Minggu, 16 Oktober 2016

CARI LOWONGAN KERJA DI AMERIKA: TEPIS MITOSNYA


Apabila Anda beruntung memperoleh undian izin tinggal di Negara Paman Sam ini, langkah selanjutnya adalah cari kerja di Amerika. Tentunya sumber nafkah yang mampu menunjang kehidupan sekeluarga. AS negara besar dengan perekonomian kuat, tapi bukan berarti pekerjaan mudah didapatkan. Justru menurut pengalaman CeritaSF mencari pekerjaan di AS jauh lebih kompetitif daripada di Indonesia.

Saat artikel ini ditulis (tahun 2016) ekonomi di negara adidaya ini belum sepenuhnya pulih dari hantaman krisis perbankan tahun 2008; angka pengangguran di negara-negara bagian tertentu bahkan sangat tinggi, yang artinya lebih banyak pelamar daripada jumlah lapangan kerja yang tersedia. Tambahan lagi, saingan Anda mencari kerja seringkali orang-orang paling hebat dari seluruh dunia yang sengaja pindah ke AS.


Namun Anda tidak perlu khawatir, orang Indonesia tidak kalah jika dibandingkan dengan warga negara lain, bahkan dapat dikatakan ulet dan cepat beradaptasi. Banyak orang Indonesia berkarir di bidang-bidang yang prestisius, bahkan mampu berprestasi. Tentunya perlu mengambil langkah-langkah yang tepat agar bisa memiliki penghasilan untuk hidup layak di Negara Paman Sam ini. 

Pengamatan CeritaSF, Anda perlu juga menepis mitos-mitos yang diceritakan dari mulut ke mulut soal kondisi AS. Pertama-tama, sulit menggantungkan hidup dari profesi loper koran (atau pengantar susu). Mungkin cerita ini sering Anda dengar dari kenalan maupun kerabat yang dulunya kuliah di Amerika Serikat dan bisa membeli mobil dari hasil mengantarkan koran pagi ataupun susu.

Industri media cetak di sini jumlah pelanggannya menyusut drastis karena internet. Kecuali daerah tertentu, (seperti Washington DC atau Miami) sudah jarang orang berlangganan koran atau majalah. Internet pula lah yang mengubah pola pengantaran bahan kebutuhan sehari-hari (termasuk susu), karena kurir saat ini dibayar sangat murah dengan adanya jasa pengantaran barang berbasis internet, serupa Go-Jek di Indonesia (misal di sini ada layanan Postmates, uberfood, Instacart, dan sebagainya).

Kedua, bekerja di restoran ataupun supermarket saat ini semakin sulit untuk diandalkan. Upah minimum orang yang baru masuk sebagai pelayan restoran maupun kasir supermarket $8/jam. Katakanlah Anda bekerja 40 jam seminggu, pendapatan kotor per bulan $1,300-1,400 sebelum dipotong pajak.

Anggap biaya sewa apartemen $800/bulan. Belum untuk makan, transportasi, asuransi kesehatan (bisa mencapai $300/bulan), dan komunikasi (pulsa ponsel). Mau tidak mau, seorang pekerja pemula restoran atau supermarket bekerja lebih dari 40 jam, bahkan tak jarang yang seminggu harus bekerja di atas 60 jam demi memenuhi kebutuhan hidup. Yang artinya, sehari bekerja 10-12 jam penuh.

Selain mitos, bidang yang ingin Anda geluti juga bakal menentukan. Pusat ekonomi AS tersebar, tidak seperti Indonesia yang terpusat di Jakarta. Contohnya West-Coast AS kuat di sektor industri Teknologi Informasi (IT) dan industri hiburan (perfilman). East-Coast pusatnya perbankan dan pasar modal. North-East pusat industri manufaktur, khususnya sektor otomotif. South-Central pusat industri perminyakan, dan sebagainya. Pemahaman pemusatan jenis bisnis ini bagian dari strategi untuk memudahkan Anda memperoleh pekerjaan yang sesuai dengan minat dan latar belakang pendidikan Anda.

Berbahagialah jika Anda lulusan dari jurusan Teknik ataupun Tenaga Kesehatan (perawat, operator laboratorium) karena peluang kerja di AS untuk jurusan-jurusan ini cukup banyak.

