PENGALAMAN PEMENANG GREEN CARD LOTTERY 2019 (1)

Senin, 10 Juni 2019
Salah seorang pembaca blog CeritaSF yang baru saja lolos tahap wawancara dan berhasil mendapatkan visa imigrasi ke Amerika Serikat melalui program Green Card Lottery telah bersedia menuliskan dan berbagi pengalaman berharganya sejak awal mendaftar. Semoga cerita ini dapat membantu para pembaca CeritaSF lainnya yang baru saja terpilih menjadi pemenang Green Card Lottery dan sedang berdebar-debar menyiapkan dan menunggu tahapan selanjutnya.

Apabila anda sudah berhasil melewati seluruh proses Green Card Lottery dan ingin membagikan pengalaman anda untuk membantu teman-teman lainnya juga, anda bisa mengirimkan tulisan anda ke info@ceritasf.com. Kami sangat berterima kasih atas sharing pengalaman anda.

Berikut cerita Ray, salah satu pemenang Green Card Lottery 2019:

"Proses pendaftaran hingga wawancara semua jelas, sama seperti yang sudah dituliskan oleh CeritaSF. Awalnya saya belum tahu mengenai blog ini, namun ternyata blog CeritaSF sangat membantu saat terpilih menjadi pemenang green card lottery. Saya pun turut memberikan komentar dan pertanyaan, karena banyak sekali ketidakjelasan mengenai proses green card lottery ini. Terima kasih CeritaSF untuk platform-nya :)

Oke, saya mulai ceritanya.

Saya telah mengikuti green card lottery sebanyak dua kali, yaitu di tahun 2015 namun gagal, kemudian mencoba lagi tahun 2017, setelah lupa mendaftar di 2016. Pada tahun 2017 saya mendaftar, namun lupa kalau saya telah mengikuti lotere ini. Saya baru melakukan pengecekan setelah lewat satu bulan dari jadwal pengumuman, yaitu pada bulan Juni 2018 dan ternyata terpilih.

Saat itu saya dalam kondisi belum memperpanjang paspor untuk waktu yang cukup lama. Karena hal ini, maka pengisian formulir DS-260 sempat tertunda dan membuat panik, takut terlambat. Ternyata waktu untuk pengisian masih cukup lama. Intinya Anda tidak perlu khawatir jika terlambat, tetapi tentunya lebih cepat lebih baik.

Saat pengurusan paspor ternyata saya menemui satu masalah. Nama pada paspor saya berbeda dengan nama dalam akte lahir, KTP, dan ijazah. Nama saya hanya terdiri dari satu kata, hingga ketika mendaftar green card lottery saya mencantumkan satu nama dan ditambahkan FNU (First Name Unknown) untuk nama depan. Namun ketika perpanjangan paspor, nama belakang dari ayah saya ditambahkan. Hal ini cukup menghantui saya sampai dengan proses wawancara.

Setelah pengisian formulir DS-260, kita tinggal menunggu untuk jangka waktu yang cukup lama. Akhirnya pada bulan Januari 2019 saya mendapat Notification Letter yang pertama kali lewat email untuk melengkapi dokumen-dokumen, yakni paspor dan akte lahir yang sudah diterjemahkan oleh penerjemah tersumpah yang terdaftar di Kedutaan Besar Amerika Serikat.

Notification Letter kedua akan dikirim saat sudah menjelang tiba antrean Case Number (CN) yang kita peroleh. Pergerakan Case Number bisa dicek di www.travel.state.gov.

Notification Letter kedua mengarahkan saya untuk melakukan medical check-up (cek kesehatan) di Rumah Sakit Premier Bintaro. Tanggal wawancara pun juga sudah ditentukan, sehingga tahu perkiraan waktu untuk membuat janji melakukan tes kesehatan, yaitu minimal 10 hari sebelum hari wawancara.

Hari-H Wawancara.

Jujur pada saat itu saya cukup gugup dan masih bingung mengenai masalah nama, yang membuat saya merasa tidak percaya diri. Jadwal wawancara saya pukul 12.30 namun saya sudah hadir sejak pukul 12.00 kurang. Begitu sampai saya langsung melapor kepada petugas di depan dan ternyata saya harus menunggu di luar hingga waktu wawancara yang telah ditentukan.

Ketika jam menunjukan pukul 12.30, saya baru dibolehkan masuk dan harus melewati screening. Semua barang pribadi diperiksa, tas dan ponsel tidak diijinkan dibawa masuk melainkan harus dititipkan pada petugas keamanan di depan. Lokasi wawancara di dalam Kedubes ternyata hanya seperti loket-loket yang berjejer.

Proses dibagi menjadi 3 tahap, yaitu:
- Pengumpulan data,
- Pembayaran, dan
- Wawancara.

