Minggu, 25 September 2016

PENDAFTARAN GREEN CARD LOTTERY 2018


Setiap tahun Departemen Luar Negeri Amerika Serikat (AS) membuka Program Diversity Immigrant Visa (Program DV), yang juga dikenal sebagai Green Card Lottery. Program ini memberikan 50.000 visa setiap tahun kepada individu yang diseleksi secara acak dari semua pendaftar yang berasal dari negara-negara dengan tingkat imigrasi rendah ke AS, termasuk Indonesia. Untuk mendaftar Program DV tidak dipungut biaya apapun.

Agar dapat diterima di dalam program ini, pendaftar harus memenuhi syarat, yaitu memiliki ijazah SMA atau sederajat; atau dalam lima tahun terakhir telah bekerja minimal dua tahun di pekerjaan yang membutuhkan pelatihan/pengalaman selama dua tahun atau lebih.

Jika terpilih, anda mendapatkan kesempatan untuk menjadi penduduk tetap (permanent resident) yang sah di AS. Greencard juga diberikan kepada anggota keluarga, yaitu suami/istri dan anak-anak yang berusia di bawah 21 tahun yang dicantumkan pada saat mendaftar.


Green Card Lottery 2015 tercatat diikuti sekitar 9,4 juta pelamar atau peluangnya 1 dari 200 orang berhasil mendapatkan visa permanent resident. Total ada 288 warga Indonesia yang sukses dalam program DV-2015.

Masa pendaftaran undian Program Diversity Immigrant Visa 2018 berlangsung mulai dari 4 Oktober sampai 7 November 2016. Pengecekan status pemenang akan tersedia di website www.dvlottery.state.gov mulai dari 2 Mei 2017 sampai 30 September 2018.

Berikut langkah-langkah untuk mendaftar:

  1. Lengkapi formulir pendaftaran secara elektronik (Formulir DS-5501) di www.dvlottery.state.gov. Penjelasan detail mengenai cara mendaftar bisa dibaca di sini: http://www.ceritasf.com/2015/05/green-card-lottery-i-mendaftar.html
  2. Setelah anda selesai mendaftar, anda akan mendapat halaman konfirmasi yang berisi nomor konfirmasi. Anda harus menyimpan baik-baik nomor konfirmasi ini untuk memeriksa status anda apakah terpilih/tidak pada saat pengumuman pemenang. Anda pun akan memerlukannya untuk mendapatkan instruksi lebih lanjut atau menjadwalkan wawancara visa jika anda terpilih. Peserta DV-2018 harus menyimpan nomor konfirmasi setidaknya sampai dengan 30 September 2018. 

Instruksi lengkap mengenai Program DV 2018 ada di:

https://travel.state.gov/content/dam/visas/Diversity-Visa/DV-Instructions-Translations/DV-2018-Instructions-Translations/DV-2018%20Instructions%20English.pdf

154 komentar:

  1. Dear ceritasf,
    Laman web resminya msh berisikan informasi tentang entry status dv 2017 dan 2016. Apakah untuk registrasi pada tanggal yg ditentukan laman web resminya akan berubah? Oiya, link mengenai info dv 2018 yg ceritasf bagikan statusnya page not found. Mohon pencerahannya, terimakasih banyak ya ceritasf. Semoga bahagia selalu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan anda coba cek kembali websitenya mulai tanggal 4 Oktober 2016. Terima kasih atas masukannya, link sudah kami perbaiki, semoga sekarang bisa diakses.

      Hapus
    2. 4 oktober 2016 mungkin tgl 5 oktober sini ya

      Hapus
    3. 4 Oktober 2016 jam 12.00 EDT (Eastern Daylight Time) ~ 4 Oktober 2016 jam 23.00 WIB.

      Hapus
  2. Apakah anak yg sudah us citizen perlu dimasukkan dalam aplikasi juga?..thanks

    BalasHapus
  3. saya sudah isi entry form part 1 dan sudah tekan submit, tapi laman yang muncul tetap form part 1 yang sudah saya isi sebelumnya dan tidak ada button yang harus saya tekan.pertanyaan : apakah ada jeda waktu untuk part berikutnya?saya sudah menunggu 40 menit. di laman dikatakan " If you need to go back and make a correction, do NOT use the back button on your browser. Instead use the appropriate button here or below:".tapi kenyataan tidak ada button yang bisa saya tekan.apakah laman rusak atau saya harus buka laman baru dan isi ulang entry form?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kami kurang tau mengenai masalah teknis seperti ini. Kemungkinannya ada banyak orang yang mengakses website tersebut di saat yang bersamaan sehingga eror. Apabila anda belum sampai mendapatkan confirmation number, silahkan anda coba isi formulirnya lagi. Semoga berhasil!

      Hapus
  4. kenapa waktu sudah entry lalu submit...bukannya keluar no konfirmasi tapi yang muncul “submission in progress.” ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apabila "in progress" tunggu saja sampai sistem selesai memproses data anda. Semoga berhasil!