Perlu juga memahami "kebiasaan umum" yang berlaku. CeritaSF mengamati ada 3 hal utama yang berbeda dari Indonesia:

  • CV (curriculum vitae / Daftar Riwayat Hidup) untuk melamar pekerjaan ala Amerika berbeda dibanding yang biasa digunakan di Indonesia. 
  • Pentingnya Sertifikasi / Kualifikasi Profesi sesuai bidang yang diinginkan. 
  • Internet punya peran penting dalam melihat lowongan. 
CeritaSF akan berbagi pengalaman pencarian pekerjaan ke dalam beberapa artikel. Semoga berguna.

30 komentar:

  1. Hi SF, pekerjaan yg didapat oleh anda dan istri tsb, anda peroleh/lamar saat masih di Indo/Jkt atau saat tiba disana ? apakah para imigran spt kita mendapat perlakuan yang positif/tidak diskriminasi ? Pada awalnya mungkin tidak bias langsung kerja di perkantoran kali ya ? walau sbg admin. apakah riwayat kerja di Indo perlu dilampirkan saat melamar pekerjaan. Lowker di internet di sana, data nya terjamin ya ? tidak hoax ? tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. > Saya melamar kerja setelah pindah ke Amerika, sedangkan istri saya mendapat transfer dari kantor di Jakarta ke San Francisco.

      > Sampai saat ini untungnya kami belum pernah mendapat perlakuan diskriminatif di sini.

      > Bisa/tidaknya mendapat pekerjaan di kantor tergantung latar belakang pendidikan, pengalaman dan keahlian yang anda miliki. Namun di sini kesempatan berkarya dan pilihan jenis pekerjaan sangat banyak, tidak hanya terbatas kerja kantoran saja.

      > Ya, riwayat kerja dilampirkan.

      > Cek dan ricek penting. Sebaiknya kita selalu kritis atas semua yang ada di internet, termasuk untuk iklan lowongan kerja.

      Hapus
  2. Hi CeritaSF, jk berkenan, bolehkah tahu, berapa usia anda dan pasangan anda saat bermigrasi ke AS ? apakah saat itu anda berdua saja atau bersama anak2 ? apakah ada batasan usia untuk bekerja disana ? Rada keder juga nih, mengingat usia sudah tidak muda lagi. Tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kami berusia di pertengahan 30-an tahun dan hanya berdua saja, tanpa anak-anak. Tidak ada batas usia untuk bekerja di sini.

      Hapus
  3. Selamat malam mau tanya, apakah sertifiasi di Indonesia,seperti sertifikat komputer,organisasi,dan lainnya diakui di US?
    dan bagaimana cara translate izajah indo ke us? apakah bisa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kursus-kursus di Indonesia kebanyakan tidak diakui di US, kecuali anda memiliki keahlian khusus dan menonjol di bidang anda. Untuk menerjemahkan ijazah, anda bisa menggunakan jasa penerjemah tersumpah.

      Hapus
  4. SALAM UNTUK SF.
    BOLEHKAH SAYA BERTANYA BEBERAPA?
    BERAPA LAMA ANDA DAPAT VISA US ?
    ANDA SAMPAI USA DIBERIKAN /CAP PASPORT/IJIN MASUK/ BERAPA LAMA?
    trus kalo jin masuk sudah habis ,apakah bisa diperpanjang atau siap jadi imigran gelap ?
    saya butuh sekali jawabanya ,thanks
    oh ya apakah SF saat ini masih berada di amerika ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kami mendapatkan visa imigrasi dari memenangkan Green Card Lottery 2014. Green card (ijin tinggal permanen) ini berlaku selama 10 tahun dan bisa diperpanjang. Kami tidak pernah berpikir untuk menjadi imigran gelap. Ya, saat ini kami masih tinggal di Amerika.

      Hapus
  5. Halo pak, saya banyak dapat info dari blog ini terutama terkait biaya hidup dan biaya sewa tempat tinggal. Akan tetapi saya juga perlu info gaji rata2 yang mungkin saya dapat disana. Karena kalau saya simpulkan, dengan min salary 8-10usd perjam belum cukup untuk saya sekeluarga. Saya sudah coba browsing monster.com utk cari posisi yg cocok, tapi jarang ada yang tercantum salary nya. Oh ya 1 lagi, banyak istilah 401k plan itu maksudnya apa? Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Minimum gaji di California pada tahun 2017 adalah $11 dan di San Francisco $13 per jam. Gaji yang bisa anda dapatkan tentu tergantung dari pengalaman dan keahlian yang anda miliki.