Masing-masing proses dilakukan di loket yang berbeda. Ketika pengumpulan data, ada beberapa pertanyaan yang diajukan juga. Setelah melakukan pembayaran, baru proses wawancara sebenarnya dimulai. Sebelum wawancara dimulai, saya diminta bersumpah dengan mengangkat tangan kanan dan menyatakan bahwa saya akan menjawab seluruh pertanyaan dengan jujur.

Proses wawancara ternyata terasa sangat santai dan cepat. Saya pun diwawancara dengan menggunakan Bahasa Indonesia. Beberapa pertanyaan yang diajukan, yaitu:
- Apakah kamu pernah kuliah di luar negeri?
- Apakah kamu pernah ke luar negeri?
- Apakah kamu sudah menikah?
- Sudah berapa kali mengikuti Green Card Lottery?
- Dengan siapa kamu akan tinggal di AS?

Sesederhana dan semudah itu, bahkan masalah nama saya pun tidak dipertanyakan. Petugas Kedubes kemudian menyamakan nama saya dengan yang tercantum di paspor. 

Sepanjang dokumen yang ada mendukung dan lengkap, saya rasa proses wawancara green card bukanlah hal yang sulit. Apabila sudah lolos tahap pertama, yaitu terpilih sebagai pemenang greed card lottery, ternyata tahap selanjutnya relatif mudah, termasuk wawancara. Walaupun awalnya saya merasa panik dan deg-degan, rasanya semua itu terbayar ketika petugas wawancara mengatakan, “Selamat, visa kamu disetujui!”

Setelah wawancara selesai, paspor diambil oleh petugas kedutaan dan saya mendapat selembar kertas untuk tahap selanjutnya, yaitu pengambilan visa dan paspor. Proses ini dapat dilakukan sendiri atau melalui pos. Karena saya memilih untuk dikirim, saya diminta untuk mengisi data alamat di situs yang tercantum pada kertas yang diberikan petugas. Paspor dan visa kemudian dikirimkan dan sampai di tangan saya kembali dalam waktu kurang lebih seminggu.

Selama kita mengikuti seluruh petunjuk dan semua data diri jelas, niscaya prosesnya akan lancar. Apabila ada hal-hal yang kurang jelas, anda bisa menanyakannya langsung ke KCC via email. Sisanya, serahkan kepada Tuhan dan berdoa.

Terima kasih CeritaSF yang sudah membagikan pengalamannya, saya sangat terbantu dengan adanya blog ini.

Good luck untuk yang lain :)"

95 komentar:

  1. Halo ceritasf .. saya datang lagi ke blog ini untuk menanyakan beberapa hal.. yaitu yang pertama saya ingin menanyakan mengenai terjemahan surat2.. berarti jika kita sudah menerima email yg isinya meminta data2 kita yg sudah di terjemahkan nanti mereka baru kasih tau harus pergi ke notaris yg mereka tunjuk atau bisa dari sekarang kita siapkan sendiri jadi jika dokumennya sudah diminta kita bisa langsung lengkapi.. atau tetap harus menunggu notaris yg di rekomendasikan oleh kedutaan? Dan yg ke 2.. jika paspor yg saya masukan di dlm formulir masa berlakunya hanya sampai 2021 apa perlu saya perpanjang dulu dan apa saya bisa mengganti paspor saya nantinya dengan paspor yang baru? Atau tidak masalah dengan masa berlaku sampai 2021? Karena saya sudah mengisi form ds dan tgl menunggu email selanjutnya.. terima kasih ceritasf sudah berbagi info 🙏🙏🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anda tidak perlu ke notaris, namun harus ke penerjemah tersumpah. Dokumen-dokumen tersebut bisa diterjemahkan mulai sekarang, tidak perlu menunggu KCC. Mengenai pasport, anda masih bisa menggunakan pasport sampai 6 bulan sebelum tanggal masa berlaku berakhir.

      Hapus
    2. yang mau saya tanyakan : itu kan ada pertanyaan di wawancara : dimanakah kamu akan tinggal di AS? kan kita belum tau mau tinggal dimana..jawabannya apa ya mas?
      lalu ada pertanyaan saya lagi : perlu sertifikat IELTS gak, krn saya blm punya sebaiknya ikutan test IELTS setelah yakin dpt kabar bahwa nama kita masuk utk mendptkn green card? satu lagi pertanyaan saya: jadi mas CeritaSF dulu ditabungan hrs sdh ada 100 juta ya? sediih kalo yg ini saya blm punya

      Hapus
    3. Sebaiknya anda sudah mencari informasi mengenai kota-kota di AS dan memilih kota yang akan ditinggali sebelum jadwal wawancara. IELTS tidak menjadi syarat untuk mendapatkan Green Card. Jumlah uang di tabungan setidaknya harus cukup untuk membiayai tiket pesawat dan biaya hidup di AS selama belum mendapatkan pekerjaan.

