Sabtu, 17 Oktober 2015

CREDIT SCORE, REKAM JEJAK KEUANGAN ANDA

Credit score mungkin terdengar asing bagi orang Indonesia, namun merupakan salah satu hal penting dalam sistem keuangan di Amerika Serikat. Credit score biasanya diminta saat seseorang akan melakukan pembelian bernilai besar (misalnya rumah, kendaraan bermotor), menyewa apartemen, bahkan saat melamar pekerjaan. Memiliki credit score yang bagus memungkinkan Anda mendapat bunga pinjaman lebih murah, membuat pihak lain lebih percaya kepada Anda; intinya dapat membuat hidup lebih mudah.

Credit score terutama menjadi acuan para kreditur (bank, lembaga pembiayaan) untuk mengetahui resiko jika seseorang diberi utang. Nilai ini memberikan indikasi apakah orang yang mengajukan kredit mampu melunasi mereka atau tidak. Credit score dihitung dengan formula rumit dan dilakukan oleh beberapa perusahaan. Formula-formula tersebut menggunakan data dari laporan kredit tahunan.

Ada 3 biro kredit yang menyimpan informasi sejarah dan aktivitas keuangan anda: Equifax, Experian, dan TransUnion. Kreditur (atau pihak yang berkepentingan) dapat menghubungi salah satu atau lebih biro tersebut untuk mendapat credit score dan lampiran laporan kredit Anda ketika menentukan apakah mereka akan memberikan kredit pada Anda. Walaupun nilai dari masing-masing biro kredit tersebut bisa sedikit berbeda, namun mereka semua menggunakan software dari Fair Isaac, pengembang FICO score.

FICO (Fair Issac Corporation) score adalah nilai yang paling umum digunakan untuk menentukan credit score. Menurut Fair Issac, faktor-faktor yang dapat mempengaruhi credit score sebagai berikut:
  1. Rekam jejak pembayaran (bobot 35%). Apakah pembayaran dilakukan tepat waktu atau terlambat.
  2. Jumlah kredit (bobot 30%). Rasio pinjaman terhadap plafon kredit dan rasio utang terhadap penghasilan. Sebagai pedoman, jagalah jumlah utang kartu kredit di bawah 30% dari batas maksimum kartu tersebut untuk mendapat credit score yang lebih baik.
  3. Periode sejarah kredit (bobot 15%). Lamanya kredit yang dimiliki, semakin lama semakin baik. Ini karena kreditur mendapatkan rekam jejak (track record) yang lebih panjang untuk meninjau kebiasaan pembayaran.
  4. Jumlah kredit baru (bobot 10%). Jangka rata-rata dari semua akun, semakin lama semakin baik. Semakin banyak pengajuan kredit baru dapat mengurangi credit score.
  5. Tipe kredit: 10%. Campuran antara revolving credit (kartu kredit) dan nonrevolving (pembayaran cicilan, seperti KPR, kredit personal, dan kredit kendaraan) dapat menambah credit score.
Rentang nilai yang digunakan untuk menentukan baik/tidaknya credit score berbeda-beda. Alasannya karena tidak ada penjelasan yang pasti mengenai berapa credit score yang diharapkan, semuanya tergantung dari pemberi pinjaman dan pedoman mereka. Umumnya adalah sebagai berikut:
  • 500-579: Sangat jelek (Very Poor)
  • 580-619: Jelek (Poor)
  • 620-659: Rata-rata (Fair)
  • 660-699: Baik (Good)
  • 700-759: Baik sekali (Very Good)
  • >760: Sangat baik (Excellent)
Menjaga credit score yang baik penting bukan hanya untuk mendapatkan KPR atau kredit kendaran, namun karena credit score juga dapat mempengaruhi untuk mendapat pekerjaan. Dengan demikian tiap individu diharap memperlakukan utang dengan bertanggung jawab dan membayar tagihan tepat waktu.

4 komentar:

  1. Untuk ke sekian kalinya saya mampir di blog anda. Terima kasih pertanyaan2 saya sudah anda jawab. Anda sangat responsif. Berharap anda tetap terus up date blog ini. Benar2 bermanfaat, informatif, menginspirasi dan memotivasi. Selamat anda sudah terpiliah menjadi pemenang green card lottery (maaf baru sekarang saya memberikan selamat) Sukses terus untuk anda. Saya tunggu cerita-cerita anda selanjutnya. Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih kembali. Ikut senang karena cerita kami bisa memberikan informasi yang berguna bagi anda.

      Hapus
  2. salam kenal Mbak, saya juga tinggal di SF sejak tahun lalu, di Guerrero St, between 18-19th, kalau mbak di neighborhood mana? Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. hi, salam kenal juga! kami tinggal di outer richmond :)

      Hapus