PENGALAMAN WAWANCARA GREEN CARD LOTTERY 2018

Senin, 16 Juli 2018
Ada satu lagi pembaca Blog CeritaSF yang sudah lolos tahap wawancara. 

Di tengah kesibukannya mempersiapkan proses kepindahan ke Amerika Serikat, Fielans Shan telah berbaik hati menuliskan dan berbagi pengalamannya saat wawancara DV Lottery. Berikut ceritanya:



Terima kasih CeritaSF. Tentu saja boleh.

Sebelum interview pastikan semua dokumen pendukung sudah dipersiapkan seperti dijelaskan CeritaSF, dan ikuti instruksi dari Kedutaan AS berbentuk .pdf yang dapat anda download di situs resmi imigrasi AS.

Mulai 2018, hasil medical dari RS Bintaro dikirim langsung ke Kedutaan. Pihak RS akan menkonfirmasikan pengirimannya.

Financial statement memang tidak diminta pada beberapa kasus, namun sebenarnya merupakan salah satu syarat yang diatur di UU imigrasi dan kewarganegaraan AS. Buku tabungan tetap harus dibawa.

Pengalaman interview saya:
  • Jika status anda menikah, pastikan membawa bukti hubungan sebelum dan sesudah menikah. Paling mudah adalah foto-foto saat pacarana dan pesta resepsi pernikahan yang memperlihatkan tamu undangannya. Ini terkadang diminta, apalagi jika anda menikah setelah pengumuman DV.
  • Pembayaran dilakukan di Loket 6. Siapkan uang pas. Kurs bisa dicek di situs Kedutaan.
  • Wawancara imigrasi dilakukan di Loket 7.
  • CO akan memberikan opsi wawancara dalam Bahasa Indonesia (anda tidak diwajibkan mampu berbahasa Inggris untuk lolos wawancara).
  • Pertanyaan: how did you meet, when was your first date, how was the wedding?

Proses wawancara tidak lebih dari 3 menit. Di sesi akhir wawancara, CO memberikan selembar kertas yang berisi instruksi pengambilan dokumen dan passport. Pengiriman dokumen hanya melalui RPX ke alamat korespondensi.

Setelah 2 hari, status visa kami berubah dari “Ready” menjadi “Issued”, yang artinya visa sudah dicetak. Dalam kurun waktu 5 bulan kami akan berangkat ke AS untuk melakukan aktivasi Green Card.

Pesan saya kepada rekan-rekan:
  • Persiapkan dokumen selengkap mungkin.
  • Jawab pertanyaan CO dengan mantap dan tidak mengada-ada.
  • Relax. Sejauh perjalanan DV tahun ini, tidak ada kasus yang ditolak oleh Kedutaan di Jakarta. Asalkan persiapan anda matang, tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

Semoga membantu!


Tambahan 20 Juli 2018:


Sehari setelah wawancara, status kami berubah dari READY menjadi ISSUED, yang artinya visa sudah dicetak.

3 hari kemudian kami menerima paket dari RPX yang berisi dokumen yang disegel (berisi data diri imigran beserta fotokopi dokumen yang diserahkan pada saat wawancara), paspor dan dokumen USCIS.

Kita diwajibkan membayar biaya sebesar $220 per orang ke USCIS. Ini dilakukan setelah kita mendapatkan paket imigrasi dan sebelum keberangkatan ke Amerika Serikat (AS). Selama biaya USCIS belum dibayar, Green Card tidak akan diterbitkan oleh pemerintah AS.

38 komentar:

  1. terimakasih share ceritanya. terimakasih juga ceritasf udah memberikan banyak info yang sangat berguna. kalo boleh tanya, waktu interview dateng bersama keluarga (pasangan lengkap dengan anak2) atau sendiri aja?

    satu lagi, kalo ceritasf punya teman yg punya pengalaman pindah ke US dengan anak2nya mungkin boleh dibagi. penasaran juga bagaimana cara mendaftarkan anak ke sekolah di US.

    sekali lagi terimakasih sudah memberikan banyak info yang sangat membantu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih kembali.

      Saat wawancara, semua anggota keluarga (pasangan dan anak-anak) harus hadir.

      Silahkan para pemenang Green Card Lottery yang sudah berkeluarga dan memiliki anak-anak supaya mau membagikan ceritanya di sini. Kami akan publikasikan cerita anda agar dapat membantu teman-teman lain yang akan pindah dan memulai hidup baru di AS dengan keluarga dan anak-anaknya.

      Hapus
  2. Mau nanya kapan green card lottery tahun 2020 bisa apply?