      Hapus
  2. Di adakan pendaftaran lagi kapan ya?
    Dan biaya pendaftaran berapa? Dan kalo kita mendapatkan green card, untuk ke amerika apakah dapat biaya untuk keberangkatan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pendaftaran Green Card Lottery dibuka pada bulan Oktober sampai dengan awal November setiap tahun. Tidak ada biaya apapun yang dikenakan untuk mendaftar dan tidak ada bantuan keuangan apapun yang diberikan kepada para pemenang Green Card Lottery.

      Hapus
  3. Kira2 untuk 1 org aja, butuh brp banyak uang ya di rekening supaya bisa diterima dan ga dianggap public charge pas wawancara?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kira-kira $10.000 per orang dewasa.

      Hapus
    2. Itu series serious min,,lebih dari 100 juta kok Mahal sih gak sesuai ekspetasi,,jadi down rasanya

      Hapus
    3. Untuk merantau anda memang harus punya modal yang cukup untuk membeli tiket pesawat, sewa kamar/apartemen & biaya hidup selama belum mendapatkan pekerjaan di negara yang baru anda datangi.

      Hapus
  4. Hi kak, saya vivi mau nanya,
    Pasport saya yg berisi visa udah di balikin..
    1. apakah sebelum keberangkatan ke US saya boleh berpergian ke luar negri spt kuala lumpur, krn saya bergkat ke US end of oct.
    2.Trus, saya kan udh byr fee uscis, brp lama kira2 gc saya ready dan dikirimkan ke alamat us? Adakah kemungkinan gc saya sudah samapai sebelum akhir oktober? Atau akan dikirim setelah sy sampai US?
    3. Saya berencana pindah ke US tahun depan krna saya harus mengikuti graduate saya dlu, tp krn wajib ke US sblm 6 bulan, sy brgkat oct, dan berencana kembali ke Indonesia november.. apakah tidak apa2? Atau saya harus menunggu gc saya di tangan dlu? Klo blm ditangan misalnya kita udh dot stamp dr imigrasi yg 1thn sbgai permanent resident sementara apakah kita boleh keluar uS dlu trus nanti balik lagi ke US kira2 februari tahun depan..
    Mohon maaf jika banyak pertanyaan.. krna saya mau persiapan tiket dan penginapan juga..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Vivi, berikut jawaban kami:
      1. Boleh, anda bebas berpergian ke luar negeri sebelum berangkat ke AS.
      2. Green card baru akan diproses dan dikirimkan setelah anda masuk ke Amerika Serikat.
      3. Secara teori, anda bisa berpergian ke luar AS dan masuk kembali ke AS dengan cap imigrasi di pasport. Namun saran kami, lebih baik anda menunggu green card sampai di tangan sebelum keluar AS.

      Hapus
  5. Terima kasih informasinya kak..
    Artinya sebaiknya saya tidak usah pesan tiket pulang dlu.. sebaiknya menunggu gc nya sampai ditangan dlu. Saya udh berbicara sm pihak kampus.. saya akan bss koass selama 1 smester, agar bisa santai di US menibggu gc fisik sampai ditangan.
    Oiya apakah ada biaya lainnya lagi sampai kita mendapat gc setelah kita membayar USCIS 220usd dan DV 330usd? Selain biaya pembuatan ID atau driver lisence? Dan berapa minimum dana kira2 saat membuka tabungan amerika?
    Terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut pengalaman kami dan beberapa teman, GC akan sampai sekitar 2-6 minggu; jadi kira-kira 1-2 bulan tinggal di Amerika sebelum pulang kembali ke Indonesia cukup.

      Selain biaya visa imigrasi di kedutaan dan biaya USCIS, tidak ada biaya lain untuk hal-hal yang berhubungan dengan visa imigrasi & ijin tinggal.

      Jumlah minimum dana untuk membuka tabungan berbeda-beda tergantung bank dan jenis tabungan. Silahkan anda Google untuk mengetahui hal ini. Bank-bank besar di Amerika Serikat yang bisa anda pertimbangkan, antara lain Bank of America, Chase Bank, Wells Fargo, Citibank, dll.

      Hapus
  6. Permisi, mau tanya, setelah di-approve waktu interview, kan bisa check status visa di website CEAC ya. Pernah statusnya berubah dari Ready menjadi Administrative Processing?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Status "Ready" artinya aplikasi anda sudah dikirim ke Kedutaan dan siap untuk wawancara. Sedangkan "Administrative Processing" berarti visa anda sedang diproses oleh petugas Kedutaan.

      Hapus
  7. Hallo saya sonya, mau tanya saya kan dapat GC lottery dan saat ini saya sedang menunggu jadwal buat wawancara.. pertanyaan saya adalah :

    1. Pengumuman wawancara diberitahukan melalui apa ya Email atau web ...?
    2. Apakah di perlukan rekening tabungan juga bagi yang mendapatkan green card...? Kalau jenis rekeningnya rekening perusahaan bisa atau tidak karena saya punya perusahaan dan jika boleh berapa nominal nya ..?
    3. Jika visa sudah selesai, biasanya kita diberikan waktu berapa lama untuk keberangkatan ke amerika ..?

