Senin, 24 April 2017

PENGALAMAN WAWANCARA DV LOTTERY 2017 (3)

Satu lagi pembaca CeritaSF telah berbaik hati meluangkan waktu untuk menuliskan pengalamannya menjalani wawancara DV Lottery. Wawancara DV Lottery merupakan pengalaman sekali seumur hidup yang bisa menentukan masa depan dan kesempatan ini tidak dimiliki oleh semua orang. Tentunya cerita seperti ini sangat berharga bagi teman-teman lain yang terpilih menjadi pemenang Green Card Lottery dan sedang was-was mempersiapkan diri menghadapi panggilan wawancara.

Setelah terpilih secara acak dari jutaan orang yang mendaftar, tentunya petugas visa di Kedutaan AS tidak ingin dengan sengaja membuat anda gagal. Persiapkan diri anda secara matang dan lengkapi semua dokumen yang disyaratkan dengan teliti. Asalkan latar belakang anda bersih (tidak pernah terlibat tindak kriminal atau tidak pernah tinggal di AS melebihi waktu yang diijinkan), semua dokumen lengkap (asli, fotokopi, dan terjemahan), dan hasil tes kesehatan baik (terutama tidak membawa penyakit menular ke Amerika), dapat dipastikan anda akan mendapat visa imigrasi DV Lottery.

Terima kasih, MH, atas kesediaan anda berbagi cerita pengalaman berharga ini.


“Tentu saja saya bersedia :) setelah menjalani wawancara, ada beberapa point yang harus diperhatikan:

- Kelengkapan persyaratan dokumen yang ada di daftar dari US Embassy memang harus disiapkan secara teliti; baik asli, fotokopi, maupun terjemahan. Bukti finansial bisa dibawa untuk sekadar berjaga-jaga, namun nyatanya untuk kasus saya tidak ditanyakan. SKCK betul tidak diperlukan, namun apabila sebelumnya sudah pernah mendapatkan visa Amerika, sebaiknya (paspor lama yang terdapat sticker visa) dibawa juga. Saya tidak menduga hal ini ditanyakan karena visa saya sudah expired tahun 2005.

Pada hari wawancara saya, ada satu keluarga beranggotakan empat orang diminta untuk menjadwal ulang wawancara mereka karena dokumen yang tidak lengkap (hasil medical check-up belum ada dan tidak menyiapkan surat ganti nama).

- Pembayaran visa imigrasi sebesar $330 per orang, dibayar secara tunai dengan kurs yang sudah ditentukan oleh pihak kedutaan (saat itu kurs yang dipakai Rp13.500,- dan berlaku hingga 30 April 2017). Saya beruntung mendapatkan info tersebut setelah menanyakan secara detil melalui email beberapa minggu sebelum tanggal wawancara.

- Saat wawancara, ternyata sangat santai. Pewawancara sempat bercanda menyapa saya setelah mengetahui visa class saya, "Oh, DV visa? You're the lucky one!"
 

Saya hanya mendapatkan 2 pertanyaan. Yang pertama menanyakan ke kota mana saya akan pergi, lalu saya jawab dan jelaskan di kota tersebut ada adik saya yang US citizen dan sudah berdomisili selama 13 tahun, lalu beliau menanggapi dengan bercanda, "Good, good, you have a support system there!"

Pertanyaan berikutnya menanyakan apakah saya pernah tinggal di US. Saya jelaskan waktu kecil pernah dibawa orangtua ke sana beberapa tahun dan sempat berpindah-pindah negara bagian. Begitu saja pertanyaan beliau, beberapa saat kemudian saya mendengar kata-kata "Congratulations, your visa is approved!"

Betul kata Anda, sepanjang dokumen yang diperlukan sudah lengkap, dan percaya diri saat wawancara, inshaaAllah semua berjalan lancar. Semoga cerita saya bermanfaat bagi teman-teman yang lain!