      Hapus
    2. Tapi sampai 1 jam menunggu tetap tidak muncul submitt succes,

      dengan terpaksa saya ulangi sekali lagi... dan akhirnya sukses-keluar nomor konfimasinya

      Hapus
    3. Selamat! Sekarang anda tinggal menunggu sampai pengumuman pemenang bulan Mei 2017 nanti.

      Hapus
  5. Dear Cerita SF

    menarik sekali Weblink ini. semoga terus berkembang buat yang punya mimpi ke negeri sana.
    yang ingin saya tanyakan, better apply lottery atau lewat jalur regular? karena setau saya kalau apply visa dan failed, itu ada jangka waktu nya untuk bisa apply lagi.

    terima kasih sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah mampir ke blog kami.

      Perlu kami konfirmasi bahwa DV Lottery adalah untuk mendapatkan visa imigrasi untuk menjadi penduduk tetap di AS. Jadi apabila anda hanya perlu visa kunjungan (untuk liburan/jalan-jalan, bisnis, studi, dll), anda bisa mendaftar ke Kedubes AS seperti biasa.

      Hapus
  6. Hi ceritasf, back again :)
    Pagi td sekitar jam 5.30 saya daftar dv lottery 2018. Mungkin krn trafficnya padat submission saya on process. Saya klik berulang kali untuk mendapatkan CN tp tetap on process hingga saya berangkat kerja dan saya biarkan laptop menyala. Kemudian sepulang kerja saya coba klik kembali krn webnya tdk saya close,tp submission saya dinyatakan expiry. Saya diperintahkan untuk melakukan resubmission entries dalam waktu 60 menit. Dan saya lakukan hingga selesai dan entries saya dinyatakan success dan sudah diterima pada tanggal dan waktu EDT dan mendapat CN. Kira2 menurut ceritasf, apakah entries saya yg pertama itu gagal dan tdk terecord oleh sistem? karena saya agak was was sistem menganggap saya double input, yg berakibat disqualified. Tks ceritasf atas pencerahannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seharusnya belum terdaftar 2x. Semoga berhasil!

      Hapus
    2. iya saya juga mengalaminya, submission in progress... trus pindah entry via internet explorer akhirnya berhasil submit sampai muncul no konfirmasi..semoga tidak double submit

      Hapus
    3. Seharusnya tidak double. Semoga berhasil!

      Hapus
  7. Halo cerita sf,
    Menurut anda berapa usia maksimal ideal untuk mengikuti green card lottery ? karena saya membaca usia minimal saja di instruksinya.
    Bila anda tidak keberatan berapa usia anda dan istri pada saat mengikuti lottery ? Masih di bawah 30 tahun kah?
    Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak ada usia maksimum untuk mengikuti green card lottery. Kami sudah berusia di atas 30 tahun ketika menang DV Lottery ini.

      Hapus
  8. bs dibantu masalah edit photo? kebetulan sy sudah photo di studia , tp koq dia pakai edit yah sampai rambutnya kepotong2..n waktu mau bikin pixels pas 600 x 600 pun studionya tidak bs..katanya height harus sama dengan width ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan anda berusaha sendiri mengikuti petunjuk persyaratan foto. Semoga berhasil!

      Hapus
    2. saya sdh cb instal flash cuman susah sekali..error terus n akhirnya sy uninstall adobe sy semua..maklum rada gaptek om...cuman kalo di mac sy di tools bs adjust size n bisa dibikin dimensi 600 x 600 tp muka jadi agak lebar..gpp kah itu?

      Hapus
    3. Terlepas dr masalah teknis, yg terpenting justru foto anda tidak berbeda dari wajah asli anda.

      Hapus
  9. Sy coba entry data. Tapi sampai tahap akhir blm dpt no konfirmasi. Cuma muncul keterangan submission ini progress. Apa boleh entry ulang. Sudah tgg lama tapi tdk muncul

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan anda coba lagi. Semoga berhasil!

      Hapus
  10. Halo.mulai kapan bisa masukkan no konfirmasi?saya pengen cek status yg ada.apakah memang harus tunggu mei 2017?karena waktu sy masukkan no konfirmasi,failed terus.thank you

    BalasHapus
    Balasan
    1. Status baru bisa dicek setelah pengumuman pemenang bulan Mei 2017 nanti.

      Hapus
  11. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  12. maaf mau tanya .
    saya sudah daftar dan success, tp masalah nya waktu isi aplikasi saya tidak mempersiapkan foto anak anak saya dan tidak menyangka diminta foto anak anak juga , jd yg terdaftar hanya pasangan karena ada file foto nya ,...apakah dikemudian hari tidak bermasalah waktu wawwancara visa ? dan apakah anak anak saya nanti bisa diperjuangkan untuk dapat green card juga ?
    trimakasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apabila data anak-anak anda tidak dimasukan, maka anda akan didiskualifikasikan apabila menang dan visa anda akan ditolak pada saat wawancara.