    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Sonya,
      Selamat anda sudah terpilih menjadi pemenang DV Lottery! Berikut jawaban kami:
      1. Apabila jadwal wawancara sudah keluar, anda akan menerima email dari KCC untuk memeriksa update status di situs resmi DV Lottery mengenai detil wawancara (Notification Letter 2).
      2. Sebenarnya rekening tabungan tidak menjadi syarat utama, namun tidak ada salahnya dibawa pada saat wawancara untuk berjaga-jaga apabila ditanyakan. Rekening tabungan harus mencantumkan nama anda. Jumlah tabungan harus bisa untuk membayar biaya hidup di AS selama belum mendapat pekerjaan, yaitu sekitar $10.000/orang dewasa.
      3. Visa dan hasil tes kesehatan berlaku 6 bulan sejak dikeluarkan, dan anda harus sudah berangkat ke AS sebelum salah satunya expired.

      Hapus
  8. Terima kasih info nya oh ya pada saat di tentukan jadwal wawancara apakah kita harus isi aplikasi data diri lagi atau tidak ..? Atau langsung datang ke kedutaan amerika...?


    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak perlu isi formulir lagi, karena semua data (form DS-260) sudah masuk ke KCC. Anda tinggal datang dengan membawa dokumen-dokumen yang disyaratkan.

      Hapus
  9. halo saya siska, kami sekeluarga telah lulus proses interview. rencananya kami ber-4 akan aktivasi GC desember 2019. Persiapan apa saja yang harus kami lakukan. saya juga masih mencari sekolah untuk anak2 saya (elementary school). Ada saran? rencananya kami akan tinggal di Denver colorado. terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Siska, selamat anda telah lolos semua tahapan DV Lottery dan sudah mendapatkan visa imigrasi. Persiapan kami dulu menjelang 3 bulan keberangkatan terutama adalah mengemas barang-barang, karena dari semua barang yang kami miliki di Indonesia, kami hanya membawa beberapa koper ke Amerika Serikat. Apabila anda masih memiliki rekening bank di Indonesia, jangan lupa mengaktifkan semua fasilitas online. Siapkan uang yang akan dibawa ke AS, baik tunai maupun rekening USD. Buat rencana mengenai hidup di AS: mencari tempat tinggal, pekerjaan, dll. Semoga anda menikmati seluruh prosesnya dan semoga berhasil!

      Hapus
    2. Terima kasih byk infonya. Sukses selalu cerita dari sf .

      Hapus
    3. Sama-sama. Semoga persiapan kepindahan Anda sekeluarga ke Amerika Serikat lancar!

      Hapus
    4. @Siska
      Boleh tau, berapa jumlah tabungan (sekeluarga ber4) yg dilampirkan pada saat wawancara?
      Terimakasih sebelumnya.

      Hapus
  10. halo saya Eliza, rencana nya mau mendaftar Green Card lottery tahun ini untuk DV 2021. Saya ingin bertanya:
    1. Passport saya habis Sept 2020, apakah saya harus perpanjang dulu passport sebelum entry Oktober nanti? Dikarenakan akan byk jadwal dinas sehingga tidak bisa perpanjang dulu.
    2. Ada agen resmi untuk DV lottery, apakah meningkatkan chance untuk mendapatkan green card?
    3. Lalu untuk apply kerja di US, apakah lebih baik apply setelah sudah sampai di sana atau memungkinkan dari Indonesia?

    Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Eliza, berikut jawaban kami:
      1. Tidak perlu memperpanjang pasport untuk mendaftar DV Lottery, apalagi masih berlaku hampir 1 tahun.
      2. Tidak ada hubungan antara agen tersebut dengan peluang anda terpilih.
      3. Idealnya anda mendapat pekerjaan secepatnya. Namun, kebanyakan perusahaan di sini memilih tenaga kerja yang sudah berada di AS dan sudah memiliki dokumen ijin kerja lengkap (SSN & visa kerja/GC).

      Hapus
  11. Halo saya Joko laki2 yg sudah berkeluarga dg 2 anak, sy ingin mendaftar Dv Lottery tp krn kondisi keuangan yg tdk mendukung apakah sy bisa mendaftar untuk sy sendiri ? Dg pertimbangan untuk meminimalisir biaya2 yg harus di keluarkan, trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Joko, untuk mendaftar DV Lottery, seluruh anggota keluarga (istri dan anak-anak - baik anak kandung maupun anak angkat) harus diikutsertakan di dalam formulir pendaftaran. Apabila anda tidak mencantumkan salah satu anggota keluarga, anda bisa didiskualifikasikan.

      Hapus
  12. Min mau nanya nih,apa saya harus urus paspor dulu baru daftar DV lottrey atau pas kita pas menang
    Trus saya harus buat paspor apa untuk daftar DV lottrey

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mulai DV 2021 seluruh peserta harus mencantumkan nomor pasport. Jadi anda harus memiliki pasport untuk bisa mendaftar DV Lottery.