      401k plan adalah jaminan hari tua, hampir sama seperti BPJS ketenagakerjaan (dulu Jamsostek) di Indonesia.

      Hapus
  6. permisi pak saya mau tanya tanya kalau pindah ke boston beli rumah $700,000 diangsur 10th kami ber empat pak dan kami tidak mau berkerja tapi kami berusaha bengkel las dan nasi goreng di Brighton MA .tolong pak tolong penjelasannya agar cita cita kami terlaksana dgn baik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf kami tidak mengerti.

      Hapus
    2. Setelah mencoba mengerti kondisi anda, berikut perhitungan kami:
      - Anda harus memiliki $140.000 untuk membayar uang muka rumah,
      - Selebihnya, anda akan membayar $5.800 per bulan untuk cicilan selama 10 tahun,
      - Dengan demikian maka minimal penghasilan anda sebulan adalah $19.300, atau sama dengan jualan 4.000 porsi nasi goreng selama sebulan (130 porsi per hari).

      Demikian perhitungan kasar kami, kami berharap ini dapat menjawab pertanyaan anda. Semoga berhasil mencapai cita-cita anda!

      Hapus
  7. Saya baru 2 bulan ini pindah ke CA, dan baru selesai mengurus segala surat2 seperti ssn, id dll. Saat ini saya sedang struggle mencari pekerjaan. Yang ingin saya tanyakan berapa lama waktu yang ceritaSF perlukan untuk mendapatkan Pekerjaan? Boleh saya minta alamat email nya? Terima kasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rata-rata mencari kerja sekitar 3 bulan. CeritaSF beruntung mendapat transfer dari perusahaan di Jakarta sehingga langsung dapat bekerja ketika tiba di SF.

      Hapus
  8. Hai cerita sf...
    bisakah minta tolong direkomendasikan, website u mencari pekerjaan di us?
    trimakasih banyak...cerita anda sangat bermanfaat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anda bisa lihat di monster.com atau indeed.com.

      Hapus
  9. untuk sentra pertanian di US di daerah mana ya?

    BalasHapus
  10. Hallo kak saya dartika saya mw kuliah di AS ambil sarjana,ambil jurusan teknik. Tamatnya saya sarjana umur 26 tahun kak, apa nanti nggak susah cari kerja dengan umur saya yang segitu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi,
      Tidak seperti di Indonesia, di sini anda tidak bisa didiskriminasikan dari suatu pekerjaan karena umur.

      Hapus
  11. Hi ceritasf
    Mau nanya
    Aku kan lulusan sastra inggris,kalo disana banyak lapangan pekerjaan buat jurusan tersebut?pekerjaan apa yg cocok untuk jurusan tersebut kalo di amrik?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena bahasa yang digunakan di sini adalah Bahasa Inggris, tentunya latar belakan pendidikan anda akan banyak membantu ketika tinggal di sini. Pekerjaan yang cocok tentunya sesuai dengan kemampuan dan minat anda.

      Hapus
    2. Ceritasf,
      Boleh saya tau nama fb anda?soalny Banyak pertanyaan yg saya mau tanyakan pada anda,dan supaya responya bisa cepat

      Hapus
    3. Silahkan anda tanyakan melalui blog ini. Kami akan jawab secepat yang kami mampu.

      Hapus
    4. Kan kota2 di amerika setiap pendapatan berbeda,saran yg paling cocok untuk kota yang pendapatannya di ats rata2 dan biaya hidup yg lumayan rendah dimana?dan kalo boleh tau apa syarat agar bisa jadi warga negara sana?
      Soalnya pengen banget kerja dan menetap disana

      Hapus
    5. Pada umumnya kota-kota dengan pendapatan minimal yang tinggi, akan tinggi pula biaya hidupnya. Anda bisa mengajukan neutralisasi untuk menjadi warga negara AS setelah memiliki Green Card selama 5 tahun.

      Hapus
  12. Cerita SF, Bisakah seseorang mendaftar DV Lottery tanpa mendaftarkan pasangan dan atau anak-anak ? Thanks !

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak bisa. Pasangan dan semua anak-anak harus dicantumkan pada formulir pendaftaran. Apabila ada yang tidak didaftarkan, anda bisa dianggap gugur. Setelah mendapatkan visa imigrasi, terserah pada anda apakah pasangan dan anak-anak akan ikut ke AS atau tidak.

      Hapus