      Hapus
  13. Hi Cerita SF,

    Saya mau bertanya kembali :

    1. Status saya dan istri sdh sukses ikut DV Lottery 2018 ini. Waktu pengisian data atas nama istri saya (sbg entrant utamanya) di bagian pendidikan terdapat pilihan "High School but not graduated". Karena istri saya memang pernah 2 thn di SMA dan berhenti sekolah jadi saya memilih itu, apakah artinya pihak DV Lottery menerima hal tsb (tidak harus punya ijazah SMA) ?

    2. Apabila status istri saya pernah membantu usaha saya di perusahaan kami sendiri(walaupun sekarang sdh menjadi ibu rumah tangga), apakah saya bisa membuat surat referensi kerja dari perusahaan saya sendiri untuk istri saya tsb ? untuk memenuhi syarat kerja min 2 thn ? Hal ini untuk menggantikan status ijazah SMA istri saya yg tdk ada apabila memang hrs tetap disertakan ?

    Terima kasih atas bantuannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi, berikut jawaban kami:
      1. Ya, anda sudah betul memilih "High School but not graduated". Kalau istri anda tidak punya ijazah SMA namun memiliki pengalaman kerja sesuai dengan yang disyaratkan, maka dia berhak mengikuti DV Lottery.
      2. Bisa. Asalkan istri anda telah bekerja minimal selama 2 tahun dalam 5 tahun terakhir di pekerjaan yang termasuk dalam syarat DV Lottery.

      Hapus
  14. Hello SF, saya mau tanya pada saat SF menang dan berangkat ke US, saat tiba di airport, immigration line apa yg SF ambil? Apakah line non US citizen atau US citizen/PR?
    Dan jika petugas nya tanya tujuan datang ke US apa yg seharusnya kita jawab? Secara tujuan kita bkn sebagai tourist atau business trip ?
    Dan apakah kita dibawa ke ruangan khusus untuk di interview lagi? Atau cukup di interview di loket imigrasinya?

    Thanks ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ketika pertama kali tiba di AS, anda harus mengambil jalur non US citizen / PR. Tujuan anda tentunya untuk tinggal dan bekerja di AS. Ya, setelah dari loket imigrasi, kami diarahkan untuk masuk ke ruangan khusus. Cerita lengkap mengenai pertama kali kami tiba di AS bisa dibaca di: http://www.ceritasf.com/2015/05/tiba-di-amerika-serikat.html

      Hapus
    2. Hello SF, kenapa linknya tidak dapat dibuka? terimakasih

      Hapus
    3. Semua link di artikel ini bisa dibuka, silahkan anda coba kembali.

      Hapus
  15. Hi ceritasf, bbrapa wktu llu sya rencnya mw dftar greencard tp g sempat krn lg sibuk.. jdi sy mw nnya ini greencard lottery ny kapan lgi ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bulan Oktober-November 2017.

      Hapus
    2. Tp saya cek di situs asli nya lgsg kok bs apply registernya? Yg DV 2019 ?

      Hapus
    3. Anda tidak bisa mendaftar sekarang.

      Hapus
  16. Trus kak, kalau anggota kluarga yg dimasukin itu blh adikku, mamaku g kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Adik dan Ibu tidak bisa didaftarkan dalam aplikasi anda. Yang bisa dimasukan hanya pasangan (suami/istri) dan anak-anak.

      Hapus
  17. Hi ceritasf...ada yg mau saya tanyakan...apabila di bln mei nama suami/istri..salah satu ada yg selected...tetapi krn penentuan diaccept atau tdk depend on the interview..dan utk interview apakah sebelum di bln oktober atau sesudahnya?.. kalau interview nya after oct...apakah boleh ikut lottery lg di bln oktobernya?..just in case interviewnya gagal....thanks..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wawancara baru dimulai bulan Oktober sampai September tahun berikutnya. Boleh saja anda daftar lagi, tapi saran kami lebih baik anda fokus pada persiapan wawancara agar jangan sampai gagal :)

      Hapus
  18. Saya sudah apply green card tgl 5 October 2016 kemarin, sudah terima reference number juga. Yang ingin saya tanyakan, apa bisa saya merubah dokumen dalam arti pas saya apply saya mengisi dengan syarat pendidikan,tapi pas wawancara jika saya terpilih,saya ganti dengan surat pengalaman kerja, bisa tidak? Terima kasih sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa saja. Semua dokumen, baik ijazah SMA maupun surat pengalaman kerja, sebaiknya dibawa pada saat wawancara apabila anda terpilih nanti. Semoga berhasil!

      Hapus
  19. Halo, saya tahun ini akan wisuda.. apakah bisa saya mengikuti lotre ini ? Sblm kuliah sya pernah bekerja dan slama kuliah saya part time.. apakah bisa dan memenuhi syarat ? Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau sudah punya ijazah SMU anda bisa mendaftar Green Card Lottery ini.

      Hapus
  20. Lulusan smk apa bisa mengikuti program ini pak?
    Saya lulusan smk bukan sma atau smu.

    BalasHapus
  21. hi SF...proses sign and submit application apakah spouse dan kid juga harus sign and submit juga atau hanja principal ?

    Terima kasih atas bantuannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan anda membaca petunjuknya dengan teliti, semua penjelasan tentang cara pengisian formulir ada di sana.

