berangkat max 6 bulan setelah dapat visa nya ya?

    Setelah di USA, semisal masih ada urusan di Indo, bisa kembali dulu ke Indo, lalu max untuk pergi ke USA nya lagi brp lama ya? 1 tahun kah batasnya?

    Maaf nanya-nanya terus, padahal belum tentu menang hehe, seenganya sy bisa tahu informasinya, menang ga nya, ya belakangan, daftar terus saja tiap tahun.

    Terima Kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Biasanya bulan Mei, kecuali ada hal-hal tertentu sehingga diundur.
      2. Betul.
      3. Harus berangkat ke AS sebelum visa dan hasil tes kesehatan lewat batas waktu, biasanya 6 bulan setelah diterbitkan, bisa kurang dari 6 bulan juga.
      4. Betul.

      Hapus
  19. Ka mau tanya..
    Saat ini saya sdg hamil 7 bulan..perkiraan lahiran Desember 2020 ..saya sudah punya 1 anak usia 3tahun..jika memang Tuhan izinkan saya menang....data2nya bagaimana ka? Krn kan yang bisa dimasukkan datanya baru suami dan anak pertama ...mohon bantuan infonya ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pada saat mendaftar, hanya masukan data suami & anak pertama. Apabila anda menang, data anak kedua bisa ditambahkan pada saat anda mengisi formulir visa imigrasi DS-260.

      Hapus
  20. Pak. Case number bisa taunya darimana? Setelah pengumuman atau waktu pendaftaran?.
    Kalau menang, yg berangkat bs saya sendiri dahulu atau wajib ikut anak dan istri?
    Trimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Case number diberikan pada saat sudah terpilih menang. Pemenang utama DV Lottery bisa berangkat lebih dahulu dan pasangan serta anak-anak bisa menyusul sebelum masa berlaku visa berakhir.

      Hapus
  21. Pak, hanya saya saja yang berangkat dan kalau pasangan dan anak2 tidak ke AS setelah visa berakhir, konsekuensinya bagaimana ya dikemudian hari?
    berapa perkiraan biaya saya dan istri dan 2 anak kami apabila pindah ke AS ?
    kendala bahasa Inggris bagaimana pak untuk pindah dan mencari kerja? karena bahasa inggris kami tidak terlalu lancar.
    terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apabila pasangan & anak-anak tidak menyusul, mereka tidak akan mendapatkan Green Card. Biaya yang dibutuhkan untuk pindah dan biaya hidup sementara sebelum mendapatkan pekerjaan kira-kira $10.000 per orang dewasa. Penguasaan dasar Bahasa Inggris diperlukan untuk bertahan hidup dan mendapatkan pekerjaan di AS.

      Hapus

© ceritasf 2017. Diberdayakan oleh Blogger.
Back to Top