CeritaSF turut senang bahwa wawancara anda berlangsung lancar, pertanyaan yang diajukan tidak banyak, dan masalah visa AS yang pernah dimiliki dan ditanyakan oleh petugas tidak menjadi kendala diberikannya visa DV. Selamat sekali lagi kepada MH!


Tautan: GREEN CARD LOTTERY (IV) - WAWANCARA

24 komentar:

  1. Saya pernah tinggal dan kuliah di San Diego ditahun 1984 dan sekarang saya terpilih untuk ikut Diversity Visa 2018. Apakah saya harus mempersiapkan police report sewaktu saya diamerika? Sekarang saya tinggal di Jakarta Indonesia. Terima kasih atas bantuannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat untuk anda!

      Catatan kepolisian dari Amerika Serikat tidak diperlukan. Untuk detilnya anda bisa baca cerita kami "GREEN CARD LOTTERY (II) - MELENGKAPI DOKUMEN".

      Semoga anda berhasil melalui semua tahapan DV Lottery sampai mendapatkan visa imigrasi!

      Hapus
    2. Halo cerita sf, boleh tanya alamat studio foto tempat cerita sf dulu foto buat aplikasi diversity visanya? Mohon informasinya ya terima kasih banyak ya

      Hapus
    3. Hi, anda bisa datang ke studio foto mana pun yang bisa membuat pasfoto untuk visa.

      Hapus
  2. Halo cerita SF, saya mau brtanya, kira-kira berapa estimasi biaya yang dikeluarkan dalam mendapatkan greencard setelah dinyatakan lulus? Mulai dri biaya medical CU, visa apply, terjemah akte & sertifikat Dll.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perkiraan biaya per orang (2017):
      Biaya visa DV Lottery: $330
      Biaya USCIS Immigrant Fee: $220
      Medical Check-Up: Rp. 2 juta
      Terjemahan: Rp. 1 juta

      Hapus
  3. halo SF! terima kasih untuk blog anda yang sudah sangat memberikan informasi mengenai green card dan sebagainya. maaf jika mungkin pertanyaan saya sudah pernah ditanyakan sebelumnya, karena saya belum mendapat jawaban yang mirip dengan pertanyaan saya.
    saya brrumur 21 tahun di bulan november dan ingin mendaftarkan diri saya di DV2019. adik saya sekarang berumur 19 tahun dan berarti akan berumur 21 tahun di agustus 2019.
    1. apakah saya bisa mendaftarkan adik saya sebagai peserta terpisah (jadi saya daftar untuk diri saya sendiri dan adik saya daftar untuk dia sendiri) lalu ayah saya mendaftar sebagai peserta terpisah dan mendaftarkan ibu saya sebagai peserta pasangan?
    2. apakah bisa apabila saya mendaftar untuk diri saya sendiri lalu ayah saya mendaftar sebagai peserta terpisah dan mendaftarkan ibu saya sebagai peserta pasangan dan adik saya sebagai peserta anak (dikarenakan adik saya baru berumur 21 tahun di tahun 2019, saya tidak tahu bagaimana peraturannya dibawah 21 tahun,apakah saat mendaftar atau bagaimana)
    maaf apabila pertanyaannya terlalu panjang, dan saya harap bisa dijawab oleh SF. saya dan keluarga ingin sekali bisa mendapat kesempatan untuk pindah ke US. terima kasih banyak:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi,
      Untuk DV Lottery 2019 nanti, keluarga anda bisa mendaftarkan:
      1. Anda,
      2. Ayah anda (beserta Ibu & adik sebagai anggota keluarga),
      3. Ibu anda (menyertakan Ayah & adik sebagai anggota keluarga).

      Kalau anda menang, hanya anda yang akan mendapatkan Green Card. Sedangkan kalau ayah atau ibu anda menang, ayah + ibu + adik anda bisa mendapatkan GC.

      Semoga ini menjawab pertanyaan anda. Good luck!

      Hapus
  4. Halo,
    Saat ini saya bekerja dan memiliki ijasah sarjana. Pada saat wawancara, apakah saya harus membawa keduanya surat referensi dan ijasah sarjana? Boleh tidak saya hanya membawa ijasah saja?