      Hapus
  22. Halo SF sorry mau nanya klo tahun ini (2017) kapan pembukaan apply lottery green card nya? sy cek di website: http://www.dvlottery.state.gov/
    blom ada program untuk apply tahun ini, Trims ya SF ditunggu infonya

    BalasHapus
  23. Halo SF,

    Kebanyakan cerita disini tertera bahwa pelamar DV lottery rata2 memiliki sanak saudara di US, sehingga akan ada yang men-support mereka disana.

    Pertanyaan saya simpel; bagaimana dengan yang tidak punya relatif di US? Bagaimana mereka bisa membuktikan bahwa mereka tidak akan jadi beban negara setelah imigrasi ke US? Kalau dengan tabungan, berapa nilai minimal tabungan? Lalu apakah saat itu juga harus mulai mencari apartemen (dan kerja) di US atau menunggu hasil wawancara terlebih dahulu?

    Terima kasih!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Pratama Istiadi,

      Terus terang kami tidak ada sanak saudara yang mensupport di sini. Beberapa pemenang DV Lottery yang kami kenal pun memulai dari nol dengan usaha sendiri, tanpa dukungan keluarga. Jadi tidak usah khawatir apabila tidak punya keluarga yang tinggal di AS.

      Syarat utama DV Lottery, yaitu sudah lulus pendidikan dasar 12 tahun atau sudah punya 2 tahun pengalaman kerja, dianggap menjadi modal untuk bertahan hidup di AS. Diharapkan dengan memiliki latar belakang tersebut, pemenang DV Lottery bisa mendapatkan pekerjaan dan tidak menjadi beban negara.

      Tidak jumlah minimal tabungan yang disyaratkan untuk mendapatkan visa imigrasi DV. Namun menurut pengalaman kami, untuk bertahan hidup 3 bulan tanpa pekerjaan (skenario terburuk) diperlukan sekitar $10.000 per orang dewasa. (Baca: "Biaya Hidup di San Francisco" http://www.ceritasf.com/2015/06/biaya-hidup-di-san-francisco.html).

      Sebaiknya mencari apartemen setelah hasil wawancara keluar, sedangkan mencari pekerjaan lebih mudah apabila anda sudah berada di AS.

      Semoga berhasil!

      Hapus
  24. Hi SF, ketika menerima NL2 berapa lama waktu yg di berikan utk interview. Karena setelah menerima NL2 kita baru melakukan medical check up, dan hasil MC baru ada hasil max 10 hari. Yg mana hasil MC hrs di bawa saat interview. Mohon infonya ya...thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di NL 2 akan tertulis detil mengenai wawancara anda, termasuk tanggal dan jamnya. Biasanya NL 2 keluar 6 minggu sebelum jadwal wawancara.

      Hapus
  25. Halo SF,
    Saya mau tanya, apakah pemegang visa turis bisa mengurus dan mendapatkan social security number begitu tiba di usa ?
    Terimakasih..

    Salam,
    Nora

    BalasHapus
  26. Hai SF...

    Setelah submit data DS260, biasanya berapa lama kita akan terima NL2..trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung Case Number (CN) anda. CN kami dulu 54** & mendapatkan jadwal wawancara bulan Mei 2014, persis setahun setelah pengumuman DV Lottery 2014.

      Hapus
    2. Klo CN nya 95** kira2 jadwal wawancaranya bulan apa ya...

      Hapus
    3. Silahkan anda cek Visa Buletin setiap bulan.

      Hapus
  27. Hi Cerita SF...
    Apabila saya tertarik untuk ikutan program DV Lottery namun akan lulus SMA thn 2018.. apakah bisa? karena hasil program selanjutnya akan keluar thn 2019...

    BalasHapus
  28. Halo cerita SF, saya mau tanya, untuk dv lottery 2019 Indonesia tidak termasuk eligible country untuk mendapatkan green card, apakah masih bisa apply dan menang green card nya? Thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Indonesia termasuk negara yang boleh ikut DV Lottery.

      Hapus
  29. Hallo SF, CN saya 37xx DV 2018, berarti jadwal interview di bulan maret ya. NL 2 bulan apa saya terima, thx SF

    BalasHapus
    Balasan
    1. NL2 dikirimkan kira-kira 2 bulan sebelum jadwal wawancara.

      Hapus
  30. hallo salam kenal...
    saya mau nanya ni, saya mendapatkan grreen card lottery ni, semua prosedur sudah saya lakukan seperti isi form dan interview, visa pun sudah dapat,pembayaran biaya green card yg senilai 220 USD secara online juga sudah dilakukan, nah pertanyaan saya ini kira2 berapa lama kah green card akan kita terima setelah melakukan pembayaran??? dan apabila kita ke amrik nya sekitar akhir bulan november ( masa berlaku visa awal desember ) apakah akan menjadi masalah diamrik bila masa berlaku nya visa kita sudah habis dan green card kita juga blom diterima??? terima kasih sebelum nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Green card akan anda terima setelah anda berada di USA. Pada saat anda masuk imigrasi USA, pasport anda akan dicap dan cap tersebut adalah tanda penduduk tetap sementara anda yang berlaku selama 1 tahun sejak anda datang.