    BalasHapus
  3. Saya ada beberapa pertanyaan setalah kita mendapatkan visa lottery
    1. Harus berapa lama kita di US untuk pertama kalinya?
    2. Surat apa saja yang harus di urus di US saat pertama kali datang? Dan berapa lama?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi David, kami coba jawab pertanyaan anda:
      1. Tidak ada ketentuan mengenai berapa lamanya anda harus berada di AS. Begitu pasport anda dicap I-551, berarti anda telah mendapatkan status penduduk tetap dan bisa keluar-masuk AS kapan saja.
      2. Pertama anda harus menunggu sampai kartu SSN tiba, sekitar 2-3 minggu. Dengan memiliki Social Security Number, anda dapat membuka rekening bank dan kartu kredit, membuat ID Card atau driver license, menyewa rumah, dan melamar kerja.

      Hapus
    2. Terima kasih jawabannya.
      Untuk SSN di kirim ke alamat jakarta atau alamat di US?
      Dan untuk 2-3 minggu itu di hitung dari kita tiba di US? Atau darimana yah?
      Thank you.

      Hapus
    3. Dan untuk membuat SSN setelah sampai US? Kalau iya, dimana yah lokasinya.
      Thank you

      Hapus
    4. SSN akan dikirimkan ke alamat di Amerika Serikat; 2-3 minggu dari sejak kedatangan di AS.

      Hapus
    5. Saat anda memasukan formulir DS-260 ada pertanyaan apakah anda ingin membuat SSN. Apabila anda menjawab "Iya", maka begitu anda masuk AS, data anda akan langsung dikirim ke kantor SSN dan kartu SSN akan langsung diproses. Apabila setelah 3 minggu kartu tersebut tidak datang, anda bisa mendatangi kantor SSN terdekat dari tempat tinggal anda.

      Hapus
    6. Pada form DS-260 sudah saya jawab Yes. Terima kasih infonya.

      First entry saya hanya sekitar 2mingguan karena anak2 saya masih belum dapat visa number. Alasan US Embassy adalah mereka kehabisan visa number dan masih on request.

      Untuk kembali ke Jakarta apakah saya perlu menunggu sampai menerima Green CarD dan SSN Card? Atau cukup entry saja terlebih dahulu dan kartu2 tersebut dikirimkan ke alamat yg sudah saya berikan?

      Hapus
    7. Anda boleh masuk AS, mendapat cap I-551 di pasport sebagai bukti permanent resident, dan kembali ke Indonesia; tanpa perlu menunggu kartu fisik SSN & Green Card. Kartu-kartu tersebut nanti akan dikirimkan ke alamat di AS yang anda sudah berikan.

      Hapus
  4. Thanks!

    Lastly, kalau anak2 tidak mendapat diversity visa spt kami(krn minggu ini lottery expire) apakah anak2 masih bisa pindah ke US bersama saya? Kalau bisa kemana bisa saya lakukan utk anak2 saya supaya bisa mendapatkan green card juga.

    Fyi, anak2 saya usianya 10 dan 12 tahun.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf kami tidak mengerti mengenai hal ini: Mengapa anda dapat diversity visa namun anak-anak anda tidak langsung mendapat visa? Sepengetahuan kami, begitu primary applicant memperoleh visa, pasangan dan anak-anaknya juga akan dapat.

      Sebaiknya anda menanyakan hal ini langsung pada Kedutaan AS yang mengeluarkan visa anda.

      Hapus
    2. Setahu saya juga begitu...

      Pada hari interview, saat dipanggil untuk menyerahkan dokumen2. Petugas menyapa kami dan langsung mengatakan bahwa mereka hanya mempunyai 2 visa number saat itu. Apakah masih mau melanjutkan pembayaran dan interview? Untuk anak2 mereka masih mencoba request visa numbernya dari KCC.padahal dr awal submission kami sudah memasukan nama anak2.

      FYI lottery kami expire akhir Sep yaitu bulan ini. Petugas juga mengatakan apabila tidak mendapatkan visa number sebelum masa lottery expire maka anak2 tidak akan mendapatkan diversity visa.

      Setelah itu kami memutuskan tetap melanjutkan pembayaran untuk 2 visa kami dan interview. Pada saat interview kami tetap melakukan interview bersama istri dan anak2, bahkan anak2 juga discan finger print nya tetapi krn masih dibawah umur maka diwakili finger print saya. Interview hanya sebentar sekali hanya 5mins dan pertanyaan hanya 2-3pertanyaan saja.

      Setelah interview selesai, konsulat menginformasikan akan keep in touch by email dengan kita dan mrk akan follow up utk visa anak2. Maka kami pun pulang.

      Tepat keesokan paginya, sy menerima tlp dari US Embassy yg mengatakan bahwa visa number anak2 sudah tersedia, saya diminta datang hari itu juga utk membawa passport asli dan dokumen anak2 serta melakukan pembayaran.