    Terima kasih.

    BalasHapus
  5. Hi cerita SF, saya benar benar terinspirasi dengan kisah disini.. saya pun berniat untuk pengajuan saat ini, smoga lolos..hehe

    Pertanyaan saya, kan di crita seblumnya pernah disebut buat persiapkan kelengkapan dokumen, lalu difotocopy, dan terjemahin.

    Pertanyaannya:
    1) apakah dokumen yg diterjemahkan perlu di fotocopy juga? atau hanya dokumen asli saja yang perlu difotocopy?

    2) lalu soal legalisir, data asli dan fotocopynya tentunya perlu legalisir tapi apakah terjemahan juga perlu dilegalisir oleh otoritas yang bersangkutan(selain legalisir dari pihak penerjemah tentunya)? Semisal data terjemahan ijazah SMA perlu dilegalisir lg oleh pihak SMA?

    Mohon infonya. Thanks.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah mampir ke blog kami, semoga anda berhasil!

      Berikut jawaban kami:
      1. Sebaiknya difoto kopi dan dokumen terjemahan asli anda simpan untuk dipakai di kemudian hari apabila diperlukan lagi.
      2. Tidak perlu dilegalisasi. Namun anda harus membawa dokumen asli sehingga petugas kedutaan dapat mencocokan foto kopi dokumen anda dengan aslinya.

      Hapus
  6. hi CeritaSF, satu lagi yang terlupakan.. pada saat pengisian registrasi disitu tertulis masukkan status pernikahan. nah saat ini saya masih belum menikah, dan setelah itu ada data masukkan jumlah anak.

    1) apakah disitu saya tulis angka "0" atau dikosongkan saja???

    2) lalu soal status pernikahan, apa CeritaSF tahu kapan waktu aman untuk menikah disaat lagi pengajuan seperti saat ini?
    saya sendiri berencana menikah justru di bulan Juni 2019 nanti, tapi mengingat status DV ini, tampaknya akan menyulitkan untuk mengadakan pernikahan selama masih dalam range waktu pelaksanaan DV Lottery hingga 30 september 2019, bukan??

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Bisa ditulis "0" atau dikosongkan, tidak masalah.
      2. Apabila memang anda terpilih menjadi salah satu pemenang DV Lottery bulan Mei 2018 nanti, sebaiknya anda majukan rencana pernikahan sebelum jadwal wawancara, sehingga istri anda bisa mendapatkan green card juga.

      Hapus
  7. Selamat pagi waktu Indonesia CeritaSF.


    Saya ada beberapa pertanyaan mengenai Green card lottery ini, mohon bantuan nya yah.


    1. Katanya persyaratan untuk mengikuti Green card lottery adalah punya ijazah SMA. Nah kalau ijazah SMA saya adalah Kejar Paket C apakah tetap memenuhi syarat?

    2. Trus pertanyaan kedua, apakah saat CeritaSF menang Green card lottery CeritaSF menggunakan jasa pengacara untuk pengurusan semua dokumen dan hal2 lain nya? Jika iya, boleh saya tanya berapa tarif pengacara untuk mengurusi itu semua? Dan apakah jika saya tidak ingin menggunakan jasa pengacara saya bisa mengurus semua nya sendiri?

    3. Lalu jika saya sudah menang, kan ada proses wawancara yang menentukan apakah visa immigrant saya di terima atau tidak, nah pertanyaan nya kalau saya sudah menang Green card lottery apakah bisa di bilang kemungkinan besar selama dokumen saya lengkap visa saya akan di approved? Dan jika visa saya di reject apakah ada kesempatan untuk melengkapi data2 yang kurang atau langsung di reject saja?

    4. Dan apakah bukti keuangan di butuhkan di proses wawancara? Jika iya, apakah jika bukti keuangan dibawah 50jt tetap bisa untuk di approve visa nya?

    5. Apakah biaya visa imigrasi yang $330 itu akan di kembalikan sepenuh nya / di kembalikan sebagian jika visa kita ditolak?