      Jadi tidak ada masalah apabila DV Visa anda sudah tidak berlaku lagi saat anda berada di USA.

      Hapus
  31. Hai SF
    Saya mau nanya, di pendaftaran lotere ada ditanya nama keluarga. Apakah Nama keluarga itu nama marga? Di KTP saya tidak ada nama keluarga, hanya nama saya. Apakah itu akan menjadi masalah? Saya bingung.
    Misalnya nama saya ana marga saya tan, sedangkan di KTP hanya tertulis ana.
    Saat pendaftaran, first name dan last name nya cara isi nya gimana ?
    Maaf banyak tanya, maklum agak gaptek.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apabila di akte lahir, KTP & Pasport nama anda hanya tertulis "Ana", maka first name anda kosongkan & di family name anda tulis "Ana". Semoga berhasil!

      Hapus
  32. saya mau tanya...nama saya agaka panjang..mana yg harus saya masukkan sebgai middle name
    michael johanes rudi sumampaw
    trimaksi

    BalasHapus
    Balasan
    1. First name: Michael. Middle: Johanes Rudy. Last Name: Sumampaw.

      Hapus
  33. hai cerita SF , salam kenal ya.... oh ya saya mau nanya ni... saya pemenang DV lottery, dan saya juga sudah menyelesaikan semua proses nya dari isi form dan interview, da visa saya juga sudah keluar, yang mau saya tanyakan adalah, masa berlaku visa saya hanya sampai tanggal 12 desember 2017, dan saya merencanakan berangkat ke amerika pada tanggal 25 november 2017, sedangkan green card saya blom jadi, nah apakah akan menjadi masalah nanti nya di amerika??? apabila sudah diamerika masa visa saya sudah habis dan green card saya juga blom selesai, apakah saya akan menghadapi masalah??? mohon pencerahan nya... terima kasih sebelum nya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat anda sudah mendapatkan DV Visa!
      Green card memang baru akan anda dapatkan apabila anda sudah di Amerika nanti. Tidak ada masalah, karena pasport anda akan dicap dan cap tersebut berlaku sebagai tanda penduduk tetap selama 1 tahun. Silahkan anda baca-baca blog ini lagi untuk mendapatkan informasi lainnya.

      Hapus
    2. ok.... teruma kasih atas informasi nya,,,....

      Hapus
    3. Terima kasih kembali. Semoga semua rencana pindah anda lancar dan selamat menikmati kehidupan baru di Amerika!

      Hapus
  34. boleh minta wa mu admin.. ato bbm

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan ajukan semua pertanyaan anda melalui blog ini.

      Hapus
  35. gan tempat situs pendaftarannya dimana ya? kok saya cari2 gak ada.. thnks mohon dibalas

    BalasHapus
  36. Hi cerita SF...saya mau tanya...apabila nama nya cuma 1...apa ketika mengisi dvlottery..perlu ditulis FNU sbg first name nya?..thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, bisa anda tulis FNU atau kosong saja. Last name diisi dengan nama anda.

      Hapus
  37. Halo SF
    Andai kata seseorang sudah lolos di DV ini, apakah seluruh keluarga harus segera berangkat amerika? jika anak-anaknya masih di bangku sekolah? apakah bisa salah satu keluargamya dulu yang berangkat sambil mempersiapkan tempat tinggal untuk keluarga sambil menunggu anak-anak selesai sekolah? mohon bantuan menjawabnya. trima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pemenang utama DV Lottery dapat pergi ke Amerika dulu dan pasangan serta anak-anaknya bisa menyusul kemudian, selama visa DV masih berlaku.

      Hapus
    2. Terima kasih banyak atas balasanya. Artikel anda sangat memberkati banyak orang demikian juga sangat memberkati saya. saya banyak membaca postingan anda. Saya berharap Tuhan ijinkan kesempatan itu di berikan ke saya dan keluarga saya. Tuhan memberkati anda sekeluarga.

      Hapus
    3. Amin. Semoga anda beruntung dan diberi kesempatan untuk mendapat DV Lottery!

      Hapus
  38. Hi cerita sf...kok pentftarannya g bs di buka.. Masih maintenans

    BalasHapus
  39. Balasan
    1. Pendaftaran dibuka kembali 18 Oktober 2017. Silahkan anda coba lagi! Semoga berhasil!!

      Hapus
    2. hi SF, kalo sudah mengisi sebelum maintenance? perlu isi lagi atau tidak ya?

      Hapus
    3. Iya, harus isi lagi.

      Silahkan anda baca di sini "Situs DV Lottery 2019 Sedang Dalam Perbaikan" http://www.ceritasf.com/2017/10/situs-dv-lottery-2019-sedang-dalam.html

      Hapus
  40. Mengenai mailing adress.. Sy hny isi yg b. Adress line 1 . Apkh sudah benar?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan anda isi dengan alamat tempat tinggal / alamat surat-menyurat, lengkap dengan kota, provinsi, kode pos & negara.