      Hapus
  13. Hi saya Cassie, saya mau tanya, saya ingin mendaftar DV2021, kalau saya terpilih tapi saya tidak punya ijazah SMA apa bisa? Dan kalau pakai surat pengalaman kerja saja bisa kah? Saya sudah kerja 8 tahun di perusahaan konstruksi, apakah bidang pekerjaan saya itu qualify untuk GC? Terima kasih sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Cassie. Ya, anda bisa menggunakan surat pengalaman kerja untuk masuk kualifikasi Green Card Lottery.

      Hapus
  14. Hi .. saya mau tanya apakah US GC Lottery 2021 sudah mulai dibuka? Dan bolehkah dikirimkan link pendaftaran yg resmi mengingat byk sekali web yg mengatasnamakan GC lottery.
    Terima kasih banyak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah. Anda bisa membaca "PENDAFTARAN DV LOTTERY 2021" di blog ini untuk informasi lengkapnya.

      Hapus
  15. Apabila menang green card, Apakah asset kita seperti tabungan kita di bawa ke ke amerika? Apakah ada batasan jumlah uang yg bisa kita bawa? Misalnya bawa 50ribu dollar. Ad tax? Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak ada batasan jumlah uang yang bisa dibawa ke AS, namun apabila anda membawa lebih dari $10.000 harus dinyatakan (declared) saat mendarat di AS. Tidak ada tax untuk uang pribadi yang dibawa dari luar negeri.

      Hapus
  16. Halo..saya ingin bertanya..apa saja berkas berkas yg harus dibawa dan diterjemahkan apabila menang DV Lottery 2021? Saya mempunyai keluarga yg sudah Citizen di Amerika sebagai Support, apakah rekening tabungan masih dibutuhkan? Terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Detil mengenai dokumen-dokumen yang harus dipersiapkan dapat dibaca di blog ini: GREEN CARD LOTTERY (II) - MELENGKAPI DOKUMEN

      Hapus
  17. Hai, mau tanya ttg persiapan dokumen ke penerjemah tersumpah ini nanti ditunjuk oleh kedutaan AS atau cari dimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan anda google untuk mendapatkan daftar penerjemah tersumpah dari Kedutaan AS.

      Hapus
  18. Maaf mau nanya, setelah wawancara trs tidak disetujui apakah uang $330 akan kembali ato hangus ?

    BalasHapus
  19. halo, maaf jika saya menang DV lotternya kan mesti ngasih tau tmpt tinggalnya. kalau saya ingin tinggal bersama temen dekat saya yg pindah ke amerika apakah bisa? isi tabungan saya juga minim dan tujuannya temen saya yang akan biayai hidup saya disana sementara. apakah seperti itu boleh?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, anda bisa menggunakan alamat teman anda tersebut. Sebaiknya anda memiliki tabungan yang cukup sebagai modal untuk pindah ke Amerika.

      Hapus
    2. Halo, saya mau tanya, kalau seandaikan tidak ada teman / saudara yang stay di US, untuk pengisian alamat US nya bagaimana yah?
      Karna katanya wajib di isi yah alamat itu untuk pengiriman GC & SSN nya...

      Hapus
    3. Anda harus mencari kenalan yang memiliki alamat di AS yang bisa anda gunakan.

      Hapus
  20. Dear Cerita SF,
    saya sudah mendaftar Green card lottery 2021, pertanyaan saya :
    1. saya sudah berkeluarga, dengan 2 anak, saat mengikuti Lottery saya juga melakukan registrasi atas nama istri, dengan harapan peluang lebih besar, apabila saya beruntung dan mendapatkan lottery, apakah bisa hanya saya yang berangkat Ke US terlebih dahulu, nanti istri saya menyusul, atau justru harus berangkat bersamaan?
    2. Mengingat istri saya seorang PNS, apabila lottery istri saya yang menang, apa bisa saya yang berangkat terlebih dahulu, sambil istri saya menyiapkan semua keperluan pindah tsb.
    3. apakah diwajibkan apabila kita menang sebagai keluarga, bahwa seluruh anggota keluarga yang terdaftar ikut serta? atau boleh hanya salah satu yang berangkat.

    terima kasih sebelumnya atas respon, informasi ini sangat saya butuhkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi, berikut jawaban kami:
      1. Pemenang utama DV Lottery harus berangkat dan masuk ke AS terlebih dahulu untuk mengaktifkan status permanent resident-nya. Anggota keluarga bisa menyusul asalkan tidak melampau batas waktu visa yang diberikan.
      2. Tidak bisa. Apabila istri anda yang menang, beliau harus pergi dan masuk ke AS dahulu sebelum anda.
      3. Boleh saja tidak semua anggota keluarga pergi ke AS dan melepaskan status GC-nya, asalkan yang masuk dan tinggal di AS adalah pemenang utama.