    6. Apakah jika dalam proses medical check up jika ditemukan penyakit berat tetapi tidak menular seperti jantung, paru-paru, atau kanker akan mempengaruhi visa dan Green card kita?

    7. Dan pertanyaan terakhir, jika ternyata saya menang Green card lottery, tetapi karena satu dan lain hal saya berubah pikiran dengan mengabaikan atau saat saya sudah mengirimkan semua data yang di butuhkan dan sudah menjadwalkan untuk wawancara, tetapi saat wawancara saya tidak datang, green card lottery saya kan di anggap hangus, nah apakah nama saya akan terblokir atau masih bisa ikut daftar Green card lottery lagi di tahun depan nya?


    Sekian pertanyaan dari saya. Mohon maaf pertanyaan nya cukup banyak. Sebelumny saya ucapkan terima kasih banyak CeritaSF :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi, kami coba jawab pertanyaan anda:

      1. Apabila anda sudah lulus 12 tahun pendidikan dasar, anda memenuhi syarat untuk mendaftar DV Lottery.

      2. Kami tidak menggunakan jasa pengacara, semua proses diurus sendiri.

      3. Ya, apabila semua dokumen anda sudah lengkap dan riwayat hidup serta kondisi kesehatan anda baik, kemungkinan besar anda akan mendapatkan visa imigrasi. Tergantung keputusan petugas wawancara untuk meloloskan atau menolak visa, namun biasanya ada kesempatan untuk melengkapi data-data yang kurang apabila diperlukan.

      4. Rekening tabungan termasuk salah satu dokumen yang disyaratkan.

      5. Biaya visa tidak akan dikembalikan, walaupun visa anda ditolak.

      6. Tidak.

      7. Bisa saja anda daftar lagi, namun kemungkinan untuk terpilih menjadi salah satu pemenang DV Lottery sangat kecil (peluangnya hanya 0,5%), jadi sebaiknya jangan lewatkan kesempatan anda!

      Hapus
    2. saya membaca di tempat lain yg menyatakan Paket C kesetaraan dengan SMU tidak berlaku. bagaimanakah yg sebenarnya ? anak sy lulus paket C dan sudah kuliah. apakah pilihannya SMU dengan atau tanpa ijasah ?

      Hapus
    3. Syaratnya adalah sudah lulus 12 tahun pendidikan dasar yang dibuktikan dengan ijazah.

      Hapus
  8. Hi SF... infonya sangat membantu sekali.
    Sy ada pertanyaan, surat2 apa saja yang perlu diterjemahkan? Dimana sy bisa buat terjemahan surat2 tersebut? Thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cerita lengkap kami tentang dokumen-dokumen yang disyaratkan bisa dibaca di sini: http://www.ceritasf.com/2015/05/green-card-lottery-ii-melengkapi-dokumen.html

      Hapus
  9. kalau pernah bekerja di luar negeri selama 1 thn dan legal tetapi sudah 2 thn lalu , apakah msh d butuhkan surat police record ? kalau tidak ada police record apa visa akan ditolak ? thankyou

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, apabila anda sudah pernah tinggal di negara lain selama lebih dari satu tahun, anda harus membawa police record dari negara tersebut. Kalau tidak membawa dokumen tersebut pada saat wawancara, proses persetujuan visa anda akan terhambat, sampai anda memasukan semua dokumen yang disyaratkan.

      Hapus
  10. Hi, saya mau nanya, yg agan tau tempat penerjemah dokumen agan sebelumnya dimana ya? Murah gak harganya? Ane di kota kecil ga, nerima gak ya kirim fotokopi via email ke penerjemah terus nanti aslinya dikirimkan ke ane? Thx gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Daftar penerjemah untuk kedutaan Amerika bisa dilihat di sini: https://id.usembassy.gov/wp-content/uploads/sites/72/2017/06/List-of-Sworn-Translator-Updated-June-14-2017.pdf

      Silahkan anda hubungi mereka untuk mengetahui biaya dan jasa pengirimannya.

      Hapus