      Hapus
  41. Mau tanya mind saya seorang kepala keluarga dan sudah punya anak 1 umur 2 thn pada saat mendaftar apa anak dan istri saya harus dicantumkan dalam formulir pendftran dan juga foto anak istri saya mksih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, data diri istri dan anak HARUS dicantumkan dalam formulir pendaftaran DV Lottery, berikut pas fotonya.

      Hapus
  42. hi cerita sf, saya sudah menyelesaikan inputan aplikasi lottery green card, namun setelah saya tekan submit, ternyata server not available, mungkin saya kelamaan submitnya, apakah saya harus ulang lagi dari pertama, takutnya kedobelan. makasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, anda harus mengisi ulang sampai mendapat nomor konfirmasi (confirmation number).

      Hapus
  43. Mau tanya kalau dlm persyaratan visa ap harus dengan rekening bank atau tabungan trs kira2 berpa jmlah nominal uang yg ditentukan dlm tabungan bgmna kalau jumlahnya kurang ap gagal untuk dapat visa mksih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rekening tabungan termasuk salah satu syarat kelengkapan dokumen pada saat pengajuan visa imigrasi. Kami tidak tahu jumlah minimal yang harus ada ataupun alasan mengapa visa diberikan/gagal. Keputusan tersebut ditentukan oleh petugas wawancara.

      Hapus
  44. Halo pak SF bisa tolong jelaskan detail waktunya antara pendaftaran ke penyususunan DS260, kemedical cek up, lalu persiapan interview pak ? sy baca di atas dijelaskan satu persatu. maksud sy supaya jelas gambaran urutan waktunya pak. trmksh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Urutan waktunya sebagai berikut:
      - Oktober - November: pendaftaran
      - Mei: pengumuman pemenang
      - Oktober - September: wawancara & penerbitan visa imigrasi

      Formulir DS260 dimasukan setelah anda terpilih menjadi pemenang DV Lottery pada bulan Mei, dan harus diterima sebelum jadwal wawancara.

      Jadwal wawancara akan keluar berurutan berdasarkan nomor kasus (CN - case number), mulai dari nomor 0001.
      Contoh: CN 0001 s/d 1200 mendapat jadwal wawancara bulan Oktober, dst; nomor CN kami 5433 dan mendapat jadwal wawancara bulan Mei, tepat setahun setelah diumumkan menjadi pemenang DV.

      Tes kesehatan dilakukan setelah jadwal wawancara anda keluar, agar hasilnya masih berlaku (hasil tes kesehatan hanya berlaku 6 bulan).

      Hapus
    2. baik pak..trmksh banyak untuk semua balasannya. sangat bermanfaat. saya sudah lebih paham sekarang. oh iya.. saya baca di blog ini ada 1 pertanyaan yang sama dengan 2 jawaban yang berbeda dari bapak. yaitu ada 2 orang yg menanyakan perihal apply visa B2 saat DV sedang diproses, sy membaca bapak ada jawaban tidak masalah tapi ada jawaban lain yg bapak katakan sebaiknya tunggu proses DV selesai baru apply visa B2. saya sudah punya no utk DV 2019 dan tahun depan sekitar bulan Juni saya berencana apply Visa turis saya ke US. mohon sarannya. trmksh banyak

      Hapus
    3. Apabila baru tahap pendaftaran DV Lottery, tidak ada masalah apabila ingin mengajukan visa turis. Namun apabila anda sudah terpilih menjadi pemenang DV Lottery dan mengisi formulir DS 260 (aplikasi visa imigrasi), anda sebaiknya tidak mendaftar visa turis dan harus menyelesaikan proses DV Lottery sampai visa imigrasi anda keluar.

      Hapus
  45. Trmksh pak. sy ada 2 pertanyaan lagi :
    1. tentang applying base on family relationship. saya punya 2 saudara kandung di USA yg sdh citizen. apakah bila saya memenangkan lottrey saya bisa minta saudara saya membuat petisi dan apakah ini memperkuat approve visanya ?

    2. pada waktu pendaftaran anak saya msh berumur 20 tahun 9 bulan. kemudian ada informasi saya baca menyatakan bahwa anak yg bisa masuk US bersama orang tua pemenang lottrey harus di bawah 21 tahun. pada bulan Mei anak sy berusia 21 tahun 3 bulan. bagaimana ini ya pak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Visa imigrasi yang diperoleh dari DV Lottery tidak tergantung dari ada/tidaknya hubungan keluarga di AS.

      2. Usia 21 tahun adalah batas umur anak saat ikut pendaftaran DV Lottery. Apabila anak berulang tahun ke-21 tahun sebelum visa keluar, kemungkinan dia akan diperlakukan seperti anak berumur di bawah 21 tahun untuk proses penerbitan visa.