      Hapus
  21. Halo, jika saya menang Dv lottery kan harus ngasih tau tempat tinggal nanti di amerika. Nah kalo kita belum tau mau tinggal dimana dan gada temen atau saudara disana. Tapi kita ada bawa $10.000 sebagai living cost selama diamerika. Akankah menghambat prosesnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alamat di AS akan dipakai sebagai tujuan pengiriman kartu SSN (Social Security Number) & Green Card. Jadi anda harus memiliki dan memberitahu alamat tersebut untuk keperluan ini. Tidak masalah apabila anda tidak tinggal di sana asalkan anda percaya pada pemilik alamat tersebut untuk menerima GC & SSN anda.

      Hapus
  22. Hai saya pemenang DV 2020, yang mau saya tanyakan ini maksudnya apa sih?:
    *** On October 4, 2019, the President issued Presidential Proclamation 9945 on the "Suspension of Entry of Immigrants Who Will Financially Burden the United States Healthcare System." For the most up to date information on how PP 9945 might affect your case, please visit https://travel.state.gov/healthcare.***

    Apa saya harus punya asuransi kesehatan sebelum jadwal wawancara?
    Caranya gimana untuk dapat asuransi kesehatan untuk ke Amerika?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi, terima kasih atas pertanyaan anda, kami pun baru mengetahui mengenai peraturan ini.

      Berdasarkan yang kami baca mengenai Pernyataan Presiden 9945 ini, yaitu untuk bisa mendapatkan visa imigrasi, imigran baru harus memiliki asuransi kesehatan dalam waktu 30 hari sejak masuk ke AS atau memiliki dana yang cukup untuk membayar biaya kesehatan.

      Saran kami, karena anda belum memiliki SSN dan rekam jejak kesehatan (U.S. health history) untuk membeli asuransi kesehatan di AS, sebaiknya anda menunjukkan kemampuan finansial untuk membeli asuransi kesehatan begitu anda tiba di AS atau untuk membayar biaya kesehatan apabila anda atau anggota keluarga anda jatuh sakit.

      Hapus
  23. Hai, mau bertanya.
    Kalau ditanya dengan siapa akan tinggal di AS, apakah jawabannya harus ada?
    Bagaimana jika sama sekali tidak punya kerabat? Alias karena pure ingin kesana mengadu nasib,
    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak masalah apabila anda tidak memiliki kerabat yang akan menampung anda selama tinggal di AS. Kami pun tidak tinggal bersama kenalan ketika pindah ke sini. Namun, anda wajib memberi tahu alamat di AS untuk keperluan pengiriman dokumen (Green Card dan kartu SSN).

      Hapus
  24. Halo CeritaSF, mau tanya kalau saya sudah punya visa amerika dan masih berlaku, apakah nanti jika terpilih saya harus membuat visa baru lagi ?

    Terima Kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Visa AS yang anda miliki sekarang adalah visa non-imigrasi (kemungkinan besar visa turis); sedangkan apabila anda terpilih menjadi pemenang DV Lottery, anda akan mendaftar visa imigrasi untuk mendapatkan permanent resident (Green Card). Jadi ini adalah 2 jenis visa yang berbeda.

      Hapus
    2. Oke, Terima Kasih min informasinya.

      Hapus
  25. Hi CeritaSF.

    Anak saya baru saja dapat lotere Green Card tetapi dia akan melanjutkan studi S2 di Jerman utk 1,5 tahun mulai Sep 2020 dan kalau tidak ada halangan baru akan selesai Maret 2022.

    Pertanyaan :

    1. Adakah konsekuensi apa kalau lotere nya tidak diambil saat ini? Artinya, mungkinkah dia bisa ikut lagi undian lotere utk periode lainnya?

    2. Berapa lama prosesnya sampai Visa Green Card nya keluar sejak proses jadwal interview ?

    3. Apabila Visa Green Card sdh keluar, kapan harus berangkat ke Amerika dan berapa lama harus tinggal disana ? Apakah mungkin dia berangkat ke Amerika utk 1 minggu dan balik ke German utk menyelesaikan S2 nya?

    4. Apa konsekuensinya kalau Visa Green Card sdh keluar tapi dia tidak berangkat ke Amerika krn dapat pekerjaan di Jerman? Akankah ada kesulitan keimigrasian kalau suatu saat dia hendak ke Amerika utk berlibur atau kunjungan bisnis atau cari kerja ?

    Demikian. Ditunggu ya infonya. Terima kasih dan salam.

    BalasHapus
  26. 1. Apabila tidak diambil tahun ini, maka kesempatannya akan hangus. Dia bisa saja mengikuti DV Lottery tahun-tahun berikutnya.

    2. Setelah wawancara berhasil, anak anda akan mendapatkan Visa Imigrasi (IV - Immigration Visa) yang harus digunakan untuk pergi ke AS dalam waktu 6 bulan setelah diterbitkan atau sebelum hasil tes kesehatan kadaluarsa, mana saja yang lebih dahulu. Setelah sampai di AS, pasport akan dicap green card sementara dan kartu green card akan dikirimkan sekitar 1-3 bulan setelah kedatangan di AS.

