Kamis, 13 April 2017

PENGALAMAN WAWANCARA DV LOTTERY 2017 (2)

Salah satu pembaca CeritaSF yang baik hati membagi cerita pengalaman wawancara dan menambahkan informasi terbaru dalam proses wawancara DV Lottery 2017.

Beberapa hal yang berbeda dari pengalaman CeritaSF 3 tahun yang lalu, adalah;
1.  Pembayaran visa harus dengan uang Rupiah tunai dan tidak bisa menggunakan kartu kredit,
2.  Pasport beserta visa dan paket dari kedutaan dapat dikirim ke alamat rumah, sehingga tidak perlu diambil di kedutaan atau cabang kurir RPX, asalkan sebelum jadwal wawancara anda sudah mendaftarkan alamat yang dituju,
3.  Jangka waktu berlaku visa adalah 6 bulan sejak tes kesehatan, bukan dari tanggal wawancara.

Terima kasih AA atas ceritanya yang sangat menarik dan informasinya yang sangat bermanfaat! Semoga persiapan anda pindah ke Amerika Serikat dapat berjalan dengan lancar.


Hi CeritaSF! I want to share a good news -- I got approved for the visa!! Thanks again for your comprehensive guide on the whole DV process! Pas interview bahkan ketemu sesama pembaca CeritaSF. Blog ini bener2 sumbernya orang Indonesia untuk segala hal menyangkut DV Lottery.
Semua steps yang CeritaSF gambarkan masih akurat per DV2017, termasuk soal SKCK (tidak diperlukan untuk residensi Indonesia dan Amerika Serikat), dan soal bukti-bukti finansial (meskipun tidak disebutkan di checklist dari mereka, akan tetapi tetap akan ditanyakan saat pengumpulan dokumen di hari interview).

Dua hal yang mau saya tambahkan menyangkut soal pembayaran visa:

1. Sekarang mereka tidak menerima credit card lagi, pembayaran harus tunai dalam bentuk Rupiah.
2. Jangan lupa untuk ngecek kurs di website Kedubes AS Jakarta Indonesia! Mereka biasa menerbitkan nilai konversi mereka sendiri yang berlaku kira-kira selama sebulan. Kemarin itu kurs yang mereka minta adalah Rp13.500,-, jadi biaya visa yang harus dibayarkan adalah senilai $330 x Rp13.500,- per orang yang terdaftar.

Sempet grogi, tapi ternyata petugas interviewnya baik, mukanya boleh galak, tapi pas ngobrol ternyata super chill, haha.


Oh iya, kalau kita daftarkan alamat di website mereka (tanpa harus daftar jadwal interview), passport + paket nya bisa diantar sampai ke depan rumah, tidak usah di pick-up di cabang RPX yang dirujuk. Tapi pendaftaran alamat harus dilakukan sebelum hari interview.


Satu hal lagi yang lumayan interesting -- setelah dapat visa nya, ternyata lama jangka visa tersebut bisa dipakai adalah 6 bulan sejak hari medical check-up, BUKAN 6 bulan sejak tanggal interview. Semua itu dikarenakan pemenang DV lottery harus menyerahkan hasil medical check-up di dalam amplop tersegel ke petugas imigrasi, dan masa berlaku/ kadaluwarsa hasil tersebut adalah 6 bulan. Jadi penting banget nih supaya pemenang DV lottery untuk tidak melakukan check-up sebelum dapat NL 2/ notifikasi jadwal interview. 


Sekian pengalaman saya pas interview kemarin. Semoga bisa bermanfaat sebagai informasi tambahan.



Tautan: GREEN CARD LOTTERY (IV) - WAWANCARA


20 komentar:

  1. Thanks udah berbagi lagi...semoga tahun ini tahun keberuntungan saya

    BalasHapus
  2. saya mau tanya, kira kira pertahun itu yang dapet berapa orang ya? lalu, saya kan masih umur 18, kalo saya daftar, orang tua saya daftar, tidak apa apa kan? lalu untuk tahun ini dibuka oktober juga kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jumlah total visa yang diberikan melalui program DV Lottery setiap tahunnya adalah 50.000 visa untuk seluruh dunia. Jumlah pemenang dari Indonesia tahun 2015 adalah 288.

      Anda bisa ikut sebagai tanggungan di dalam formulir orang tua ketika mendaftar. Apabila anda sudah lulus SMA, anda bisa juga mendaftar sendiri, namun apabila anda yang terpilih menang, orang tua tidak bisa ikut.

      Iya, pendaftaran dibuka setiap bulan Oktober setiap tahun.

      Hapus
  3. Dear SF,

    mau tnya:
    1. bila suami dan istri daftar masing2, baiknya daftar dalam waktu yg sama atau beda hari, mohon saran>

    2. utk medical check up, apakah sdh ditentukan instansi kesehatan nya atau bebas? dan request hasil check up nya in english kah?

    trimaksih

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Tidak ada pengaruhnya.
      2. Rumah sakit rujukan sudah ditentukan oleh Kedutaan AS, hasilnya dalam bahasa Inggris.

      Hapus
  4. hai cerita sf..
    wah sbentar lg mw ada dv lotre buat 2019 ya?
    bole tau kapan ya pastinya ?
    saya mau nanya ya, ini saya dari smk buka sma dan sya baru saja lulus kuliah..
    yang saya tanyakan apa bisa saya mendaftar sebagai sarjana ?
    atau bagaimana sebaiknya ?
    dan satu lagi, apa harus mempunyai tabungan sebanyak 10.000 usd ya untuk lolos interview ?
    apa di minta rekening koran ketika mendaftar ?
    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. - Pendaftaran DV Lottery 2019 dibuka tgl 3 Oktober - 7 November 2017.
      - Apabila anda sudah mempunyai ijazah kuliah, anda bisa mendaftar sebagai sarjana.
      - Tidak harus punya $10.000 untuk lolos wawancara.
      - Ketika mendaftar tidak diminta rekening koran.