      Hapus
  46. oh iya ada yg lupa pak.
    untuk apply visa B2 apakah kita wajib memberitahu bila kita punya saudara kandung di US yg sdh citizen atau tidak. ada teman saya pd waktu apply visa B2 dia tidak bilang punya kakak kandung di US sedangkan ada juga yg bilang dengan adanya Invitation Letter dari keluarga lebih memperkuat kemungkinan visanya di approve. boleh tahu saran bapak. trmksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf kami tidak punya pengalaman mengenai visa turis / B2.

      Hapus
  47. Maaf mo nanya apa yg anda lakukan pertama kali ketika tiba di amerika ceritain sedikit trs kenapa anda memilih kota san francisco apakah kota trsbt udah di tunjuk dari kedutaan atau dari imigrasi mkasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi, cerita kami tentang pertama kali tiba di Amerika bisa anda baca di blog ini. Kami memilih San Francisco karena mendapat pekerjaan di sini. Kedutaan atau imigrasi tidak menentukan ke kota mana anda harus pindah, murni pilihan anda sendiri.

      Hapus
  48. Hi kak. Blog nya keren. Kak saya mau tanya oktober kemarin saya udah daftar dv lottery 2019. Sebelum nya saya pernah apply touris visa tapi di tolak karena bukti keuangan nya kurang. Seumpama saya menang dv lottery nya apa penolakan visa turis saya gak jadi masalah? Wish me luck kak sf. Salam kenal..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih. Seharusnya tidak menjadi masalah. Semoga berhasil dan salam kenal juga!

      Hapus
  49. Kak saya mau tanya kalau sekolah gak tamat sma bisa daftar green card gk?tamat smp gt.trus kalau mau daftar apa kita harus sudah di amerika kerja 2tahun baru bisa daftar?terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anda bisa mendaftar GC Lottery walaupun tidak tamat SMA, asalkan mempunyai pengalaman kerja selama 2 tahun atau lebih. Pengalaman kerja anda bisa di mana saja, di Indonesia atau negara-negara lain, tidah harus di Amerika.

      Hapus
    2. Kalau buat pengalaman kerja itu harus ada bukti tertulis sudah kerja 2 tahun gtu y?trus pngalamn kerja apa aja bisa y?pendaftaran greencardny ada lagi kapan y kak?terima kasih kak

      Hapus
    3. Pengalaman kerja anda harus dibuktikan dengan surat keterangan dari kantor.

      Jenis pekerjaan yang diakui oleh Pemerintah AS dapat dicek di: https://www.onetonline.org/. Silahkan anda baca syarat pendaftaran DV Lottery dari website resmi dengan teliti.

      Pendaftarannya akan dibuka lagi bulan Oktober 2019.

      Hapus
    4. Kak saya mau tanya lagi,saya tidak tahu bagaimana cara cek pekerjaan yang di akui dengan link yang kak sf kasih,boleh kasih tau gimana caranya?atau saya tanya langsung ke kakak saja ya,saya dulu pernah kerja dikantor pabrik pembuatan baju selama 2thn lebih 3tahun yang lalu dan sekarang saya buka usaha sendiri(toko handphone),apakah pekerjaan itu di akui saat mendaftar gcl?dan saya sedang mengikuti paket C yang akan mengikuti ujian di bulan april 2019.saya sangat berharap bisa beruntung mendapatkan green card seperti kakak.terima kasih kak.

      Hapus
  50. selamat siang ,usia sudah 35.punyapengalaman kerja di korea selatan..apakah saat ini bisa ikut green card ini dan kapan bisa mulai mendaftar terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa saja. Apabila program ini masih berlanjut, pendaftaran berikutnya dibuka bulan Oktober 2018.

      Hapus
  51. Kaka sya mau tanya, sebelum interview apa harus membawa akte kelahiran yg sudah diterjemahkan? Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksudnya sebelum interview itu kapan ya? Pada saat interview harus membawa semua dokumen: Asli - Fotokopi - Terjemahan.

      Hapus
  52. Selamat pagi, di visa saya ada keterangan "upon endorsement serves as temporary I-551 evidencing permanent residence for 1 year" itu maksudnya apa ya kak? Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. I-551 itu adalah nama resmi Green Card. Begitu anda masuk AS, pasport anda akan dicap oleh petugas imigrasi. Cap tersebut berlaku 1 tahun sebagai bukti permanent resident, sebelum Green Card diterima.

      Hapus
  53. Selamat pagi....saya mau tanya nih...kapan dibuka lagi ya greencard lottery nya?soale saya buka link yg dikasi mas SF tertulis bahwa "all submission has finished"....saya ambil kesimpulan bahwa pendaftaran uda ditutup....mas SF bisa kasi info kapan dibuka kembali pendaftarannya?thanks ya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malam, mas sf, apa ya peluang paling besar untk bisa lolos green card? Kebetulan tante sy tinggal dsna, apa tante sy harus buat petisi atw sy harus dpt pekerjaan dulu dsna?

      Hapus
    2. Untuk memperoleh Green Card, anda harus mendapatkan salah satu dari: 1. Menikah dengan warga negara AS; 2. Disponsori oleh perusahaan AS; 3. Memenangkan DV Lottery.