    3. Sudah jelas di jawaban nomor 2.

    4. Visa imigrasi tersebut akan hangus apabila tidak digunakan. Kami tidak tahu mengenai konsekuensinya untuk pengurusan visa-visa lain selanjutnya. Menurut kami, kemungkinan pengurusan visa lainnya kan lebih sulit karena anak anda sudah ada niat untuk berimigrasi ke AS.

    BalasHapus
  27. Hallo, 1.Tolong tanya kapan DV Lottery di adakan dalam tahun ini ? 2. Pada tahun 1997 sya pernah bekerja di LA 1 tahun dng visa turis yg harus nya masa tinggal 3 bulan, apa kah sya masih memungkinkan utk ikut Lottery ? Trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. October 2020.
      2. Seharusnya bisa, karena anda sudah lewat 10 tahun periode daftar hitam. Namun, keputusan apakah bisa mendapat visa/tidak tergantung petugas Kedutaan AS saat wawancara nanti.

      Hapus
  28. Hallo! saya berencana untuk mendaftar program DV 2022, yang ingin saya tanyakan adalah:

    1. Dalam proses pengajuan jika gagal dalam pengunggahan foto apakah langsung ditolak dan tidak bisa diulang?
    2. Saya berkeluarga memiliki istri dan 2 orang anak dan saya akan mendaftarkan seluruh keluarga saya, namun jika saya terpilih hanya saya saja yang mengikuti proses interview apakah bisa? Karena rencananya saya dulu yang akan pergi keluarga menyusul.

    Terimakasih ditunggu informasinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Apabila anda belum sampai memasukan formulir pendaftaran & mendapatkan confirmation number, anda masih bisa mengunggah foto sampai berhasil.
      2. Keluarga bisa mengikuti wawancara susulan, selama proses DV Lottery tahun tsb belum berakhir (bulan September).

      Hapus
  29. Hai, saya mau coba lagi daftar DV 2022 setelah tahun lalu belum terpilih. Saya mau tanya, apa pakai pas photo dari photo studio valid? Karena takut terlihat seperti editan dengan background yang putih bersih. Saya sudah coba foto sendiri tapi selalu ada shadow di sekitar muka.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak apa-apa pakai pas foto dari studio foto.

      Hapus
  30. Halo kak perkenalkan saya Ray, ini pertama kali saya mengikuti program DV 2022, jadi saya masih awam tentang green card. Yg ingin saya tanyakan adalah kalau saya tidak memiliki kenalan siapapun di Amerika nanti untuk mengisi atau menjawab alamat tempat tinggal itu gmn kak ? Apakah isi/jawab secara asal saja atau bagaimana ? Jadi saya rencana ingin mencari kerja dan tempat tinggal disana. Mohon infonya, Terimakasih kak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi, salam kenal, Ray. Anda masih punya banyak waktu untuk mencari kenalan di AS dan meminjam alamat mereka. Semoga berhasil!

      Hapus
  31. Halo kak mau tanya . pendaftar kartu hijau kalau menang apakah membayar kartu hijau saat di dubesnya melakukan wawancara atau membayar visa imigran saja ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pendaftar harus membayar biaya visa imigrasi DV Lottery di Kedubes AS sebelum wawancara sebesar $330/orang (2021). Setelah mendapat visa dan sebelum pergi ke AS, anda harus membayar USCIS Immigration Fee secara online sebesar $220/orang.

      Hapus
  32. kak, istri saya terpilih di periode 2022 ini, baru saya cek , jadi saya lgsng isi ds260 nya ato gmn ya ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat keluarga anda sudah memenangkan DV Lottery 2022. Betul, selanjutnya anda mengisi formulir aplikasi visa imigrasi DS260.

      Hapus
  33. terimakasih atas adanya blog ini.

    saya mau bertanya, kalau kita punya dokument akta kelahiran anak bilingual Indonesia English, apakah masih harus di translasikan oleh translator?
    lalu dalam passport Indonesia juga ada Inggrisnya, apakah pasport juga harus di tanslasi?

    terimakasih banyak atas bantuannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dokumen-dokumen yang sudah ada Bahasa Inggrisnya tidak perlu diterjemahkan lagi. Terima kasih kembali.