      Hapus
  5. Cerita SF saya mau tanya...
    saya dulu pernah kontrak kerja 4 tahun dan ijasah di tahan oleh perusahaan tersebut,sampai pada akhirnya ijasah STM saya hilang oleh perusahaan saya bekerja wktu itu. saya hanya dapat SURAT KETERANGAN PENGGANTI IJASAH, dan SURAT KETERANGAN PENGGANTI TRANSKRIP NILAI.
    (alasan DIKNAS: IJASAH tidak bisa terbit 2kali)

    Namun saya ada paklaring kerja di perusahaan tersebut selama 10tahun. apakah bisa saya meng-apply bukan dengan SURAT KETERANGAN PENGGANTI IJASAH, tapi dengan Employment Certificate untuk 10thn pengalaman bekerja???

    trimakasih

    BalasHapus
  6. bang dr mau tanya:

    1. klo saat ini saya kerja di Brunei Darussalam, alamat mana yg harus saya isi saat daftar DVL nanti? alamat indo atau Brunei?

    2.status istri saya ijasah terakhir SMP namun saat ini sedang proses kejar paket C (setara SMA) dan ijasah blm keluar. klo misalnya saya menang dan istri&anak saya sebagai tanggungan (dependan) apakah akan ditanya ijasah istri saya yg SMA?

    3.Ijasah STM saya pernah ditahan oleh perusahaan saya bekerja dulu semasa si Indo (10thn) bekerja, lalu ijasah saya HILANG oleh perusahaan itu, dan diganti dengan SURAT KETERANGAN PENGGANTI IJASAH & TRANSKRIP ber-kop sekolah STM saya dulu... apakah bisa dgn surat keterangan pengganti tersebut?

    atau bisakah saya bermodalkan "Certificate of Employment selama 10 thn bekerja itu?

    thank you very much

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berikut jawaban kami:
      1. Apabila anda masih akan tinggal di Brunei Darussalam s/d 30 September 2019 (batas akhir proses DV Lottery 2019), anda bisa pakai alamat di sana.
      2. Apabila anda yang menang, ijazah istri tidak berpengaruh. Namun istri anda tidak bisa mendaftar DV Lottery apabila belum memiliki ijazah SMA atau pengalaman kerja minimal 2 tahun.
      3. Anda bisa menggunakan surat keterangan pengganti ijazah & sertifikat bekerja anda.

      Semoga berhasil!

      Hapus
    2. ma'af bang mau tanya lagi dikit...
      anak saya kan 3, tp anak saya yg pertama dan kedua dibawa sama mantan istri dan dia menikah dgn selingkuhan dia... saya sudah 4 tahun ga dikasih akses ketemu anak2 saya.
      sampai akhirnya saya menikah dan memiliki 1 anak dri pernikahan yg skrg. yg saya mau tanya:
      di quisioner NUMBER OF CHILDREN saya tulis brp baiknya? (mengingat saya nggak memiliki pas poto 6bulan terakhir si anak ke 1&2 krn loose contact) apakah bermasalah jika saya tulis saja 1 anak? (krn yg saya jalani ini satu anak saja bersama saya).
      serba salah saya.... mau bilang 3 anak, gak punya poto mereka, mau bilang 1, mereka tetap anak2 saya juga... mohon pencerahannya. trims

      Hapus
    3. Semua anak yang belum menikah dan berumur di bawah 21 tahun harus ikut didaftarkan.

      Hapus
    4. saya sudah sempat baca di web dan sempat entry data dan saya baca bahwa saya harus menginput data ketiga anak saya. nah yg bagi pertanyaan:

      1.
      kalau mantan istri saya ga bersedia diajak kerja sama untuk mengirimkan poto anak2 saya bgmn? apakah saya tetap bisa mengisi entry data tanpa poto anak2 saya?

      2.
      dan nantinya pada saat wawancara apakah saya harus bawa serta anak2 saya dan menunjukkan akte kelahiran asli mereka??? (saya yakin hal itu tidak bisa terwujud)

      3.
      lalu apakah akan bermasalah jika saya mengisi entry data anak saya 1 saja dari hasil pernikahan yg sekarang ini?

      terimakasih atas bantuan infonya bang ceritaSF...

      Hapus
    5. 1. Semua data anak-anak harus diisi. Silahkan anda bicarakan hal ini dengan mantan istri anda.
      2. Apabila anak-anak anda tidak bisa ikut wawancara, silahkan anda jelaskan ke petugas wawancara langsung nanti.
      3. Menurut ketentuan DV Lottery, anda akan didiskualifikasi apabila tidak mencantumkan seluruh data anak-anak.

      Hapus
  7. ceritasf mau tanya untuk daftar supaya paspornya bisa dikirim ke alamat rumah itu masuk lewat mana yah daftarnya, boleh minta linknya yg buat daftar kirim ke alamat rumah untuk diversity visa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan anda Google untuk informasi yang lebih tepat dan terkini.

      Hapus
  8. hi cerita sf, boleh minta linknya untuk daftar agar paspor bisa dikirim ke alamat rumah untuk yg diversity visa (d260 form).
    untuk medical check up selain paspor asli, NL1, NL2, dan Confirmation number yg pertama kali (yg pas terpilih), buku vaksin, apa perlu dokumen lain, krn katanya harus ada dokumen JAK, nah sy kok ga dapat yg JAK itu yah, tolong bantuannya. tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kami tidak tahu mengenai dokumen JAK.

      Hapus