      Hapus
  54. Mau tanya dong, untuk DV tahun fiskal 2019 (1 oct 2018 - 30 sept 2019) alhamdulillah spouse saya beruntung dapat. Terkait pengisian form 260 lebih baik secepatnya atau bagaimana? Maksud saya apakah setelah pengisian form 260 jadwal interview akan keluar juga? atau masih ada waktu lebih panjang? Concern saya (apabila approved) sebenarnya agak khawatir apabila batas waktu keberangkatan mepet. Makasih sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat untuk pasangan anda yang sudah memenangkan Green Card Lottery! Sebaiknya formulir tersebut diisi secepatnya. Jadwal wawancara tidak dipengaruhi cepat/lamanya formulir tersebut dimasukan, namun tergantung dari Case Number yang anda terima.

      Hapus
    2. Siap. Tapi kalo liat dari cerita cerita di k*skus, dengan CN 13xxx selain masih lama, masih beresiko tidak di panggil juga. Ya kalo memang rejeki ya kejadian, tapi kalo engga jg ya coba lagi tahun ini.

      Hapus
    3. Betul, jadwal wawancara anda tergantung dari Case Number: berurutan dari nomor terkecil sampai habis atau kuota visa pada tahun tersebut terpenuhi.

      Hapus
  55. Hallo Cerita SF

    Saya dan istri sudah memiliki Visa USA (Tourist)
    Apakah bisa mengajukan untuk mendapatkan Green Card ini ?
    Sebaiknya saya mendaftarnya SEBELUM berangkat sbg Tourist di USA atau SETELAH saya di USA sebagai Tourist baru mendaftar untuk mendapatkan Green Card ?

    Trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya perlu dibedakan antara datang ke Amerika untuk jalan-jalan (menggunakan visa turis) atau ingin pindah dan tinggal menetap di sini (harus ada visa imigrasi).

      Apabila anda ingin pindah tetap, tentunya anda harus mendapatkan visa imigrasi dulu sebelum datang ke Amerika. Kalau anda datang ke Amerika sebagai turis, tentunya harus kembali ke Indonesia sebelum ijin kunjungan anda berakhir masa berlakunya.

      Hapus
  56. Kalau saat pengajuan blm hamil tapi tiba2 saat interview sudah punya anak gmn?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apabila anak anda sudah lahir sebelum jadwal wawancara keluar, anda dapat melakukkan pembaruan pada formulir DS-260.

      Hapus
  57. Tahun ini kira" kapan di open lagi yah? Tanggal brapa dan bulan brapa?

    BalasHapus
  58. Hallo,

    Jika saya sudah mendaftar pada saat saya belum menikah lalu tahun berikutnya saya menikah, apakah ada cara untuk edit form saya? Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, anda bisa menambahkan data istri anda saat mengisi formulir DS-260.

      Hapus
    2. Apakah itu pada saat terpilih untuk wawancara? Karena pada saat saya mendaftar tahun lalu (2018) saya belum menikah, lalu pada tahun 2019 saya sudah menikah. Apakah hal tersebut bisa membuat saya di diskualifikasi? karena saya belum mengerti mengenai Greencard Lottery ini, terimakasih

      Hapus
    3. Menikah tidak akan membuat anda didiskualifikasikan. Setelah anda terpilih menjadi pemenang DV Lottery, anda harus mengisi formulir pendaftaran untuk mendapatkan visa imigrasi (formulir DS-260). Saat itu, anda bisa memasukan data diri istri anda.

      Hapus
  59. Hi Pak,

    Saya mau tanya saya mengikuti Diversity Lottery 2020 akan dapat diakses untuk melihat kita terpilih/tidak dibulam Mei. kira2 kalo terpilih akan mendapakkan NL1 , apakah ada NL 2 lagi ? tempo waktu brp lama kira2? apa benar akan dapat menempuh 1 tahun untuk semua prosesnya ? terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya anda akan mendapat NL 2 yang berisi undangan untuk wawancara. Untuk DV 2020, penerbitan visa akan berakhir pada bulan September 2020. Jadi sejak mendaftar pada bulan October 2018, total keseluruhan prosesnya bisa sampai 2 tahun.

      Hapus
  60. Halo
    saya mau menanyakan proses setelah mengikuti diversity lotery 2020 ini, akan menerima NL1, Apakah akan ada NL 2 juga ? dan kira2 proses semua ini akan mengamnil waktu 1 thn ya pak ? termasuk wawancara dan tes kesehatan .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah kami jawab di atas ya. Untuk DV 2020, seluruh tes kesehatan, wawancara, hingga akhirnya visa diterbitkan akan berakhir pada bulan September 2020.

      Hapus
  61. Dear Pak,

    Baik terima kasih pak atas informasi lengkapnya. sangat terbantu sekali dengan infonya.
    pak kalo selesai proses sampaI September 2020, apakah kita bisa langusng melamar untuk pekerjaan di US? terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih kembali. Begitu anda memiliki Green Card & mendapatkan SSN (Social Security Number), anda bisa langsung melamar pekerjaan di AS.

      Hapus