      Hapus
  34. Halo Kak mau nanya misalnya 1 keluarga 4 org 1 ada yg terkendala di medical check up dan harus nunggu beberapa bulan. Nah yang 3 orang lainnya apa kira2 bisa mendapat visa nya duluan?(Visanya Visa Keluarga dari us citizen) thx

    BalasHapus
  35. Halo CeritaSF, mau tanya
    1. Apabila kami sekeluarga termasuk principal pergi ke US. Setelah terima kartu green card, misal setahun kemudian principalnya tidak mau tinggal di US (karena suatu alasan), sedangkan family membersnya masih mau tinggal di US. Apakah green cardnya hangus untuk sekeluarga atau hanya hangus untuk principal saja?
    2. Setelah tiba di US kedua anak saya ingin langsung mendaftar ke universitas, apakah bayar tuition fees bisa langsung sbg in-state student? kalau diterimanya di universitas di state berbeda, apakah ada solusinya supaya bisa sbg in-state student dimana biaya kuliahnya lebih rendah?
    3. Kalau tinggalnya berpindah2 state, apakah mudah persyaratan dan proses buat ID lokalnya? dengan adanya ID lokal apakah anak bisa bayar kuliah sbg in-state student?
    4. Apakah ada group whatsapp pemenang green card utk berbagi pengalaman?

    Mohon maaf sebelumnya kalau terlalu banyak pertanyaan. Terima kasih banyak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi, berikut jawaban kami:

      1. Setelah Green Card diterbitkan, masing-masing anggota keluarga bertanggung jawab terhadap statusnya sendiri, tidak tergantung pada Pemenang Utama lagi. Apabila tidak ingin menetap di AS, status Green Card masih dapat dipertahankan, misalnya dengan masuk AS setahun sekali.
      2. Setahu kami, untuk diterima sebagai pelajar lokal di negara bagian tertentu dan mendapatkan biaya kuliah yang lebih murah, mereka harus membuktikan dirinya sudah tinggal di negara bagian tersebut minimal setahun.
      3. Lihat jawaban di atas.
      4. Ada, namun kami tidak bergabung di WAG tersebut.

      Terima kasih kembali.

      Hapus
  36. Halo, saya mau nanya apakah ada foto online yang bisa disarankan untuk apply greencard?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Persyaratan foto untuk visa AS bisa dilihat di: https://travel.state.gov/content/travel/en/us-visas/visa-information-resources/photos.html

      Hapus
  37. Hallo minimal syarat mengikuti lottre green card umur berapa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya tidak ada persyaratan umur untuk mengikuti Green Card Lottery, asalkan sudah lulus SMA ATAU memiliki pengalaman kerja 2 tahun; jadi sekitar 18 tahun.

      Hapus
  38. Halo kak....
    Apabila kita berangkat duluan dgn alasan utk settle dulu selama bbrp bulan, lalu anak berangkat menyusul, apakah kita boleh datang ke indo untuk menjemput anak lalu kembali lagi ke US?

    Apakah di sana ada daycare untuk anak2 imigran? berapa kisaran biayanya? Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh, asal visa anak masih dalam masa berlakunya. Daycare ada; untuk biayanya silahkan anda cari informasinya sesuai dengan lokasi tempat tinggal anda akan nanti.

      Hapus
  39. halo kak,,kalo ikut daftar program ini tapi pasport pasport punya saya sudah mati masa brlakunya,,prtnyaan saya apakah harus memperpnjang pasport dulu atau bisa menyusul nanti bila seandainya menang undiannya dulu baru prpanjang pasport,trimakasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus memperpanjang pasport terlebih dahulu untuk bisa mendaftar.

      Hapus
  40. Hi KK,,saya mau nanya nih..
    Kalo mau wawancara apa harus semua anggota keluarga yg mau berangkat ikut wawancara atau cuma pemenang DV Lottery utama saja yg wawancara?
    Karna saya domisili di Sulawesi,,klo cuma yg utama saja yg wawancara lumayan menghemat uang tiket 🤭
    Makasih kak..🤗

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semua anggota keluarga yang akan mendapatkan visa harus ikut wawancara.

      Hapus
  41. Halo kak izin bertanya...
    Apakah setelah diumumkan masuk GC itu seluruh keluarga jg ikut pada sesi wawancara atau tidak ya???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, semua anggota keluarga yang berhak mendapatkan visa dan akan berangkat ke AS harus ikut sesi wawancara.

      Hapus
  42. Halo kak. Mau tanya bagaimana kita tau klo kita dpt lottre Us ? Mey ini liat di web mana ? Atau dpt email ?

    Lalu andai sy lebaran ini liburan ke US dan dpt lottre apakah bs sy urus dr KBRI di Us nya ? Makasih kak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apakah anda mendaftar DV Lottery 2023? Kalau ya, anda bisa mengecek status anda menang/tidak di website yang sama pada saat mendaftar. Tidak ada pengumuman apapun lewat email.

      Hapus
  43. Hallo kak... Saya ex pelaut.. Pernah kabur/jadi imigran gelap dan bekerja di darat (US) kurang lebih 1,5 tahun.
    Tahun ini kali kedua saya apply DV lottery... Andaikata sya lolos tahun ini apakah akan di diskualifikasi?
    Terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anda masuk daftar hitam apabila pernah tinggal lebih lama daripada ijin masuk di AS dan tidak bisa mendapat visa AS selama 10 tahun.

      Hapus

© ceritasf 2017. Diberdayakan oleh Blogger.
Back to Top