      Saat saya tiba mendapat antrian kedua. Saya sudah merasa aneh. Petugas yang tidak pernah keluar dr loket/jendela kaca sama sekali. Pada saat tiba giliran saya, konsulat yg kmrn interview sy keluar menghampiri saya in person membawa dokumen diruang tunggu. Konsulat meminta maaf krn ada kesalahan ternyata visa number anak sy masih belum ada dan meminta kami menunggu lagi. Tetapi passport dan foto anak2 sudah diambil namun pembayaran nanti saja dulu katanya. Saya pun pulang lagi.

      Hari ini adalah hari kerja terakhir di bulan Sep dan sy masih belum mendapatkan kabar lagi mengenai visa number anak2. Terakhir kali saya tanyakan mrk masih belum mendapatkan balasan dr KCC.

      Sekian cerita dr saya. Istri sy sempat melihat di website US Embassy utk jenis2 visa ada Non immigrant (V) Visa utk spouse and children under 21yo of Lawful Permanent Resident (LPR). Apakah mungkin saya harus menggunakan ini utk membawa anak2?

      Hapus
    3. Kasus anda ini sungguh unik. Sejauh yang kami ketahui memang kondisi praktek keimigrasian Amerika Serikat di bawah pemerintahan sekarang memang kacau. Kalau hanya berdasarkan pengalaman, kami tidak dapat membantu apapun. Namun saran kami apabila tidak ada kejelasan juga, Anda sebaiknya meminta pendapat immigration lawyer yang mengerti hal ini dari sudut pandang hukum.

      Hapus
  5. Sorry baru balas lagi.
    Terima kasih cerita sf untuk sharingnya.
    Awal nov saya dan istri akan pergi ke US utk mensahkan green cardnya, mungkin kita bisa bertemu di US. Sekali lagi terima kasih cerita sf atas waktunya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga lancar semua persiapannya. Apabila anda mampir ke San Francisco, kami akan senang sekali bisa bertemu dengan anda & istri.

      Hapus
  6. Hallo, sy mau ikut green card, tp sy buka link dvlottery.state.gov blm muncul form daftar.. apa link lainnya ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pendaftaran DV-2020 sudah dibuka mulai tgl 4 Oktober 2018 pk. 00.00 WIB.

      Hapus
  7. Cerita SF, maaf PDF nya kok nga bisa kebuka, pakai Hp saja bisa ya atau harus dari laptop? Trims

    BalasHapus
  8. Apakah isi formnya harus jam 12 siang waktu NY atw bebas jam brpa aja?
    Sy udah coba apply jam 1 malam tp kok cuma smpe isi data aja trus gak bisa lanjut lg ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pengisian formulir bisa kapan saja selama periode pendaftaran DV Lottery.

      Hapus
  9. hai kak.. saya udh apply untuk DV nya, btw salam kenal saya henry

    btw saya baca artikel yg hrus minimal kerja selama 2thun dalam kurun waktu 5 tahun, klo saya pindah2 kerja gmn kak?, saya sndiri skr bru 1 bln d perusahaan yag baru..
    jika saya lulus DV pd saat interview apakah ntr d pertanyakan?

    BalasHapus
  10. Terimkasih reply nya,

    Btw saya baca jg blog my kaka pernah tinggal d jpn jg yah?

    Saya jg pernah tinggal d jpn 2009-2012 dan mau tanya utk police record ny bagaiaman yah utk proses request ny?

    BalasHapus
  11. Hay Cerita SF
    Kebetulan sy lolos DV lottery 2019. Sy ingin menanyakan beberapa pertanyaan.

    1. Saya memiliki baby setelah pengumuman dv. Pertanyaan apakah sy bs daftarkan anak sy ketiks sy isi DS-260?
    2. Apakah anak sy (3bln) harus ikut medical check up?
    3. Apakah rekening tabungan yg d lampirkan adalah rekening pemenang DV atau suami sy jg harus melampirkan rekening nya?

    Sebelum nya thank you

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat untuk anda & keluarga! Berikut jawaban kami:

      1. Iya, anak anda bisa didaftarkan di formulir DS-260.
      2. Silahkan anda konfirmasikan hal ini ke Kedutaan AS.
      3. Sebaiknya rekening anda berdua dilampirkan.

      Semoga berhasil!

      Hapus
  12. hai.
    untuk DV 2021 kapan ya pak?
    dan untuk persyaratan saya dan istri beserta kedua anak saya berumur 3 tahun 6 bulan apa saja ya?
    Trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pendaftaran dibuka bulan Oktober. Silahkan anda membaca blog ini mengenai detil dan syarat pendaftarannya.

      Hapus
  13. Hai kak .. aku ulan dari bali .. ak lolos dv lotery di2020 , ak sedang mngsi form 260 , untuk paspor ku expired d bulan nov kak , sedang proses perpanjang .. sementara ak pakai paspor lama dlu ya kak?
    Satu lagi kak , pengisian form ds 260 , kakak kemarin ngisi brpa lama ? Karena sampai saat ini ak blm bs submit kak , terima kasih semoga kakak sehat selalu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Ulan, selamat anda telah menang DV 2021! Betul, pengisian data memakai pasport yang ada dan masih berlaku sekarang. Pengisian dan pemasukan formulir DS-260 dilakukan sebelum Case Number anda current. Jadi untuk DV 2021 bisa sampai saat wawancaranya dimulai pada bulan Oktober 2020.

      Hapus
  14. Hai ceritasf

    Saya mau menanyakan perihal setelah mendapatkan aktivasi greencard

    Saya daftar DV ini dengan 3 orang terpisah yang artinya saya, ibu saya, bapak saya dan istri saya. Dan kebetulan yang keterima itu saya dan bapak saya.

    Sekarang ini istri saya sedang hamil dan akan lahiran bulan september. Dan istri saya juga bekerja di indonesia.

    Pertanyaan saya:

    1) setelah saya dan bapak saya misalnya lolos seluruh proses DV ini dan mengaktivasi GC nya di US, apakah istri dan ibu saya dan anak saya nanti harus ikut?atau bisa menyusul?

    2) setelah istri saya menyusul sebelum waktu yg di tentukan itu, apakah istri masih bisa balik lagi ke indonesia?apakah ada konsekuensinya jika dia balik ke indonesia? Seperti status GC saya dan anak saya bermasalah atau istri saya nanti tidak bisa balik lagi ke US.

    3) berapa lama setelah aktivasi GC saya dan istri anak saya harus stay di US?

    Karena istri saya tidak bisa meninggalkan secara cepat pekerjaan di indonesia. Dan mungkin akan betul2 stay di US itu setelah 3tahun saya tinggal di US..

    Mohon pencerahannya

    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat! Sungguh beruntung anda dan ayah anda berdua terpilih menjadi pemenang DV Lottery.

      Berikut jawaban kami:

      1. Pada saat mendaftar tentunya anda juga mencantumkan istri anda dan begitu pula ayah anda mencantumkan ibu anda sebagai pasangan; sehingga seluruh proses (pemasukan dokumen-dokumen, tes kesehatan dan wawancara) nanti akan dijalankan seluruh anggota keluarga: anda-istri-anak dan ayah-ibu anda.

      Setelah anda semua lolos tahap wawancara, anda mempunyai waktu 6 bulan untuk pergi ke AS untuk mengativasi status penduduk tetap serta mendapatkan Green Card. Anda dan ayah anda (sebagai pemenang utama) harus datang ke AS terlebih dahulu. Istri-anak dan ibu anda bisa menyusul sebelum visa imigrasi yang dikeluarkan oleh Kedubes AS habis masa berlakunya.

      2. Tidak ada masalah. Setelah mendapatkan Green Card, mereka bisa pulang lagi ke Indonesia.

      3. Tidak ada ketentuan berapa lama setelah mendapatkan GC bisa kembali ke Indonesia. Namun, untuk mempertahankan status penduduk tetap, pemegang GC tidak boleh tinggal di luar AS lebih dari satu tahun. Jadi setidaknya setiap tahun harus datang ke AS.

      Hapus
  15. Salam
    Saya sekeluarga dapat GC jalur Family ,formulir F4. Okt 2020 suami dan anak saya sdh berangkt. Saya status di aplikasi Menyusul. Dengan status seperti sekarang. Saya mau tanya , mungkin anda tau Apakah saya dgn status menyusul ini ada limit waktu dr Kedutaan USA. Atau hrs mengajukan dr Awal yg di sponsori suami. Krn kmi dulu mengajukan 17 tahun lalu. yg di sponsori IPAR. baru dpt pnggiln tahun lalu 2019. Jika dari awal lahi apa syaratnya adm. Yg hrs suami penuhi.
    Saya sdh membaca cerita ALBAHSAR ALTO. Anda bilng istri bisa menyusul seblum visa exp. Maksdnya bagsimn. Istri kan tdk membuat visa karena tdk berangkat.. tolong penceharanya. Terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf, kami tidak paham dengan situasi anda.

      Bagi pemenang DV Lottery, seluruh anggota keluarga ikut dalam wawancara untuk mendapatkan visa imigrasi. Setelah mendapat visa imigrasi, pasangan & anak-anak bisa pergi bersama Pemenang GC Lottery atau menyusul setelahnya selama visa masih berlaku.

      Hapus

© ceritasf 2017. Diberdayakan oleh Blogger.
Back to Top